Senin, 31 Desember 2012

Book Kaleidoscope 2012 : Top 5 Favorite Books 2012

Akhir tahun 2012 sudah tinggal menghitung jam, dan syukurlah saya sudah menyelesaikan hampir semua reading challenge. Yah, ada yang ga sesuai target sih tapi saya senang karena dari target 75 buku yang akan dibaca, saya bisa meningkatkannya sampai 114 buku! Akhir tahun ini saya ga baca apa - apa, karena lebih fokus ke liburan dan kebanyakan baca komik. Mungkin kalau komik saya masukkan ke daftar baca saya, ada 150 deh :P. Dari 114 buku itu, saya sudah baca dari buku yang sekacrut - kacrutnya (uhuk, postingan buku itu menjadi yang paling sering dilihat di blog ini) sampai beberapa buku yang menjadi favorit. Ada banyak buku yang masuk dalam daftar Top Read 2012 saya. Tapi karena dari event Book Kaleidoscope 2012 yang diadakan oleh Mbak Fanda hanya membatasi sampai lima buku, maka saya akan memberikan Top Read 2012 saya berdasarkan genrenya. Dan sisanya saya hubungkan ke reviewnya saja X)

BTW, ini daftar bacaan saya selama 2012 : Ren's 2012 Books List

Dan inilah 5 buku terfavorit menurut Ren's Little Corner di 2012!

Treachery in Death - J.D.Robb
Genre : Futuristic Romantic Suspense

Saya bisa bilang kalau Nora Roberts dan nama penanya yang lain, J.D.Robb adalah penulis paling produktif sekaligus tetap berhasil mempertahankan kualitas buku - bukunya. Apalagi seri In Death yang sudah mencapai puluhan buku dan fansnya pun masih menyukai setiap buku terbarunya (termasuk saya). Treachery in Death adalah buku ke-32 dan menurut saya termasuk salah satu buku In Death yang terbaik karena nilai moralnya yang benar - benar pas dengan era ini. Dimana integritas dan loyalitas, serta hati nurani sangat dibutuhkan dalam profesionalisme seseorang. Sepak terjang Eve dalam memberantas korupsi dan kejahatan di dalam kepolisian New York sangat mengasyikkan untuk dibaca (dan tentu saja, kan ada hero favorite saya sepanjang masa yaitu Roarke X) )

Moonglow - Kristen Callihan
Genre : Historical Romance, Gothic Paranormal

Kristen Callihan adalah pengarang baru bagi saya di tahun 2012 ini. Buku pertamanya Firelight tidak membuat saya terpukau dengan gaya menulisnya, tapi saya beruntung untuk tidak menyerah membaca karya keduanya. Karena Moonglow masuk dalam daftar Top Read 2012. Misteri yang menyelimutinya sangat kental, meskipun saya bisa nebak di pertengahan cerita. Yang membuat saya menyukainya adalah endingnya yang menurut saya sebenarnya klise, tapi bisa dibawakan sang pengarang dengan indah. Pengarang juga sukses menggambarkan Inggris pada era Ratu Victoria, lengkap dengan element steampunk, gothic dan supernaturalnya. Selain itu, saya juga suka sama covernya :D

Playing for Keeps - R.L. Matthewson
Genre : Contemporer Romance

Saat mendengar namanya, saya kira pengarangnya cowok. Tapi banyak yang suka sama buku ini dan saya pun ga lupa ikutan baca. Bagi saya genre kontemporer yang menceritakan kehidupan sehari - hari tokohnya itu hit and miss. Susah nemuin yang bener - bener bagus. Playing for Keeps sukses bikin saya ngakak tengah malam sampai sakit perut. Temanya sudah dipakai berulang - ulang, dari tetangga annoying jadi teman jadi demen. Tapi karakterisasi dari tokoh-tokohnya yang membuat buku ini begitu kaya. Mulai dari heronya, Jason yang doyan gangguin sang heroine Haley, pertemanan mereka yang unik, sampai konflik yang terjadi saat perasaan mereka berkembang jadi cinta. Kalau kamu penggemar genre kontemporer, Playing for Keeps ini wajib baca! (bonusnya, banyak adegan olah raga tempat tidur yang bikin kipas - kipas ;D)

Eona - Alison Goodman
Genre : Young Adult, Fantasy

Saya bersyukur pada Mizan yang sudah menerbitkan dua buku yang melambungkan nama pengarangnya Alison Goodman, yaitu Eon dan Eona. Sangat jarang sekali YA bertema Asia yang ada di jajaran buku - buku bergenre sejenis yang lebih didominasi sama buku best seller beraroma Twilight (ihik X) ). Bagi saya, pengarang Australia itu kayak permata tersembunyi, karena banyak karya mereka yang keren - keren tapi ga diketahui oleh kalangan banyak. Alison Goodman berhasil membuat cerita Eona, sang punggawa naga terakhir dengan begitu kaya, seru, sekaligus tragis. Dan saya bersyukur dia ga memanjang - manjangkan seri Eona dan mengakhirinya di saat yang tepat. Jadi tunggu apalagi, segera beli bukunya mumpung masih banyak di toko ;).

The Darkest Seduction - Gena Showalter
Genre : Paranormal Romance

Untuk genre favorit saya ini, sulit banget memilih satu dari sekian banyak buku yang menjadi Top Read. Tapi akhirnya pilihan saya jatuh pada The Darkest Seductionnya Gena Showalter. Saya tahu banyak fans berat LOTU di Indonesia yang menanti - nanti tiap buku terbarunya. Saya sih dapat bocoran dari penerjemahnya, kalau sudah diterjemahkan sampai buku ke 7 ;). The Darkest Seduction adalah buku ke 9 seri LOTU yang menceritakan tentang Paris dan usahanya dalam menemukan Sienna. Yang sudah baca buku 2 pasti tahu dong ya :D. Saya menganggapnya terbaik, setelah saya dikecewakan oleh pendahulunya, The Darkest Surrender yang menurut saya adalah buku terjelek di serial LOTU (dan saya ini fans berat LOTU!). Buku ini juga memiliki ending yang menurut saya mengejutkan dan membuat saya ga sabar apa yang akan terjadi selanjutnya. BTW, walau Paris itu playboy yang doyan olahraga tempat tidur, ga lantas buku ini didominasi sama adegan ranjang kok ;D.

Untuk buku - buku yang pengeeen banget saya masukin list top 5, tapi apa daya karena ga bisa , ini saya berikan link ke reviewnya :) :

Adakah dari buku - buku favorit saya di atas yang menarik perhatian kalian? Semoga ada yang membuat kalian seengganya mencoba membacanya, dan siapa tahu kayak saya juga, jadi suka. Saya harap di tahun 2013 nanti saya lebih bisa memperluas genre bacaan. Saya rencananya sih pengen coba genre yang lagi "in" sekarang yaitu New Adult. Saya bukan fans cerita angsty, tapi g ada salahnya dicoba ;)

Minggu, 30 Desember 2012

Book Kaleidoscope 2012 : Top 5 Favorite Heroine of Book 2012


Sama seperti postingan Top 5 Worst Book Cover, postingan Top 5 Favorite Heroine ini juga aslinya ga masuk kategori yang ada di event Book Kaleidoscope 2012. Tapi, saya sih udah ngomong ke Mbak Fanda untuk memasukkan kategori yang baru, yaitu Top 5 Favorite Heroine. Saya liat nih, diantara blogger yang cewek - cewek  jarang masukin kategori Heroine alias tokoh utama cewek yang menurut mereka "the best". Dan saya sendiri menyadari, sebagai cewek, kadang saya menilai terlalu keras sama tokoh cewek di buku yang saya baca. Saya pengennya mereka ga menye - menye, ga TSTL (Too Stupid To Live), ga nyebelin sampai minta digampar, ga boleh ini, ga boleh itu, hehehe. Jadi wajar kalau lebih gampang nemuin hero pujaan ketimbang heroine yang kita kagumi. Tapi bukannya ga ada  heroine yang patut dikagumi lho :D.

Dan inilah 5 karakter cewek yang membuat saya memfavoritkan mereka di tahun 2012 :

Eve Dallas
Treachery in Death - J.D.Robb

Rasanya ga adil kalau cuma masukin Roarke aja dalam semua daftar "best of'" versi saya, padahal karakter utama seri In Death sebenarnya justru Eve sendiri. Saya sudah suka Eve sejak buku pertama, Naked in Death. Awalnya saya menganggapnya sebagai wanita yang terlalu keras, dingin, rational dan tak mengenal cinta. Tapi itu wajar karena masa lalunya sulit. Untungnya sejak ketemu Roarke, dia perhan lunak dan temannya pun makin banyak :D. Saya semakin menyukai Eve di buku Treachery in Death ini karena dia adalah polisi yang berdedikasi pada pekerjaannya. Apalagi mengingat lawan dia di buku ini adalah sesama polisi yang juga wanita. Konfrontasi Eve dengan lawannya sangat seru dan menarik untuk dibaca.

“Have I missed a national holiday? There must be celebrations in the streets for you to be home at this hour of the day."
"I'm calling it Summerset Goes Mute Day. The city's gone mad with joy.”
 


Fantasy cast : Sulit untuk mencari aktor yang pas untuk Roarke, tapi kebalikannya saya sudah ada gambaran siapa yang akan jadi Eve. Sejak melihat show TV Castle, saya memilih Stana Katic buat jadi Eve Dallas

Gin Blanco 
Spider's Bite - Jennifer Estep

Seorang assassin yang juga wanita? Cool! Saya mengagumi Gin, yang tetap tegar ketika tahu ayah angkatnya dibunuh. Saya juga menyukai professionalisme Gin, betapa dia sangat memegang teguh prinsipnya sebagai seorang pembunuh bayaran. Tapi Gin yang bernama asli Genevieve Snow ini bukan sembarang assassin, karena dia menguasai element Batu yang membuat dia mampu mendeteksi lawan - lawannya. Ada saat dimana saya merasa Gin terlalu menyalahkan diri sendiri karena masa lalunya dan ketika orang yang dia sayangi terluka atau tewas. Tapi dia tetap menjadi cewek yang kuat sampai akhir walau sayang kisah cintanya ga mulus :(

“My name is Gin, and I kill people.” 

Fantasy cast : Sang pengarang memilih Jennifer Garner sebagai Gin. Dan setelah saya melihatnya sebagai Elektra, saya juga setuju dengannya :D

Pete Caldecott 
Street Magic - Caitlin Kittredge

Detektif, pembunuh bayaran, dan kali ini heroine favorite saya yang ketiga adalah... polisi lagi :D. Petunia Caldecott alias Pete, adalah seorang polisi di Kepolisian London yang menyelidiki kasus anak hilang dan bertemu dengan Jack Winter, pria yang dia anggap sudah mati di masa lalu. Pete yang cuma manusia biasa ini tentu saja ga ada apa - apanya dibanding Jack yang seorang penyihir. Tapi Pete ga gentar menghadapi serangan makhluk supranatural. Dan dia juga ga tanggung - tanggung dalam menyelamatkan Jack. Mulai dari menyembuhkan ketergantungan pria itu pada drugs dan mengorbankan dirinya agar Jack tidak terseret ke neraka.

"If you've made up your mind to die, then I'll be with you here, until the end. I'd follow you into death if that's what you asked, Jack. Heaven, Hell. Anywhere at all.”

Fantasy cast : Saya memilih Rooney Mara yang cocok untuk Pete yang tangguh dan bergaya gothic.

Charley Davidson
First Grave on The Right - Darynda Jones

Profesi heroine favorit saya yang keempat ini ga jauh beda sama sebelumnya. Sama - sama berkecimpung di dunia kejahatan, dan punya kekuatan supranatural. Charlotte atau Charley adalah seorang P.I (Private Insvestigator) yang punya kemampuan melihat mereka yang sudah mati dan mengantarkan mereka ke tempat mereka yang seharusnya (alias jadi Grim Reaper juga). Dengan kemampuan ini, Charley banyak membantu pamannya dalam memecahkan kasus kejahatan. Walau dibenci sama ibu tirinya, Charley ga ambil pusing. Selain humoris, sarkasme Charley juga tinggi. Dan dia sendiri juga dilindungi sama Reyes Farrow, putra sang Iblis sendiri yang keren bak supermodel. Ow, siapa juga yang ga mau jadi Charley? (kecuali bagian ngeliat hantunya X) )

“My fore-parts, as you so ineloquently put it, have names." I pointed to my right breast. "This is Danger." Then my left. "And this is Will Robinson. I would appreciate it if you addressed them accordingly.”  

Fantasy cast : Emily Blunt menjadi pilihan saya untuk memerankan Charley yang cerdas, tangguh dan humoris.

Eona
Eon & Eona - Alison Goodman

Dari semua wanita dewasa yang masuk dalam list heroine favorite saya, hanya Eona yang masih remaja. Kisah hidup Eona yang menyamar menjadi laki - laki bernama Eon dan menjadi punggawa naga terakhir membuat saya terkagum padanya. Siapa juga yang bisa tahan menyamar jadi laki - laki dalam waktu yang ga sebentar. Apalagi Eona harus rela tubuhnya dilukai agar tidak dicurigai penyamarannya. Eona kadang bertingkah rapuh, drama queen dan emosional. Tapi dia masih muda dan saya tahu saya ga bisa menilai dia terlalu keras. Justru Eona sangat hebat, karena masih 16 tahun sudah menanggung beban yang sangat berat. Mengembalikan Kerajaan Naga ke kejayaannya yang semula setelah pemberontakan dan semua orang mengharapkan dia untuk itu. Saya rasa dia patut diapresiasi dengan sepantasnya
 
"Para dewa sudah terbahak - bahak." kataku, " jika tidak, bagaimana mungkin masa depan sebuah kerajaan berada di pundakku?"

Fantasy cast : Saat melihat Jamie Chung menjadi Mulan di serial Once Upon a Time, saya merasa dia pantas jadi Eona (walau imo sih, agak ketuaan, hehehe) 
Review di Blog : Eon ; Eona

Dari daftar yang saya buat di atas, adakah yang menarik perhatian kalian? Kalau ada yang tanya kenapa ga ada Katniss di sini, yah, saya emang ga ngefans banget sama dia sih, hehehe ;D.

Book Kaleidoscope 2012 : Top 5 Worst Book Cover 2012

Walaupun ga masuk event  Book Kaleidoscope 2012 Mbak Fanda, tapi saya dan beberapa teman blogger BBI sepakat untuk menyertakan cover buku terburuk yang kami baca tahun 2012 ini.  Bukannya ingin jelek- jelekin cover buku itu, tapi lebih ke masukan bahwa cover, sebagai salah satu unsur penting suatu buku, tidak bisa dianggap remeh. Kan banyak juga orang yang "judge book by its cover" bahkan "beli bukunya karena covernya cantik". Sayang banget kalau cerita bagus ternyata covernya aduuuh bikin sepet ini mata x__x.

Dan inilah top 5 cover buku terburuk di tahun 2012, bervariasi mulai dari terjemahan sampai edisi Englishnya.

Kiss of Snow - Nalini Singh



Saya suka kok sama cover dengan cowo sixpack, tapi ga perlu segede gaban gini kan bodi cowok toplessnya, hehehe. Lagian dari komposisi semua elementnya aja udah ga sedap dipandang mata. Ga seperti seri Guild Hunter, seri Psy-Changelingnya Nalini Singh emang covernya rata - rata kacrut semua. Untuk terjemahan yang diterbitkan oleh Dastan, untungnya hanya buku pertamanya, Slave to Sensation yang konyol. Menaruh kelelawar untuk buku yang jelas - jelas bergenre futuristik science fiction adalah kesalahan fatal, karena ga ada vampir di dalam buku itu #tepokjidat.

Finnikin of The Rock - Melina Marchetta



Saat melihat cover ini, apa yang kalian pikirkan pertama kali? Kalau saya sih, jelas bingung. Ini novel Young Adult, tapi kenapa penampakan cowok di covernya kayak om - om. Jangan salah, saya ini suka sama cowok brewokan, tapi kalau tokoh di bukunya adalah remaja dan di cover dia brewokan, rasanya jelas aneh. Untungnya Ufuk menerbitkan ulang Finnikin of The Rock dengan judul baru Winterlicht dan cover baru yang lebih sesuai, menggambarkan Finnikin yang masih remaja 15 tahun (masih mulus mukanya). Apa ini artinya mereka aslinya membaca keluhan saya? #nyengirkuda

A Love Untamed - Pamela Palmer



Takuuuuuuuut! Itulah reaksi saya waktu lihat cover ini. Pertamanya saya melihat sang author ngetweet cover buku ini, saya cuma bilang wah bagus nih backgroundnya hitam. Tapi lama - kelamaan dilihat kok ekspresi cowoknya seram banget ya. Ini novel romance atau novel tentang pembunuh bayaran sih? Sayang sekali sang penerbit membuat kesalahan karena alih - alih menggambarkan sang hero yang aslinya humoris, mempesona dan banyak senyum, mereka nyuruh modelnya buat pasang tampang garang mendekati psikopat.

Playing for Keeps - R.L. Matthewson


Saya menyukai ceritanya, tapi tidak dengan covernya. Memang ada istilah " simple is the best", tapi menurut saya ini sudah kelewatan sederhananya. Alih - alih novel fiksi, lebih keliatan seperti diktat pas jaman saya masih kuliahan dulu. Untungnya sih, sang pengarang memakai cover baru (yang pastinya jauh lebih seksi) untuk versi terbarunya. Cuma cover versi ini tetep dipakai buat versi paperbacknya. Aduh, saya jadi males mau beli buat koleksi kalau covernya masih kayak yang di atas.

Lelaki Terseksi di Dunia - Julie James



Cover dengan gambar orang, memang rawan dalam ketidak akuratan sang designer cover dalam menggambarkan tokoh - tokoh di dalamnya. Sama juga halnya dengan cover buku ini. Mentang - mentang nama tokoh cewenya Taylor, lalu apa modelnya harus sama kayak Taylor Swift gitu? Padahal di bukunya dijelaskan kalau rambut sang tokoh berwarna coklat chesnut, bukan blonde gelombang. Oke, mungkin ada yang mikir saya lebay karena cuma warna rambut aja dipermasalahin. Tapi bagi saya, hal itu cukup penting karena bakalan mempengaruhi imajinasi saya akan image dari sang tokoh.

Dari semua cover yang saya tampilakan di atas, mana yang menurut kalian paling terburuk? :D


Jumat, 28 Desember 2012

Book Kaleidoscope 2012 : Top 5 Best Book Covers 2012

Masih dalam event Book Kaleidoscope 2012 yang diprakarsai Mbak Fanda. Jika kemaren saya memposting Top Book Boyfriends 2012 (yang katanya salah satu blogger, yaitu Mia, semuanya sender-able. Istilah baru inih ;D), maka kali ini saya akan memposting cover - cover buku terbaik dari semua buku yang dibaca tahun 2012. Oke, saya emang banyakan baca buku Inggris dan romance, jadi mungkin banyak yang ga ngeh lagi :P. Tapi, siapa tahu setelah postingan ini, ada yang berminat baca bukunya. Sejujurnya saya ini maniak cover, dan sering banget baca buku based on cover bukan sinopsis, hihihi X). Kalaupun ga ada terjemahan di postingan kali ini, yah... karena memang cover terjemahan banyak yang ga sesuai sama selera saya, hehehe.


Angels' Flight - Nalini Singh


Bersyukurlah Nalini Singh punya cover artist Tony Mauro yang membuat semua seri Guild Hunter memiliki cover yang sangat indah. Sayang banget edisi terjemahannya yang diterbitkan sama Dastan, banyakan kacrut semua covernya. Bikin saya ilfeel beraaaat. Perpaduan warna ungu dan abu - abu membuat cover ini memiliki kesan edgy dan misterius yang dalam (saya sudah kayak kritikus fashion aja nih :D)

Awakened by a Kiss - Lila diPasqua


Kalau boleh jujur lagi, saya suka eneg kalau liat cover - cover buku historical romance yang terbit di Amrik. I mean, saya ini cewek, saya ga butuh liat para model cewek disana buka sedikit bajunya lalu memamerkan "aset"nya. Pun dengan pose modelnya yang kadang bikin saya malu liatnya X). Saya menyukai cover Awakened by a Kiss, karena selain menerangkan judulnya, terkesan elegan dan juga sangat romantis. Tidak perlu pose seksi untuk membuat suatu cover enak dilihat ;).

Married with Zombies - Jesse Petersen


Kecenderungan cover dengan genre paranormal romance dan urban fantasy adalah banyaknya cover dengan cowo sixpack dan topless atau cewe dengan baju kasual mendekati minim dan berpose garang. Hahaha, bukanya saya ga suka, tapi bosan juga kan kalau disuguhi yang itu - itu saja :) (kecuali kalau Paul Marron saya ga masalah deh X) ). Married with Zombies memiliki cover yang catchy walau minimalis, dan saya suka unsur warna pink yang membuat cover ini jadi makin keren. 

Vengeance Born - Kylie Griffin


Saya menyukai cover ini, mulai dari warna backgroundnya yang terkesan hangat, lalu warna pakaian yang dipakai sang model cover, dan juga posenya. Anggun tapi juga terkesan kuat :) . Kadang  cover bagus itu, ceritanya ternyata ga sesuai harapan dan saya sudah sering mengalaminya di tahun ini. Tapi syukurlah Vengeance Born memiliki cerita yang juga sama bagusnya dengan covernya. Saya menyukai pose modelnya yang ga macam - macam. Ga bawa senjata, ga pose garang atau apapun. Cuma berdiri doang, tapi dari ekspresi wajahnya kita tahu kalau sang tokoh wanita di dalam buku ini adalah wanita yang tangguh.

Moonglow - Kristen Callihan


Saya pernah mereview buku sebelum Moonglow, yaitu Firelight, yang juga punya cover bagus. Tapi Moonglow ini, simply the best cover of 2012, menurut saya. Kenapa? Pertama, warna hijaunya yang kaya. Kedua, kesan gothicnya sangat terasa. Dan ketiga, entah kenapa saya suka sama pose modelnya. Dengan membawa lentera dan menoleh sedikit ke belakang, semakin menguatkan  ke-gothic-an buku ini dan aspek misterinya. Singkat kata sih, cool and superb!

Karena saya suka bingung menentukan cover - cover bagus buat dipilih yang terbaik, maka ada kategori Honorable Mention disini ;) :


Lothaire - Kresley Cole


Saya FANS BERAT Paul Marron. Bagi yang ga tau siapa Paul, dia ini model cover yang cukup laris di Amrik sana. Saya bahkan sempat disapa loh, walau secara ga langsung di Twitter, hihihi. Saya sering beli buku yang covernya itu ada dia, tapi tentu aja milih - milih. Bisa bangkrut kalau semua cover yang ada Paulnya saya beli :P. Saya memilih Lothaire sebagai cover terbaik 2012, karena sukses bikin saya beli versi hardcovernya. Hanya supaya saya bisa liat Paul dalam versi gede. Tolong saya jangan ditiru yak X). Oh ya, Paul punya Facebook page. Siapa tahu ada yang minat juga sama mas ganteng satu in.

Dan inilah lima cover buku terbaik 2012 versi Ren's Little Corner. Adakah cover yang menarik perhatian kalian? :D

Kamis, 27 Desember 2012

Book Kaleidoscope 2012 : Top 5 Boyfriend of Book 2012

Tahun 2012 sudah mau berakhir, dan tentunya Goodreads Challenge saya sudah selesai. Seperti tahun kemaren, waktunya bikin rekapan apa saja yang menarik dari buku - buku yang sudah saya baca tentunya. Mulai dari buku favorit, tokoh favorit, cover favorit dan lain sebagainya. Saya juga ada plan bikin kategori "terburuk" untuk tiap aspek novel, tapi dasarnya saya ga tegaan, mungkin nanti aja X). Kali ini, saya ikut event blognya Mbak Fanda yaitu Book Kaleidoscope 2012 . Event ini mengharuskan (ugh pilihan katanya :P) para blogger untuk memberikan list Top 5 ala mereka. Dan untuk hari ini, adalah postingan untuk Top 5 Book Boyfriend.

Tahun kemaren, saya sudah posting Top 5 Book Boyfriend 2011, dan sambutannya cukup hangat :D. Tahun ini saya mikir, masa Roarke lagi sih yang mau dimasukin X). Memang saya baca beberapa buku seri In Death tahun ini dan saya bisa aja masukkan Roarke lagi dalam kategori Book Boyfriend 2012. Tapi biar ga bosan, saya akan ngenalin ke pengunjung blog siapa aja yang sudah merebut hati saya di tahun 2012 ini ;)

Rune Ainissesthai
Serpent Kiss-Thea Harisson

Thea Harrison adalah pengarang dari genre paranormal romance yang sekarang lagi "it" di Amrik sana. Saya menyukai seri Elder Racesnya karena sangat unik, dengan menggabungkan banyak karakter mitologi di dalamnya. So far sudah ada 5 buku untuk Elder Races, dan favorit saya adalah Serpent Kiss dan heronya, si Rune bikin klepek - klepek. Rune ini easy going, tapi dia juga care banget sama ceweknya. Bahkan demi ceweknya pula, Rune rela meninggalkan hal yang berarti baginya demi menemani sang tokoh wanita yang lagi sakit. Cinta emang butuh pengorbanan :'). Oh ya, Rune ini juga misterius, dan secara pribadi, saya suka sama namanya yang unik X).

This gryphon call himself Rune Ainissesthai. Rune for gylph, a sigil that was stroke on a page, but more than that rune for mystery, magic. Ainissesthai was old Greek for speaking in riddle. The mysterious magical riddle 


Fantasy cast : Saya memilih Chris Hemsworth, karena cocok dengan penampilan Rune yang berambut blonde . Dan juga kekar. Dan personalitinya menyenangkan ;)

Finnegan Lane 
Spider's Bite - Jennifer Estep

Saya menyukai premise Spider's Bite karena heroinenya, Gin Blanco adalah assassins. Sayang nih, kisah cintanya ga mulus. Karena itu saya bolak - balik pengen nendang aja karakter love interestnya Gin, yaitu Donovan Caine. Daaaan, baru kali ini saya milih tokoh pendamping alias sidekick buat jadi book boyfriend! Yup, Finnegan Lane yang merupakan saudara angkat Gin ini adalah cowok perlente tapi sangat mendukung Gin. Didukung dengan karakternya yang juga humoris, charming, narsis, tapi tidak serta merta mengejudge Gin. Sayang banget dia cuma sidekick, karena saya pengen Finn, jadian aja sama Gin :(.

"That's my girl. A b*tch to the bitter end."



Fantasy cast : Saya agak bingung milih siapa yang pantas jadi Finn,tapi akhirnya pilihan saya jatuh pada Chris Pine.


Jason Bradford
Playing for Keeps - R.L.Matthewson

Saya jarang banget suka sama novel dengan genre kontemporer, karena biasanya bosenin. Syukurlah itu ga berlaku buat Playing For Keeps. Saya cinta banget sama Jason Bradford, yang menurut saya gila, baik gila secara kelakuan maupun gila terhadap makanan. Yup, Jason itu hobi makan, selain juga gangguin tetangga sebelahnya, Haley, yang merupakan heroine buku ini. Saya juga suka tema dari temen jadi demen di buku ini :D

“My name is Jason Bradford. I’m the neighbor from hell.”




Fantasy cast : Untuk Jason, saya udah kepikiran ma Jessie Pavelka. Nih aktor plus binaragawan, dan kenapa saya pilih dia? Well, selain senyumnya yang bikin melting dan juga terkesan usil, badannya bagus (hahaha, alasan yang aneh X) )

Peter Brown/Pietro Brnwa
Menaklukkan Maut (Beat the Reaper) - Josh Bazell

Siapa bilang hero harus yang baik hati, membela kebenaran, punya karakteristik nyaris sempurna? Well, anti hero macam Peter Brown juga bisa keren. Mantan mafia yang jadi dokter handal ini membuktikan bahwa ga perlu jadi nice guy buat merebut hati cewek. Sarkasme Peter yang tinggi dan humornya yang gelap sukses membuat saya menahbiskan dia jadi salah satu top 5 book boyfriend ;)

“Ah, youth. It's like heroin you've smoked instead of snorted. Gone so fast you can't believe you still have to pay for it.”



Fantasy cast : Saya memilih Hugh Laurie, dari TV show House. Saya belum nonton seri ini, tapi pas googling tokoh - tokoh dokter nyentrik, saya merasa dia pas. Walau kayaknya sih agak ketuaan, hehehe

Lord Ido
Eona : Sang Punggawa Naga (Eona : The Last Dragoneye) - Alison Goodman

Kayaknya untuk tahun ini saya emang lagi suka - sukanya sama tokoh cowok humoris dan antihero. Dan bersyukurlah, karena ada satu tokoh dari genre Young Adult yang nyempil di daftar ini. Lord Ido jelas adalah antagonis untuk seri Eon, tapi pengaruhnya pada sang heroine, Eona cukup besar. Dia juga sempat menimbulkan kegundahan pada hati Eona (aiiih X) ). Walau genrenya YA, Ido ini sudah dewasa lho, umurnya 24 tahun. Saya sempat ilfil karena di buku pertama digambarin Ido jenggotan dan rambutnya panjang. Tapi pas di Eona, rambutnya jadi pendek. Dan walaupun disiksa, badannya tetap oke (tahu dari mana Ren? :)) ). Ido sukses membuat tidak hanya Eona yang berdebar, tapi juga saya. Karena saya suka banget sama karakter bad boy dia itu.

"sangatlah mudah untuk mengatakan " tidak akan pernah", Eona. Tetapi kamu telah melewati sebuah batasan, dan bahkan kamu tidak menyadarinya karena sedemikian gencarnya kamu mendapatkan apa yang kamu inginkan."



Fantasy cast :
Okeee, saya agak bias disini ;D. Jujurnya sih saya kurang tau tentang aktor - aktor dari benua Asia, karena saya lebih suka nonton drama Amrik daripada drama Korea atau Jepang. Tapi pas saya tanya sama teman di Twitter buat milihin aktor Asia yang pas buat jadi tokoh antagonis, mereka langsung bilang "Tuh T.O.P dari Bigbang aja. Kan cocok.". So, yeah I choose him X).

Dan inilah 5 karakter cowok yang bikin hati saya berdebar - debar saat saya membaca tentang mereka di tahun 2012. Sebenarnya kalau cuma 5, tidak cukup dan berhubung saya sudah ijin sama Mbak Fanda, maka ada kategori Honorable Mention disini ;) :

Kaldar Mar 
Bayou Moon - Ilona Andrews

Seperti Finnegan Lane, Kaldar Mar juga bukan tokoh utama di Bayou Moon. Dan dia juga semacam anti hero loh :D. Kaldar ini pencuri, pengacara, pengurus keluarga, sekaligus ahli dengan pisaunya di keluarga Mar.Nanti dia akan punya bukunya sendiri di Fate's Edge. Dan who know, mungkin dia akan jadi top book boyfriend 2013 ;)


Reseph
Rogue Rider - Larissa Ione

Tidak ada yang lebih menarik dari hero yang dulunya antagonis dan sekarang diberi kesempatan untuk tobat. Rogue Rider adalah buku keempat seri Lords of Deliverancenya Larissa Ione, dan selama 3 buku Reseph yang dikenal dengan nama Pestilence jadi antagonis yang amat sangat kejam dan sadis. Tapi di buku ini dia diberi kesempatan untuk bertobat. Hati saya trenyuh melihat Reseph yang berusaha menebus semua kesalahannya yang tentunya ga kecil itu. Keteguhan hati Reseph dan juga sikapnya yang mempesona serta rapuh membuat saya ingin memeluk dia dan berkata semuanya akan baik - baik saja :')

Jadi, adakah karakter yang membuat kalian jadi tertarik buat baca bukunya? :D
Note : Untuk Roarke, dia akan selalu masuk dalam list book boyfriend sepanjang masa ;D

Rabu, 26 Desember 2012

Secret Santa 2012 (dengan riddlenya yang misterius)

Selamat hari Natal 2012 bagi pengunjung setia blog Ren's Little Corner yang merayakan :). Saya emang ga ngerayain, tapi Natal jadi berkah bagi saya karena bikin liburan jadi lama, ha ha ha ;D. BTW, sebenarnya saat November 2012 kemaren saya ikutan event BBI yang selalu diadakan akhir tahun, yaitu Secret Santa. Karena tahun kemaren saya gabung BBInya telat, jadi ga bisa ikut kemeriahan event ini :(. Untungnya saya bisa ikut buat tahun ini :D. Event ini digawangi oleh Oky dari blog Kumpulan Sinopsis Untukmu dan Ndari dari Bibliophilic Bipolar. Kedua blogger yang imut ini (ecieee ;) ) mendata blogger - blogger yang ikut event Secret Santa dan kemudian mengundi partisipannya. Masih bingung dengan apa sih event Secret Santa?

Secret Santa adalah event dimana para blogger saling bertukar kado, yang tentunya adalah buku, tapi identitas pengirimnya dirahasiakan. Hanya Oky dan Ndari yang tau identitas Santa kita, tapi kalau mau coba menyuap dua orang itu buat tahu identitas Santa masing - masing, boleh aja kok (bercanda ;D). Jadi gini nih, saya sebagai Santa mengirim buku yang dimau X, alias orang yang saya kirimin bukunya, dengan tetap merahasiakan nama saya. Dan yang bikin lebih seru lagi, saya harus menyertakan semacam riddle atau teka teki yang kalau si X berhasil nebak, dia akan tahu identitas saya. Siapa X saya? Ah, masa saya mau ngomong disini ;)?

Dan tentunya saya juga jadi X buat seseorang dong. Dan inilah buku yang saya terima dari si Secret Santa :



Sang Secret Santa sepertinya tahu kalau saya adalah maniak berat dan terobsesi dengan Roarke dari In Death series, ha ha ha ;D. Jadi saya bisa sedikit ngerucutin beberapa blogger BBI yang tahu obsesi saya itu. Tapi nih, tentu saja ada rintangan berupa riddle sang Santa! :



 Ada apa?

Yang disana
Terlihat murung
Penuh Luka

Entah Mengapa
Sedih Jadinya

Yang disana 
Kemarilah

Oh, tersenyumlah...

Pas saya buka halaman itu saya cuma bisa bilang dalam hati : OPO IKI???? (dalam bahasa jawa : Apa ini?). Bagi saya ini riddle paling misterius yang saya tahu, dan bikin saya bingung setengah mati. Lalu saya buka halaman berikutnya, dimana sang Santa dengan "baik hati" memberi clue :
 
Hmmm, saya tetap bingung X). Dari riddle dan buku yang diberikan sama saya, inilah asumsi saya tentang identitas sang Santa :
1. Santa baca buku romance juga seperti saya
2. Santa tahu kalau saya penggemar Roarke dan seri In Death
3. Dan.... Santa saya berasal dari Jogja, karena di resi pengiriman ditulis Jogjakarta X)

Ah, siapa ya Santa saya? Ada yang mau bantu saya buat mecahin teka tekinya dan menebak identitas sang Santa? :)

Jumat, 21 Desember 2012

Reading Challenge 2013 : Read-a-Long Nora Roberts & J.D. Robb

Selamat datang di event reading challenge pertama blog Ren's Little Corner. Untuk event reading challenge ini saya merencanakan tiga event. Yang pertama adalah event  Read a Long novel - novel Nora Roberts dan J.D.Robb, lalu What's in a Name Reading Challenge yang saya adopsi dari event reading challenge Mbak Fanda dan satu reading challenge rahasia ;). Ide dari Read-a-Long novel - novel Nora Roberts dan J.D.Robb berawal dari saat saya melihat - lihat page Goodreads Nora Roberts dan menyadari kalau saya punya banyak banget novel Nora Roberts yang belum kebaca! Sementara J.D.Robb adalah salah satu pengarang favorit saya. Pengunjung blog yang kenal saya pasti sudah tahu betapa terobsesinya saya sama Roarke :)).

Untuk mengikuti Read-a-Long Nora Roberts & J.D.Robb, berikut ini syarat - syaratnya :

1. Durasi read-a-long adalah setahun. Mulai dari 1 Januari - 31 Desember 2013
2. Buku yang dibaca, boleh hanya karangan Nora Roberts, boleh hanya karangan J.D.Robb. Dan boleh kombinasi keduanya. Buku yang dibaca sebaiknya adalah yang full novel, tapi untuk yang J.D.Robb boleh membaca yang novella (cerpen)
3. Boleh membaca baik edisi terjemahan atau edisi dalam bahasa aslinya. Re-read juga diperbolehkan
4. Boleh digabung dengan reading challenge dari blog - blog lain.
5. Buat master post tentang Read-a-Long event ini, dan pilih levelmu. Yup, saya pakai level nih :D
6. Level untuk Read-A-Long ini adalah :
- Clueless  : Baca 5-10 novel Nora Roberts/J.D.Robb; asumsinya kamu baca novel mereka paling nggak satu buah dalam sebulan :)
- Familiar :  Baca  10-15 novel Nora Roberts/J.D.Robb
- Fans : Baca 15-20 novel Nora Roberts/J.D.Robb
- Hardcore Fans : Baca lebih dari 20 novel Nora Roberts/J.D.Robb!! Atau kamu baca novel mereka semuanya dalam setahun ini.
Pilihlah level yang sesuai untukmu, dan disesuaikan dengan kecepatan baca tentunya.
7. Buku yang sudah selesai dibaca tidak wajib direview :)
8. Posting button untuk event Read-a-Long di side blog kamu dengan mengkopi html buttonnya di bawah ini :


Note : Terimakasih pada Dani dari blog Melihat Kembali , yang sudah mendesain button reading challengenya :D

9. Daftarkan link blogmu di Master Linky di akhir post. BTW, untuk yang ga punya blog, bisa pakai akun Goodreadsnya. Buatlah shelf khusus untuk Read-A-Long ini,  misalnya "Nora Roberts/JDRobb Challenge" atau bisa pakai nama yang lain. Ga punya akun Goodreads dan blogger/wordpress? Silakan daftarkan emailnya saja. Setiap bulan saya akan mengirim event reminder untuk mengupdate kemajuan reading challengenya.
10. Pendaftaran akan dibuka mulai dari sekarang. Dan saya membebaskan partisipan untuk mendaftar kapan saja. Tapi lebih baik kalau mendaftar sebelum tanggal 1 Januari 2013, supaya ga ketinggalan ikut "undian" ;).

Untuk yang pengen tahu apa saja novel Nora Roberts dan J.D.Robb yang sudah terbit, bisa dilihat disini :

Untuk saya sendiri, ini novel - novel Nora Roberts dan J.D.Robb yang rencananya akan saya baca. Saya memilih level Fans, disesuaikan dengan kemampuan baca saya tahun depan ;):

Nora Roberts :
- Carolina Moon (terjemahan : Bulan di Carolina)
- The Pagan Stone
- Jewels of The Sun
- Tears of The Moon
- Hearts of The Sea
- Dance Upon The Air
- Heaven and Earth
- Face the Fire

J.D.Robb :
- Celebrity in Death
- Delusion in Death
- Calculated in Death
- Thankless in Death
- Time of Death
- Vision in Death (re-read)
- Divided in Death (re-read)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan ditulis di kolom komen. Saya juga akan mengupdate terus reading challenge ini tiap bulannya. Dan yang paling asyik adalah akan ada GIVEAWAY tiap bulannya untuk mereka yang mengupdate dan berpartisipasi. Apa hadiahnya? Cek di bawah ini yuk :
- Untuk giveaway tiap bulan, salah satu partisipan yang mengupdate progress reading challengenya akan mendapatkan hadiah buku pilihannya dengan nominal 50000 rupiah.
- Untuk partisipan yang selesai pertama kali dalam menyelesaikan challengenya, dimana dia memilih level Familiar, Fans atau Hardcore Fans akan mendapatkan hadiah buku pilihannya dengan nominal 100000 rupiah (atau USD 10 di bookdepository)

Jadi tunggu apalagi? Yuk, saya tunggu partisipasi kalian :D. Ini event yang pas buat kalian yang suka baca romance, punya novel Nora Roberts atau J.D.Robb di lemari dan ingin mengurangi timbunan ;). 


Friday's Recommendation #13


Happy Friday! Pagi - pagi saya lihat Twitter dan ngikik liat orang - orang bule yang saya follow pada bikin semacam "pengakuan" menjelang Hari Kiamat dengan hashtag #ApocalypseConfession . Yah, sarkasme dimana - mana, lol! Bagi saya sendiri, saat pagi ini ngeliat matahari masih terbit dari timur dan saya juga masih bisa ngetik meme Friday's Recommendation (FR), berarti yah.. memang belum waktunya :)). Kebetulan pas tanggal 21 ini, meme FR sudah mencapai edisi 13. Hohohoho, Friday 13th, walau bukan dari tanggal. Alih - alih rekomendasi novel genre horor, saya akan merekomendasikan novel historical romance yang bersuasana cukup "kelam". Penasaran? Dan ingin ikut meme FR. Ini dia rulesnya :)

1. Pilih jenis rekomendasi buku. Ada dua jenis rekomendasi, yang pertama dan sifatnya mutlak adalah Rekomendasi Buku untuk Diterjemahkan . Jika tidak ada buku yang direkomendasikan untuk diterjemahkan, maka bisa memilih pilihan kedua, Rekomendasi Buku Pilihan. Disini rekomendasikan buku yang paling kamu suka baca dalam minggu ini.

2. Pilih hanya 1 (satu) buku untuk direkomendasikan. Tidak boleh lebih.

3. Beri sinopsis, genre buku dan alasan kenapa kamu merekomendasikan buku itu.

4. Posting button meme di bawah ini :



5. Blogger yang sudah membuat memenya, jangan lupa menaruh link ke blog di daftar linky di bagian paling bawah post ini, sehingga pembaca bisa blog walking.

6. Untuk pembaca blog yang tidak punya blog, bisa menulis rekomendasinya di kolom komen.

7. Bahasa yang dipergunakan terserah. Jika memang khusus blog yang menggunakan bahasa Inggris, dipersilakan menulis dengan bahasa Inggris. Begitu juga sebaliknya.


Untuk Friday's Recommendation kali ini, saya akan merekomendasikan buku ini untuk diterjemahkan :


WICKED INTENTIONS
ELIZABETH HOYT
 

Genre :Historical Romance
Sinopsis :
A man controlled by his desires...
Infamous for his wild, sensual needs, Lazarus Huntington, Lord Caire, is searching for a savage killer in St. Giles, London's most notorious slum. Widowed Temperance Dews knows St. Giles like the back of her hand— she's spent a lifetime caring for its inhabitants at the foundling home her family established. Now that home is at risk.
 
A woman haunted by her past...
Caire makes a simple offer—in return for Temperance's help navigating the perilous alleys of St. Giles, he will introduce her to London's high society so that she can find a benefactor for the home. But Temperance may not be the innocent she seems, and what begins as cold calculation soon falls prey to a passion that neither can control—one that may well destroy them both.

 
A bargain neither could refuse.

Saya akuin, genre historical romance berada pada prioritas bawah kalau saya disuruh milih genre kesukaan. Bukan berarti genre ini buruk, hanya saya emang kurang suka baca kehidupan bangsawan, ha ha ha. Saya adalah orang yang lebih menikmati membaca fakta historik ketimbang disuguhi pesta dansa dan skandal. Walau begitu bukan berarti saya ga menikmati genre ini. Ada beberapa pengarang hisrom yang saya suka dan salah satunya adalah Elizabeth Hoyt. Karyanya yang terkenal The Raven Prince gosipnya sih mau diterbitin, tapi entah kenapa ga jadi - jadi. Kalau saya sih, cuma baca seri dia yang Maiden Lane. Menceritakan tentang kehidupan kakak beradik Makepeace yang hidupnya sederhana, bahkan mendekati kemiskinan di jalan St Giles yang penuh kriminalitas dan keras.  Dibumbui dengan skandal bangsawan yang berada di sekitar mereka dan misteri serta suspense

Saya merekomendasikan Wicked Intentions untuk diterjemahkan, karena premisenya yang menarik. Kesan yang terpancar (aih X) ) dari buku ini adalah kelam dan penuh angst. Kedua tokohnya sama - sama menderita baik secara emosional maupun fisik. Saya sempat mengira hanya tokoh prianya yang tersiksa secara batin sampai disentuh orang lain tidak mau, dan nantinya sang tokoh wanita yang akan menyembuhkan luka hatinya. Cliche yang sudah sering di genre romance. Tapi hebatnya Elizabeth Hoyt adalah dia juga membuat tokoh wanita yang sama kompleksnya. Saya heran kenapa sampai sekarang ga ada penerbit yang ngelirik karya Elizabeth Hoyt. Kata teman saya, terlalu erotis sih untuk adegan olahraga tempat tidurnya. Tapi setelah saya baca, yah setingkat sama hisromnya Lisa Kleypas lah, ha ha ha. Saya dulu pernah mereview buku seri Maiden Lane yang keempat, yaitu Thief of Shadows di blog ini :).
Bagi blogger yang sudah mengikuti meme Friday's Recommendation bisa membagi linknya di daftar linky di bawah ini. Jadi saya dan pembaca lain bisa blogwalking. Ditunggu partisipasinya dan semoga buku yang kita rekomendasikan suatu saat bisa diterjemahkan di Indonesia ya. :)


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)