Sabtu, 15 April 2017

Perkenalkan Haditha, Penulis Genre Fantasy Klenik yang Unik!

Selamat pagi :D

Akhirnya sampai juga di postingan penghujung acara BBI #HUT6Marathon. Senang rasanya bisa berpartisipasi dalam semua kegiatan event untuk hut BBI yang ke-6 dan senang karena minimal blog ini hidup lagi :P. Terimakasih bagi teman - teman yang sudah mengikuti postingan saya dari hari Senin. Untuk hari ini, saya meminta kenalan saya, salah satu penulis genre fantasy klenik, yaitu Haditha untuk berbincang - bincang tentang karyanya.

Yuk disimak!


# Hai Haditha, silakan perkenalkan diri ke teman - teman pembaca blog Ren's Little Corner :D

Hai juga MbaRen, saya merasa terhonor diberi kesempatan nongol di blog Mba.

Buat yang belum kenal saya,  kok tau tau nongol di blog mbaren, ayo sini kenalin..  Hehe.
Saya Haditha, member PNFI (Penggemar Novel Fantasi Indonesia), domisili di Ciledug, pernah numpang lahir di Pontianak, dibesarkan di Jawa Timur kemudian merantau ke Tangerang. Gemar cerita fantasi dan mendengarkan pengalaman horor orang untuk kemudian disadur jadi cerita dan dimasukkan novel. Sekarang lagi gandrung menulis fiksi fantasi bernapaskan klenik, dan membaca karya sastra Indonesia yang Indah. Saya adalah penulis yang lagi berjuang. Doakan saya ya teman teman (ala peserta Takeshi Castle) 
Sampai awal 2017 ini sudah menyelesaikan 7 judul novel, tapi baru satu yang terbit. Doakan yang lainnya segera menyusul. 
Sapa saya di twitter: @hahahaditha

# Sejak kapan Haditha mulai menulis novel - novelnya?

Mulai menulis sejak 2011, ketika the awakening of conscience, wkwkwwk. Waktu itu lagi belajar Touch Panel,  karena boring, jadinya iseng iseng ngetik. Eh keterusan. Yawis,  dilanjut aja. Ternyata itu sejatinya panggilan jiwa saya. 

Baru menemukan gaya khas di tahun 2014, dari situ punya disiplin menulis yang efektif. Jadi gak galau lagi buat ngelarin proyek yang ada di kepala
#Genre yang Haditha usung termasuk genre yang unik. Fantasy klenik. Nah, bisa dijelaskan apa itu fantasy kleknik?

Gambaran luasnya adalah percampuran antara elemen penceritaan fantasi yang dikemas dengan isu klenik. Klenik ini menyangkut alam gaib. Kalau di ranah saya, saya ambil klenik yang Jawa Timuran. Sedikit dimasuki filosofi kejawen. Jadi, bagaimana nyeret siluman, dedemit, dkk biar masuk jadi elemen cerita fantasi lokal.
Saya masih mengembangkan genre usungan ini. Sejauh ini pengembangannya bisa sampai cerita tema multidemensi, horor,  dan silat.  Intinya adalah campursari ide dan tema. Yang penting bisa sambung. Dan terutama, napas lokalnya kental. Baik dari nama karakter,  tempat, dialog, dan narasi. 
 
# Untuk ide novel Haditha, biasanya dapat dari mana saja?

Biasanya dari cerita dulu dulu yang pernah kudengar. Saya angkat kembali dan gabung gabungin ama materi corat coret di notebook. Film dan buku - buku yang kubaca juga jadi referensi. Dapet ide kadang-kadang ga diantisipasi. Misal lagi jalan bawa motor, tau tau dapat ide. 
# Apa ada lagu atau film yang menginspirasi Haditha saat menulis novel?
Banyak sih. Misal waktu nulis Astral Travel Agent,  itu saya terinspirasi sama Doctor Strange,  terus lagunya Dewa yang Restu Bumi. Di judul judul lain pun ada kumasukkan lagu yang sedikit banyak bisa jadi napas cerita. Kebanyakan lagunya Dewa. Tapi yang dulu banget waktu masih "bener". Haha. Di Karung Nyawa aku masukkin Kuldesak. Liriknya cukup menggambarkan kondisi karakternya. 

# Selain fantasy klenik, apa Haditha akan menulis dari genre lain juga?

Sementara cabang genre Fantasi Klenik ada tiga:
- Horor Klenik
- Supranatural Adventure
- Silat Multidimensi

Mungkin kalau mau menjamah genre lain, bisa jadi mau nulis yang berbumbu Erotic. Haha. Sudah sah lah buat nulis ini. 
# Ciee yang sudah sah XD. Oh ya, Haditha sedang menunggu kelahiran anak pertamanya lho. Selamat yaa :D. Nah balik lagi ke pertanyaan buat Haditha, bisa sharing proses penulisan novel - novelnya selama ini?

Secara umum sih hampir sama ya kayak penulis yang lain. Yang penting komitmen dan disiplin. 
Dimulai dari developing ide, premis, outline, pengembangan karakter, penerapan spontanitas ide buat diselipin di setiap bab, menyerap nutrisi diksi dari buku buku yang dibaca biar memperkaya narasi dan alur,  dan yang penting jangan berhenti. Keep Progressing. 
Amunisi menulis yang penting itu notebook,  it's helps a lot. Jadi jangkar biar ga lupa udah ke mana cerita dibawa. 

# Kalau aku lihat, kebanyakan karya Masha itu dari jalur Indie atau self publishing. Ada alasan kenapa menempuh jalur ini dan apa suka dukanya?

Sebenarnya gak selfpublishing sih. Saya tetap pengen naskah saya masuk di major. Kebetulan kalau selesai satu naskah,  saya buka Pre-order buat teman teman. Semacam cetak mandiri gitu. Lebih tepat kalau saya sebut Online Publishing. Yaitu melalui media Wattpad dan Storial. Saya nulis di sana dan setiap selesai satu bab langsung diposting. 
Dukanya sih, ya karena genre usungan Fantasi Klenik ini masih baru dan incaran pembacanya juga spesifik, jadi belum cukup populer. Belum menjangkau banyak khalayak. Novel saya yang Anak Pohon, terbit e-book di Google Play dari Fantasious, juga belum bisa merangkul banyak pembaca. Mungkin kalau buku cetak, beda cerita kali ya. Anak Pohon ini Horor Klenik pertamanya Fantasi Klenik. 

#Untuk kedepannya, novel - novel apa lagi yang akan ditulis Haditha? Kasih tahu teasernya dong :D

Ringkasan karya karya Penulis Fantasi Klenik

Yang sudah selesai
Anak Pohon : Fantasi Horor Klenik
Sumur Hitam : Horor Silat Klenik
Astral Travel Agent : Fantasi Supernatural Multidimensi
Karung Nyawa : Horor Klenik

Yang akan menyusul
Dalam Kurung : Fantasi Horor Klenik 
Raung Jagad : Fantasi Silat Multidimensi
Tapak Angkara : Fantasi Silat Multidimensi
Astacakra : Fantasi Silat Multidimensi (work in progress) 

Selain kategori Fantasi Klenik
Nagaraga : fantasi epik bernapaskan kearifan lokal 😂
Dan masih banyak lagi. 
 
# Deskripsikan karya - karya Haditha dengan 140 karakter!!

Fantasi Klenik adalah kisah paduan dan pelintiran aneka tema & topik, bernapaskan lokal, gaya narasi padat jenaka & saling punya garis merah.

# Ada saran untuk calon - calon penulis yang baru?

Saran saya cuma satu.
#KeepProgressing.
One day it will pay off.

Thank you Haditha sudah berkenan berbagi proses penulisan karya dan juga semangatnya :D! 

Tertarik dengan karya - karya Haditha? Silakan click cover buku di bawah ini untuk tahu sinopsisnya dan juga beli e-booknya. Beberapa gratis lho, biar bisa kenal sama gaya nulisnya Haditha.


Remy YorkeHere Come The StormRemy Yorke 2Pengunjung Malam
 DongengAnak Pohon



Mau versi paperbacknya? Silakan contact Haditha via Twitter ya ^_^

Ada pertanyaan untuk Haditha atau ingin kenal lebih jauh lagi? Jangan sungkan untuk share di kolom komen ya ^_^!

19 komentar:

  1. Oalah Haditha ini cowok toh heheh, kirain cewe.

    Tapi bangga sekali, ada penulis Indonesia yang nulis buku fantasy seperti ini. Umumnya kan romance. Keren!

    BalasHapus
  2. Wah baru tau banget ada fantasi klenik :D
    keren ini masnya berani mengambil cabang genre yang gak begitu banyak yang tau :D

    BalasHapus
  3. Wah baru tahu ada yang namaya genre Fantasy Klenik. Mendengar ini, Aku senang banget, karena kini indonesia banyak memiliki penulis fantasi-nya sendiri. walau ini agak muluk-muluk, tetapi aku berharap kedepannya Genre Klenik ini bisa di kenal oleh kalangan pecinta bacaan fantasi dari kalangan mancanegara, ya, minimal kawasan asia tenggara tak apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dengar, orang mancanegara yg menikmati sastra Indonesia, sangat penasaran sama elemen supranatural milik Indonesia lho

      Hapus
  4. Saya kagum dengan 'keberanian' MasHa dalam mengangkat genre fantasi klenik ini, yan mungkin masih begitu asing. Terlebih dengan isu klenik yang diangkat, saya (sebagai orang Jawa asli) banyak tidak tahu. Saya suka dengan candaan-candaan satir yang biasa diselipkan masHa dalam setiap tulisannya. Saya menikmati sekali ketika membaca Anak Pohon.

    Saya menantikan cerita-cerita barumu. Semangat.~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wid, judul judulku makin banyak nih, belum lanjut lagi ya
      Astral udh kelar
      Karung Nyawa jg udh kelar..
      Hehe

      Hapus
  5. Baru denger genre fantasi klenik, judul-judul bukunya pun unik-unik.

    Ngomong-ngomong MasHa kan terinspirasi dari cerita-cerita yang didengar, pernah mengalami sendiri dan terinspirasi lalu menuliskannya kah???

    Semoga fantasi klenik kedepan akan banyak peminatnya :) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur sama sekali belum pernah encounter hal hal yang begitu, makanya penasaran.

      Hapus
  6. Unik. Nyeleneh. Keren.

    Setuju sama Fitri Auliyanti, berani ngambil genre yang belum banyak diketahui orang. Pasti butuh banyak perjuangan buat bisa di titik sekarang. Keren. Two thumbs up buat mas Hadith 😊

    BalasHapus
  7. Aku bru tau nih,
    Tetap optimis menjadi penulis yg konsisten memberikan sesuatu berbeda dari yg lainya..

    Kadang berat lho ga gampang..

    BalasHapus
  8. Uwoww.. klenik. Wah kayaknya saya perlu coba baca genre ini nih. Sekaligus penasaranz dengan adanya klenik yang diangkat: Apa Mas Haditha ini masuk golongan pecinta klenik, atu sebaliknya - mengupayakan bahwa kita harus memberantas klenik yang mengakar di sebagaian penduduk pulau jawa.

    Salam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk dicicip, tersedia dalam wadah online wattpad dan storial, bisa dicari
      Bukan pecinta atau yang pengin berantas.
      Lebih ke nambah khasanah budaya aja. Lebih ke bagaimana bijaknya menyikapi.
      Btw, thanks

      Hapus
  9. Halo mas Haditha.. untuk seorang penulis kamu sudah punya modal nama yang bagus. hehe.
    saya juga baru tau kalau ada genre Fantasi Klenik. memang novel genre seperti ini belum banyak disukai tapi saya percaya ini hanya masalah waktu. beruntunglah mas yang sudah bisa punya berapa buku, dibandingkan saya yang 1 naskah lama kelarnya. hehe ..
    saya juga termasuk pecinta film-film horor atau sejenisnya. mungkin mas Haditha bisa nnton film "SUPERNATURAL" film series di CW sebegai referensi.
    well, semoga sukses ya mas Haditha. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga Ikal,
      iya genre Fantasi Klenik ini baru usungan, semoga nanti ada penulis yang mau ikutan angkat isu klenik trus dijadikan elemen penceritaan fantasi.
      ayo diselesaikan naskahnya, jangan malas!
      saya tau supernatural, tapi gak ngikutin, udah ketinggalan jauh, males downloadnya. haha.
      tapi kalau bicara tentang referensi sih, bisa diambil dari mana saja. tergantung kebutuhan.
      trims!

      Hapus
  10. Yang sering aku denger itu renik (anak biologi banget ya?), dan baru kali ini baca kata klenik dan baru tau juga kalo itu salah satu genre.
    Aniway username twitternya lucu ya, kayak mau ketawa karena ada "haha"nya*nggak penting*
    Kok hidupnya nomaden sih? Numpang lahir di Pontianak, domisili di Ciledug, dibesarkan di Jawa Timur, merantau ke Tangerang, hm
    Ciee yang udah sah nulis genre erotic, cihuy, semoga kelahiran anak pertamanya lancar yaa. Eh udah lahir belum?*kepo*
    Aniway akun wattpadnya apa sih? Aku pengen berkunjung deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klenik itu yg berhubungan dengan gaib dan kepercayaan leluhur gitu deh...
      Iya biar yg mention saya walau marah marah tetep kedengarannya kayak lg ketawa haha
      Yagitu deh namanya juga hidup, penuh perjalanan
      Akun wattpadnya @Haditha_M
      Trims yaw

      Hapus

Terimakasih sudah meninggalkan komen di Ren's Little Corner. Silakan untuk setuju/tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)

Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway).

Komen untuk postingan yang berusia lebih dari 1 bulan otomatis akan dimoderasi.

Terimakasih sudah mau berkunjung! :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...