Minggu, 26 Februari 2012

Indonesia Reading Challenge 2012 (dan update)

Setelah menulis English Reading Challenge 2012 di postingan blog sebelumnya, sekarang giliran yang saya ikut di blog pembaca Indonesia. BTW, untuk yang dari Goodreads juga saya masukkan disini. Karena itu sifatnya umum, sekalian buat penuh2in postingan blog ini #dijitak. Yuk mari, kita cek apa saja "challenge" yang saya ikuti untuk tahun 2012.

Tantangan Pertama!



Sama seperti tahun lalu, Goodreads kali ini juga "menyiksa" pengguna akunnya dengan sekali lagi membuat tantangan baca untuk tahun 2012. Tidak masalah sebenarnya, yang jadi masalah kalau kita tidak memenuhi target, Goodreads otomatis akan memberikan peringatan "You left xxx book behind". Buat yang OCD alias terobsesi sama angka dan presentase kayak saya , hal ini jelas bikin bete. Walau sebenarnya bisa juga sebagai penambah semangat ;D.

Untuk tahun ini, saya tidak menarget yang muluk - muluk. Tahun lalu saya target bisa baca 200 buku dalam setahun, mengingat tahun 2010 saya bisa baca hampir 400 buku. Betapa memalukannya ketika saya cuma baca 140 buku saja! Saya lupa, tahun 2010 saya masih kuliah dan punya banyak waktu baca. Sehari saja bisa dua-tiga judul saya lahap. Tahun 2011 adalah tahun yang sibuk, selain saya menyelesaikan skripsi yang lama tertunda, pertama kalinya menerjemahkan buku, lalu akhirnya keterima kerja. Bisa baca satu buku dalam sehari saja sudah bersyukur. Karena itu tahun ini saya lebih mawas diri. Saya membatasi diri baca 75 buku saja dalam setahun. Kalau tahun lalu baca satu judul sehari saja sudah bagus, tahun ini dalam seminggu sudah baca 1 buku habis saja, sudah bikin saya mau nangis saking senengnya :)).

Update : Per Februari ini, saya sudah baca sekitar 15 buku. Ga buruk kan untuk ukuran baca 75 buku dalam setahun? Saya berniat juga sudah tercapai angka 75 ini, akan saya update sampai 100 buku.
Judul - judul yang sudah saya baca bisa dilihat disini : Goodreads

Tantangan Kedua!

Untuk tantang baca kedua kali ini, saya ikut "challenge"nya Mbak Fanda, yang juga anggota BBI. Tantangannya berjudul "Name in A Book Challenge". Yaitu membaca buku-buku fiksi yang mengandung nama orang di judulnya. Dan ini aturannya dari Mbak Fanda :

1. Buku harus fiksi, bukan non fiksi (biografi / memoar/ buku rohani).
2. Nama yang ada di judul adalah nama seseorang, bukan nama hewan peliharaan, bukan grup/perkumpulan (mis. The Mysterious Benedict Society).
3. Boleh nama lengkap, boleh nama panggilan, tapi bukan nama sandi (mis. The Day of the Jackal).
4. Membaca minimal 6 buku (lebih boleh dong) untuk reading challenge ini, mulai 1 Januari s/d 31 Desember 2012.
5. Boleh digabung dengan reading challenge lainnya yang kalian ikuti.
6. Judul yang sudah dicantumkan dari awal, boleh diganti dengan yang lain.
7. Pasang button Name In A Book Challenge 2012 di blogmu, seperti di bawah ini :


Kayaknya gampang ya,diluar dugaan agak susah juga nemuin buku yang judulnya pakai nama orang :D. Tapi syukurlah sampai bulan Februari ini saya sudah baca dua buku yaitu :


- Lothaire oleh Kresley Cole (Lothaire ini nama orang ;D). Review menyusul
- The Madness of Lord Ian Mackenzie oleh Jennifer Ashley . Reviewnya baca di sini.

Untuk plan kedepannya , buku yang akan saya baca adalah :
- Juliet oleh Anne Fortier (adakah yang mau kasih saya buku ini? ;D)
- Anna and The French Kiss oleh Stephanie Perkins
- Buku Harian Deliverance Dane oleh Katherine Howe
- Anna Dressed in Blood oleh Kendare Blake
- Kitty and The Midnight Hour oleh Carrie Vaughn
- Nicola dan Sang Viscount oleh Meg Cabot
- Lady Isabella's Scandalous Marriage oleh Jennifer Ashley
- The Many Sins of Lord Cameron oleh Jennifer Ashley
- An Affair with Mr Kennedy oleh Jillian Stone.

Wew, semoga bisa kebaca ya ini semuanya :D.

Tantangan Ketiga!

Untuk tantangan kali ini, saya ikut reading challenge dari Melisa Mariani di blognya yang bertajuk Surga Bukuku . Melisa yang juga doyan Michael Fassbender seperti saya ini (info ga puenting banget ya :)) ), membuat tantangan baca yang diberi nama :"
Reading challenge 2012: Books in English " Tantangan ini mudah sekali, cukup baca buku bahasa Inggris minimal satu judul dalam sebulan. Tantangan yang mudah sekali, secara saya ini tiap bulan pasti baca buku bahasa Inggris, ho ho ho (ketawa setan). Rulesnya juga simple, selain baca buku hanya dalam bahasa Inggris, formatnya juga tidak dibatasi. Boleh buku asli, boleh e-books. Tantangan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja, saudara - saudara >:D.

Oh, ya, jangan lupa untuk mencantumkan logo tantangan membaca seperti di bawah ini, di blog teman - teman semua :


Berikut ini buku bahasa Inggris yang sudah saya baca untuk bulan Januari dan Februari :


Beberapa buku ini sudah saya review, kecuali Lothaire dan Heart of Darkness. Untuk bulan Maret depan, seperti biasa saya akan tetap baca buku bahasa Inggris. Tapi saya ga bikin plan, mungki karena baca buku bahasa Inggris emang sudah keharusan bagi saya (cieee). Bagi teman - teman yang ingin ikut tantangan baca ini, jangan lupa ke blog Mbak Fanda dan Melisa. Ikuti cara main mereka dan yang penting HAPPY READING!!

4 komentar:

  1. tahun kemaren challenge goodreadku juga ga tercapai kok Ren. tapi ga ada kata2 "You left xxx book behind" tuh. Lucky me! kalo ga pasti bete liatnya. hehehehe...
    udah ikut challenge 1 n 2, tapi 3 belum daftar. wajib ikut nih kayaknya, secara bacaanku 75% in English *nasib pendwld ilegal*

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo target akhir sih ga ada yang kayak gitu :D. Lebih pas lagi pelaksanaannya aja, aku kemaren sering digituin ma Goodreads, makanya bikin bete juga sih.

      Weleh, beberapa novel English yang aku baca sekarang malah dalam bukunya asli. Kalau udah kerja gini malah enak aja beli buku ;D. Lagian gw selalu guilty feeling kalo donlod ibuk :P

      Hapus
  2. Nga ikut tantangan apapun, soalnya susah membaca kl udah ada di warung,,,hahahah
    ikut dukung ren aja dr fb nih, semoga berhasil yaa,....kl berhasil dapet hadiah apa yaa,,^^

    BalasHapus
  3. Huahahaha, pake disebutin sama2 ngefans sama Michael Fassbender :D
    Thanks udah ikutan challenge ku ya Ren!

    BalasHapus

Terimakasih sudah meninggalkan komen di Ren's Little Corner. Silakan untuk setuju/tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)

Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway).

Komen untuk postingan yang berusia lebih dari 1 bulan otomatis akan dimoderasi.

Terimakasih sudah mau berkunjung! :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...