Rabu, 14 November 2012

Opini : Reading Challenge (plus giveaway!)



Pernahkan kalian melihat atau membaca atau mendengar ungkapan yang ada di jam itu? Dipopulerkan pertama kali oleh Frank Zappa, kayaknya ungkapan ini beneran mewakili semua kutu buku. Banyak banget buku yang ada di lemari, tapi kayaknya waktu 24 jam itu ga pernah cukup buat selesai baca itu semua. Belum lagi kalau tiap beberapa minggu atau beberapa hari sekali beli buku. Makin panjang deh timbunan buku yang entah kapan kita baca itu :)). Nah, untuk membantu kita menghabiskan buku - buku (dalam artian dibaca tentunya), salah satu caranya adalah dengan menargetkan berapa buku yang kita baca dalam jangka waktu tertentu. Istilah kerennya sih, Reading Challenge :D

Sebelumnya postingan ini lebih ke share pengalaman aja yah, bukan semacam pendapat saya. Tapi semoga tetep pada enjoy bacanya :). Saya pertama kali tahu Reading Challenge dari Goodreads. Yup, dimulai sejak tahun 2011 (saya masuk Goodreads sendiri tahun 2010), Goodreads mengunggah sebuah widget Reading Challenge yang memungkinkan penggunanya untuk menarget berapa jumlah buku yang akan mereka baca selama setahun. Saya yang jumawa karena tahun 2010 abis 200an lebih buku (yang 90% dalam versi ebook :)) ), akhirnya menarget dengan jumlah yang sama. Dan coba tebak, pas akhir tahun 2011 saya cuma bisa baca 140 aja. Malu ga sih? Apalagi  widget Reading Challenge ini punya pengingat yang lumayan bikin bete kalau saya ga sampai target, hehehe. 

Akhirnya di tahun 2012 ini, saya ga muluk - muluk, target cuma 75 buku! Demi membuat saya patuh target ini, saya mulai ikut banyak Reading Challenge yang mempunyai tema tertentu. Seperti "Reading English Book Challenge" di blog surgabukuku, "Name in a Book Challenge" di blog Mbak Fanda. Saya juga pernah ikutan tantangan baca "Gone With The Wind" , masih tetap di blognya Mbak Fanda, dan yah malah ga kebaca. Malunyaaa. Selain di blog, karena saya anggota BBI, tiap bulan ada semacam baca bareng yang saya anggap itu juga semacam tantangan. Saya juga ikut Reading Challenge di blog luar, seperti Under The Cover dan Bitten by Paranormal. Sederhananya sih, karena paranormal romance dan urban fantasy adalah genre favorit saya aja.

Tetap deh ya, ikutan Reading Challenge di banyak blog, target saya ga kecapai. Maklum selain kerja, kadang mau baca aja sudah capek banget. Gimana yah, cara saya bisa mencapai target selesai baca 75 buku sebelum akhir tahun? Akhirnya saya pun ikutan Reading Challenge yang ada di komunitas pembaca Goodreads. Berhubung saya doyan baca buku Eng, maka komunitas yang saya masuki juga banyakan komunitas pembaca luar. Saya ikut banyak macam Reading Challenge, mungkin bisa sampai 5-6 tantangan sekaligus, dan saya akui orang Barat itu idenya luar biasa! Tiap bulan selalu saja ada ide untuk tantangan baca, misalnya "Spell it Out" dimana buku yang kita baca, huruf pertama judulnya harus sesuai dengan huruf pertama kata yang dijadikan tantangan. Ada juga tantangan baca buku berdasarkan covernya, sesuai dengan tema bulan itu atau genre tertentut. Dan banyak lagi. Durasinya pun bervariasi, ada yang tahunan, per 6 bulan, per tiga bulan, per bulan, dan ada juga yang seminggu satu buku haru selesai Percaya atau tidak,sejak ikutan Reading Challenge di banyak komunitas, saya sukses melampaui target 75 buku. Dan sekarang sudah naikin lagi jadi 100, hehehe.

Bagi saya, Reading Challenge adalah solusi yang cukup ampuh untuk membuat kita membaca buku, selain juga melawan rasa malas. Selain itu membuat kita keluar dari zona nyaman selama ini. Setelah gabung dengan BBI, dengan mengikuti event baca bulanan mereka, saya jadi banyak baca buku yang di luar genre favorit. Dengan mengikuti Reading Challenge di komunitas Goodreads, buku yang udah ga kesentuh sekian lama, akhirnya saya baca juga. Bahkan membuat saya jadi menemukan banyak pengarang baru dan buku baru yang keren. Dasarnya sih saya memang menyukai tantangan, dan mengikuti Reading Challenge membuat pengalaman baca saya jadi jauh lebih berwarna :).

Dan sekarang waktunya Giveaway Minggu yang ke dua! Yup, untuk Giveaway Mingguan, saya putuskan untuk membuat formatnya jadi "bagi - bagi pendapat (atau pengalaman) dan menangkan buku pilihan". Panjang ya, hehehe.  Saya akan memberikan 1 (satu) buku pilihan sebesar IDR 75000. Mau dapat hadiahnya? Ini syarat - syaratnya :

1. Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar :

"Pernahkah ikut Reading Challenge, seperti yang di Goodreads atau blog - blog lainnya? Ataukan kamu tipikal orang yang tidak punya target saat membaca, hanya membaca saat sedang mood saja?"

2. Tulis alamat email di bawah jawaban. Ini penting, karena saya akan menghubungi pemenang via email. Bukan Twitter atau FBnya. Tulis juga nama id kamu, jika pakai pilihan "anonim".

3. Boleh share giveaway ini. Dan jangan lupa share linknya. Ini optional, tidak harus dilakukan :)

4. Giveaway berlaku hanya seminggu. Mulai tanggal 14 - 20 November 2012. Pemenang akan diumumkan di postingan Giveaway Mingguan selanjutnya pada tanggal 21 November 2012 . Pemenang akan diundi secara random.

Saya tunggu partisipasinya, dan kata - kata terakhir dari saya ;) :







Source pic: click here and here

48 komentar:

  1. Reading Challenge? Ikutan dong...
    Yang pertama saya ikuti itu Goodreads Reading Challenge 2011 (target awal 100 buku, trus dinaikin jadi 160, selesai di 168).
    Trus di tahun 2012 ini selain RC di Goodreads (dengan target 200 buku), ikut juga di RC-nya mbak Melmarian dan mbak Fanda (idem dengan Ren).
    Ohya, ada lagi di twitter #gerakancintabaca dengan target #November1000halaman yang baru mau diiikuti.

    Sebenarnya saya bukan tipikal yang ngejar target gitu. Dan untungnya belum pernah ngerasain ga mood membaca. Jenuh mungkin ada, tapi jalan keluarnya dengan membaca genre yang berbeda.

    Desty (email: destinugrainy@gmail.com)

    BalasHapus
  2. Reading Challenge saya tahun ini hanya sekitar 57-an buku saja.

    Turun dari tahun lalu yang mencapai angka 75. Hal ini dikarenakan dengan kesibukan kuliah dan lomba-lomba menulis yang meminta perhatian lebih dari saya sehingga saya jadi agak sedikit mengurangi waktu menjamah dan bercengkerama dengan buku.

    Aku ikutan Reading Challenge iseng saja. Tidak mentargetnya sesuatu yang muluk. Tahun kemarin saja saya tidak komplit, hahah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lupa emailnya, heheheh

      ini dia: reatheryan[at]gmail.com

      Hapus
  3. aku belum pernah ikutan reading challenge. karena suka sama buku justru setelah tidak punya akses untuk membaca buku gratis. pas lulus sekolah baru 'kepikiran' buat baca banyak buku.

    dan jadinya gak banyak buku yang bisa aku makan. karena kebanyakan dari mereka bersifat 'membaca berarti membeli'

    kalau aku mau baca ya harus beli.

    tapi aku berusaha untuk membuat target membaca juga. meski lebih ke waktu yang digunakan untuk membaca bukan berapa banyak jumlah buku yang aku baca.

    untuk buku yang memang suka, jangan sampailah lebih dari seminggu. jujur aja, aku ini bukanlah orang yang memiliki kecepatan membaca yang menyamai kecepatan cahaya *lebay*. dulu malah sering kena denda di perpustakaan. tapi lebih karena orang tua aku tidak mengizinkan membaca buku diluar buku pelajaran. sembunyi sembunyi deh, hehe

    udah kerja juga masih sembunyi sembunyi. baru sekarang sekarang aja di kasih 'restu' buat beli buku karena udah kerja. meski hanya bisa membeli sekitar dua buku saja tiap bulan.

    untuk tahun ini, aku belajar buat membaca cepat. rekor terburukku adalah membaca eclipse yang entah kenapa dua bulan baru beres di baca. padahal buku HP5 sama the maze runner bisa selesai dalam 4 hari

    dan rencana tahun depan, aku mau ikutan reading challenge.

    yah jika memang tidak bisa mendapat buku gratis atau sekadar pinjaman gratis, aku mau berusaha cari pinjaman yang berbayar saja.

    dari pada temen-temen pada ngomongin buku dan aku gak nyambung :))

    rmaryana
    notfar_fromheart@yahoo.co.id

    BalasHapus
  4. Tahun ini aku banyak ikut reading challenge (termasuk bikin sendiri :D). Tujuannya memang untuk memotivasi diri sendiri. Tapi sebetulnya aku merasa bahwa diriku toh memang cinta membaca, gak bisa hidup tanpa baca buku, tiap hari selalu baca buku, jadi lama-lama kepikir bahwa tanpa reading challenge pun aku toh tetap baca buku.

    Untuk tahun depan aku akan menantang diriku dengan self-project (ada di blog Fanda Classiclit kalau mau tahu). Aku akan fokus baca buku2 yang bermutu saja dan yang ingin kubaca, jadi mungkin tahun depan gak banyak ikut reading challenge kecuali kalo bukunya memang masuk dalam list yang mau aku baca.

    Yg jelas untuk GR, aku set seminim mungkin, hanya 50-55 untuk tahun depan, karena aku tak lagi mengejai quantity, tapi quality.

    Untuk supaya teratur (rada melenceng dari topik nih) aku biasa bikin jadwal baca bulanan sesuai dengan kemampuanku, jadi aku gak pernah bingung mau baca buku apa selanjutnya. Dengan begini juga gak akan kelupaan buku2 yg ada di timbunan. Enak sih...jadi lebih teratur.

    joviemaria at yahoo dot com

    BalasHapus
  5. pernah...taun 2011 tercapai tuh reading challenge..tapi taun ini ampun..targetnya sih banyak 130..tapi yg dibaca 100 buku juga blm..mana udah tinggal satu bulan pula hihihih..

    sebetulnya membaca tidak ada targetnya semoodnya baca aja..tapi taun ini mood lagi menurun tidak seperti taun kemarin..hehehe..

    icha09 at gmail dot com

    BalasHapus
  6. cuman pernah ikutan chellenge yg ada di goodreads doang :D. Itu pun baru ikutan mulai tahun aja.

    Awalnya aku masang target baca 50 buku,eh kok waktu udah mau akhir tahun gini kok buku yg dibaca cuman 20-an lebih *itupun dicampurin ama komik. karna takut gak kesampean ya aku rubah saja target nya jadi 30 buku *curang ya kayak nya :(. Kalo komik sih, aku sudah pasti habis 100-an komik dalam 1 tahun. Tapi kalo novel, ya allah.. Rasanya megang aja males gitu,apalagi buat baca.

    Email: thifalathifah @ gmail . com

    BalasHapus
  7. belum pernah ikut reading challenge sama sekali :P,aku model yang baca buku kapanpun ada waktu utk baca, untungnya blom prnah nc mengalami ga mood untuk baca, klo ga mood untuk baca genre tertentu sih ada, pernah suatu saat malees bgt baca buku romance gr2 beberapa buku romance terakhr yg kubaca terkesan itu2 aja krg ada variasi (terjadi pd novel2 HQ yang smp saat ini masih blm ad mood utk bc HQ lagi :P) menyiasatinya sc aku ganti genre, cari2 yg nggak cm sekedar romance, spt pararom atau bahkan dulu aku pernah dalam sebulan cuma baca buku non fiksi aja , macam biografi, historical, buku2 ttg sejarah dunia gt.
    ternyata bc buku sejarah itu ga kalah asik ama bc novel, penuh intrik dan kdg suka ad sisipan crt romance yg ga klh menarik dr novel :)

    Eeh kok malah melenceng dr topik nc ya :P
    sebenernya tahun lalu pgn ikut Rc di Goodread, cuma aku ini tipe yg kurang bgt telaten update2 buku yg ud dibaca gitu, akun di goodread jg cuma buat liat2 klo ad review buku yg bagus aj, ga prnh update n bkn review * Ckck.. jd malu nih ama ren *

    apalagi 2 thn terakhr ini ud krj d kantor yg ritme krjanya cukup menyita waktu *alasan aj padahal emang ga bakat nulis n plg males update akun hehehehe*
    lebih sering jd silent reader aj :)

    dewi.kamedaisuki@gmail.com

    BalasHapus
  8. Ikutan reading challenge baru tahun ini di Goodreads meski jadi membernya sudah dari tahun lalu. Sebelum ini kalo baca ya baca aj g ada target khusus, namun tahun ini mulai coba ikutan dan targetnya g muluk2 cukup 50 buku aj dan yg bikin surprise udh tercapai sjak pertengahan tahun,..baru nyadar trnyata kalo diitung-itung dalam setahun baca buku lumayan banyak juga..

    Email : ken_yessy@yahoo.co.id

    BalasHapus
  9. hallo Ren...ikutan yax
    but anyway happy Anniversary yax :)

    belum pernah ikutan reading challenge..bukan karena malas sih, cuman memang gak ada waktu untuk membaca apa lagi klo ditarget. wehehehe

    membaca lebih berdasarkan..."apakah ada buku yang bagus dan seru di tahun tersebut"

    contoh kemarin, pada ribut kayak angin puting beliung tentang 50 shade grey...ya ku baca..bosen ya gk ku terusin hmpfff..."hehehe...ni buku membosankan bagiku"

    na sekarang ada buku seru nih, Dari Asap dan Tulang..penasaran..so mau baca deh

    jadi membaca berdasarkan "penasaran"...hihihi..ini klo aku :))

    Email : nenok_cuantik@yahoo.co.id
    id : nenok_cuantik

    BalasHapus
  10. Aku ikutan reading challenge sih, tapi cuma di goodreads sama challenge-nya Melissa di surgabukuku.
    Alasannya simpel aja : aku emang gak suka menargetkan buku bacaan. Pengennya sih dibawa enjoy dan simpel aja.

    BalasHapus
  11. Aku ikut ikut Reading Challenge yang di Goodreads tahun ini tahun 2012. Targetnya 50 buku. karena ikutnya udah pertengahan tahun kemarin. sampai sekarang memang masih jauh dari harapan karena masih mencapai 22%. Senang bangat adanya reading challenge yg diadakan goodreads :)kita bisa tau berapa persen pencapain kita membaca buku dalam target yg kita capai :)
    emai : kerenz_zia@yahoo.co.id

    BalasHapus
  12. Aku ikutan reading challengena Goodreads. Pas 2011 targetnya cuma 50buku. Soalnya baru gabung di sana bulan September. Jadi gak muluk2 targetnya. Untungnya sih sukses melewati tantangan itu.

    Yang 2012 ini saya naikkan jadi 200 buku. Sekarang sih sudah hampir terpenuhi. Sudah sampai 198 :D

    Jujur sejak ikutan challenge di GR, jadi lebih rajin baca buku sih. Sebelumnya rada ogah-ogahan. Cuma kalau pasang target, rasanya ada yg kurang gitu kalau gak terpenuhi.

    email: biondyalfian[at]yahoo[dot]com

    BalasHapus
  13. Salam kenal mba, ikutan ya mba ^^
    Beberapa jam yang lalu, saya baru saja gabung di goodreads, namun saya belum mengerti cara penggunaannya hehe...
    Saya mungkin termasuk yang ga punya target membaca karena biasanya sih sesuai mood ^^ dan sesuai cerita bukunya hehehe.. kalo ceritanya bagus-bagus, saya targetin untuk membacanya semua dlam kurun wktu tertentu (secara bovel/buku-nya pinjaman dari perpus atau teman hehe,,,)

    ini email saya : misscova@gmail.com

    Oia, baca koment teman-teman saya kaget lho dan sampai bilang wow, tapi ga koprol ya ga bisa hehhe.. ternyata kecintaan saya memebaca buku masih kurang dibandingkan teman-teman.... (hiks..hiks...).

    Kalian semua keren... ini memotivasi saya untuk makin gemar membaca lagi..Semangat !!

    Makaci^^

    BalasHapus
  14. ikutan reading challenge cuma di goodreads. Target 50 buku saja lalu tercapai tambah jadi 70 dan udah tercapai lagi, tapi ga mau naikin. Biarin aja mentok di 70. hehe. 70 sepertinya angka yang cukup bagus.

    Bikin challenge sendiri juga di blog, namanya I Saw It, I Read It. Maksudnya sih pengen latihan baca novel bahasa Inggris. Biar enakan, sambil nonton filmnya juga. eeh.. Taunya malah mentok so far baru 2 buku dan film yang selesai. Tapi aku malah udah baca banyak novel bahasa Inggris. Jadi sebenernya tujuannya sih tercapai, cuma bukan lewat challenge itu. Hahaha.. Parah deh. Aku kayanya emang tipe yang susah ikut challenge. Bukannya termotivasi malah jadi ilfil.

    Thanks for the opportunity Ren.

    Nana
    martina.s.daruli@gmail.com

    BalasHapus
  15. sebelumnya aku pernah mencoba sekali utk ikutan reading challege di goodreads tp sayangnya gagal memenuhi challegennya karna males,hehe.sebenernya menurutku reading challege itu seru cuman aku gak bisa diatur apa yg hrs di baca,enaknya baca yg lg mood aja hehe

    BalasHapus
  16. Hmm.. belon pernah ikutan reading challenge sih, mungkin ada bagusnya ikut yaa.. biar jadi termotivasi untuk terus dan terus membaca, hahaha.. karena belakangan ini semangat membaca suka drop dead gorgeous githu, huhuhu..

    Tapi mungkin juga karena suka ngga menemukan buku yang 'tepat' dan 'klik' ketika dibaca soalnya pas lagi nemu buku yang klop, ternyata bisa terhanyut juga membacanya hingga ratusan halaman ngga berasa tau2 udah 'the end', hahahaha :D

    -Indah-
    indah79ers at yahoo dot com

    BalasHapus
  17. Nyi belum pernah ikut reading challenge hihihi baru kali ini denger nama ini *katrok
    baru paham kalo reading challenge itu buku yang harus dibaca dengan terget sekian-sekian ya dalam postingan kakak ini *ampun

    dunia tulis dan baca baru 1tahunan Nyi gelutin, dan pekerjaan sebagai TKW membuat saya ga sempat melakukan aktivitas lain, tapi setelah mengenal dunia buku target saya baca menjadi pesat. Kalo ga punya uang ya pinjam, soalnya buku di sini harganya 2 sampai 3x lipat dari harga indo, mungkin dipatok oleh ongkir tersebut. Setelah bisa pinjam diperpustakaan dan dengan memberi sedekah seikhlasnya saya mulai gemar membaca, kalo bukunya banyak 2 hari 1buku, tapi kalo cuma 2-3 buku yang boleh disewa selama 2mingg ya yang ada aja dibaca. Mudah-mudahan setelah pulang ke indonesia tanggal 28 besok bisa lebih produktif baca.

    regard

    Nyi Penengah Dewanti
    upilku_upilmu@yahoo.com

    BalasHapus
  18. Pernahkah ikut Reading Challenge, seperti yang di Goodreads atau blog - blog lainnya? Ataukan kamu tipikal orang yang tidak punya target saat membaca, hanya membaca saat sedang mood saja?

    Aku ikut reading challenge di Goodreads yang jumlah buku. Kalau blog lain pernah ikutan, Mbak Fanda yang Gone with The Wind, tapi tengah-tengah tewas karena males ama karakternya, blom ketemu moodnya. Heheheheheh..

    Sebenarnya bisa dibilang aku gak mengikuti challenge, jadi ikutin mood, pengennya baca apa. Karena baca itu udah mendarah daging (cekileh bahasakuuu...) jadinya baca ya sebagai hiburan, kesenangan pribadi.

    Ikutan challenge itu sebenarnya buat seru-seruan aja dan kenalan sama orang. Terus belajar untuk melihat genre lainnya yang mungkin gak kita sentuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. email: saphire_sha[at]yahoo[dot]com

      Hapus
  19. Saya ikutan reading challenge cuma di goodreads saja. Biasanya saya baca sesuai mood, tapi begitu kenal goodreads saya selalu menargetkan diri baca lebih banyak. Tapi anehnya, timbunan juga tambah banyak :)
    Menurut saya, reading challenge itu bagus untuk memacu niat membaca dan bukan sekadar membeli bukunya saja hehe...

    email : sabrinazheng89@gmail.com

    BalasHapus
  20. Aku baru ikut Reading Challenge tahun ini di Goodreads. Dari yang awalnya 50 buku, jadi 85, 90, dan menjelang akhir tahun diubah jadi 105 buku. :)) Karena waktu aku kelas 2 SMA masih rada santai, sekarang aku kelas 3 jadi gak begitu santai lagi karena ujian akhir. :))

    Mungkin untuk tahun depan aku mau ikut Challenge di blog-nya Mbak Fanda (nyesel kenapa gak ikut read-along GWTW...). Selain menambah bacaan baru, aku juga bosen sama YA.:p

    nurauliaafina@yahoo.co.id

    BalasHapus
  21. Kalau baca bareng BBI kata Mba Ren disebut reading challenge berarti aku pernah ikutan reading challenge walaupun 1x dan itupun kebetulan semata. Aku untuk saat ini belum tertarik untuk ikutan reading challenge ga ada alasan khusus sih. Kadang ketika aku dikejar target malah sama sekali ga mood baca buku setiap kalimat yang kubaca seandainya kupaksaan malah samaseklai ga masuk ke otak dan harus dibaca ulang. Makanya aku lebih ke santai baca buku ga ada target apapun daripada aku ga menikmati buku yang kubaca dan mala kesel sendiri :)

    email: bluee_moen182@yahoo.co.id

    BalasHapus
  22. aku ikut beberapa reading challenges, antara lain : Goodreads, Gone with the Wind read along, name in a book challenge, classic club list challenge for the next 5 years, dan bbrapa reading challenge lainnya...semua berawal dari Goodreads tentu saja, walaupun untuk tahun ini targetku jauh menurun karena waktu yang semakin tersita untuk bekerja.

    reading challenge sangat membantu untuk saling menyemangati dalam membaca apalagi bacaan2n berat..apalagi klo reading challengesnya membuat beberapa member membca buku yang sama

    email : althesia.k@gmail.com

    BalasHapus
  23. Ceritanya hampir mirip ma aku, dulu pas ikutan reading challenges th 2011 di GR, langsung ngasih target 300 buku, yang sudah pasti GAGAL! Baru pas 2012, langsung sadar diri bikin target 120 buku, yang sampe sekarang baru terpenuhi 106 buku dan berharap bisa sukses!

    untuk masalah target, aku bukan tipikal orang yang menyukai target, tapi penyakit menimbun buku mengharuskan aku untuk punya target menuntaskan bacaan, yang sampe sekarang masih numpuk dan pasti adanya Reading Challenges bener2 memotivasi buat baca terus dan terus

    sinthionk@gmail.com

    BalasHapus
  24. jujur sih ya, saya itu tau goodreads belum lama, sehingga ikutan reading challenge yg ada di goodreads tsb pun belum lama. paling baru dari bulan agustus. namun saya akui, sejak saya ikut reading challenge, saya jadi lebih teratur membaca buku dan tentunya dengan target yg tidak muluk2. dulunya kebiasaan membaca itu ga teratur banget, kadang sebulan bisa beberapa, tapi kadang juga bisa cuma namatin satu aja. jadi ya kalau saya sebagai pemula, reading challenge yg ada di goodreads aja dulu udah cukup :)

    email saya: zack_joys[at]yahoo[dot]com

    BalasHapus
  25. untuk reading challenge belum ada, tapi setiap akan menulis naskah saya mencari buku yang dibutuhkan dan menyelesaikan membaca beberapa buku sekaligus sebelum menulis. jadi jika bisa disebut reading challenge rasanya belum, karena masih dihinggapi mood, tergantung mood menulis saya. hehe :D

    link : https://twitter.com/ilarizky88/status/268745038190751744

    email : sabilla.arrasyid@gmail.com

    BalasHapus
  26. aku belum pernah ikut reading challenge...*malu-maluin*
    coz aku belum tau kalo ada yang challenge yg asik kek gitu...
    tadinya baca buku cuma sekedar hobi...baru taun ini juga mulai baca novel genre romance n sangat jatuh cinta sama genre paranormal romance, sebelumnya paling2 baca novel remaja ato non fiksi...

    sekarang pengen banget ikutan reading challenge..
    tp b'hubung ga yakin bakal bisa menuhin target *maklum pemula*..
    secara waktu nya kesita buat kuliah juga karena belum ada dana buat beli buku *intip dompet*..bokek..duh,knp sih di sekitar kampus ga da rental buku???

    , spt nya keinginan ikut challenge harus tertunda dulu...:(


    semoga tahun depan saya sudah bisa mulai ikut...amin.. XD



    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya... emailnya :iv_dee @yahoo.com

      Hapus
  27. Reading challenge? Hmmm.... Aku baru ikutan tahun ini karena terdaftar sebagai goodreader baru September 2011.

    Awalnya sempet ragu2 dengan kemampuan sendiri yang ngga pernah ngitung berapa buku dibaca setiap tahun. Makanya pertama nge-set berapa buku untuk reading challenge, cuma berani nulis 25 buku. Etapi, bulan January ternyata aku melahap 7 buku. Lhah, baru bulan pertama sudah segini? Akhirnya, bulan kelima atau enam, target kunaikkan menjadi 34 buku, eh, tau2 sudah hampir selesai lagi. Akhirnya, kunaikkan 10 lagi, menjadi 44 buku. Alhamdulillah, bulan lalu selesai tuh target. Tahun depan mau naikkin deh targetnya, ngga banyak2, 55 kayaknya cukup :)

    Mengenai challenge Di event baca bareng itu juga menurutku keren. Bisa nyelesain buku plus nulis review buku yg belum tentu to my preference. Something banget #halah. Pernah missed sekali baca bareng pas Tokyo Zodiac Murder. Bacamulai pertengahan bulan, en, akhir bulan.ada tour muter negeri jiran. Meski disambi dibaca di pesawat tetep saja targetnya kelewat. Duuhh. Dan, eh, baru nyadar kalo aku ternyata ngga gitu suka genre begini, meski banyak bener penikmat genre bunuh2an gini. :)

    Email: lilass1051@gmail.com

    BalasHapus
  28. Aku belum pernah ikutan mba'.
    Malah baru kali ini aku dengar tentang Reading Challenge(Ketinggalan banget aku ini yah.. :) ).
    Aku sendiri gak pernah nargetin jumlah buku yang aku baca mba' Soalnya, aku itu tipikal orang yang melakukan sesuatu itu berdasarkan mood. Kalau sedang gak mood, menyentuh bukupun aku gak lakuin mba'. Tapi, saat sedang mood baca, bisa-bisa sampai lupa waktu.
    Aku juga gak pernah menghitung jumlah buku yang sudah aku baca mba'(gak kepikiran mau ngitunginnya).
    Mendengar tentang reading challenge ini, aku jadi kepingin ikutan juga deh... :)

    e-mail: Agustia.Maulida@gmail.com

    BalasHapus
  29. Aku pertama kali ini, coba2 ikutan Reading Challange di goodreads, dan hanya berani masang target 15 buku dulu, dan sekarang sih tinggal 2 buku lagi (sedikit banget jika dibandingkan sama yg lain). Dan untuk sekarang belum bisa banyak2 sih, soalnya aku tipe yg santai dalam membaca, juga soal budget buat beli buku (karena masih anak sekolahan). Tapi, aku pengen naikkin target reading challenge-ku juga sih.. :)

    e-mail:agustini906(at)gmail(dot)com

    BalasHapus
  30. Baru sekali doang, ikut Goodreads Reading Challenge 2012, tdnya 100 buku, eh tapi ditingkatin jd 150, alhamdulillah udah sampai targetnya.
    Tapi pas baca postingan mbak ren ini, sepertinya seru ya (baru tau) ada berbagai macam reading challenge, unik unik pula. biasanya ada di forum forum membaca atau blogger gitu ya? hehe maklum jarang online soalnya.. :D

    email : fennyherawatiyusuf@yahoo.com

    BalasHapus
  31. Ikutan Reading Challenge di goodreads dari tahun lalu. Aku sih seneng aja ikut challenge, bikin baca jadi lebih 'fokus', gak serabutan semua buku diambil, tapi akhirnya malah bikin timbunan tambah tinggi.
    Aku ikutan juga challenge - Name in a Book Challenge sama Book in English.
    Pengen ikutan challenge lebih banyak lagi, tapi kaya'nya ntar malah gak ada yang mencapai target :)

    email: ferina.ardinal@gmail.com

    BalasHapus
  32. Saya tidak pernah ikut Reading Challenge. Tidak ada alasan tertentu, sih, kecuali memang kalau sering membaca novel saya sering dimarahai mama-_-v Aduh sumpah, saya ini masih pelajar SMP, jadi masih sering main ke sana sini. Baca novel paling sebulan sekali. Jadi kalau ikutan Reading Challenge ya ngga pernah.
    Saya tipikal orang yang membaca sedang mood saja. Hihi.

    Email: mustika.rini44@yahoo.com

    BalasHapus
  33. hanya ikutan goodreads reading challenge. karena bis amilih genre/tema yang mau dibaca, gak teratur akan kondisi reading challenge yang lain :)
    email tezarnet@gmail.com

    BalasHapus
  34. Pertama kali ikut reading challenge itu tahun 2010, Twenty Ten Challenge, dari blog buku luar. ternyata fun karena banyak kategori baru yang aku nggak pernah tahu sebelumnya (gara2 challenge ini juga aku baca Wuthering Height dan Jane Eyre). Tahun 2012 ini malah baru pertama kali ikut challengen goodreads, karena biasanya aku lebih suka challenge yang sifatnya "kategori", bukan "jumlah". tapi karena ada BBI Berbagi, akhirnya aku ikutan juga Goodreads challenge. ternyata memang memacu untuk lebih produktif sih =) aku juga ikutan TBR Pile challenge, ngabisin buku TBR. sukses sih ngabisinnya, tapi tetep aja timbunan baru muncul lagi, hahaha...anyway, reading challenge cukup menyenangkan kok, meski aku sebenernya lebih termasuk tipe yang baca nggak bisa dijadwal..

    email: astridfelicia@hotmail.com

    BalasHapus
  35. reading challenge!! nga sanggup deh, sibuk ama kerjaan and tugas rumah, 1 buku aja kira2 kelarnya 2-3 hari. kl mood lg nga kerjasama bisa makin lama tuh, apalagi pas TV lg nayangin film bagus, makin lamaaa......hehehehe
    Makanya aku nga pernah ikutan reading challenge ato pake target, udah di duga pasti pada keluar dari jadwal semua.....hahahaha

    BalasHapus
  36. Aku ikut Goodreads Reading Challenge dari tahun 2011, dan waktu itu nggak kesampaian padahal tinggal 4 buku lagi (aku set 75, ternyata sampe akhir tahun cuma mampu habisin 71 buku). Tau gitu diganti 70 aja menjelang akhir tahun yak. Hehehe. Nah, untuk tahun ini aku sempet gonta-ganti jumlah buku untuk GR Reading Challenge, dari awalnya 55, trus 52, dan sekarang 50 buku aja. Tapi aku juga ikut macam-macam reading challenge dari awal tahun 2012 yang nggak semuanya terselesaikan (hiks hiks). Belajar dari situ, tahun depan aku nggak akan ikut macam-macam reading challenge lagi, mau ikut yang bener-bener kuminati aja. Untuk GR juga kayaknya bakal diset sama dengan tahun ini, 50 buku. Jadi kesimpulannya, Reading challenge buatku tetep perlu karena itu salah satu hal yang memotivasi kita untuk makin banyak membaca. Cuman ya set target yang realistis aja, sesuai kemampuan, nggak usah membandingkan dengan orang lain yang mampu baca lebih banyak buku dari kita.

    Nah sekalian nanya nih, reading challengeku yang Books in English enaknya kuterusin nggak ya untuk tahun 2013? Kalo iya, dimodif gimana ya supaya lebih fun & challenging? Sebenernya pengen pake tema, misalnya bulan Januari buku anak, Feb romance, dst, tapi kok takut memberatkan peserta reading challenge. Need your opinion on this (yang lain jg boleh komen :)) Thanks!!!

    elsa_maran AT yahoo DOT com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya sudah share ttg GA ini via twitter: https://twitter.com/melmarian/status/269458922644058112

      Hapus
  37. 1. "Pernahkah ikut Reading Challenge, seperti yang di Goodreads atau blog - blog lainnya? Ataukan kamu tipikal orang yang tidak punya target saat membaca, hanya membaca saat sedang mood saja?"

    Reading chalengge? ummm...maap sista baru dengar istilah ini...hahah *garukkepalayangtidakgatal
    kalo masalah baca-membaca, setiap ada buku (apapun genrenya) pasti saya sikat langsung..
    ada kerinduan aneh yang saya rasakan kalo beberapa waktu saja ga membaca.
    ga ada batasan waktu membaca buat saya, kecuali ibu saya datang dan membawa pentungan besar gara-gara saya lupa waktu, karena saya bisa seharian hilang dan ditemukan sedang meringkuk membaca buku di sudut rumah ataupun begadang semalam suntuk demi menuntaskan hasrat membaca, meski keesokan paginya harus bangun dengan wajah lesu dan mata bengkak (sepertinya ini juga salah satu alasan saya jadi kurang darah, heheh, tapi tak apalah demi kepuasan membaca :) )

    2. Tulis alamat email di bawah jawaban.
    email : perikecil_fafa@yahoo.co.id

    3. Boleh share giveaway ini.
    share via fb : https://www.facebook.com/fafa.laviva/posts/393664250710289

    moga dapeeet :D

    BalasHapus
  38. Aku baru tahun ini ngikutin Goodreads Reading Challenge. Nargetin 10 buku *dikit banget ya* dan ternyata kurang lebih 2 bulan udah tercapai. Menambah jumlah buku buat reading challenge-nya gimana caranya ya?

    email: enjoyousjolly(at)hotmail(dot)com

    udah share di: https://twitter.com/enjoyousjolly/status/269667262330462208

    BalasHapus
  39. Reading Challenge??

    Sering liat widgetnya di GR dan beberapa blog yg kuikutin. Tapi ga pernah ikutan sama sekali, heheh..

    Alasannya sama dengan, mbak siapa itu diatas? Aku jarang buka GR dan jarang update buku2 yg baru kubaca.

    Terus terang, yang namanya baca, aku ga pernah pake target. Mau selesai sejam, sehari, seminggu bahkan berbulan2, ga ngaruh. *ketauan banget ga mau maju ya*

    Sebenernya, kalo niat mau rajin bisa aja sih. Mengingat waktu SMP tiap kali abis baca buku, pasti kucatet dibuku, baik buku pinjaman atau beli sendiri.
    Yg bikin sebel, agenda catatan buku yg kubaca, entah kenapa bisa ilang 2x. Pertama waktu pertama kali masuk SMU, agenda gede yg selalu kugotong kemana2 ketinggalan dikantin sekolah. Begitu inget, balik ke kantin udah RAIB! Sebel banget, lha wong agenda penting cuma buat aku aja diembat, atau jangan2 yg ngambil juga suka baca, ya? Wkwk..
    Agenda kedua hilang waktu aku udah kerja. Waktu tugas luar kota, kamar kost dibobol orang iseng. Selain perhiasan, masa maling itu harus ngambil agendaku juga??!!
    Setelah itu, aku ga pernah lagi yg namanya nyatet2 buku apa aja yg udah kubaca. Kapok..

    Kenal GR juga baru2 aja th 11 atau th 10, ya? Lupa. Kalo lagi mood, buku setebal Harry Potter 5 dan 7 bisa tamat dl 10 jam aja! Kebetulan HP 5 terbit waktu aku kena cacar, tp tetep masuk kerja. Sama bosku disuruh masuk aja ngawasin kary lain. Baca HP 5 dari jam 11 siang sampe tutup toko jam 7 malem :D

    Et, bentar! Ini melenceng dari topik ya? #kebiasaan buruk

    Mulai tahun depan, mau coba ikutan Reading Challenge yg di GR deh. Oops lupa, kemarin di twitter GR Indonesia (@bacaituseru) ada baca bersama BUKU FILM. Kalo ikutan itu, termasuk ikutan reading challenge juga ga, ya? Hehe..

    Thank you Ren :)

    Liz
    lizfreya.kris[at]yahoo[dot]com

    BalasHapus
  40. Aku belum pernah ikutan reading challenge karena aku ngga pernah nargetin buat baca berapa banyak buku. Menurutku, novel itu obat untuk menjernihkan otakku yang kusut oleh pelajaran. Jadi, kalau otakku udah kusut, aku pasti baca novel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelupaan e-mailnya :p

      E-mail : citrapsaradevi@gmail.com

      Hapus
  41. Hi Ren, ikutan ya :D
    1. Sebelumnya tidak pernah ikut Reading Challenge, jadi baca & bikin postingan sesuai mood :D, nah baru tahun ini ikutan beberapa challenge dan buat juga sebagai program untuk motivasi diri sendiri spy cepat menghabiskan daftar TBR Pile yang semakin tinggi. Ada manfaatnya sih, karena memicu sekaligus sebagai reminder, cuman jadi terasa diburu-buru hehe. Tahun depan kemungkinan tetap ikut dan buat challenge lagi, tapi berbeda nuansa (belajar dari pengalaman tahun ini)
    my e-mail : hobbybuku(at)gmail(dot)com
    share it on twitter at : https://twitter.com/HobbyBuku/status/270555047161643010

    BalasHapus
  42. jelas ikut, pertama kali ikut tahun lalu yaitu Reading Challenge-nya Goodreads, berhasil namatin 200-an buku, biasanya g pernah ngitung, untung aja ada challenge ini jadi bisa terorganisir dengan baik. Tahun ini juga ikut lagi, awalnya sih target aku cuman 100 buku, karena dipertengahan tahun udah terlampaui aku nambahin target baca yaitu 200 buku. Tapiiiiii, melihat dua bulan terakhir ini mood baca aku menurun drastis dan waktunya nggak banyak aku turunin jadi 180 buku aja, ehehe. Selain itu ikut juga Gone With The Wind yang sukses aku ikuti, selain itu ada Name in a Book Challenge 2012 yang ngadain mbak Fanda juga, ada HIsFic Challenge yang ngadain mbak Hoby Buku, trus dari blog luar ikut what's in a name 5. Untuk ketiga challenge terakhir itu nggak yakin bisa namatin tapi tetep aku usahain T.T aku lebih konsen ke Reading Challenge-nya Goodreads aja, hehehe.

    zhuelhiez@yahoo.co.id

    BalasHapus

Saya menghargai setiap komen/opini yang diberikan. Silakan untuk tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)
Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).
Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.
Terimakasih sudah mau mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog saya :).


I value your comment/opinion. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.
I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).
Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.
Thank you for your visit and comment :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)