Jumat, 31 Mei 2013

Review : Wild Invitation oleh Nalini Singh


Judul : Wild Invitation
Pengarang : Nalini Singh
Penerbit : Berkley
Tebal : 339 halaman
Diterbitkan pertama kali : 5 Maret 2013
Format :  Mass Market Paperback
Target : Dewasa
Genre : Paranormal Romance, Science Fiction

Bahasa : Inggris 
Seri : Psy - Changeling
Buku ke- : Anthology (Kumcer)
Status : Punya sendiri

Review di Goodreads : Click here
Web Pengarang : Click here
Order di : Open Trolley, The Book Depository
Review buku lain di serial ini :
- Slave to Sensation (#1)
- Play of Passion (#9)
- Kiss of Snow (#10)
- Tangle of Need (#11) 

 Sinopsis
 

In Beat of Temptation , innocent Tamsyn has always had a place in her heart for Nathan, a blooded DarkRiver sentinel. But is she ready for the fierce demands of the mating bond?

In Stroke of Enticement , a wary young teacher, skeptical about love, arouses the man—and the animal—in an aggressive leopard changeling who must prove his affections are true.

Plus 2 NEVER BEFORE PUBLISHED NOVELLAS

In Declaration of Courtship, Grace, a shy submissive wolf, finds herself pursued by the last man she ever would have imagined: a SnowDancer lieutenant said to be “mad, bad, and dangerous to know.”

In Texture of Intimacy, SnowDancer healer Lara discovers the searing joys—and unexpected challenges—of being mated to quiet, powerful Walker, a man used to keeping his silence.

Review


Berhubung saya lagi semacam maraton baca bukunya Nalini Singh (buat persiapan membaca bukunya yang terbaru, yaitu Heart of Obsidian), dan juga karena ada event baca bareng BBI di bulan Mei yang salah satunya adalah membaca kumcer (kumpulan cerpen) atau anthology, maka pas banget baca Wild Invitation ini. Wild Invitation adalah kumcer yang mencakup beberapa cerita pendek di serial Psy Changeling yang sudah pernah diterbitkan di anthology bersama pengarang lain, plus dua tambahan cerpen baru. Sempurna banget buat saya yang suka malas baca anthology campur - campur cuma buat dibaca 1-2 cerita oleh pengarang yang saya kenal aja. Apakah pembaca baru bisa mengikuti kumcer ini? Dua cerpen yang pertama bisa dibaca tanpa harus membaca dulu semua buku di seri Psy Changeling, sementara dua cerpen terakhirnya, minimal harus sudah baca sampai buku sembilan. Tapi jangan khawatir, yang g mengikuti serial ini masih bisa menikmati ceritanya kok :)

Saya akan sedikit mereview masing - masing cerpen di buku ini, dimulai dari cerpen yang pertama.

Beat of Temptation

Menceritakan tentang Tamsyn Mahaire, penyembuh di DarkRiver, kawanan Changeling Leopard di San Fransisco, yang dalam usia 19 tahun sudah menemukan pasangan takdirnya. Sayangnya, Nathan Ryder yang 10 tahun lebih tua dari Tammy, merasa kalau Tammy masih terlalu muda baginya. Jadi Nate mati - matian menghindari Tammy, walau dia dan sisi leopardnya sebenarnya mendambakan gadis itu. Tammy yang tidak tahan dengan sikap Nate, menganggap kalau Nate tidak ingin dia jadi pasangan pria itu dan pergi dari kawasan DarkRiver. Sedikit yang Tammy tahu, kalau Nate menjauhi Tammy karena tidak ingin gadis itu bernasib sama dengan ibunya yang dulunya juga menikah saat muda. Tapi, apa Nate akan diam saja melihat pasangan takdirnya pergi dari kehidupannya?

Review

Beat of Temptation pertama diterbitkan di anthology  An Enchanted Season, yang bertemakan Natal. Maka tidak heran kalau cerpen ini juga mengambil waktu saat Natal. Fakta menarik di cerpen ini adalah, saat kaum Psy (manusia dengan kemampuan psikis) berusaha menghapus Natal, karena Natal adalah simbol kebahagiaan, sementara bagi mereka konsep kebahagiaan adalah sesuatu yang tabu. Namun karena bisnis mereka jadi menurun, akhirnya larangan Natal pun dibatalkan. Beat of Temptation juga prekuel dari Slave to Sensation, buku pertama seri Psy-Changeling. Nate dan Tammy adalah salah satu dari tokoh sentral di seri ini dan dari cerpen ini, pembaca jadi tahu awal mula mereka bertemu. Menurut saya, cerpen ini termasuk yang biasa saja. Dan terlihat kalau gaya bercerita Nalini Singh masih belum terasah seperti buku - bukunya yang sekarang. Lagipula, saya juga kurang suka sikap Nate yang bossy abis, menganggap dirinya tahu apa yang Tammy butuhkan. Yah, tipikal hero yang alpha memang, arogan dan menyebalkan :P.

Rating Cerita  :





Sensualitas :





Ada adegan intim, namun tidak implisit.


Stroke of Enticement

Menceritakan tentang guru sekolah dasar yang berada di wilayah Dark River, Angelica Kildaire atau Annie yang sedang menghukum muridnya yang bandel. Si bocah ingin pamannya menjemputnya, dan Annie lalu bertemu dengan pria tampan yang membuat hatinya jadi berdebar - debar. Zach Quinn juga tidak buta, dirinya dan leopard dalam dirinya juga tertarik pada Annie. Sayangnya keluarga Annie cukup strict, terutama sang ibu yang g bosan - bosannya menjodohkan Annie dengan kalangan akademik. Selain itu Annie juga takut dia akan bernasib sama dengan ibunya. Terikat pada pria yang tak bisa memegang janji. Namun bukan Zach namanya, kalau sebagai Changeling, dia menyerah begitu saja terhadap Annie.

Review

Stroke of Enticement pertama diterbitkan di anthology  The Magical Christmas Cat, yang juga bertemakan Natal. Tapi tema Natalnya g terlalu kental kok. Setting ceritanya sendiri antara buku #3, Caressed by Ice dan buku #4, Mine to Possess. Annie disini diceritakan mengalami cacat di kakinya akibat suatu kecelakaan, yang membuat dia tidak bisa berjalan dengan sempurna. Dan hal itu membuat kepercayaan dirinya berkurang. Ditambah dengan sikap ibunya yang sangat protektif, dan sebenarnya rapuh karena suaminya yang terlalu mencintai pekerjaan. Untunglah ada Zach yang kuat, juga protektif tapi berusaha untuk tidak mengekang Annie. Kisah cinta Annie dan Zach tergolong sangat cepat, hanya dalam hitungan minggu, tidak seperti kisah Tamsyn dan Nathan yang sudah bertahun - tahun kenal. Tapi saya lebih suka cerpen yang kedua ini daripada yang pertama. Mungkin, karena saya jauh lebih suka dengan sikap Zach yang lebih charming daripada Nate. Selain itu ada adegan yang sangat lucu di cerpen ini. Dimana ibu Annie yang berusaha menjodohkan Annie dengan seorang professor koleganya, terpana saat mendengar Zach, yang dikiranya hanya pria liar tak berpendidikan, ternyata punya gelar Ph.d ! Hehehe, bisa diterapkan nih buat para cowok - cowok untuk merebut hati calon mertua. Berpura - pura g berpendidikan, padahal aslinya sudah sarjana. S3 lagi, hihihi.

Rating Cerita  :





Sensualitas :


Hanya ada satu adegan intim, dan tidak terlalu implisit. 

Declaration of Courtship

Menceritakan tentang Cooper, seorang letnan di SnowDancer, kawanan Changeling serigala yang wilayahnya tetanggaan dengan DarkRiver. Cooper adalah seorang (atau seekor ya?) Changeling serigala yang dominan, dan saat ini dia juga sudah menemukan pasangannnya, yaitu Grace. Masalahnya, Grace ini serigala yang paling submissive di kawanan itu. Dan Cooper takut kalau dia tanpa sengaja melukai wanita itu. Padahal, walau serigalanya submissive, Grace aslinya adalah wanita yang berkepribadian kuat. Cooper dan Grace pun mulai jadian dengan perlahan, sembari Cooper menunggu ikatan diantara dirinya dan Grace terbentuk. Tapi,Grace menyadari kalau Cooper menyembunyikan sesuatu darinya yang bisa membuat ikatan mereka yang masih rapuh bisa hancur selamanya.

Review

Declaration of Courtship adalah cerpen yang tergolong baru, belum pernah diterbitkan di kumcer manapun. Jadi ceritanya pun terasa fresh. Cerpen ini bersetting antara buku #9, Play of Passion, dimana Cooper pertama kali dikenalkan, dan buku #10, Kiss of Snow. Walau bagi saya cerpen ini juga tergolong biasa, hanya kisah romantis dan tak ada suatu kejadian signifikan tejadi. Namun,  disini Nalini Singh menjelaskan lebih lanjut tentang dinamika kehidupan para changeling serigala di kawasan SnowDancer. Terutama tentang serigala yang submissive. Selama ini pasangan yang ada di serial ini kebanyakan adalah serigala atau leopard yang dominan. Padahal serigala submissive juga dibutuhkan dalam kawanan. Mereka memberikan rasa nyaman, tentram juga melindungi anak - anak dan para remaja. Jika tidak ada serigala submissive, maka bisa dipastikan kawanan itu lambat laun akan hancur. Karena semuanya bersikap keras sehingga akan saling bunuh tanpa ada yang menenangkan batin dan jiwa mereka. Jadi hubungan submissive dan dominan disini lebih ke keseimbangan. Jangan disamakan dengan hubungan sub-dom di BDSM ya :P

Rating Cerita  :

 



Sensualitas :


Ada beberapa adegan intim yang cukup eksplisit, walau tidak sampai mengganggu kenyamanan baca.


 Texture of Intimacy

Lebih ke "after story". Dua tokoh utama cerpen ini, Lara dan Walker Lauren, sudah pernah diceritakan di buku #10, Kiss of Snow, dimana kedua orang ini memutuskan berpasangan walau perbedaan dinatara mereka cukup jauh. Lara adalah changeling serigala, sekaligus penyembuh di SnowDancer. Sementara Walker adalah seorang Psy, yang membelot dari kaumnya, demi nasib putrinya Marlee, kedua keponakannya, Sienna (yang ceritanya ada di Kiss of Snow) dan Toby, serta adik laki - lakinya, Judd (ceritanya ada di buku #3, Caressed by Ice). Cerpen ini lebih banyak bercerita tentang kehidupan Lara dan Walker setelah berpasangan. Terutama bagaimana mereka menyelesaikan masalah yang terjadi akibat perbedaan mereka yang cukup transparan.



Review

Dari semua cerpen di kumcer ini, Texture of Intimacy adalah favorit saya. Apalagi saya juga menyukai tipe cerita yang "after happy ending". Walau sudah happy end, toh kehidupan antara pasangan ga akan berhenti gitu aja setelah mereka saling berkata cinta kan? Masih ada hambatan dalam hubungan Lara dan Walker. Dimana Walker takut kalau kebahagiaan yang dia rasakan bersama Lara hanya bersikap sementara. Bahwa dirinya dan putri masih dalam bahaya, ingatan dan emosi mereka berdua bisa dihapus jika tertangkap. Begitu juga dengan Lara yang frustasi karena Walker terbiasa menekan emosinya, padahal bagi changeling serigala, emosi adalah segalanya. Cara Nalini Singh dalam menjabarkan ceritanya sangat mengalir dan membuat saya bisa merasakan kehangatan dan kekeluargaan dari cerpen ini

. Baik dari dalam kawanan SnowDancer, maupun antara Walker dan keluarganya.

Rating Cerita :
 



Sensualitas :


 
Beberapa adegan intim, beberapa eksplisit dan ada juga yang diceritakan secara samar. Mungkin karena tokohnya sudah berpasangan, jadi jauh lebih "intens" ;)

Overall, saya cukup menikmati kumcer karya Nalini Singh ini. Ketimbang paranormal romance dan science fiction, lebih banyak sisi dramanya. Mungkin juga karena cerpen, agak susah mengembangkan ceritanya. Makanya ada kejadian dimana pasangannya jatuh cinta cukup cepat, terutama di dua cerpen pertama yang saya merasa harusnya bisa lebih dikembangkan lagi. Apapun itu, kumcer ini ga rugi buat dibaca, dan buat yang memang mengikuti serial Psy-Changeling, ga rugi juga buat dikoleksi :)

Trivia : 

- Disamping ini adalah cover versi UK. Hmm, saya lebih milih yang versi US. Jauh lebih enak dipandang sih, hehehe.

- Saya dulu beli ini waktu dikasih voucher 50ribu sama Open Trolley (yay!). Pengen tahu lebih lanjut kisah dibalik pembelian buku  ini, yuk klik artikel ini ;)

- Judul - judul buku di seri Psy-Changeling sangat unik, tapi juga tidak asal main kasih judul. Di setiap cerpen selalu ada kata - kata yang terselip, yang menjadi bagian dari judul cerpen tersebut (seperti kata beat dan temptation di Beat of Tempation, declaration of courtship yang juga jadi judul cerpen Declaration of Courtship, dll)

Rating Cerita Overall :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah meninggalkan komen di Ren's Little Corner. Silakan untuk setuju/tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)

Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).

Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.

Terimakasih sudah mau berkunjung! :D


Thanks for commenting on Ren's Little Corner. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.

I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).

Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.

Thank you for your visit! :D.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)