Kamis, 30 Mei 2013

Review : Tangle of Need oleh Nalini Singh


Judul : Tangle of Need
Pengarang : Nalini Singh
Penerbit : Berkley
Tebal : 415 halaman
Diterbitkan pertama kali : Desember 2012
Format :  Mass Market Paperback
Target : Dewasa
Genre : Paranormal Romance, Science Fiction
Bahasa : Inggris

Seri : Psy - Changeling
Buku ke- : 11 (sebelas)
Status : Punya sendiri

Review di Goodreads : Click here
Web Pengarang : Click here
Order di : Open Trolley, The Book Depository
Review buku lain di serial ini :
- Slave to Sensation (#1)
- Play of Passion (#9)
- Kiss of Snow (#10)

 Sinopsis
 

Discover the exhilarating risks of passion in the breathtaking new Psy-Changeling novel by the New York Times  bestselling author…

Adria, wolf changeling and resilient soldier, has made a break with her past—to face a devastating new challenge: Riaz, a SnowDancer lieutenant already sworn to another. For Riaz, the primal attraction he feels for Adria is a staggering betrayal. For Adria, his lone-wolf appeal is beyond sexual. It consumes her. It terrifies her. It threatens to undermines everything she has built of her new life. But fighting their wild compulsion is a losing battle.

Their coming together is an inferno…and a melding of two wounded souls who promise each other no commitment, no ties, no bonds. Only pleasure. Too late, they realize that they have more to lose than they ever imagined. Drawn into a cataclysmic Psy war that may alter the fate of the world itself, they must make a decision that might just break them both.

Review


Sama kayak pas saya ngereview Kiss of Snow di blog ini (bisa dilihat linknya di atas), saya agak - agak bingung mereview buku ini. Karena Tangle of Need adalah seri nomor 11 (sebelas) dari seri Psy-Changeling, yang sudah diterbitkan oleh Dastan, kalau g salah sampai buku 5. Kenapa saya bilang "kalau g salah", karena saya emang ngikutin versi Inggrisnya sudah sejak lama, dan saya cukup fanatik sama seri ini. Walau g sefanatik ke seri Nalini Singh lainnya, yaitu Guild Hunter sih.  Berhubung sudah buku ke-sekian belas, akan ada sedikit spoiler ya di review ini


Tangle of Need dimulai tepat setelah event di Kiss of Snow, dimana Sienna Lauren dan Hawke Snow yang menjadi tokoh utamanya berhasil memukul mundur pasukan Pure Psy yang berniat menguasai wilayah mereka. Sedikit gambaran saja, setting di serial ini adalah tahun 2079. Ada tiga ras di bumi saat itu, yaitu Psy dengan kemampuan psikis yang hebat (bisa teleport, telekinesis, foresighting, atau kayak Sienna, yang masuk kategori X, bisa menyemburkan api dingin yang membuat tubuh orang yang terkena langsung jadi abu). Lalu ada Changeling, manusia yang dianugerahi kemampuan berubah menjadi binatang. Di serial ini, kawanan Changeling yang menjadi fokus utama adalah kawanan Changeling leopard, Dark River di bawah pimpinan Lucas Hunter dan Changeling serigala, SnowDancer, di bawah pimpinan Hawke Snow. Selain mereka masih ada changeling lain, seperti changeling unggas, WindHaven dan changeling makhluk - makhluk laut, BlackSea (saya kepikiran apakah ada changeling ubur - ubur dan gurita X) ). Lalu ras terakhir adalah manusia biasa, yang paling lemah, tapi juga yang tidak bisa diremehkan begitu saja. 110 tahun sebelumnya, di tahun 1969, Psy membuat sebuah protokol bernama Silence, yang bertujuan menghapus emosi. Nah, setelahnya banyak yang masih bisa merasakan emosi dan mulai memberontak. Ancaman rehabilitasi pun tidak mempan, dan golongan Psy yang puritan membentuk Pure-Psy, untuk membuat protokol Silence kembali aktif.

Baiklah, semoga latar belakang serial ini cukup bikin ga bingung. Cerita dibuka dengan Riaz Delgado, salah seorang letnan SnowDancer di bawah pimpinan Hawke, berseteru dengan prajurit senior, Adria Morgan. Ketimbang berseteru lebih kayak Riaz ini lagi berusaha denial sama perasaannya ke Adria. Di Changeling, mereka mempercayai suatu ikatan bernama "mating bond", dimana mereka percaya kalau pasangan mereka itu sudah ditakdirkan, walau g semua Changeling beruntung menemukan pasangannya. Riaz sendiri sudah menemukan pasangannya, yaitu Lisette, seorang manusia yang sayangnya sudah bersuami. Riaz yang hancur hatinya ini tentu saja jengkel saat tahu dia ada rasa ke Adria, karena itu sama saja dengan dia dan sisi serigalanya mengkhianati Lisette. Padahal Adria sendiri juga sedang mengobati hatinya yang sakit, karena harus berpisah dengan changeling pasangannya, Martin. Adria adalah serigala yang dominan, sementara Martin yang walau laki - laki, tidak sedominan Adria. Adria harus menyiksa dirinya sendiri agak tidak menyakiti perasaan Martin, yang malah berakibat pria itu jadi membencinya. Adria yang putus asa lalu pergi dari kehidupan Martin, sadar bahwa pria itu bukan pasangannya, dan juga kaget menyadari perasaannya pada Riaz. Hati Adria yang perlahan sembuh, terluka kembali saat mendapati Riaz tidak menyukai kehadirannya.

Awalnya sih saya g suka sama Riaz, apalagi dia dengan terang - terangan bilang "I don't like you!" pada Adria. Riaz juga menolak kehadiran teman - temannya yang hanya ingin memberi support. Tidak butuh lama untuk Riaz menyadari kesalahannya, setelah Adria dengan tegas juga menolak Riaz dan move on sama prajurit lain di SnowDancer. Tipikal sekali memang pembaca :P. Riaz pun meminta Adria untuk hanya jadi "friends with benefit". No string attached lah istilahnya. Adria juga setuju, tahu Riaz tidak akan pernah jadi pasangannya. Dua orang yang sama - sama terluka hatinya ini saling menyembuhkan satu sama lain dengan persahabatan mereka. Dan pastinya berkembang menjadi rasa cinta dong. Masalahnya, Adria masih tidak mau membuka hatinya karena Riaz sendiri sudah punya pasangan takdirnya, walau Riaz aslinya sudah merelakan Lisette pergi. Sekarang, tergantung mereka berdua, apakah pasrah saja kalau mereka memang tidak ditakdirkan, atau bahwa cinta itu sebenarnya adalah pilihan individu masing - masing.

Apakah Tangle of Need hanya menceritakan drama dan angst antara Riaz dan Adria? Pembaca bisa bosan dong, makanya Nalini Singh juga menceritakan kisah Hawke dan Sienna yang baru saja berpasangan (atau menikah kalau pakai istilah manusianya). Inilah yang saya suka, kalau bahagia selamanya g cuma di satu buku, tapi masih ada lanjutannya. Diceritakan bagaimana kehidupan mereka setelah berpasangan, apalagi selisih usia Hawke dan Sienna cukup jauh (10-12 tahun). Diceritakan juga dinamika kehidupan di SnowDancer, yang sangat menarik. Karena judul serialnya Psy-Changeling, maka ada cerita bagian Psy juga. Terutama tentang Judd Lauren dan mantan teamnya saat jadi Psy, Arrow. Judd ini tokoh utama dari buku #3, Caressed by Ice, (sudah diterbitkan oleh Dastan dengan judul : Godaan Changeling Serigala. Duh, judulnya! -_-), yang jadi salah satu karakter fiksi idola saya. Karena dia itu tipe hero yang silent, strong, cold, calm (kok kayak iklan rokok ya jadinya) tapi aslinya care banget ke pasangannya. Cerita bagian Psy sendiri menceritakan kalau ada usaha pembunuhan terhadap "anchor" yang menjaga stabilitas PsyNet, jaringan yang juga menjadi penyangga hidup kaum Psy. Dan ancaman akan perang besar yang bisa jadi akan menghancurkan tidak hanya kaum Psy, tapi juga Changeling dan manusia.

Uniknya, ada juga percakapan berbentuk email di buku ini. Isinya sih banyakan serius, tapi ada juga yang malah jadi curhat. Cuma, saya agak bingung, karena saya beli yang versi paperbacknya, tapi pengaturan bab baru di buku ini termasuk aneh. Biasanya kan, kalau ada bab baru, selalu ada di halaman baru, iya kan? Nah, di buku ini, beberapa bab bisa campur jadi satu, misalnya setelah bab 2 selesai, di bawahnya ada tulisan bab 3. Jadi bab 3 ini tidak diletakkan di halaman yang baru, seperti yang ada di buku - buku lain pada umumnya. Saya belum sempat menanyakan "keanehan" ini pada Nalini Singh (beliau ini termasuk yang sering balas mention Twitter dari pembacanya), apakah pengaturan bab - bab di buku Tangle of Need yang "out of box" memang disengaja oleh pihak penerbit.

Saya g tau versi terjemahan seperti apa, tapi Nalini Singh itu bisa menulis dengan sangat indah lho. Pemilihan kata - katanya dalam bahasa Inggris, memang terkesan sulit tapi juga sangat puitis. Contohnya saat Riaz membaui aroma tubuh Adria :

"crushed ice over berries... licked with an unexpected undertone of  lingering warmth"

dari sini pembaca bisa tahu karakteristik Adria seperti apa. Dingin, tapi juga penuh kehangatan. Saya, sekali lagi, ga tau apakah terjemahan Dastan untuk serial ini bagus atau tidak. Karena memang bahasa di buku Nalini Singh itu penuh dengan makna. Sayang rasanya kalau terjemahannya tidak bisa membuat pembaca menikmati keindahan yang ada di buku - buku karya beliau.

Tangle of Need seperti semacam "jembatan" antara buku Kiss of Snow dan buku selanjutnya yang banyak ditunggu - tunggu pembaca setianya (termasuk saya), yaitu Heart of Obsidian. Heart of Obsidian sendiri, akan menceritakan tentang The Ghost, yang sudah ada sejak buku no.3. The Ghost ini bikin banyak pembaca gregetan dan juga penasaran, karena identitasnya yang misterius. Memang tokoh yang misterius itu selalu ditunggu - tunggu ya kisahnya. Sudah banyak spekulasi tentang siapa itu The Ghost, dan karena saya juga pengen tahu, makanya saya pesen yang versi hardcover, alih - alih paperback!

Tangle of Need bukanlah buku yang istimewa di seri Psy-Changeling. Favorit saya sendiri tetap buku no 6, Branded by Fire dan Play of Passion, buku no 9. Dan kebetulan keduanya menceritakan tentang pasangan Changeling (kalau yang lain, kebanyakan pasangan Psy dan Changeling, Changeling dan manusia, atau Psy dan manusia biasa). Walau begitu, saya tetap menyukai buku ini. Bohong kalau saya bilang, saya hampir g nangis membaca kisah Adria dan Riaz yang lebih banyak hambatan dibandingkan pasangan lain di serial ini. Banyak pembaca lain yang bilang Nalini Singh keluar dari pakem "mating bond" yang biasa dia buat (dimana kalau sudah ditakdirkan berpasangan dengan yang lain, tidak akan bisa selingkuh atau pasangan dengan orang selain pasangan takdirnya). Bagi saya, seolah beliau mengatakan, bahwa takdir juga bisa diubah. Bahwa dalam suatu hubungan, tidak harus selalu  dengan "karena sudah ditakdirkan, maka aku jadi cinta sama kamu" , tapi "aku cinta kamu, karena kamu adalah pilihanku". Bagi penggemar seri Psy-Changeling,maupun yang memang ngefans sama Nalini Singh, this book is a must read!
  Trivia : 

Seperti biasa mari bandingkan dengan cover versi UKnya di samping ini. Walau saya g terlalu suka yang versi US, tapi masih  mendingan versi US. Karena lebih memperlihatkan Riaz yang berdarah Spanyol. Tapi memang serial ini, bahkan di Amrik sendiri, covernya g terlalu bagus.


Favorite Quote


Love, she realized at that terrible moment of truth, could be incredibly unselfish, even when it hurt until she bled.

Rating Cerita :



 Sensualitas


Ada beberapa adegan intim, intentitasnya sendiri cukup banyak. Beberapa eksplisit, beberapa hanya diceritakan secara sederhana. Tapi g sampai tahap yang bikin eneg kok ;)

2 komentar:

  1. Hore!! review baru.
    Kalau aku sih nga terlalu suka cerita di buku ke 11 yg ttg Riaz ama Adria, malahan lebih suka baca ttg usaha pembunuhan para Psy ato sekilas cerita ttg hawke-Sienna dan Riley-Mercy, ato pasangan lain nya.
    Sekarang yg Heart of obsidian makin lebih di tunggu2 nih, apalagi pas kamu bilang ini cerita ttg si Ghost, harus beliii,....seperti biasa tokoh yg misterius nga bisa di lewatkan karna kemisteriusan nya yg jadi daya tarik cerita. Kira2 nanti ada pasanagn nga ya si Ghost ini,....nga sabar deh baca bukunya...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, udah jarang ngereview ya aku sekarang :P.
      Aku suka kok pasangan Adria-Riaz ini, beda sama yang lain soalnya. Hambatannya lebih banyak dan lebih g pasti :)

      Yang Heart of Obsidian sih udah pesen, tinggal nunggu aja ^^

      Hapus

Saya menghargai setiap komen/opini yang diberikan. Silakan untuk tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)
Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).
Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.
Terimakasih sudah mau mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog saya :).


I value your comment/opinion. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.
I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).
Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.
Thank you for your visit and comment :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)