Jumat, 02 Januari 2015

Project Baca Buku Cetak

Selamat hari kedua di bulan Januari 2015 :D. Niatnya sih saya bikin postingan ini di hari Kamis kemaren, tanggal 1 Januari. Tapi karena orang tua saya mau sidak berkunjung, akhirnya saya dan suami bersih - bersih dulu deh :v. Saya pun merapikan lemari buku yang sudah setengah tahun (!!!) tidak saya bersihkan sejak pindah ke apartemen pada bulan Juni lalu dikarenakan lihat buku - buku saya yang menumpuk itu bikin rasa malas saya juga menumpuk, hehehe.

Ketika saya merekap bacaan saya di tahun 2014 kemaren, saya melihat bahwa di tahun 2014 saya lebih banyak baca ebook ketimbang paperback!! Pantesan shelf own but not read yet di Goodreads saya bukannya berkurang, tapi malah bertambah :v . Dan kemaren saat bersih - bersih lemari saya mesti puter akal gimana biar buku - buku yang belum kebaca ini muat di lemari. Alamat bakal diomelin Mama lagi deh saya :P. Karena itulah di tahun 2015 ini saya membuat semacam Reading Challenge tapi lebih ke personal proyek saya yaitu:



(abaikan banner yang dibuat seadanya ini :v)


Yep, membaca lebih banyak paperback (aka buku cetak). Saya sendiri suka baca baik dalam format e-book dan juga paperback. Bagi saya, membaca e-book bisa dikatakan sangat praktis karena saya tinggal buka Tab saya, mengeset-nya dengan airplane mode untuk menghindari gangguan - gangguan seperti notif FB, Twitter atau bahkan game, dan menyesuaikan kecerahan layar agar e-book nyaman dibaca. Tapi saya juga tidak buta dengan resiko radiasi yang ditimbulkan oleh layar Tab apalagi saya suka baca sambil tidur dan dalam keadaan kamar gelap. Mungkin teman - teman juga bertanya kenapa saya ngga beli Kindle reader atau Kobo Glo. Jawabannya karena saya kurang yakin dengan servicenya, apalagi Kindle, hahaha. Karenanya tahun ini saya lebih ingin menyeimbangkan membaca dalam kedua format ini. Lagian, saya juga ingin menghabiskan timbunan buku di lemari saya yang semua kayunya udah melengkung itu. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui lah :D

Ini memang project pribadi saya, tapi teman - teman penyuka Reading Challenge atau yang ingin menghabiskan timbunan buku cetaknya boleh banget lho ikutan :D. Syaratnya sendiri sederhana yaitu:

1. Tentukan target baca buku cetak dalam setahun ini. Saya menargetkan membaca 100 buku dalam setahun, maka saya menargetkan 50% dari jumlah buku yang saya baca tahun ini dalam format paperback. Jadi saya akan baca sebanyak 50 buku cetak di tahun 2015 :D
2. Harus buku cetak dan ngga boleh e-book. Kan tujuan project ini buat ngehabisin timbunan paperbacknya XD. Genre dan jumlah halaman sih terserah teman - teman, baik fiksi ataupun nonfiksi, cerpen ataupun buku bantal, terjemahan maupun import. Gimana dengan komik? Karena komik masuk buku cetak juga (bukan yang dibaca online loh), maka boleh lho dimasukkan ke reading progress project ini. Asal jangan baca majalah atau tabloid ya :P
3. Tidak harus mereview buku - buku yang telah dibaca di blognya atau di akun Goodreads. Soalnya saya sendiri kadang suka males juga review XD.
4. Bikin post di blognya tentang project ini, isinya adalah berapa buku cetak yang akan teman - teman baca selama tahun 2015. Kalian ngga perlu ngelist buku apa aja yang mau dibaca, tapi silakan aja jika ingin membuat listnya.
5. Ga punya blog? Gapapa kok. Bisa bikin shelf khusus untuk project ini di Goodreadsnya atau bikin notes khusus di FB/Tumblr
6. Biar makin asyik, share juga kemajuan teman - teman dalam Project Baca Buku Cetak ini di sosmed semacam Twitter, Path, Google+, FB, Instagram, dll dsb. Bisa pakai hashtag #BacaBukuCetak .

Nah, mudah kan? :D. Kalau teman - teman mau ikutan, yang blogger bisa pasang button project ini di side bar blognya:



Jangan lupa taut balikkan button di atas ke master post yang sudah kalian bikin. Oh ya, di master post itu juga kalian bisa bikin semacam rekap buku yang dibaca tiap bulannya. Lumayan bantu juga kalau teman - teman ikut RC yang lain (kayak RC New Authors saya misalnya :D, atau RC Read Big di blognya Vina, atau Babat Timbunan Joglosemarnya Oky).

Karena sudah komit ingin baca buku cetak sebanyak - banyaknya, saat membersihkan lemari kemaren, saya membagi - bagi tiap rak dengan buku yang sudah dibaca maupun yang belum dibaca. Karena yang belum dibaca juga banyak banget, saya membawa buku - buku yang kiranya bakal saya baca dalam waktu dekat dan menatanya di lemari di dalam kamar saya. Sementara sisanya saya taruh di lemari di kamar sebelah yang fungsinya sebagai gudang, hihihi. Nah, ini buku - buku di lemari kamar saya yang rencananya akan saya baca di tahun 2015:

Rak 1-3 berisi buku - buku impor sementara yang paling bawah isinya buku terjemahan. Jika buku yang di lemari ini sudah selesai akan saya taruh di lemari kamar sebelah dan diganti beberapa buku yang belum dibaca :D.Pengen ngasih gambar kumpulan buku yang akan kalian baca di post Project Baca Buku Cetak kalian di blog? Boleh banget lho :D. Saya ingin bersenang - senang dengan project ini dan saya juga berharap teman - teman yang ikut juga ikutan bersenang - senang. 

Yuk, ikutan Project Baca Buku Cetak ini. Baca semua buku cetak di timbunanmu biar jumlahnya makin berkurang :D. Jika ikutan project ini, silakan dicopy link postnya di kolom komentar biar saya bisa blogwalking ke blog teman - teman dan ikut menyemangati kalian biar project ini sukses :).

51 komentar:

  1. Woowww???
    Serius mau baca segitu banyak, Ren?
    Semoga kesampaian ya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, diusahakan dulu Yuu :P. Yang penting taruh aja di rak itu, biar keambil hihihi

      Hapus
  2. mau ikuut. tapi entar ya pasang masterpostnyaaa

    BalasHapus
  3. *glek* itu buku cetak yg belum dibaca Ren?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Des :P. Masih ada lagi 3 lemari yang juga isinya belum dibaca #malu

      Hapus
  4. bengong ngeliat jumlah buku yang belum dibaca. banyak banget Ren? ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, akibat menimbun dan impulsive buying Put. Ikutan project ini yuk, hihihihi XD

      Hapus
  5. Mbaaak.. itu seriusan belom dibaca semua? *speechless* :|
    Goodluck challengenya mbaaaak! ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum dibaca semuanya :'> Makasih ya Lin, kalau mau ikutan juga boleh lho =)

      Hapus
  6. Waduh! Buku cetak. Kalau buku cetaknya diktat kuliah masuk hitungan gak, kak Ren? Hihi *seenak jidat*

    BalasHapus
  7. Yaampun Mbak, tutup mata aku ngeliatnya .
    Kita 180 derajat bedanya. Aku malah nggak suka ebook. Ada lebih dari 50 ebook ku belum kubaca >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca ebook biasanya aku di kantor sih...biar ga ketahuan hahaha... Atau kalau lagi dapat request review, cuma tahun ini emang bener2 dikurangin baca ebooknya

      Hapus
  8. Ren, aku gabung ya, master post nya aku gabung di sini https://bacaanbzee.wordpress.com/2015-joglosemar-tantangan-babat-timbunan/ biar ga ribet monitor progress nya.
    Btw, aku iseng lho ngitungin bukumu, rata2 45 tiap rak, wkwkwk.. Tapi kalo Ren sih kayanya ga perlu 3-4 tahun buat nylesein 4 rak itu. Semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini masih lemari pertama lho Zee... masih ada 3 lemari lagi di kamar sebelah dengan kondisi yang sama x__x

      Semoga emang bisa selesai dalam 3-4 tahun, kalau lancar hahaha

      Hapus
  9. aku ikut :) tapi targetku ngga besar karena eBook aku lebih banyak dari printed

    http://thebookaddictdiaries.blogspot.com/2015/01/reading-challenge-proyek-baca-buku-cetak.html

    BalasHapus
  10. ujung-ujungnya aku ikutan ^_^

    feel happy to see my blog yah kak alivia-awin.blogspot.com/2015/01/book-resulution-mending-baca-buku.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thankyu, Awin :). Aku blogwalking ke blogmu y =)

      Hapus
  11. Ikutan ya mbak. Buku cetakku numpuk tuh :D
    http://dianputu26.blogspot.com/2015/01/master-post-project-baca-buku-cetak.html

    BalasHapus
  12. Hai Mbak Ren, aku ikutan yaa
    http://ratihcahaya.blogspot.com/2015/01/project-baca-buku-cetak-2015.html

    BalasHapus
  13. Hai mbk Ren, saya ikutan ya..

    missromancebook.blogspot.com/2015/01/master-post-project-baca-buku-cetak.html

    BalasHapus
  14. hai kak Ren, aku ikutan ya.. :)

    http://bacabuk.blogspot.com/2015/01/master-post-reading-challenge-2015.html#more

    BalasHapus
  15. New Author nggak bakal ada lagi Kak Ren? Aku ikut yang ini dulu, rerata semua buku yang kubaca memang cetak, nggak kuat baca ebook x_x Eh, majalah GADIS nggak termasuk buku cetak ya, hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ikutan Kak Ren ^^ http://asysyifaahsbook.blogspot.com/2015/01/master-post-projek-baca-buku-cetak-2015.html

      Hapus
  16. Ren, aku ikutan ya, tapi Masterpost-nya kugabung dengan Tantangan Babat Timbunan. Thx. :)
    http://readbetweenpages.blogspot.com/2015/01/rc-3-joglosemar-tantangan-babat.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okesip...meluncur ke postingannya Mba Cin :D

      Hapus
  17. Ikutan yang ini juga ya mbak :)

    http://chocotale.blogspot.com/2015/01/reading-challenge-2015.html

    BalasHapus
  18. Mbak Ren, yang ini ikutan juga ya.

    http://o-rollercoaster.blogspot.com/2015/01/rens-little-corner-reading-challenge.html

    BalasHapus
  19. I'm in :)
    http://sekotakceritaseusaibaca.wordpress.com/2015/01/08/project-baca-buku-cetak-2015/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yay, selamat habisin timbunan buku cetaknya XD

      Hapus
  20. Ikutan ya...
    http://goresanika.blogspot.com/2015/01/master-post-reading-challenge-2015.html

    BalasHapus
  21. Menarik nih... sesuai dengan proyek pribadi untuk babat timbunan di kamar kos yang nggak habis-habis ;P

    Kalau saya ikutan, Project BUBU saya boleh dimasukkan nggak, Ren? Masih numpuk tapi males baca ulangnya, kemarin2 fokus ke buku cetak yg belum pernah baca dulu soalnya ...

    BalasHapus
  22. Mbak, aku ikutan. Tapi, aku belum buat post tentang timbunan buku cetakku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa Sasti... nyantai aja :). Kalau udah bikin kasihtau biar aku bisa blogwalking ke postmu ya

      Hapus
  23. Ikutaaaaaaan. Aku udah bikin master post disini: https://surgabukuku.wordpress.com/2015/01/15/reading-challenges-2015/

    BalasHapus
  24. ikutan - http://lemari-buku-ku.blogspot.com/2015/01/reading-challenges-2015.html

    BalasHapus
  25. Ikuuuttt and sudah bikin master post #lagisemangat :D

    http://justaveragereader.blogspot.com/2015/01/master-post-project-baca-buku-cetak-2015.html

    BalasHapus
  26. akhirnya bikin post juga :D http://hitamdidalambuku.tumblr.com/post/110801215024/non-review-2015-reading-challenge

    BalasHapus
  27. Saya ikutaaannn

    http://bacaanjiah.mywapblog.com/project-baca-buku-cetak.xhtml

    jiahaljafara32@gmail.com @jiahjava

    BalasHapus
  28. Untuk pertama kalinya ikut RC hehe. Salam kenal juga ya
    http://bukubrian.blogspot.com/2015/05/master-post-project-baca-buku-cetak.html

    BalasHapus
  29. Hahahahhahaha keknya perlu ikut program ini deh

    BalasHapus
  30. mbaaak aku ikutan dong! bikin masterpostnya nanti ya hehehe

    BalasHapus
  31. Mau ikutan... ninggalin jejak dulu yah :))

    BalasHapus
  32. mba ren, asri mau ikutannn yaaa.. pas banget, ada buku-buku yang belum asri baca. dan biasanya nambah -_- *lirik dompet*. masterpostnya menyusul yaa, mba ren. aku bikin dulu *lirik koneksi internet yang lagi down* yahhh, mba ren :))

    BalasHapus
  33. Mba Ren.. setor, link master postnya yaaa..

    peekthebook.blogspot.co.id/2016/01/master-post-project-baca-buku-cetak-2016.html#more

    BalasHapus
  34. Ini diadakan sampai tanggal brp ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Vinia, project baca buku cetak ini tidak terbatas waktunya, bisa dilakukan selama masih punya buku cetak ya :-)

      Lengkapnya ada disini:

      http://renslittlecorner.blogspot.co.id/2016/01/repost-project-baca-buku-cetak-2016.html

      Hapus
    2. Oke kak, aku ikutan ya, menarik soalnya :). Ini link masterpost nya kak: http://tookbooktolook.blogspot.com/2016/02/masterpost-project-baca-buku-cetak-2016_9.html

      Hapus

Terimakasih sudah meninggalkan komen di Ren's Little Corner. Silakan untuk setuju/tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)

Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway).

Komen untuk postingan yang berusia lebih dari 1 bulan otomatis akan dimoderasi.

Terimakasih sudah mau berkunjung! :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...