Kamis, 02 Januari 2014

New Authors Reading Challenge 2014

 Beberapa teman menanyakan kepada saya apakah akan ada "Reading Challenge" lagi di Ren's Little Corner. Dan jawabannya adalah : "Ya!". Kali ini saya memutuskan untuk mengadakan kembali "New Author Reading Challenge 2014"!  Terinspirasi dari web Literal Escapism dan beberapa challenge di grup Goodreads yang saya ikuti, tujuan reading challenge ini adalah membaca buku karya pengarang yang benar - benar baru untukmu alias belum pernah dibaca sama sekali. Selain itu, tentunya juga untuk mengurangi timbunan :). Karenanya reading challenge ini juga boleh digabung dengan challenge - challenge lain. Untuk "New Authors Reading Challenge 2013" diikuti oleh 53 peserta dan ada ratusan link review yang didaftarkan setiap bulannya, plus diramaikan dengan hadiah buku dari saya. Terimakasih bagi teman - teman yang sudah memeriahkan reading challenge New Authors 2013 ^_^

Nah, kali ini baik untuk peserta lama maupun yang baru, silakan disimak rules untuk reading challenge ini. Saya membuat beberapa penyesuaian, berdasarkan pengalaman dari tahun kemaren. Jangan segan - segan bertanya di kolom komentar jika ada yang tidak jelas ya :)

RULES

1. Durasi challenge ini adalah setahun. Dimulai dari tanggal 1 Januari -31 Desember 2014

2. Buku yang dibaca hanya buku fiksi
Berikut ini adalah buku yang tidak termasuk dalam reading challenge ini : Komik, Graphic Novel, Buku Non Fiksi (biografi, travelogue, dll), Kumcer (Anthology), Novella dan Novelette (cerpen)

Catatan 1 : Jumlah halaman minimal buku yang bisa masuk dalam challenge ini adalah 200 halaman. Jika kalian membaca versi ebook, silakan gunakan versi paperbacknya sebagai acuan (bisa dilihat di Goodreads atau Amazon). Jika tidak ada versi paperbacknya, silakan mengacu pada ebook yang kalian baca
Catatan 2 : Untuk kategori Gagas Duet, mohon tidak dimasukkan bila dalam 1 buku ada dua cerita yang hanya memiliki kesamaan melalui tema, bukan merupakan satu cerita yang utuh. 

3. Harus karya pengarang yang baru bagi kalian. Jadi belum pernah dibaca sebelumnya. Apakah debut masuk? Boleh. Apakah karya lama (misal genre classic) masuk? Selama pengarang itu tidak pernah kalian baca karyanya, maka diperbolehkan.

4. Diperbolehkan membaca baik edisi terjemahan maupun edisi bahasa asli (Inggris, Korea, Jepang, Jerman, etc). Pengarang dari Indonesia maupun dari luar negeri diperbolehkan.

5. Tidak diperbolehkan re-read (membaca ulang)

6. Jika buku yang dibaca adalah bagian dari serial, hanya buku pertama yang masuk dalam challenge ini. Buku selanjutnya tidak dihitung. Tetapi tidak masalah jika by accident, kamu malah membaca buku yang ke-2 atau ke-3, selama itu kali pertama kalian membaca buku karya pengarang yang bersangkutan.

7. Satu pengarang satu buku. Jadi jika nanti ada entri double saat update progress, saya berhak untuk menghapusnya

8. Boleh digabung dengan reading challenge lain, baik dari blog ini, blog - blog lain atau challenge di Goodreads.

9. Tidak wajib membuat master post. Saya tahu bikin master post kadang agak males juga ya, jadi untuk opsi ini tidak saya wajibkan :). Jika kalian tidak membuat masterpost, mohon setelah mendaftarkan link blog kalian di linky yang saya sediakan di akhir postingan ini, sebutkan level yang akan kalian ambil di kolom komentar.
Bagi yang tidak punya blog, bisa membuat shelf di Goodreads dengan nama shelf "Challenge New Author RLC 2014", dan silakan daftarkan linknya di linky yang disediakan. Jika tidak punya Goodreads dan blog, silakan hubungi saya.

10. Level challenge "New Authors" :

Easy : 1-15 buku
Middle : 15-30 buku
Hard: 30-50 buku
Maniac : > 50 buku

Naik level diperbolehkan, jika peserta mengambil level Easy, Middle, dan Hard. Mohon untuk memberitahukan ke saya di postingan ini jika ingin naik level :)

11. Tidak wajib untuk mereview. Jika ingin mereview, bisa menulis review di blog maupun Goodreads. (atau di notes FB). Saya percaya sama teman - teman untuk tidak curang dalam challenge ini :)

12. Pendaftaran dibuka mulai hari ini (2 Januari 2014) dan dibuka sampai 1 Desember 2014. Peserta dibebaskan untuk mendaftar kapan saja. 

13. Update reading progress akan dibuka setiap dua bulan sekali. Dan akan diadakan giveaway untuk peserta yang mengupdate progressnya saat link update dibuka. Boleh mendaftarkan reviewnya atau wrap up untuk update reading progress.

14. Blogger yang menjadi partisipan, mohon untuk mencantumkan button reading challenge ini di masterpost (jika membuat) dan sidebar blog kalian. Silakan dicopy html di bawah ini :


 Terimakasih pada Danee Ollie atas buttonnya :D

Atau bisa mengupload button di sidebar blog kalian dan dilink kembali ke postingan ini.

Dan kali ini, untuk giveawaynya akan ada :


BIMONTHLY GIVEAWAY

Giveaway yang diadakan tiap 2 bulan sekali untuk partisipan yang mengupdate reading progressnya di link yang telah disediakan. Akan diambil 2 pemenang tiap bulannya, dan mendapatkan hadiah buku dengan nominal 50000 rupiah

GRANDPRIZE GIVEAWAY

1. Peserta yang berhasil menyelesaikan challenge dengan level MANIAC akan mendapatkan hadiah buku dengan nominal 150000 rupiah. Jika peserta yang berhasil lebih dari satu orang, akan diundi
2. Peserta yang berhasil menyelesaikan challenge ini dengan jumlah buku terbanyak (lebih dari 50 buku) akan mendapatkan hadiah buku dengan nominal 200000 rupiah. 

Dan, challenge ini resmi dimulai! Silakan daftarkan diri kalian di linky berikut ini ya. Mari kita habiskan buku di timbunan dan baca karya - karya pengarang baru yang menjanjikan :D

111 komentar:

  1. aku ambil hard dulu ya ren, moga2 kesampaian

    BalasHapus
  2. Ikutan ya Ren. Tahun kemarin sudah ikutan yang What A Name. Tahun ini gantian ikutan yang New Authors. Untuk "grade" saya pilih middle dulu. *kemudian ingat belum bikin rekapan yang tahun 2013. Maaf-maaf.

    BalasHapus
  3. Gak wajib ngereview? Terus nanti cuma lapor baca buku apa aja ya?

    Aku coba ambil level hard dulu deh. Moga2 kesampaian >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup bikin wrap up post aja nanti Tammy.

      Tapi gpp juga kalau misal mau direview

      Hapus
  4. Asyik.... ada lagi.. kali ini milih level middle dulu deh... :) gak harus bikin list dulu kan?

    BalasHapus
  5. Aku ambil middle dulu ya :D
    Btw kalau novel yang ditulis berdua, tapi penulisnya hanya satu orang doang yang baru buat aku gimana, Ren?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ceritanya satu kesatuan gpp Orin. Tapi kalau ada dua cerita dalam 1 buku yang cuma berhubungan tema doang, itu masuk kumcer :)

      Hapus
  6. Ikutan ya Mbak Ren, mau nyoba ambil level middle dulu :)

    BalasHapus
  7. tahun lalu, aku ketinggalan.
    kali ini aku ikutan ya kak ren,
    mau ambil level middle. :)

    BalasHapus
  8. Ikutan juga ya, Ren. Aku juga Middle deh... :D

    BalasHapus
  9. Aku ikutan.. Ambil middle kk.. :)

    BalasHapus
  10. Saya ikutan ya, mbak... Ambil easy deh :)

    BalasHapus
  11. Akuu ikutaaan ya mbak ren. aku Ambil easy dulu hehe :)

    BalasHapus
  12. kembali ikut meramaikan GA ini... ;)

    BalasHapus
  13. mbak ren, aku ikutan yah. mau ambil yang hard dulu ;)

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Mba Ren, 
    Kalau misalnya serial tapi tiap buku ceritanya "Stand Alone" gimana? Apa boleh di daftarkan juga? Atau teteup 1 aja?

    Ohya saya ikutan ya mba, ambil yang Hard.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetep 1 aja ya Wiwo :). Satu pengarang hanya satu buku saja

      Hapus
  16. Mbak Ren, saya mau ikutan boleh? Saya mau ikut yang maniac :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://chocobanana99.blogspot.com/2014/01/new-authors-reading-challenge-2014.html
      (*・艸・)

      Hapus
  17. Ikut.. coba level easy dulu :D

    BalasHapus
  18. Ren aku mau tanya, misal penulis debut itu sebelumnya sering bikin cerpen dan udah membacanya apakah bisa diikutkan?
    Trus sama kalau kumcer yang nulis satu penulis bukan keroyokan apakah boleh? Thx :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh Sulis, kalau sebelumnya cuma nulis cerpen aja. Jadi yang novelnya dihitung debut dia.

      Kumcer sih tetap ga boleh walau 1 pengarang aja yang nulis :)

      Hapus
  19. Aku ikut easy aja, ya, kak. :) Nanti kalau sanggup naik level lagi. Hehehe. :)

    BalasHapus
  20. akhir tahun kemaren aku udah mutusin kalau dirimu mengadakan RC yang ini aku bakal ikut walaupun wajib bikin review. jadi bahagia banget waktu baca kalau tahun ini ga wajib di review, tapi pasti aku usahan nge-reviewnya deh :)

    aku ikut yang level maniac ya Ren, ambisius dikit biar makin rajin bikin review :)

    BalasHapus
  21. kak Ren ikutan iaahh.. aku ambil level easy dulu.. ^^

    BalasHapus
  22. I joined with Middle level, Ren. My Masterpost will be on Booklikes though I will review the books at Goodreads.

    BalasHapus
  23. Join on Easy Level ajaa... Master post-nya blum bikin... :D

    BalasHapus
  24. aku join level easy dulu, ya, kak Ren. kalau ternyata sanggup lebih, nanti naik level deh :D

    BalasHapus
  25. Ikut lagi kak, Middle dulu deh~

    BalasHapus
  26. Ikutan ya Ren, ambil level Easy aja deh. Aku gak bikin Master Post, tapi list buku yg mau kubaca bisa dilihat disini: http://surgabukuku.wordpress.com/features-projects/

    BalasHapus
  27. Ren, aku ikut ya, ambil level middle dulu, nanti kalau bisa lebih, baru naik levelnya.
    thx. ~cindy~

    BalasHapus
  28. Aku ikutan ya Mbak ^^
    Mau ambil yang Easy aja dulu, semoga bisa naik level lah ^^ Hehehe

    BalasHapus
  29. Ikutan lagi Ren, master post menyusul setelah buat list-nya :D

    BalasHapus
  30. Mbak Ren, kalo misalnya bukunya cuma pernah dibaca 1-2 halaman aja di 2013, terus dibaca dari awal di 2014, boleh di ikutin ke RC ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh Dyah, selama bukunya belum habis dibaca selama 2013, tidak termasuk re-read

      Hapus
  31. Mbak Ren, saya mau ikutan yang level middle ^_^

    BalasHapus
  32. Ren aku ngikut. Tp yang middle-an dulu ya..

    BalasHapus
  33. Kak Ren! Saya ikutan. Mau ngambil level middle! :) Terima kasih ....

    BalasHapus
  34. Mbak Ren aku ikut :D.. Ambil yg middle dulu tapi yaa..

    BalasHapus
  35. Ka Ren, aku daftar yang level easy dulu, hehehe :D

    BalasHapus
  36. Saya mau coba yang Easy aja,. :)

    BalasHapus
  37. Aku daftar Mbak Ren, yang level Easy aja. :)

    BalasHapus
  38. Aku daftar yang Easy dulu ya Mba Ren =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Ren, aku mau naikin level ke Maniac ya mba, wish me luck =)

      Hapus
  39. Saya ikutan level middle ya, Mba Ren :D

    BalasHapus
  40. Saya mau coba yang middle dulu aja..

    BalasHapus
  41. Aku ikutan ya kak :D
    mau coba yang hard hihi ^^

    BalasHapus
  42. ren, ikutan level easy dulu, ya ^^

    BalasHapus
  43. tanya, itu bukunya nggak harus beli kan mbak? boleh minjem...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga harus koleksi pribadi kok, mau pinjem teman atau di perpustakaan juga boleh :)

      Hapus
  44. Mba saya ambil yang level easy yaa =) thanksss

    BalasHapus
  45. Saya barusan aja bikin blog, mbak! Pengen ikutan ini. Ambil yang middle level deh Bismillahirrahmanirrahimm ;)

    BalasHapus
  46. Saya ikutan ini juga Mbak
    Ambil yang Easy dulu aja :)

    BalasHapus
  47. Aku ikutan, Mbak. Aku ambil level Easy aja deh :)

    BalasHapus
  48. aku juga barusan bikin blog, aku ikut yang easy aja ya... dan mohon petunjuknya kalo ada yang salah :)

    BalasHapus
  49. Hi Kak Ren, aku mau ikutan untuk level Easy dulu deh, semoga lancar dan semoga saja malah bisa naik level :D

    -Zelie-

    BalasHapus
  50. Ikutan ya mbak ...
    Aku yang easy aja dulu mbak ...

    BalasHapus
  51. Saya daftar yah, mbak Ren. Mau menantang diri sendiri ambil level Maniac. Mudah2an sukses.
    *keringat dingin*

    BalasHapus
  52. Ikutan daftar. Ngambil yang Easy Level dulu.

    BalasHapus
  53. Aku mau ikut, ngambil level easy dulu deh :)

    BalasHapus
  54. Mba Ren, kalau mau update progress-nya gimana ya? Apakah di link yg kemaren jg? terima kasih =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk update progressnya nanti aku buka tiap dua bulan sekali ya Chrystine

      Hapus
  55. Saya ikut yaa Mbak... ngambil level Middle dulu :)

    BalasHapus
  56. aku nggak muluk muluk mah. easy dulu aja cukup :3

    BalasHapus
  57. Aku mau ikut kak, start dari easy ya! hehe

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. mbk ren tanya...semisal ada novel duet..ada dua cerita, cerita A ttg si A, dan cerita B ttg si B,..tokoh utama kedua novel ini bersahabat dan ceritanya beriringan.. itu boleh diikutkan reading challange ini ga?

    -denok-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sekalian bahas yang komen Susi ya (eh, jangan2 kalian orang yang sama ._.)kayak kategori Gagas Duet itu sudah sejak RC tahun lalu g dimasukkan, jadi untuk yang tahun ini juga ngga masuk yah..

      Hapus
  60. Bismillahirrahmanirrahim.
    Saya ikutan, ambil yang easy dulu ya Kak. :)

    BalasHapus
  61. daftar yang easy dulu aja aahh :D

    BalasHapus
  62. Kak Ren, a/n Khairisa R. P @ A Book is a Gift mau daftar untuk yang Easy ya kak. Bismillah :D Semoga sukses ya kak :D Terima kasih~

    BalasHapus
  63. bissmilah nyoba yang easy dulu aja,,,semangattt^0^ *Awalina*

    BalasHapus
  64. Bismillahirrahmanirrahim. baru pertama kali ikutan niiih.
    Aku ikut yang level Middle ya kak... :)

    BalasHapus
  65. mbak Ren, aku ikutan :D ambil level easy dulu aja....

    BalasHapus
  66. Mbak Ren, aku daftar ya. Coba ambil yg Maniac dulu :)). Thx mbak :) (ifa)

    BalasHapus
  67. mbk ren...naik level jadi middle ya..trim..:)

    -Denok Susi Natalegawa-

    BalasHapus
  68. Mbak Ren, tempat buat update progress-nya mana, kok aku nggak nemu, ya? :)

    BalasHapus
  69. ngirim link wrap up nya dimana yah mbak ren ?

    BalasHapus
  70. kak untuk update progressnya dimana yaa??

    BalasHapus
  71. Aku ikutan, no. urut 91, ambil level Easy dulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Ren, aku naik jadi level Middle ya :)

      Hapus
  72. Mbak Ren, aku ikutan ya. I take the middle :D
    *berarti aku nomer 92 ya? Waow

    BalasHapus
  73. mbak aku pengen ikut cuman karena it's my first time, aku gak tau harus ngapain dulu, terus kalau mau level aku ambil easy dulu aja walaupun gila fiksi aku gak bisa seekstrim yg lain, thanks

    BalasHapus
  74. kak ren, trus upload review'a gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekalian membalas pertanyaan Luqyana, Erlita, dan Ruri, untuk update progress tiap dua bulan sekali yah. Yang bulan April akan dipost akhir bulan, nantinya juga akan dikirim email reminder ke email semua peserta RC ini.

      Hapus
  75. Mbk Ren...aku naik level lagi yaa, jadi Maniak :))

    BalasHapus
  76. misi kak, aku naik level dari easy jadi middle ya.. :)
    Blog saya http://hijaubalonku.blogspot.com

    BalasHapus
  77. Salam kenal mba ren,aku ikutan ya
    Mau nyoba level easy dulu
    Blogku http://jerapahkuning.wordpress.com

    BalasHapus
  78. Hi Kak Ren,

    aku juga mau naik level ke Middle ya

    Blog: book-admirer.com

    Update buku yang dibaca minggu depan ya, soalnya masih on-going satu novel, semoga selesai bulan ini juga biar bisa nambah XD

    BalasHapus
  79. Mau naik kelas Ren, jadi HARD.
    Blog: amishoard.booklikes.com/narc_2014

    -- Ami

    BalasHapus
  80. kak Ren, lapor, aku mau naik jadi level Hard ya. Tengkyu...

    ~cyn @ readbetweenpages.blogspot.com ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. uhm, lagi bikin laporan wrap up RC, tampaknya aku naik ke level Maniac. mohon bantuannya XD

      Hapus
  81. Oke. Kak Ren saya mau coba ambil Middle dulu deh. Maklum orang baru di dunia review..*uhuk. Minta doa biar bisa konsisten...Hehehe

    BalasHapus
  82. Mbak Ren, aku naik kelas ke Middle yah

    BalasHapus
  83. Saya ikutan ya ka, pakai akun goodreads (syiva nugraningsih), saya pilih level easy :)

    BalasHapus
  84. Halooo,
    Aku ikutan, ya. Ngambil level yang Easy aja ;D

    BalasHapus
  85. Aku lupa lama tentang challenge itu. Mayoritas buku yg aku baca tidak bisa ikut challengemu. :P
    http://forculturessake.wordpress.com/2014/09/28/nomen-omen-review/

    BalasHapus

Terimakasih sudah meninggalkan komen di Ren's Little Corner. Silakan untuk setuju/tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)

Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway).

Komen untuk postingan yang berusia lebih dari 1 bulan otomatis akan dimoderasi.

Terimakasih sudah mau berkunjung! :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...