Senin, 24 November 2014

Review: Burn For Me oleh Ilona Andrews

Judul: Burn For Me
Pengarang : Ilona Andrews
Bahasa : Inggris
Penerbit : Avon
Jumlah halaman :  384 pages
Terbit : 28 Oktober 2014

Format : Paperback

Genre : Urban Fantasy Romance
Target Pembaca: Dewasa

Web Pengarang: Click Here
Buy Links : Periplus ; Open Trolley ; Bookdepository ; Amazon ; Kobo; Google Play



Sinopsis :


#1 New York Times bestselling author Ilona Andrews launches a brand new Hidden Legacy series, in which one woman must place her trust in a seductive, dangerous man who sets off an even more dangerous desire…

Nevada Baylor is faced with the most challenging case of her detective career—a suicide mission to bring in a suspect in a volatile case. Nevada isn’t sure she has the chops. Her quarry is a Prime, the highest rank of magic user, who can set anyone and anything on fire.

Then she’s kidnapped by Connor “Mad” Rogan—a darkly tempting billionaire with equally devastating powers. Torn between wanting to run or surrender to their overwhelming attraction, Nevada must join forces with Rogan to stay alive.

Rogan’s after the same target, so he needs Nevada.  But she’s getting under his skin, making him care about someone other than himself for a change.  And, as Rogan has learned, love can be as perilous as death, especially in the magic world.

 Review


“I have a family full of quirky people. Someone has to be sensible so all of you can enjoy being reckless weirdos.”


Pembaca lama blog Ren's Little Corner mungkin tahu kalau salah satu author favorite saya adalah Ilona Andrews (dan ini bukan riddle buat X saya di event Secret Santa yak. Udah kepake tahun lalu dan X waktu itu, Ira, bisa menebaknya, hehehe). Di Indonesia, buku karya Ilona Andrews sudah diterbitkan oleh Dastan, yaitu seri Kate Daniels (dan kabarnya juga The Edge) yang sayang sih, kayaknya kurang promosi jadi ngga terdengar gaungnya. Plus, Kate Daniels itu tidak murni romance, jadi pembaca romance mungkin agak ngga suka. Setelah serial The Edge (saya pernah bahas di Series Spotlight: The Edge) tamat, pasangan suami istri ini merilis serial baru, yaitu Hidden Legacy dengan buku pertama berjudul Burn For Me.

Saya rada - rada skeptis saat baca blurbnya, karena ada kata "kidnapped" dan "darkly tempting billionaire". Pikir saya sih, haduh ini jangan - jangan tipikal romance yang ada saat - saat ini. Apalagi penerbit Burn For Me adalah Avon, yang selalu mengeluarkan buku romance, ditambah covernya yang duh, duh, duh cheesy >.<. Terus saat saya baca lagi blurbnya, kok berasa kayak Guild Hunter yah? Saya sempat saling tweet dengan teman Goodreads, Ami di Twitter, dimana dia minta saya jadi "kelinci percobaan", tapi ujung - ujungnya malah dia duluan yang baca karena Ami beli ebooknya sementara saya beli versi paperback dan mesti nunggu 2 minggu :P.

Penantian yang panjang dan gelisah melihat banyak review bagus untuk Burn For Me bikin saya berusaha menekan ekspektasi. Lagian yang ngereview bagus emang fans beratnya Ilona Andrews jadi saya takutnya sih mereka bias. Saat buku ini datang bersamaan dengan Archangel's Shadowsnya Nalini Singh, saya baca Shadows dulu karena nungguin buku terbaru serial Guild Hunter itu bisa setahun. Rupanya perjalanan saya membaca Burn For Me tidak mulus karena kehambat tes kerja dan baru bisa selesai saat weekend. And guess what?

Ekspektasi saya terbayar! Lagi - lagi Ilona Andrews bikin karya yang sayang banget buat dilewatkan!! XD

Jangan telan mentah - mentah blurb buku ini yang berasa berat di romance, karena dunia Burn For Me sangat, sangat unik. Sebuah ciri khas dari Ilona Andrews, membuat novel fantasy yang tidak biasa. Burn For Me diceritakan dari sudut pandang orang pertama tokoh utama kita yaitu Nevada Baylor. Nevada memiliki kemampuan yang unik, yaitu bisa mendeteksi saat orang berbohong atau tidak. Nevada adalah seorang detektif Partikelir (alias P.I) dan dunia tempat Nevada tinggal mengenal "sihir" sejak abad 18. Untuk lebih lengkapnya sih bisa dilihat di kolom Trivia :D. Nah Nevada ini pemilik Baylor Investigative Agency, di bawah naungan Montgomery International Investigation (MII), dan bosnya Augustine Montgomery ingin Nevada membawa Adam Pierce, anak kepala keluarga House of Pierce. Kayaknya sih misi yang gampang, kecuali bahwa Adam Pierce adalah pyrokinesis yang sangat kuat dan bisa membakar Nevada jadi abu dalam hitungan detik.

Merasa kalau tanggung jawab keluarganya ada di bahu Nevada, Nevada dengan berat hati menyanggupi permintaan sang bos. Dengan investigasi yang hati - hati, Nevada berhasil mendekati Adam, bahkan pria itu mengaku kalau dia tertarik pada Nevada yang kebal dengan pesonanya. Di saat semua nyaris berjalan mulus, Nevada malah diculik oleh Connor "Mad" Rogan, kepala keluarga House of Rogan. Oke, diculik disini bukan diculik lantas diapa - apain ya. Emang Nevada diapa - apain sih, tapi siapa juga yang mau isi kepalanya diutak - atik dan dipaksa untuk mengeluarkan rahasia yang ada di otak? Nevada yang jengkel dengan Rogan mau tak mau harus bekerja sama karena target mereka satu, yaitu Adam Pierce. Apalagi saat Adam mulai menarget keluarga Nevada.

Yang saya suka di Burn For Me adalah bagaimana pasangan Ilona Andrews bisa membuat dunia yang rumit tapi bisa dimengerti. Banyak sekali aspek - aspek yang dicampur aduk bagai dalam kuali. Mulai dari sistem sihir yang unik dan dunia yang mirip banget dengan dunia tempat tinggal kita sekarang tapi memiliki tatanan masyarakat yang tidak biasa. Selain itu, aspek kekeluargaan juga ditekanin banget di Burn for Me. Sering banget saya baca buku yang unsur keluarga tidak dominan dalam cerita. Di Burn For Me, keluarga Nevada yang terdiri dari sang ibu Penelope, sang nenek Frida, adik2 Nevada yaitu Catalina dan Arabela, lalu ada sepupunya Leon dan Bern, semuanya penting dan memiliki peranan dalam cerita. Nevada begitu sayang pada keluarganya sampai dia mau disuruh - suruh bosnya untuk pergi dalam misi bunuh diri. Dan saat Adam Pierce menyerang keluarganya, Nevada pun ngga segan - segan menendang cowok itu saat akhirnya berhasil menangkapnya. Satu aspek lagi yang cukup dominan di Burn for Me adalah aspek militer. Mad Rogan dan ibu Nevada adalah ex-militer dan buku ini membahas bagaimana negara memperlakukan bekas anggota militer di negaranya. Mad Rogan sendiri sejak masih belia sudah direkrut oleh militer karena kekuatannya yang besar, sampai - sampai dia dijuluki Huracan (badai). Tapi di balik sikap menyebalkannya (menurut Nevada sih) dan juga arogansi yang tinggi, dia menghormati mereka - mereka yang dulunya ada di militer.

Masih dengan ciri khas Ilona Andrews, yaitu dialog penuh sarkasme tingkat tinggi dan adegan humor yang bikin ketawa, Burn For Me juga punya keduanya. Hubungan Nevada-Rogan sendiri rada mirip Kate-Curran dari seri Kate Daniels. Lambat tapi membakar. Cuma di buku ini, emang romancenya  lebih kental, tapi tidak sampai yang berlebihan. Oke, ngga ada adegan tidur bareng (padahal saya lumayan ngarep X) #plakk). Tapi, sexual tension antara Nevada sama Mad Rogan itu bikin saya kipas - kipas. Kadang, ngga perlu adegan ranjang yang super hot untuk bikin saya deg - degan. Penulisan sexual tension yang intense itu udah bisa banget bikin imaginasi saya kemana - mana XP. Apalagi kemampuan Rogan, yaitu telekinesis dan telepath, cukup bikin Nevada ga bisa mikir apa - apa saat dicium sama cowok itu #meleleh.

Clichesnya memang lumayan banyak deh Burn For Me ini, yah rada tipikal novel - novel romance lain. Tapi Ilona Andrews bisa menulisnya dengan sangat bagus. Biasanya saya kurang suka tipe alpha dan billionaire macam Mad Rogan. Tapi Rogan itu bukan tipe pamer kekayaan (kayak ngendarain helikopter #ehek) dan dia sendiri emang semacam "black sheep" di keluarga. Menurut saya Mad Rogan ini campuran antara Sherlock Holmes (yang versi BBC yah) dan Young Magneto. Bisa kejam, kuat, jenius, punya tujuan yang jelas, tapi kurang empatinya. Dan sama kayak Sherlock yang punya Watson untuk membuatnya jadi "manusia", Rogan menemukan Nevada yang "mengupas" kulit billionairenya dan membuatnya menjadi seorang pria biasa.

Yang pasti sih, kalau kamu belum kenalan sama Ilona Andrews, buku ini bisa banget jadi perkenalan lho. I guarantee that you will love their books :D. Nah, terus nanti bisa sambung ke serial mereka yang lain kayak Kate Daniels dan The Edge dan saya jadi nemu fans baru buat fangirling (atau fanboy) bareng deh XD. But seriously, kalau suka baca genre fantasy dengan sedikit bumbu romance dan kekeluargaan, Burn For Me ini sayang banget buat dilewatkan :)



Trivia

Kisah awal terbentuknya dunia di serial Hidden Legacy dimulai saat abad 19, di Eropa. Saat itu ditemukan sebuah serum bernama Osiris. Serum ini bisa menarik kemampuan sihir tiap orang. Sejak itulah nasib seseorang ditentukan oleh sihirnya masing - masing. Amerika dikuasai oleh beberapa "House" yang terkenal akan sihirnya yang paling kuat. Jika kamu adalah anggota dari sebuah "House" maka hidupmu akan terjamin dan sejahtera, walaupun bisa saja kamu terlahir dari hubungan tanpa cinta karena orang tuamu menikah karena kemampuan sihir masing - masing.  Mirip - mirip keluarga darah biru deh.

Sepanjang cerita, baru beberapa House yang diceritakan yaitu House of Pierce, House of Rogan, House of Montgomery, House of Shaw dan House of  Harrison. Masing - masing House dikepalai oleh seorang Prime. Nah di dunia Hidden Legacy kemampuan sihir orang dinilai dalam lima tingkatan. Mulai dari yang terendah sampai tertinggi ada Minor, Average, Notable, Significant dan Prime. Jadi, Prime adalah tingkat sihir yang paling tinggi, dan mulai dari Adam Pierce, Mad Rogan sampai bos Nevada, Augustine Montgomery yang ahli ilusi adalah Prime. Bisa bayangin yah seberapa besar kekuatan mereka. Sebagai contoh, seorang pyrokinetic dianggap Notable jika bisa melelehkan satu kubik es dalam waktu singkat. Sementara Prime bisa melelehkan satu kubik stainless steel dalam waktu yang sama.

Untuk sihir di Hidden Legacy dibagi jadi beberapa jenis, mulai dari elemental magic (aquakinetic - air, pyrokinetic - api, fulgurkinetic - petir) , mind magic (telekinesis, telepath, truthseeker - bisa mendeteksi kebohongan orang) dan arcane magic. Sihir di dunia ini juga mengenal lingkaran sihir untuk menjadi pelindung ataupun untuk nge-boost kemampuan sihir.

Mau tahu lebih lengkap? Bisa klik web Hidden Legacy untuk mempelajari sistem sihir di dunia Hidden Legacy :).


Favorite Scene

Yes, I'am a hermit. Mostly I brood," Mad Rogan said. "Also I'm very good at wallowing in self-pity. I spend my days steeped in melancholy, looking out the window. Occasionally a single tear quietly rolls down my cheek."
Arabella and Lina snickered in unison.
"Do you also brush a white orchid againts your lips?" Arabella put in.
"While sad music plays in the background?" Lina grinned.
"Perhaps," Mad Rogan said.
"Do you have a girlfriend?" Grandma Frida asked.
I put my hand over my face.
"No," Mad Rogan said.
"A boyfriend?" Grandma Frida asked.
"No."
"What about..."
"No," Mom and I said in unison.
"But you don't even know what I wanted to ask!"
"No," we said again together.
"Party poopers," Grandma shrugged.


Story & Sensuality  Rate

Saya memberi Burn For Me ini:


Dan untuk sensualitasnya:


Hanya ada adegan ciuman, tapi sexual tensionnya sih, bener - bener bikin saya kipas2 XD.

4 komentar:

  1. Belum sempat batja Kate Daniels sudah disuguhi review buku yang membakar ini yang bikin penasaran di siang hari ketika awan mendung menggelayut rendah di langit siap menumpahkan bergalon-galon airnya yang bakal membuat tanah Nganjuk basah >.<

    Dunia alternatifnya cukup bikin penasaran juga, praktis bikin tatanan sejarah rekaan, eh tapi kok elementalnya nggak ada udara dan tanah ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok wind mage, tapi lupa nama kemampuannya apa. Kalau yang tanah, sepertinya emang belum dibahas, atau aku sempat kelewat :)

      Hapus
  2. kalo ngebahas novel luar bertema romance dan ada magic-nya gitu memang bikin gregetan.. >_<

    BalasHapus
  3. weeehhh.... bentar.... Mad Rogan mirip Sherlock-nya Pak Ben??? (jadi mbayangin yg aneh2, hahahaha). tapi kalo soal cerita Ilona & husband emang jagonya bikin "dunia mereka sendiri" ya, ga pake patokan orang lain jadi kesane aneh, tapi tetep mudah diikuti. kayak waktu aku pertama baca Magic Bites, kesane kok ga kayak cerita2 vampir yg aku tahu, tapi tetep mudah diikuti istilah2nya. yah, baguslah kalo mereka ga bikin insta-lust, yg belum apa2 udah jump to the bed :DDD. salu sama mereka!!!

    BalasHapus

Saya menghargai setiap komen/opini yang diberikan. Silakan untuk tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)
Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).
Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.
Terimakasih sudah mau mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog saya :).


I value your comment/opinion. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.
I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).
Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.
Thank you for your visit and comment :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)