Jumat, 13 April 2012

BBI 1st Giveaway Hop

NOTE : Giveaway sudah ditutup. Trims untuk pengunjung blog yang sudah berpartisipasi :D

Sebelumnya mau mengucapkan :



Happy Birthday untuk BBI yang pertama!! Sudah setahun sejak BBI terbentuk untuk mewadahi para blogger buku Indonesia dan semoga semakin maju serta giat berkarya. Saya sendiri baru beberapa bulan bergabung di BBI, dan betapa senangnya bisa bertemu dengan blogger - blogger lain. Saling bertukar pendapat, pikiran dan juga hal - hal lain :).

Di hari ini juga BBI mengadakan perayaan ulang tahun yaitu Giveaway Hop!



Giveaway Hop ini diselenggarakan atas prakarsa Fanda's Historical Fiction, Kumpulan Sinopsis dari Okeyzz dan Dear Readers. Diikuti oleh sekitar 30an blog dengan tema berbeda - beda namun yang menjadi benang merah adalah kami semua memberikan hadiah buku dari Pengarang Lokal. Sesuai dengan tema blog untuk bulan ini yaitu Fantasy, giveaway yang pertama kalinya di blog saya ini, saya akan memberikan seri Ther Melian karangan Shienny M.S!

Selain memberikan hadiah, akan ada interview dengan Shienny M.S sendiri dan review saya tentang Revelation. Saya sudah lama tertarik dengan seri Ther Melian, selain dihiasi dengan grafik yang indah dan khas seperti manga Jepang, ide ceritanya juga menarik. Dan Shienny M.S adalah salah satu pengarang Indonesia yang konsisten menerbitkan seri Ther Melian sampai selesai! Untuk giveaway kali ini akan diambil dua orang pemenang, dengan masing - masing pemenang akan mendapatkan :

- 1 (satu) seri (terdiri dari 4 buku) Ther Melian yang ditandatangani + Goodies bag untuk 1 orang
- 1 (satu) buku dari seri Ther Melian yang ditandatangani + Goodies bag untuk 1 orang. Pemenang berhak memilih buku yang diinginkan.


Syarat mengikuti giveaway ini mudah sekali. Teman - teman cukup mengisi form giveaway dibawah ini :



Lalu menjawab pertanyaan saya dibawah ini (sertakan jawaban kalian di kolom komentar):


Apa kamu pernah membaca fantasy karya anak negeri? Atau kalau belum, buku genre fantasy apa yang ingin kamu baca? Gimana pendapatmu dengan perkembangan genre fantasy di Indonesia?"

Untuk menambah kesempatan menang, teman - teman bisa komen dan melakukan tanya jawab dengan Shienny M.S di post interview dan review buku Revelation (dipost setelah interview). Selain itu juga bisa mengisi bagian optional di form. Seperti follower FB, Twitter, Goodreads, share tentang giveaway ini dan sebagainya. Giveaway ini berlaku hanya untuk teman - teman yang berdomisili di Indonesia. Jadi maaf untuk yang dari luar negeri (siapa tahu ada gitu), silakan mengikuti event2 giveaway selanjutnya yang akan saya coba buat bersifat international. Giveaway ini berakhir tanggal 26 April 2012, dan pemenangnya akan ditentukan secara random.

Karena giveaway ini bersifat blog-hopping, jadi teman - teman bisa mengikuti giveaway dari blog - blog di bawah ini :



Anyway, happy blog-hopping, happy giveaway dan semoga keberuntungan selalu menyertaimu ;) (bukan Hunger Games loh ini)

49 komentar:

  1. hi ren... kebetulan buku yang kamu jadikan giveaway ini yang gagal aku dapatkan kemaren. hehehehe...
    pernah baca fantasy anak negeri? tentu pernah, walaupun jumlah yang dibaca masih bisa dihitung dengan jari.
    paling suka kalau buku fantasy-nya bersifat adventure dan wajib ada fairy-nya *legolasfever*
    terus perkembangan fantasy lokal sepertinya sedang mengeliat sekarang ini. pergi ke toko buku banyak sekali terlihat fiksi fantasy lokal. apalagi sewaktu saya gabung dengan kastil fantasy di goodreads, disitu saya baru tahu kalau pengarang fantasy lokal itu banyak sekali :)

    BalasHapus
  2. Apa kamu pernah membaca fantasy karya anak negeri? Atau kalau belum, buku genre fantasy apa yang ingin kamu baca? Gimana pendapatmu dengan perkembangan genre fantasy di Indonesia?"

    Seingatku belum pernah baca novel, tapi kalau sebatas cerpen aku pernah baca beberapa. Untuk cerpen sejauh ini sudah cukup ok baik tema maupun pesan yang ingin disampaikan.

    Kalau novel fantasy yang ingin aku baca yang pasti adalah novel berbobot yang tidak hanya sekedar mengumbar kelihaian berfantasi namun memiliki nilai atau value2 tertentu yg ingin disampaikan. Istilahnya ga rugi kita investasikan waktu dengan membaca buku tersebut, senang2 dapet dan pelajaran moral juga dapet :D secara baca novel perlu waktu plus minus 1 hari....

    Perkembangan Genre fantasy di Indonesia cukup baik, sering menemukan buku2 fantasy di toko buku namun sejauh ini kebanyakan masih terlalu mirip dengan karya2 luar negeri terutama cerita dan penceritaan (not to mention plagiarism ) tapi puji Tuhan, sekarang mulai muncul karya2 yg cukup berbobot dan orisinal seperti Ther melian ataupun Vandaria Saga yg dinovelkan :)

    BalasHapus
  3. Pernah baca fantasy anak negeri? Saya sendiri tengah mengumpulkan buku2 fantasy karya anak negeri. Selain sebagai upaya untuk mendukung penulis2 lokal, kegiatan menimbun eh mengumpulkan novel fantasi lokal ini juga untuk ajang belajar dan menyemangati diri yang novelnya belum kelar2 juga ini.

    Untuk perkembangan fikfan lokal, dulu genre ini pernah meledak pada era tahun 2006-2008 dengan sejumlah karya yang bagus dan layak, tp sempat redup pada 2008 ke atas sebelum akhirnya mulai bangkit kembali tahun 2011. Buku TherMerlian ini adalah salah satu pemicu dan pendorong bangkitnya fikfan lokal karya anak bangsa. Maju terus fikfan lokal

    BalasHapus
  4. hai ren, sebelum ikutan, mau nanya dong,

    //quote//
    Untuk giveaway kali ini akan diambil dua pemenang, dengan masing - masing pemenang akan mendapatkan :

    - 1 (satu) seri (terdiri dari 4 buku) Ther Merlian yang ditandatangani + Goodies bag
    - 1 (satu) buku dari seri Ther Merlian yang ditandatangani + Goodies bag. Pemenang berhak memilih buku yang diinginkan.
    //unqiote//

    jadi maksudnya, 1 orang dapet 5 buku gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga, pemenangnya emang ada dua :)
      Satu akan dapet seri Ther Merlian (4 buku), satunya lagi dapet 1 buku Ther Merlian dengan judul bebas.

      kalo masing2 dapet 5 buku, bisa nangis aku nanti :P

      Hapus
  5. Wuhu~ Ada giveaway Ther Melian >w<
    Saya udah lama nongkrongin perkembangan fiksi fantasi Indonesia, tapi novel yang udah saya baca baru dikit. Saya lebih banyak baca cerpen-cerpen fantasi yang dipajang rekan-rekan seperjuangan di berbagai media online (maklum, gak modal *ditimpukin*)
    Perkembangan fiksi fantasi di Indonesia sekarang ini lagi berapi-api. Semakin banyak orang yang tahu kalau banyak juga penulis Indonesia yang nulis fantasi dan jadi tertarik. Bahkan banyak penerbitan yang punya bagian khusus nerbitin fiksi fantasi. Lomba-lomba cerpen fantasi tahun ini juga meningkat drastis dibanding tahun-tahun sebelumnya. Penulis fantasi lokal juga makin berani, gak Cuma nulis dan nunggu ada penerbit yang mau nerbitin naskahnya, tapi mulai ‘bergerilya’ lewat media online dan menerbitkan buku-buku indie (*uhuk*saya juga melakukan hal yang sama*uhuk*)
    Soal kualitas sih relatif. Ada yang bagus banget, ada juga yang masih kelewat terpengaruh karya-karya lain yang sudah ada. Tapi saya selalu menganut dua prinsip: 1. There’s nothing new under the sun, jadi semirip apapun ide dasar karya yang satu dengan yang lain, pasti hasilnya beda, yang penting penyampaiannya. 2. Sejelek apapun suatu karya menurut saya, pasti ada aja yang nganggep karya itu bagus.
    Komunitas pecinta fantasi di Indonesia juga semakin kelihatan pergerakannya dan semakin terbuka, misalnya Kastil Fantasi dengan event Fantasy Fiesta (trailer FF2011-nya keren >w<) dan LCDP dengan Aksarayana e-magazine (Ayo mampir ke aksarayana.com! Edisi 7 bentar lagi bisa diunduh, gratis! *dihajar karena ngiklan*)
    Yang jelas kita harus bangga dengan kemajuan fantasi lokal yang menunjukkan tingginya semangat dan kreativitas anak bangsa dan mudah-mudahan saya bisa cepat-cepat menyusul dan turut berkontribusi buat ranah fiksi fantasi Indonesia >w<

    BalasHapus
  6. mmm.. rasanya aku belum pernah deh baca fiksi fantasi dalam negeri, soalnya jarang ada yang nulis buku genre itu...

    BalasHapus
  7. Apa kamu pernah membaca fantasy karya anak negeri?
    belum pernah sama sekali, karena terus terang masih ragu dengan ceritanya. Tapi kalau diberi kesempatan untuk membaca (gratisan maksudnya :D ) tentu saja aku akan sangat senang sekali.

    Atau kalau belum, buku genre fantasy apa yang ingin kamu baca?
    Semua fantasy (vampire, peri, sci-fic) aku suka fantasy. Sebagian besar bacaanku di goodreads juga bergenre fantasy.


    Gimana pendapatmu dengan perkembangan genre fantasy di Indonesia?
    Sepertinya akhir-akhir ini perkembangan fantasy di Indonesia mulai menunjukkan giginya, ini terbukti dengan banyaknya buku fantasy Indonesia dan ramainya tret Fantasy di goodreads.

    Semoga aku menang. *tebar bunga, baca mantra, berdoa*

    BalasHapus
  8. Apa kamu pernah membaca fantasy karya anak negeri? Atau kalau belum, buku genre fantasy apa yang ingin kamu baca? Gimana pendapatmu dengan perkembangan genre fantasy di Indonesia?

    Aku sudah pernah baca fiksi fantasi Indonesia, walaupun gak banyak. Tapi sudah bisa membuatku terbawa dengan isinya (Maksudnya menghayal)dan gak bikin bosan. Apalagi aku termasuk orang yang imajinasinya lumayan tinggi.
    Yang aku lihat lumayan banyak fiksi fantasi Indonesia yang beredar di toko buku, tapi kualitasnya belum banyak yang memuaskan. Dan semoga banyak fiksi fantasi Indonesia yang lebih berkualitas dan gak bosan untuk dibaca berulang-ulang.

    BalasHapus
  9. Sudah dong...
    Aku pernah baca buku Anak Rembulan by Djoko Lelono dan sangat terkesan dg ceritanya. Review Anak Rembulan dari aku bisa dibaca DISINI

    Ini komentar aku copy paste dari komentar2 aku sendiri terdahulu karena hingga saat ini opini aku masih sama:
    Novel fantasi lokal belum bisa mencuri hati pembaca negeri sendiri karena penulis lokal seringkali berkiblat pada mitos-mitos dan gaung fantasi dunia barat. Seandainya penulis lokal mampu mengolah apa yang sudah disediakan budaya lokal dengan apik dan imajinatif, saya yakin pembaca akan datang sendiri.

    BalasHapus
  10. Fantasy anak negeri yg pernah dibaca cuma Takdir Elir :D. Dan terpesona sewaktu baca buku itu. Lalu berpikir : "Wow...canggih sekali kemampuan para penulis lokal genre fantasy".
    Makanya penasaran baca fantasi lokal lainnya

    BalasHapus
  11. buku 1-3 udah punya...buku 4 belom punya dan gak beli "p
    semoga dapat buku $ nya....

    BalasHapus
  12. -pa kamu pernah membaca fantasy karya anak negeri?
    jawaban:belum pernah

    -Atau kalau belum, buku genre fantasy apa yang ingin kamu baca?
    jawaban:seri Ther Melian karangan Shienny M.S

    -Gimana pendapatmu dengan perkembangan genre fantasy di Indonesia?
    jawaban:mungkin sebenarnya banyak novel genre fantasy ini di indonesia,hanya saja belum terkenal(karena saya sendiri jarang mendengarnya)

    tapi semenjak seri thermelian beredar,sepertinya genre seperti ini,semakin banyak yang buat.karena itulah,saya yang belum pernah baca genre fantasy,ingin membaca seri thermelian yang bisa dibilang mendongkrak pertumbuhan novel genre fantasy di indonesia..^^

    BalasHapus
  13. Baru pernah baca Fantasy Fiesta 2011.
    perkembangan genre fantasy di Indonesia saya rasa sudah mulai menuju pencerahan dan kebangkitan dari tidur panjangnya. *tsaaah

    buktinya sudah banyak buku buku fantasy karya anak negeri yg diapresiasi dengan baik oleh pembaca indonesia sendiri. Nah itu yg semoga tercapai lebih baik, ke depannya akan lebih baik jika bukan karya terjemahan melainkan karya anak negeri yang menjadi tuan di rumahnya sendiri kan :)

    BalasHapus
  14. 1. Apa kamu pernah membaca fantasy karya anak negeri?
    Belummmm.. Sebenarnya penasaran banget loh ama cerita fantasi karya lokal. Pengen bandingin ama punya luar, kira-kira di mana letak perbedaannya. Aku rasa fantasi anak negeri gak kalah ama fantasi luar. Bisa jadi malah diterbitkan di luar sana ^^
    Yah alasan kenapa aku belum beli-beli ya karena menunggu adanya giveaway dari Ren. Huahahahahahaha.. Semoga dapet deh seri ini, sumpah penasaran banget gara2 baca review Ren dan komentar temen-temen di Goodreads T_____T
    Semoga menanggggg *jampi-jampi si Ren biar giveaway ini buat aku =P*

    2. Atau kalau belum, buku genre fantasy apa yang ingin kamu baca?
    Aku penasaran ama Fantasy Fiesta ama Ther Melian ini. Reviewnya pada bilang bagus. Kan jadi penasaran. Huhuhuhuhu..

    3. Gimana pendapatmu dengan perkembangan genre fantasy di Indonesia?
    Waduh, karena belum pernah baca buku fantasi anak negeri, jadi aku kurang tahu ya. Tapi aku rasa pastinya ke arah yang lebih baik. Apalagi dengan mulai menjamurnya minat pembaca ke arah genre fantasi. Belum lagi sudah mulai muncul para penulis untuk genre ini (semangat ya para penulis fantasi!!)

    BalasHapus
  15. Jawabannya langsung saya jawab dengan iya, tentu saja pernah :D

    Lalu kalau untuk perkembangan genre fantasi di Indonesia, menurut saya bagus, engga kalah juga dengan penulis-penulis luar. Mereka tetap mampu berfantasi menurut daya khayal mereka sendiri. Memang, agak sulit untuk tidak berkiblat pada karya-karya fantasi luar. Saya juga mengalaminya, kadang kalau nulis cerpen atau flash fiction (hobi iseng doang :p) sedikit banyaknya pernah membayangkan ke arah mitos-mitos luar. Tapi, dibalik itu semua gak usah pikirin mengenai kiblat kemananya, yang penting itu adalah mengenai kontribusi penulis lokal untuk bacaan dalam negeri. Dan itu sangat pantas untuk kita apresiasikan. Dengan berjalannya waktu, pasti menempati hati pembacanya *sudah dimulai dari saya* :D

    BalasHapus
  16. fantasy anak negeri yg pernah kubaca ya TM seri 1 & 2
    seri 3 & 4 blon pengin baca juga . perkembangan fantasy anak negeri baik juga karena semakin banyak penulis lokal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  17. Aku belum pernah baca cerita fantasy anak negeri .
    perkembangan genre fantasy di sini belum ada perubahan yah, masih sedikit penulis lokal yang suka buat genre ini. dan jg sepertinya genre fantasy tidak terlalu diminati banyak orang..

    BalasHapus
  18. Hai Ren, congrats buat giveaway nya ya :)

    Hadiahnya kerennnnn.....
    Jujur aja, belum pernah baca buku fantasy karya anak negeri. Entahlah, selama ini belum "tergerak". Tapi menurut temen-temen, Thermelian ini emang fantasy anak negeri yang bagus. Makanya pengen baca. Hope I'll win it,hehehe....

    Thank u, Ren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw, pengen komen di review dan interview nya kok gak bisa ya? Gak bisa-bisa di klik :(

      Hapus
  19. Fantasi anak bangsa? Pernah, dong. Kebetulan yg saya baca alurnya bagus... di awal. Begitu ke tengah mulai keteteran dan menjelang akhir banyak kebetulannya. Padahal seting ceritanya udah oke, lho, di Jakarta ^^

    Cerita lainnya hampir bisa dibilang keteteran semuanya. Keliatan kalau ikut2an tren cerita fantasi lg booming. Biar fantasi itu banyakan mengkhayal, kl ditambah riset pasti lebih ciamik. Pdhl ide ceritanya udah oke.

    Biar gitu, saya bangga krn penulis2 kita nggak mau kalah dengan buku2 LN. Jd maju teruuus.

    BalasHapus
  20. Tentu pernah dong membaca fantasy karya dalam negeri, meski modal minjem sana sini *keplaks*

    Sepertinya sih sekarang genre yang lagi ngetop yang fiksi fantasy ini. Kalo taun2 lalu pas populer genre reliji jamannya kang Abik, semua ikut2an genre itu. Tapi semoga saja, genre fantasy yg sekarang populer ini lebih berwarna dibandingkan genre populer sebelumnya.

    BalasHapus
  21. jawaban :
    1. Saya pernah baca novel fantasi dalam negeri yang judulnya Java Joe. Cerita tentang kebangkitan lara jonggrang, menurut novel ini rara jonggrang gak jadi batu, tapi ia dalam tidur panjang, dan candi parambanan yang sekarng itu bukan yang asli. Selain itu di novel ini juga ada aksi kejar-kejaran di luar angkasa, dystopia gitu. Novelnya bagus menurut saya.
    2. saya pengen banget baca anak rembulannya djokolelono dan seri Ther Melian ini, karena kebetulan saya pernah baca komik-komik karya penulisnya waktu SMA (le ciel, the journeys begin, dan white castle).
    3. Perkembangan fiksi fantasi di Indonesia tuh gimana ya/ Bingung nulisnya. karena sebenarnya sejak era 80-an Djokolelono udah ngeluarin buku bertema dystopia (lupa judulnya)Di tiap generasi selalu ada novel fantasi Indonesia, tapi koq selalu kalah sama penulis luarnya. padahal bagus-bagus juga sebenarnya. Apa karna kurangnya promosi yah? Seperti novel java Joe, saya berharap ini serial karena belum puas sama endingnya. Dan Tasaro Gk (penulis favorit saya :D) juga bikin novel fantasi yang tebal banget dengan kualitas kertas yang ciamik (nibiru dan Ksatria Atlantis). Kita harus dukung fiksi fantasi Indonesia, harus dah pokoknya

    BalasHapus
  22. Saya pernah baca novel fantasi karya anak negeri, sejauh ini saya suka sama ceritanya, walau masih ada kekurangan menurutku.
    Perkembangan novel fantasi di indonesia ternyata sudah berkembang pesat tanpa saya ketahui terbukti dengan diterbitkannya banyak genre fantasi anak negeri, yang saya kupernya baru tau hehe
    selama genrenya fantasi dan petualangan saya biasanya bakal menyukainya, dan ther melian ini bikin penasaran apalagi katanya dibikin light novel kan lebih seperti komik gt ada ilustrasi-ilustrasi yang sangat membantu
    wish me luck :)

    BalasHapus
  23. pernah dong :), pernah baca buku fantasy lokal Aerial karya Sitta Karina, Silver Stone - Ardina Hasanbasri, Dunsa - Vinca Callista, Fantasy Fiesta 2011, XV3 - Bonmedo Tambunan, seingatku baru itu, hehe.

    Kalau dilihat sekarang dengan bayaknya buku fantasy yang mulai bermunculan, aku rasa buku fantasy lokal sudah mulai berkembang, mungkin banyak juga yang belum tahu tapi setidaknya mereka sudah mendapatkan tempat di hati pembaca yang benar-benar menyukai genre fantasy. Mungkin dengan banyaknya promo, bedah buku akan membantu buku-buku fantasy lokal lebih dikenal.

    Selain itu, aku berharap buku fantasy lokal benar-benar terasa lokal, maksutnya jangan terlalu meniru gaya fantasy luar, mereka harus punya ciri khas agar karya mereka tidak selalu dibanding-bandingkan dengan Harry Potter, dsb dsb. Contohnya seperti buku Anak Rembulan - Djoko Lelono, menyisipkan sejarah Indonesia, atau dengan membuat negeri sendiri seperti Aerial, Prutopian, atau kekuatan sihir yang belum pernah ada.

    yah, itu saja komenku, berharap fantasy lokal lebih berwarna dan nggak kalah bagus dengan fantasy luar.

    *sembur mantra biar menang :))

    BalasHapus
  24. Baru Fantasy Fiesta aja kayaknya :'(

    Buku genre fantasi yang aku inginkan yang pasti ada Elf-nya, petualangan, perang, penyihir, kerajaan. Dan yang paling aku inginkan novel tersebut tebalnya melebihi 1000 halaman, hhihihi.. (pasti bakal benar-benar masuk ke dalam novelnya :D)

    Ther Melian ini yang berhasil menghidupkan kembali Fantasy lokal, 4 thumbs up to Shienny MS :)
    Saat ini pun aku dalam rangka memulai membeli fantasy lokal.

    #WishMeLuck#

    BalasHapus
  25. Pernah baca fantasy Indonesia, Garuda 5, karya FA Purawan dan Ther Melian karya Shienny MS ini. Berharap, semakin banyak terbit fantasi lokal, tak perlu berharap sebagus Harry Potter dahulu, yang penting ciptakan market-nya dulu. Dan kalau semakin banyak penikmat fantasy lokal, ada harapan kualitas fantasy lokal akan semakin terasah, dan berharap, kualitas yang membaik itu akan menginjak kiprah perbukuan internasional

    BalasHapus
  26. fantasy indonesia yang pernah aku baca itu dunsa dan revelation (itupun baru nyadar kalo penulisnya orang indonesia setelah siap dibaca) :D
    ceritanya cukup bagus dan membuktikan bahwa fantasi dalam negeri sudah mulai berkembang.
    kalo harapannya sih, semoga kedepannya semakin banyak bermunculan penulis fantasy dalam negeri, biar gak hanya fantasy luar yang aku koleksi (maklum penikmat novel fantasy) :)

    BalasHapus
  27. Apa kamu pernah membaca fantasy karya anak negeri?

    Pernah. tapi tidak sebanyak novel fantasy kaya anak luar negeri (?). Yang paling berkesan adalah Incognito-nya Windhy Puspitadewi. Penggabungan sejarah, petualangan dengan mesin waktu, penggunaan banyak sekali bahasa asing membuatku langsung memasukkannya dalam buku favorit saya.

    Gimana pendapatmu dengan perkembangan genre fantasy di Indonesia?
    Mulai menunjukkan taringnya. Saat bergabung dengan grup Kastil fantasi di goodreads saya dibuat tercengang! Aku yakin sebentar lagi, perlahan tapi pasti, buku-buku fantasi anak bangsa bisa menggemparkan dunia!

    BalasHapus
  28. Apa kamu pernah membaca fantasy karya anak negeri?
    Pernah, tentu saja :)

    Gimana pendapatmu dengan perkembangan genre fantasy di Indonesia?
    Para penulis semakin kreatif saja, semakin berkualitas :)

    BalasHapus
  29. Pernah baca fantasi karya anak negeri?
    pernah dong! seri ther melian ini termasuk yang aku baca, udah koleksi lagi. trus pernah baca aerial-nya sitta karina yang awalnya kukira udah keren, gaya tulisannya sih emang bikin kepincut tapi ceritanya masih banyak plot-hole. trus dah baca kan Fantasy Fiesta? dah punya 2 bukunya, rame rasanya kayak permen nan*-nan* ;p

    IMNSHO (in my not so humble opinion; opini sok gue), perkembangan fantasi Indonesia masih dikuasai oleh karya-karya asing. penerbit besar masih lebih banyak ambil langkah aman dengan lebih banyak menerbitkan karya fantasi terjemahan dibanding karya anak negeri. Tapi karya anak negeri juga udah bisa berbicara kok. Awalnya memang lebih bergema di komunitas tertentu saja tapi sekarang udah lebih populer, banyak buku fantasi karya anak negeri masuk di rak best-seller toko-toko buku terkemuka. DCMIIW (Don't colek me if I'm Wrong; geli tauk!)

    BalasHapus
  30. Pernah ngga ya baca buku fantasy karya anak negeri?

    Pernah, udah lamaa bangets, sekarang aja udah lupa judulnya apa, hahaha..

    Gimana pendapatmu dengan perkembangan genre fantasy di Indonesia?

    Mencengangkan, ngga nyangka ternyata banyak juga penulis lokal yang bermain di genre ini, bahkan kemaren sempat melihat giveaway buku yang dari judul buku, cover dan nama pengarangnya itu 'berbau' Barat tapi ternyata itu karya penulis Indo lhoo ;)

    Cover Ther Melian di postingan ini juga cantik dhe, jadi penasaran isinya tentang apaan :))

    BalasHapus
  31. mungkin aku pernah baca, tapi aku masih bingung, genre fantasy itu seperti apa? :)

    BalasHapus
  32. fantasy anak negeri yg pernah kubaca ya TM seri 1 & 2
    seri 3 & 4 blon pengin baca juga . perkembangan fantasy anak negeri baik juga karena semakin banyak penulis lokal.

    BalasHapus
  33. Fantasi karya anak bangsa?
    Baru baca Takdir Elir (Vandaria Saga) sama pernah baca Touche (teenlit).
    Genre fantasi berkembang pesat di Indonesia. Tahun lalu saja banyak anak BBI yang membuat review tentang buku Fantasi. Awalnya saya tidak tertarik, takut bingung, dsb. Tapi setelah mencoba membaca satu dua buku fantasi, rasanya memang berbeda. Seperti bertualang. :)

    BalasHapus
  34. membaca fantasy karya anak negeri...

    pernah beberapa, seperti touche dan incognito.

    perkembangan genre fantasy di Indonesia...

    karena saya tidak terlalu mengikuti perkembangan novel genre fantasy dari pengarang lokal, jadi saya tidak terlalu tahu. Tetapi dari yang saya baca di blog ini, saya jadi tahu ternyata Indonesia memiliki banyak pengarang lokal untuk novel bergenre fantasi dan sudah berkembang pesat. Bahan beberapa novel fantasi tersebut berisi tentang dunia baru dan tidak berkaitan dengan kehidupan sehari-hari kita.

    BalasHapus
  35. Q : Apa kamu pernah membaca fantasy karya anak negeri? Atau kalau belum, buku genre fantasy apa yang ingin kamu baca? Gimana pendapatmu dengan perkembangan genre fantasy di Indonesia?"
    A : justru karena belum pernah baca fantasi karya anak negeri jadi pengen banget baca :D apalagi diri-ku sangat suka dengan yang namanya Fantasy (^_^)... so, kabulkan permohonan-ku spy menang ya hehe ...

    BalasHapus
  36. pernah sih..
    tapi yang teenlit..
    kalo yang semacam Ther Merlian ini belum..karena nggak tahu banyak tentang penulis fantasi lokal.. hehe
    Jadi pengen baca Ther Merlian ini deh..
    semoga menang satu set, aaamiiin :D

    BalasHapus
  37. Saya jarang baca fantasi karya penulis lokali. soalnya kadang setipe sama yang dari luar sih. tapi, boleh dong penasaran dengan Ther Merlian, mudah2an bisa bikin aku semakin jatuh cinta sama fantasi lokal

    BalasHapus
  38. Saya baru membaca 1 fiksi fantasi lokal, yaitu X&V3, itupun dikasi gratis. Sebenarnya sy smpt ga sadar dgn 'banjirnya' penulis fantasi Indonesia, karena covernya ga menunjukkan ciri khas kalo Indonesia banget, terus beberapa nama pengarangnya pun terasa 'asing', jadi baru tahu pas nongkrong di goodreads atau baca review di BBI.
    Kesanku dr satu2nya buku yg sudah kubaca, ya sebenarnya punya potensi yg sama dgn fiksi fantasi terjemahan, dgn beberapa kurang lebihnya. Tapi karena buku fantasi itu buanyak, yg terjemahan pun yg ingin kubaca masih buanyak, jadi bingung kalo disuru memilih 1 yg ingin dibaca.

    BalasHapus
  39. pernah donk, aku juga mulai ngikutin beberapa termasuk Ther Melian.
    genre fantasy di indonesia udah mulai berkembang, walau penggemarnya belum sebanyak buatan luar, tapi aku optimis dengan perhatian dari banyak komunitas terhadap genre fantasy karya anak negeri pasti akan makin banyak penggemar genre fantasy yang akan mulai membaca hasil karya anak negeri ini :)

    BalasHapus
  40. Sangat pengen baca buku ini karena aku pengen tau sejauh mana perkembangan dunia fiksi fantasi indonesia. Dari dulu pengen beli tapi belum kesampaian :(

    BalasHapus
  41. Baru pernah baca buku Aggelos dan Tetramars Harry K. Petterson.. Ceritanya lumayan bagus, meskipun gak sedetail dan se'seru' fantasi terjemahan. Tapi dr cover dan gaya tulisannya, novel tsb udah seperti 'terjemahan'. Gak tau kalau yang lain, karena belum pernah baca fantasi lokal yang lain..

    BalasHapus
  42. Belum pernah baca genre fantasy, karena so far, aku melihatnya fantasy itu masih 'miliknya' penulis luar :D yang diharapkan dari fantasy indonesia, apa ya, supaya lebih 'indonesia' aja sih jadi lebih eye catchy juga gitu :D

    BalasHapus
  43. kalau fantasy dari luar sudah banyak yang saya baca. tapi dari dalam negeri belum pernah. pengennya sih dapet buku Ther Melian dari Ren. hehehe. semoga masa depan novel fantasi indonesia semakin membaik!
    Salam..

    BalasHapus
  44. saya mengoleksi fiksi fantasi karya para penulis Indonesia (tapi sejauh ini belum punya karya Indonesia yang beredar secara internasional)

    perkembangannya lumayan baik
    selama 6 tahun terakhir sesungguhnya ada 100 judul
    tapi tidak banyak yang menonjol akibat berbagai faktor
    termasuk penerbit yang gulung tikar dan label teenlit/chicklit yang mengaburkan kefantasiannya

    TherMelian termasuk fiksi fantasi Indonesia yang dikenal banyak orang dan mencatat prestasi tersendiri (tetralogi pertama yang terbit hingga nomor pamungkas)

    sebagian judul yang saya suka
    The Death to Come - Tyas Palar
    Harta Vaeran - Pratama Wirya
    Fantasy Fiesta 2011

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas giveaway dari Ren ^^
      semoga aku menang, hihihi

      Hapus

Terimakasih sudah meninggalkan komen di Ren's Little Corner. Silakan untuk setuju/tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)

Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).

Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.

Terimakasih sudah mau berkunjung! :D


Thanks for commenting on Ren's Little Corner. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.

I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).

Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.

Thank you for your visit! :D.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)