Senin, 02 Juni 2014

Random Thought: Rating di Goodreads

 

Welcome to the Random Thought :D! Sebuah postingan berisi pemikiran yang mendadak muncul di otak saya dan juga postingannya pun suka tidak tentu :P. Sebelumnya, saya mengucapkan selamat datang di awal bulan Juni :). Tak terasa tahun 2014 sudah berjalan separuhnya. Bagaimana dengan progress baca teman - teman? Saya sendiri sih syukurlah walau banyak kesibukan, masih bisa memenuhi target baca di Goodreads. At last, lihat tulisan "you are bla bla bla books ahead of schedule" itu udah bangganya bukan main :)).

Untuk topik Random Thought kali ini akan membahas:

RATING GOODREADS

Jadi pas malam minggu kemaren, saat saya lagi menelusuri lini masa Twitter saya, seorang blogger bernama Nikki dari blog Scorching Books Review membahas tentang average rating di Goodreads. Dia mengatakan bahwa beberapa teman Goodreadsnya menganggap average rating mereka di Goodreads sangat tinggi. Rata - rata average ratingnya adalah 4 ke atas. Teman Nikki itu menganggap dirinya terlalu "royal" dalam mengasih rating ke buku - buku yang dia baca dan bisa jadi orang tidak akan memperhatikan reviewnya. Nikki sendiri menjelaskan kalau average rating dia adalah 4,22 (seperti yang dia bilang di link blognya), dimana dia memang hanya membaca buku yang dia suka dan mayoritas buku yang dia baca dirating cukup tinggi.

Penasaran dengan topik yang dia bahas, saya pun ngecek di Goodreads. Ternyata average rating saya adalah 3,78 dari 868 review, dengan rincian sebagai berikut:



Bagi saya sih, ini berarti saya termasuk yang fair, dengan kata lain persebaran ratingnya merata :P. Saya amati saya suka kasih rating tiga bintang pada buku - buku yang dulu saya baca sebelum bikin akun Goodreads. Sedangkan setelah bikin akun Goodreads, saya lebih royal kasih rating empat - lima bintang. Seiring dengan berjalannya waktu (ecieh, kenapa saya mendadak puitis X)), semakin banyak buku yang saya baca, semakin berkembang selera baca saya, dan juga setelah saya mulai mereview di blog dan bergabung dengan BBI, saya mulai agak "pelit" kasih rating.

Nikki juga menjelaskan bahwa beberapa temannya biasanya melihat average rating dari orang yang mengirim friend request pada mereka untuk mempertimbangkan apakah orang itu suka baca atau tidak. Jujur sih, kadang saya ngelihat orang yang average ratingnya tinggi itu kayak "emang ngga ada buku yang jelek banget menurut dia ya?". Sebelum akhirnya ada blogger lain yang bilang kalau itu tanda bahwa orang itu emang suka banget baca. Tapi, tapi, saya kan juga suka baca buku, cuma masa saya harus kasih rating lima bintang untuk buku yang menurut saya seharusnya cuma dapat 2-3 bintang? :P Lalu, kadang saya juga heran kalau lihat orang yang average rating Goodreadsnya misal cuma 2 koma kebawah, dan buku yang dia baca lumayan banyak juga. Apa buku - buku yang dibaca ga bagus semua? :O

Hehe, ngomongin average rating Goodreads jadi kayak ngomongin IPK ya XD. Tapi menarik juga sih dengan mengetahui average rating ini, kita jadi tahu selama ini kita cukup royal atau malah penuh pertimbangan saat merating buku yang kita baca :)

Bagaimana dengan teman - teman? Apakah kalian memperhatikan average rating Goodreads kalian? Sekalian share juga yah average rating Goodreadsnya dan apa pendapat kalian tentang itu. :)

Spill your random thought! :D

14 komentar:

  1. Aku sama kayak kamu, paling banyak rating 4. Sejak 2013 udah gak ada buku rating 2 lagi (paling rendah 3), pertanda udah semakin selektif (dan gak pernah minta buntelan lagi, hahaha).

    Btw, gimana cara ngeliat stats rating itu? Aku sih ngecek di my books > stats, tp gak ada yg khusus rating...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihatnya di profile, kak. Di bawah foto :D

      Hapus
    2. Iya ya Mbak Fanda. Kayaknya lebih baik baca buku yang emang genre yang disuka, soalnya waktu kita ga banyak, hahaha

      Hapus
  2. Average ratingku 4,07 dari 611 rating :D
    Kecuali emang bener-bener nggak suka aku baru ngasih 1-2 bintang, sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren Orin :D, intinya banyak buku yang dirimu emang suka ya

      Hapus
  3. Kyaa, aku padahal tadi udah ketik panjang, tapi error :(
    Avg aku 3.27 dengna kebanyakan rating di 3. Aku kalau buku yang aku baca ulang, kebanyakan aku taro 3 sih. For old time sake :D
    Belum pernah kasih buku satu karena buku yang aku anggap keterlaluan banget itu belum ada di GR dan males mau masukin datanya XD
    Aku sih gak terlalu peduli soal average rating. Tapi ya emang kadang bingung sama yang "jahat" atau "baik" banget kasih rating. Mereka menilai berdasarkan apa sih? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin berdasarkan feeling juga ya Chei. Aku ngerate biasanya berdasarkan feeling abis baca buku itu gimana. Kalau yang jahaat banget kasih rating, selama dia bisa kasih penjelasan kenapa kok ngasih rating cuma 1-2 bintang, aku bisa nerima. Kalau ngga ada penjelasan, ya ga aku perhatiin, wakaka :P

      Hapus
  4. Average rating-ku 2,99. Apa aku termasuk yang pelit ngasih rating? Atau milih :main aman"? Hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Milih main aman kayaknya Mbak :D #runrunsmall

      Hapus
  5. Average rating saya 4.32. Saya termasuk lumayan baik soal rating soalnya yang saya kasi pake koma 5 dibuletin ke atas, jadi kalo 3.5 jadi 4 XD Saya jarang sih kasi rating 3 ke bawah, saya kalo beli buku rada milih2 dan muter2 blog dan GR dulu sebelum beli, kecuali kalo ada diskonan itu beda cerita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih berharap GR bakal invent sistem setengah bintang. Rasanya ga enak aja buletin rating koma ke atas itu :P

      Hapus
  6. aku baru tahu loh ada average rating ini xD
    ratingku 3,42 dari 305 rating. Sekarang aku sama kayak Mba Fanda, lebih selektif lagi buat baca buku. Mungkin ratingku yang rata-rata 3 itu karena bukunya 'dipilihkan orang lain' (buntelan) :)

    BalasHapus
  7. 3,28 dari 1010 ratings.

    Tapi sejak tahun lalu udah jarang rate buku di GR sih. Udah kurang valid sebenernya.

    Aku gak ngerasa pelit ato royal sih. Cuma ngikutin aturan rating di GR aja. Kalo cuma tahap 'i like it' ya 3 bintang aja. Dan kebanyakan buku yg aku baca ya emang cuma sebatas suka aja

    BalasHapus

Saya menghargai setiap komen/opini yang diberikan. Silakan untuk tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)
Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).
Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.
Terimakasih sudah mau mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog saya :).


I value your comment/opinion. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.
I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).
Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.
Thank you for your visit and comment :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)