Jumat, 04 November 2011

Festival NaNoWriMo : Apa itu NaNoWriMo?

bukan permen nano - nano

Bagi yang kenal saya di Facebook atau follow di Twitter, pasti sering heran sama saya yang sering banget ngomongin NaNoWriMo, atau ngetweet dengan hashtag #NaNoWriMo. Kadang juga hashtag #1k1hr . Bingung dengan saya yang tiba - tiba pake bahasa Alien? (kalau ga juga gapapa sih, hmpfh). Penasaran sama NaNoWriMo itu apa?

Silakan cek di Q & A di bawah ini ya. Saya akan menjawab pertanyaan tentang NaNoWriMo ini sesuai dengan apa yang saya tahu

Q : Jadi, NaNoWriMo itu apaan?
A : NaNoWriMo adalah singkatan dari National Novel Writing Month, atau Bulan Menulis Novel Nasional. Diselenggarakan setahun sekali, dimulai setiap tanggal 1 November. Event ini berasal dari Amerika Serikat, dan walau namanya "Nasional" sebenarnya pesertanya boleh dari belahan dunia di mana saja. Termasuk Indonesia tentunya.

Q : Kalo gitu harusnya "National" diganti "International" aja dong
A : ....
Saya sih kurang tahu masalah ini -_-"

Q : Terus si Nano Nano ini ngapain?
A : NaNoWriMo yah, jangan samakan dengan nama permen itu *elus - elus dada*. NaNoWriMo mengharuskan pesertanya untuk menulis minimal 50 ribu kata hanya dalam waktu sebulan. Karena itu event ini akan berakhir di tanggal 30.

Q : Waaaaks? 50 ribu kata?
A : Yup, 50 ribu kata. Jumlah yang tidak sedikit tentunya. Karena itu minimal para Wrimos ini harus menulis 1667 kata per harinya.

Q : Terus, kalo udah selesai nulis diapaain?
A : Peserta atau Wrimos akan memvalidasi novelnya di kotak "word count" yang ada di website NaNoWriMo. Jika mereka berhasil menulis 50 ribu kata, mereka akan dinyatakan sebagai pemenangnya.

Q : Yang menang dapat apa?
A : Pemenang akan dapat sertifikat kalau dia pemenang NaNoWriMos, dan bisa dipajang di mana saja. Mau dishare di FBnya atau di web, atau di blog.

Q : Aih, ga dapet duit? Di mana asyiknya??
A : NaNoWriMo memang hanya untuk fun. Untuk penulis amatir, ini digunakan untuk menyalurkan bakat menulis mereka atau menuangkan ide - ide yang lama terpendam di otak. Untuk penulis profesional, tentu saja untuk membuat karya baru yang nantinya akan diajukan ke penerbit.

Q : Wow, penulis profesional juga? Waduh kayaknya susah ya?
A : Ha, ha, ha. Ga juga. NaNo ini bukan saingan cerita siapa yang lebih bagus atau lebih menarik. NaNo lebih sebagai tantangan bagi para Wrimos untuk menulis 50 ribu kata sebelum tenggat waktu saja. Dan jangan salah lho, NaNoWriMo juga bisa jadi ajang penulis amatir buat mengajukan karya mereka ke penerbit. Banyak novel - novel bikinan para Wrimos yang nantinya sukses di pasaran. Contohnya di Amerika Serikat sana adalah Erin Morgensten dengan The Night Circus nya yang ditulis saat beliau mengikuti NaNoWriMo ini. (kalau yang dari Indonesia, saya belum tahu *malu*)

Q : Wah, aku jadi lumayan tertarik sama si Nano ini. Aku jadi pengen daftar juga. Gimana caranya?
A : Seneng nih saya bisa bikin kamu tertarik. Caranya gampang kok. Kamu tinggal klik ke webnya NaNoWriMo di sini. Bikin akunnya, setelah divalidasi, tinggal diisi info tentang kamu, novel yang kamu bikin apa, sinopsis dan cuplikannya. Jangan lupa untuk mengatur region kamu ke Asia- Indonesia, ya. Karena banyak juga orang Indonesia yang ikut NaNo ini. Lalu, main - main ke forum mereka di sini . Siapa tahu ketemu teman baru dan di sana juga banyak para Wrimos yang berbagi pengalaman.

Q : Tapi aku bingung nih mau nulis apa? =(
A : Ha ha ha, awalnya saya juga sama kok. Tapi yang namanya ide itu selalu ada. Di forum NaNo saya sering ketemu sama mereka yang suka nulis fan fiction. Kalau kamu suka nulis fan fiksi, itu juga bisa dicoba. Untuk saya sendiri, saya menulis ulang novel yang dulu di bikin pas SMA.

Q : Curang dong!
A : Ya, ngga dong :p. Karena novel saya dulu itu hanya 10000 kata, dan acak - acakan. Jadi NaNoWriMo ini bisa dijadikan ajang buat nulis itu lagi. Dan percaya saja kalo namanya ide itu selalu ada. Saya juga menemukan ide - ide baru buat mengembangkan novel saya ini. Ga bisa dibilang curang, karena saya nulis lagi dari awal! Untuk lebih lengkapnya tentang novel saya, silakan cek pos selanjutnya yang saya bikin untuk jelasin novel saya ya.

Q : Aku pengen ikut, tapi sudah telat.
A : Iya nih sayang sekali. Tapi kamu bisa ikut kok tahun depan, karena event ini selalu ada tiap tahun, sejak dimulai tahun 1999 lalu. Dan kamu bisa lebih mempersiapkan diri untuk ikut NaNo selanjutnya.

Q : Oke deh, semoga tahun depan aku bisa ikutan. Betewe, ini event NaNo kamu yang keberapa sih?
A : Ini event saya yang pertama. Yah, awalnya ikut NaNo karena melihat tweet dari beberapa author luar negeri yang saya follow dan penasaran. Lalu saya menghubungi salah seorang teman di FB, Christian Simamora. Pada kenal Christian ga? Dia ini penulis yang beberapa bukunya sudah diterbitkan oleh penerbit Gagas Media (walaupun saya ga pernah baca bukunya, maaf ya, hmpfh). Setelah berbincang - bincang di wall FBnya Christian, saya pun memantapkan hati buat ikut NaNo. Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, just for fun dan untuk menuangkan ide yang lama terpendam saja :) .

Q : Terus ada rencana buat nerbitin novel kamu?
A : Saya sih belum ada rencana kesana, karena jujur saja berusaha konsisten untuk nulis setiap hari dan itu susahnya bukan main. Kadang ada rajinnya, kadang malesnya minta ampun. Dan berhubung saya nulis hanya untuk memenuhi kuota harian (1667 kata/ hari), jadinya bener - bener ga pernah ngedit novel saya. Saya bisa melakukannya setelah NaNo ini selesai.

Q: Apa sih yang kamu dapat dari event NaNo ini?
Terlalu dini yah untuk itu. Sementara ini hal yang saya pelajari dari NaNo adalah tentang disiplin dan konsistensi. Disiplin untuk memenuhi target harian kamu dan konsistensi untuk terus menulis tiap hari.

Q : *terpana* Waks, ya udah. Good luck ya buat event NaNo ini!
A : Yup, sama - sama. Semoga kamu bisa ikut tahun depan =).


Bagaimana? Setelah membaca Q & A di atas, apa rasa penasaran kamu tentang NaNoWriMo terjawab? Atau masih ada yang pengen kamu tanyakan? Jangan segan tanya sama saya di kotak komen di bawah ini ya =) .Dan bagi Wrimos yang baca pos ini, ayo semangat menulisnya!!

Tips - tips yang berkaitan dengan NaNoWriMo :

http://www.mediabistro.com/galleycat/category/nanowrimo
http://nicolehumphrey.net/10-quick-tips-for-first-time-nanowrimo-participants/
http://wrimosftw.blogspot.com/

Bagi yang menyukai tantangan saat menulis :
http://writeordie.com/

Dan bingung memberi nama buat karakternya , apalagi kalo karakter dari luar negeri :
http://www.20000-names.com


9 komentar:

  1. ren, bs dlm bahasa apapun y?

    nah aku tu susah kdg ide crita tu byk, tp ntr klo uda mulai ngetik, susah bgt, pengembangan nya itu, puyenk

    BalasHapus
  2. @ Eli Dalam bahasa apapun ga masalah kok Li. Walaupun aku tau ada berapa Wrimos Indonesia yang juga nulis dalam bahasa Inggris, lebih oke kalo nulis dalam bahasa sendiri.

    Untuk ide cerita dan setelah itu susah untuk ngetik, dicoba dulu aja. Ajang NaNo ini ampuh buat ngembangin ide, karena aku dulu juga sama kayak kamu.

    BalasHapus
  3. wah bisa dalam bhs apapun ternyata,,,

    keren ni nanowriwo,,,

    tengkiu infonya ren^^

    BalasHapus
  4. Langsung bookmark link ini. Makasih ya infonya, mudah2an tahun ini bosa ikutan XD

    BalasHapus
  5. Aku daftar NaNo dari tahun kemarin tahu baru tahu fungsinya tahun ini, hahah. Yang bikin aku penasaran, karena ini ajang buat fun, berarti jumlah kata itu bisa dipalsukan, kan? Alias nulis asal 50k dan disubmit sudah pasti bisa keluar jadi pemenang, kan?

    Dari batja ini aku baru tahu kalau The Night Circus hasil dari NaNo. Novel yang tebel itu ditulis cuman sebulan! >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener banget itu bisa dipalsuin. Akhirnya kembali ke kejujuran masing2 aja :)))

      Makanya ada istilah Nano Rebel, yaitu Nano-ers yang ngga submit novel, tapi nulis apapun asal menuhin kuota 50K

      Fangirl itu juga novel Nano lho

      Hapus
  6. Keren penjelasannya nih :) Emg lg bnyk bgt author yg ikutan skrg apalg mumpung mw rilis buku baru. Hihihi

    BalasHapus

Saya menghargai setiap komen/opini yang diberikan. Silakan untuk tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)
Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).
Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.
Terimakasih sudah mau mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog saya :).


I value your comment/opinion. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.
I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).
Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.
Thank you for your visit and comment :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)