Kamis, 19 Januari 2012

Review : (Kumpulan Cerita) SEAL of My Dreams

Judul : SEAL of My Dreams 
Pengarang : Various Authors 
Penerbit : Bell Bridge Books
Tebal : 380 halaman
Diterbitkan pertama kali : 11 November 2011
Format : Paperback
Target : Dewasa
Genre : Contemporary Romance, Thriller Suspense, Military peoples
Bahasa : Inggris
 
Status : Hadiah dari blog As The Page Turns 
Web Pengarang : Seal of My Dream
Order di :
Bookdepository
English Review at Goodreads : click here



Sinopsis

Honor, duty, courage, passion . . . the men of the Navy SEALs are a special breed of hero, and in these novellas by eighteen top romance authors the SEALs are celebrated not only as symbols of devoted service to their country but as the kind of men every woman wants to love. They’ll rescue a damsel in distress and her lap dog, too. They’ll battle hometown dramas and international bad guys. When it comes to giving away their hearts, they’ll risk everything.

All proceeds from sales of SEAL of My Dreams go to the Veterans Research Corporation, a non-profit fundraiser for veterans’ medical research.

Between them, the authors of SEAL of My Dreams have won dozens of writing awards including multiple RITAs from Romance Writers of America. Their nearly 600 published novels have sold at least 35 million copies worldwide.
The SEAL of My Dreams roster includes many of the best-known authors in modern romance fiction. In addition, many have strong family connections to the servicemen and women of our nation’s military, and many specialize in novels featuring heroes and heroines from all branches of service.


Review

Saya memilih anthology atau kumpulan cerita pendek, atau kumcer (yeah, terserah deh) SEAL of My Dreams ini sebagai bagian dari agenda posting bersama grup BBI (Blogger Buku Indonesia). Awalnya sih pengen memilih yang lain, karena saya punya beberapa anthology, tapi melihat temanya tentang militer yang jarang - jarang dibahas di dunia novel romance Indonesia (colek me if I'm wrong), maka saya mencoba mengupas buku ini, dan berharap siapa tahu habis ini akan ada kumpulan buku serupa, tapi dari pengarang Indonesia.

SEAL of My Dreams adalah kumpulan 18 (delapan belas) cerita dari 18 pengarang yang terus terang semuanya baru saya baca bukunya (saya masih menyesalkan pengarang suspense favorit saya Pamela Clare, ga ambil bagian juga :( ) Semuanya ada
lah pengarang yang sering mengarang buku genre kontemporer dan thriller suspense, dan nyaris semuanya memang punya background militer. Entah dari suami, atau sang pengarang sendiri atau keluarganya. Semuanya adalah pengarang yang berkali - kali mendapat penghargaan semacam RITA Awards (penghargaan paling bergengsi di dunia pernovelan romance di Amrik sono) atau cuma dapet nominasinya (walo nominasi kan udah bangga ya :P). Yang menarik adalah keuntungan yang didapat dari penjualan buku ini disumbangkan untuk yayasan "Veteran Search Corporation" , yayasan non profit yang mengurus masalah Veteran Perang di USA. Wow, saya jadi merasa ikut bangga bisa nyumbang, yah walaupun dapetnya buku ini juga aslinya dari menang kuis di blog, hehehee.

Membaca anthology dengan jumlah pengarang yan
g sangat banyak (18, bayangkan!) sedikit banyak menguras tenaga. Apalagi temanya sama semua, yaitu tentang Navy SEALs, jadi variasi penceritaan ga begitu banyak. Sekedar info, selama ini saya mengira SEALs ini sama kayak Marine (angkatan Laut USA). Ternyata beda ya, SEALs adalah singkatan Sea, Earth, Air and Land. Semacam pasukan khusus gitu kali . Lebih lengkapnya silakan googling sendiri (saya lagi keburu - buru pas nulis nih post, maklum mau masuk kantor). Hype tentang SEALs memuncak saat peristiwa tewasnya Almarhum Osamah bin Laden. Weeeks, siapa yang ga tau beliau? Orang yang dianggap pelaku utama hancurnya gedung kembar WTC a.k.a World Trade Center, pada tanggal yang bersejarah 11 September 2001. Walau ada yang bilang itu benernya cuma konspirasi Amerika Serikat dan CIA. Yah, saya ga akan bahas konspirasinya, tapi saat akhirnya pemerintah Amerika, dibawah kepimpinan Presiden Barrack Obama berhasil meringkus alm Osama, NAVY SEALs -lah yang dipuja - puja. Karena mereka adalah pihak yang bertanggung jawab atas kematian teroris kelas paus itu (udah di atas hiu dan kakap :P).

Saya ga akan mengupas satu demi satu ceritanya, habis emang banyak banget! Bisa - bisa 1 halaman penuh blog hanya bahas tentang buku ini aja. Saya hanya akan menyebutkan judul dan pengarangnya saja serta sedikit opini dari saya yaitu :

- Kata Pengantar dari Robyn Carr : Siapa yang ga kenal beliau? Beberapa karyanya dari River series sudah terbit di Indonesia, dan diterbitkan oleh Penerbit Violet. Sayang , beliau cuma kasih kata sambutan saja. Coba nulis ceritanya juga g
itu ya.
- Coming Home oleh Jami Alden : So far, cerita paling puendek di buku ini. 3 bab langsung selesai (ye!). Seorang SEALs pulang menghadiri pemakaman ibunya dan berdamai dengan mantan pacarnya.
- Baby I'm Back oleh Stephanie Bond : seorang pensiunan NAVY yang kakinya terluka, lalu bertemu dengan gadis teman masa kecilnya, sambil menjalani rehab yang ternyata pelatihnya adalah gadis itu. Yang ini ada 8 bab, jadi lumayan pan
jang ceritanya
-SEALed by Fates oleh Kylie Brant : pensiunan SEALs yang menjadi koboi dan membantu wanita tetangganya yang ternyata dulu teman kakaknya, dalam menghadapi mantan ibu tirinya yang kejam dan mempertahankan anak wanita itu.
- Going Dark oleh Helen Brenna : Misi penyelamatan tes medik di Somalia, dan seorang perwira bertemu dengan gadis yang sempat meninggalkannya, dan gadis itu sekarang menjadi tawanan. Sang gadis meminta sang perwira SEALs untuk meny
elamatkan kakaknya.
- Finding Home oleh HelenKay Dimon : Seorang wanita bekerja di Kedutaan dan kedutaan itu diserang. Seorang NAVY SEAL menyelamatkannya dan mereka terkena stockholm syndrome (yah sesimpel itu ceritanya).
- SEALed with a Kiss oleh Cindy Gerard : Ini adalah bagian dari seri Black Ops,Inc karya beliau. Jadi saya sedikit ga familiar. Ini adalah cerita favorit saya. Seorang NAVY SEALs sedang berbulan madu dengan istrinya di Palau. Kejutan yang direncanakannya malah berubah jadi bencana.
- Panama Jack oleh Tara Janzen : Cerita paling geje kalo kata saya. Udah pendek, alur cepat, bingung pula bacanya, hehe. Tentang seorang agen wanita rahasia yang bekerja sama dengan seorang SEALs untuk mengamankan suatu benda penting yang mengancam keselamatan dunia.
- Wrapped and SEALed oleh Leslie Kelly : seorang SEALs mengingat masa lalunya yang bertemu dengan seorang dokter wanita di medan perang dan tak bisa melupakannya. Tak diduga dia bertemu dengan wanita itu saat bertugas me
njadi Santa di rumah neneknya!
- Worth the Risk oleh Elle Kennedy : Seorang SEALs pulang kampung dan meminta sahabat masa kecilnya untuk berkelana dengannya, tapi si gadis tidak kuasa meninggalkan bibinya yang sedang sakit.
- Twenty One Hours oleh Alison Kent : Kebakaran hutan membutuhkan penanganan cepat dari unit pemadam kebakaran, dan salah satu anggotanya yang juga SEALs bertemu teman masa SMAnya. Dia hanya punya 21 jam untuk memenangka
n hati gadis itu.
- Not Waving but Drowning oleh Jo Leigh : Seorang SEALs berkunjung ke rumah temannya. Nantinya mereka akhirnya malah jadi kekasih (simple lagi deh, hehee)
- Her Secret Pirate oleh Gennita Low : Seorang SEALs ditugaskan untuk menyelamatkan putri orang penting di USA. Ternyata putri itu adalah kekasihnya selama ini yang menganggapnya adalah bajak laut (ga sungguhan , cuma gaya kayak baja
k laut aja)
- SEALed by Fate oleh Marliss Melton : Tim SEALs harus menyelamatkan putri seorang senator. Tugas ini dirasa menyebalkan oleh salah seorang anggotanya. Tapi saat bertemu dengan sang putri senator, dia merasa mereka akan sering bertemu.
- Signed, SEALed, Delivered...I'm Yours oleh Christie Ridgway : berlatar belakang Thanksgiving dan lagi - lagi tentang misi penyelamatan oleh SEALs. Seorang perwira menyelamatkan seorang wanita atas permintaan pamannya. Tapi sayangnya kebersamaan mereka hanya sebentar, karena si cowok harus kembali bertugas
- Dog Heart oleh Barbara Samuel
: Seorang perwira SEALs dan anjing tempur milik sahabat sang perwira yang sudah tewas, sama - sama cacat. Berdua mereka berusaha menata hidup mereka lagi dibantu mantan pacar sang perwira. Ceritanya cukup unik, karena ada unsur binatang, dimana kita bisa tahu seekor binatang juga bisa bertempur dalam medan perang (FYI, nama anjing tempur yang bernama Thor, bikin saya keinget Chris Hemsworth!)
- Whirlwind oleh Roxanne St Claire
: Seorang wanita yang merupakan saksi mata bersembunyi dari kejaran penjahat. Saat badai datang, seorang pria tak dikenal mengetuk pintunya. Pria yang ternyata seorang SEALs itu menginginkan jam saku warisan kakeknya yang dimiliki wanita, sementara wanita itu berpacu dengan waktu berusaha menghindari pembunuhnya.
- Holding On oleh Stephanie Tyler : merupakan bagian dari seri Hold. Jadi saya lagi - lagi kurang familiar. Ini bisa dibilang after story. Saya jadi pengen baca bukunya yang asli, karena sepertinya menarik.
- Letters to Ellie oleh Loreth Anne White
: Cerita paling menyedihkan di buku ini. Seorang wanita menunggu tunangannya yang MIA (missing in action) selama 15 tahun! Tak dinyana, teman dari tunangannya yang ternyata sudah tewas itu mengiriminya surat - surat yang ditulis oleh sang tunangan. Dan sang teman mengatakan bahwa dia mencintai Ellie, setelah menuliskan surat sang tunangan untuknya.

Kesimpulan saya setelah membaca seri ini adalah, betapa variasi penceritaannya sangat sedikit, dan nyaris sama semuanya. Walaupun gaya pe
nulisan sudah pasti berbeda. Ada yang penyelesaiannya memuaskan, ada juga yang terkesan "cukup sampai disini" saja. Saya lihat pola ceritanya ada 4 tema besar, yaitu entah sang cowoknya itu pensiunan SEALs atau masih aktif, ceritanya tentang mereka setelah keluar atau dalam misi penyelamatan, bertemu dengan teman masa kecil/ masa lalu lalu jadi kekasih, dan yang terakhir jatuh cinta sama yang diselamatkan alias stockholm syndrome. Yang unik dan favorit saya mungkin ceritanya Cindy Gerard yang judulnya SEALed by a Kiss, Dog Heart karya Barbara Samuel, Whirlwindnya Roxanne St Claire, Holding On karya Stephanie Tyler dan yang bikin saya hampir nangis, Letters to Ellie. Untuk pengarang lain, overall oke - oke saja walau ga variatif. Beberapa cerita saya juga cukup suka. Sayang yang bagus - bagus emang diletakkan paling belakang.

Melihat keseriusan pengarang - pengarang US untuk membuat buku ini, tersirat dalam benak saya, kapan ya pengarang romance Indonesia akan membuat cerita tentang tentara kita? Kalau saya perhatikan, biasanya ceritanya hanya tentang kehidupan sehari - hari, kehidupan sosialita, hingar bingar kota Jakarta dan sekitarnya. Tapi kok belum pernah nemu yang mengulas tentang tentara kita. Ah mungkin karena polisi Indonesia do
yan nilang kah? (rahasia umum, hihihi) Atau mungkin karena berita tentang tentara kita banyakan berita yang buruk - buruk semacam perebutan posisi, karamnya kapal atau pesawat terbang, dan lain - lain. Saya sih ga bilang angkatan bersenjatanya Amrik sesempurna itu, tapi jika pengarang Indo mau menulis tentang angkatan bersenjatanya Indonesia, apalagi dari sudut romance, wah pasti keren sekali. Bisa melihat para tentara - tentara gahar itu tapi dari sudut lain. Dan mungkin akan membuat kita makin respek sama mereka bukannya sama tentara negara lain. Karena siapa lagi sih yang menjaga negara kita kalo bukan anak bangsa?

Yah semoga keinginan dan harapan saya bahwa suatu saat penulis romance di Indonesia menulis romansa tentang angkatan bersenjata di Indo
nesia bisa jadi kenyataan.



FYI, gambar dari cover buku ini memang mengambil dari foto di atas. Dan orang ini emang beneran SEALs. Foto ini bertajuk : "U.S. Navy SEALs Prepare For Night Mission In Fallujah, Iraq" dan diambil pada tanggal 27 July 2007. Entah perwira di atas masih hidup atau ngga (semoga masih ya). BTW, tattonya keren banget, hehehe.
Favorite Quote :

Lord, thank you
Life is good
It's turned out just
The way it should
(SEALed by a Kiss - Cindy Gerard)
Rating Cerita

SensualitasSecara keseluruhan, untuk sensualitas masih aman - aman saja. Paling banter ciuman bibir. Kalaupun ada adegan intim, hanya 2-3 cerita saja yang ada (yah namanya juga cerita pendek gitu)

13 komentar:

  1. kunjungan pertama ke blog ini nih :') salam kenal yah dari 'Dear Readers' :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo dan salam kenal =)
      Silakan baca postingan yang lain juga ya

      Hapus
  2. klo berkunjung ke blog ini kadang aku kudu was-was soalnya ada gambar cowok telanjang dada hahaha dikira apaan donk ike ntar xiixixixi ....btw baru tau ada kumpulan kumcer militer, militer dan romance wah jarang tuh ckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha :)).. Positive thinking aja deh ;). Lagian saia kan kaum hawa, wajar deh biar blognya sedikit berwarna #apacoba.

      Kumcer militer dan romance sih sering banget di Amrik, kalo di Indo emang ada ya? Ga pernah liat =/

      Hapus
    2. Kayaknya di Indo jarang deh novel ttg militer gt ya, kl amerika sih memang lebih warna-warni dan kovernya lebih menantang bwahahahaha

      Hapus
    3. Iya, sayang banget :) . Mungkin karena kultur budaya sekarang yang ga terlalu dekat dan prasangka buruk terhadap kehidupan militer.

      Eh, kover buku Indonesia yang terjemahan juga ada yang menantang lho :D. Tapi biasanya sih sotoshop =))

      Hapus
  3. Balasan
    1. Jyah, ini komen kok cuma se baris, dua tiga kata -_-"

      Hapus
    2. Namanya juga ikut meramaikan, Ren sayang.... *wek*

      Hapus
  4. Ini 5 buku isinya 18 cerita yaa, jadi terkenang cerita SEAL nya si Suzanna, tp kayanya cerita yg beda sekali, dari liat ripiu yg di bikin ama Ren..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ini bukunya cuma 1 kok =)
      Satu buku tapi 18 cerita, jadi bayangin capeknya pas baca ini

      Hapus
  5. NAVY Seals ya??? Suka banget dengan serial Alpha Squad NAVY Seals-nya Suzanne Brockmann...


    Jadi pengen baca tentang NAVY Seals yang ini..... :((((

    BalasHapus
  6. Dulu pernah baca buku tentang TNI berbumbu roman juga, lupa judulnya, tapi ada kata2 "... Membara". Masuknya buku perpus SMA sih, tapi bagus kok.. *dah lama nyari di TB ga pernah nemu, lupa pula pengarangnya siapa :(

    BalasHapus

Saya menghargai setiap komen/opini yang diberikan. Silakan untuk tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)
Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).
Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.
Terimakasih sudah mau mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog saya :).


I value your comment/opinion. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.
I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).
Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.
Thank you for your visit and comment :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)