Selasa, 15 Januari 2013

New Authors Reading Challenge 2013

Selamat datang di event reading challenge ketiga, dan juga yang terakhir  dari blog Ren's Little Corner yaitu  New Authors Reading Challenge 2013. Saya terinspirasi dari web Literal Escapism yang setiap tahunnya selalu mengadakan challenge ini. Dimana tujuan challenge ini adalah menemukan pengarang yang bukunya belum pernah kamu baca sama sekali. Jadi challenge ini bisa membuat kamu menemukan buku - buku baru yang mungkin sebelumnya kamu abaikan atau ingin baca tapi ga kesampaian terus. Selain itu, pas juga dong buat mengurangi buku di timbunan ;).

Tertarik dengan challenge ini? Yuk, disimak rulesnya :

1. Durasi challenge adalah setahun. Mulai dari 1 Januari - 31 Desember 2013.
2. Buku yang dibaca, adalah buku fiksi. Yang tidak termasuk dalam kategori buku untuk challenge ini : komik, graphic novel, kumcer (anthology), novella (cerita pendek), dan buku non fiksi.

Note : Untuk mengetahui apakah buku yang dibaca termasuk full novel, jumlah halaman untuk buku yang dibaca harus lebih dari 200 halaman 

3. Buku yang dibaca harus dari pengarang yang benar - benar baru untuk para peserta. Tidak ada batasan buku diterbitkan tahun berapapun.
Sebagai contohnya seperti ini :
Kamu ingin membaca buku Lords of The Ring karya J.R.R. Tolkien untuk challenge ini. Jika sebelumnya kamu tidak pernah baca karya Tolkien, maka beliau adalah pengarang yang baru untukmu.
Sebaliknya jika pada tahun kemaren kamu sudah baca buku karangan Dee Lestari, dan tahun ini kamu membaca karya terbaru dia yang rilis 2013, maka bukunya tidak masuk dalam kategori.
4. Boleh membaca baik edisi terjemahan atau edisi dalam bahasa asli (bahasa Inggris, Jepang, etc)
5. Tidak boleh re-read (baca ulang)
6. Jika buku yang kamu baca adalah bagian dari serial, yang masuk dalam challenge ini hanya buku pertama dari seri itu. 
Contohnya : J.R.Ward adalah pengarang baru bagi kamu, dan kamu memutuskan untuk membaca buku pertama serial Black Dagger Brotherhood. Hanya buku pertama saja yang terhitung baru, buku selanjutnya tidak dimasukan. Jadi, satu pengarang, hanya boleh satu judul buku saja.
7. Boleh digabung dengan reading challenge dari blog - blog lain.
8. Khusus untuk blogger, buat master post tentang event ini di blognya. Khusus bagi mereka yang tidak punya blog (hanya ada akun Goodreads, Tumblr, Google plus, atau Facebook) silakan menuliskan pilihan levelnya di kolom komentar di blog ini.
9. Level untuk challenge ini adalah :
- Easy : 10 - 12 buku
- Middle : 12 - 20 buku
- Hard : 20 - 40 buku
- Maniac : > 40 buku

Naik level dibolehkan, jika peserta mengambil level Easy, Middle dan Hard.

10. Buku yang sudah selesai dibaca harus direview. Karena saya tidak tahu pengarang siapa saja yang tergolong baru untuk peserta, maka saya hanya bisa mengeceknya di review yang peserta tulis :). Review boleh bebas dimana saja (blog atau Goodreads)
11. Tidak perlu membuat list buku apa saja yang dibaca. Jika membuat list, diperbolehkan untuk mengganti judul buku jika dirasa kurang sesuai. 
12. Khusus untuk blogger,  posting button untuk event reading challenge ini di side blog kamu dengan mengkopi html buttonnya di bawah ini :


Note : Terimakasih pada Dani dari blog Melihat Kembali , yang sudah mendesain button reading challengenya :D

13.  Jika sudah menentukan level, daftarkan link kalian di linky di bawah ini. Berikut ini saya berikan petunjuk untuk beberapa akun dalam mendaftarkan linknya :
- Blogger : Ketikkan link post blog kalian di kolom url
- Goodreads : Buat shelf khusus challenge ini (untuk nama shelf bebas), lalu ketik link shelf nya di kolom url
- Tumblr : Buat post khusus untuk challenge ini, dan ketik link Tumblr kalian di kolom url
- Facebook : Buat notes khusus untuk challenge ini, dan ketik link notesnya di kolom url

14. Pendaftaran akan dibuka mulai dari sekarang. Dan saya membebaskan partisipan untuk mendaftar kapan saja. Tapi lebih baik kalau mendaftar segera, supaya ga ketinggalan ikut kuis yang saya adakan tiap bulan.
15. Untuk peserta, wajib mencantumkan email yang bisa dihubungi di kolom komentar di bawah ini. Karena nantinya akan saya pakai untuk mengirimkan update challenge :) 
16. Tiap bulan akan ada post update reading challenge, dan peserta wajib mendaftarkan link reviewnya di daftar linky yang ada di blog ini.

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan ditulis di kolom komen. Saya juga akan mengupdate terus reading challenge ini tiap bulan. Dan yang paling asyik adalah akan ada GIVEAWAY tiap bulannya untuk mereka yang mengupdate dan berpartisipasi. Apa hadiahnya? Cek di bawah ini yuk :

MONTHLY GIVEAWAY 
 Untuk tiap peserta yang mengupdate progress reading challengenya per bulan, akan dipilih secara random untuk mendapatkan hadiah buku pilihan dengan nominal 50.000 rupiah.

GRAND PRIZE 

Ada dua kategori grand prize yaitu :

- Peserta yang pertama kali berhasil menyelesaikan challenge ini dengan mengambil level MANIAC, akan memenangkan hadiah buku pilihan dengan nominal 150.000 rupiah atau USD 15 (di bookdepository). Jika peserta yang berhasil lebih dari 1 orang, akan saya undi secara random.
- Peserta yang pada akhir tahun berhasil menyelesaikan buku dengan jumlah terbanyak (lebih dari 40 buku) dari semua peserta yang terdaftar, akan memenangkan hadiah buku pilihan dengan nominal 250.000 rupiah atau USD 25 !!
Jadi tunggu apalagi? Yuk, saya tunggu partisipasi kalian :D.


77 komentar:

  1. Udah daftar!
    email: joviemaria at yahoo dot com

    BalasHapus
  2. ikutannnnn, berarti yang dibaca dari awal bulan januarti udah termasuk ya?

    BalasHapus
  3. aduh.. Hadiahnya bikin ngiler banget.
    Novel dari Pengarang indonesia boleh masuk jg kan ya?

    BalasHapus
  4. jadinya pilih hard dulu ya ren: ini postingan semantara http://kumembaca.blogspot.com/2013/01/new-authors-reading-challenge-2013.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. o ya emailnya tezarariyulianto (at) gmail (dot) com

      Hapus
  5. daftar aahh.. #sikapnekat

    BalasHapus
  6. udah daftar :D

    email: biondyalfian[at]yahoo(dot)com

    BalasHapus
  7. http://mybookstacks.wordpress.com/1743-2/
    mau daftar mba..
    email fennyherawatiyusuf @ yahoo . com

    BalasHapus
  8. ikut...
    challenge terakhir di tahun 2013 =)

    emailku: saphire_sha[at]yahoo[dot]com

    BalasHapus
  9. ikut
    zhuelhiez[at]yahoo[dot]co[dot]id

    oh ya Ren mau tanya, kita nanti update postnya taruh di mana ya di blogmu ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap bulan bakal ada update post untuk semua challenge Lis :)

      Hapus
  10. nekad ikut, medium level.
    email : lina.riyanty@gmail.com

    BalasHapus
  11. Jari tanganku sudah habis buat ngitung challenge *sambil ngetik pake kaki*
    busy_mail125@yahoo.com

    BalasHapus
  12. kutikut..
    email: azzahra.annisa15@gmail.com

    BalasHapus
  13. elsa_maran AT yahoo DOT com
    Post-nya menyusul ya Ren...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini postku: http://surgabukuku.wordpress.com/2013/01/22/new-authors-reading-challenge-2013/

      Hapus
  14. aku juga ikut *ngacung tangan*
    email:
    thifalathifah@gmail.com

    BalasHapus
  15. Ikutan lagi Ren :D
    my e-mail : hobbybuku(at)gmail(dot)com
    O'ya update post-nya dua kali ya, di blog sendiri dan di blog Ren nanti setiap bulan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Updatenya yang wajib di blog ini. Nanti ada linknya :)
      Kalau yang di blog sendiri itu gapapa kalau ga mau diupdate :D

      Hapus
  16. Ikut jugaa~

    ganbaretikachan[at]gmail[dot]com

    BalasHapus
  17. ikut ah.. Nomaden Edogawa hadir...

    BalasHapus
  18. ikutan ya, mba ren...
    sabrinazheng.blogspot.com

    master postnya belum bikin, klo udah lsg dimasukkan ke linkynya :)

    BalasHapus
  19. Ikutan~

    Master postnya lagi aku buat. Cuman mau ngasih tahu. Kalau reviewnya nanti aku buat di dua blog. Kalau buku-buku fantasy bakal aku posting di http://myfantasybooksreviews.blogspot.com/. Selain itu bakal ku posting di http://bacaan-ally.blogspot.com :D

    BalasHapus
  20. Aku ikutan ya Ren :)
    Karena blog-ku pake posterous jadi ga bs pasang button >,<
    email : bluee_moen182@yahoo.co.id

    BalasHapus
  21. Email: ira[dot]j1f108056[at]gmail[dot]com

    BalasHapus
  22. wah mbak koq diapus lagi nah cara ngasih hasil review kitanya gimana???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dihapus apanya ya?
      Kalau mau ngasih hasil review, sudah ada postingan updatenya kok.

      Hapus
  23. Ren ikutan ya mulai bulan ini pake link
    http://www.goodreads.com/review/list/5777563-wulan-smile?format=html&shelf=new-author-2013

    Surelku : wulancute2005@yahoo.com

    Thx

    BalasHapus
  24. berhubung baru ikut thn ini aku pilih yg easy

    BalasHapus
  25. ikuuuuuuuuuuuuuutttt..... :))

    @lucktygs
    email: emangkenapa_pustakawin[at]yahoo[dot]com

    http://luckty.wordpress.com/2013/02/12/new-authors/

    BalasHapus
  26. ikuttt.... *telat*

    email: ferina.ardinal@gmail.com
    link: http://lemari-buku-ku.blogspot.com/2013/02/new-author-reading-challenge-2013.html

    BalasHapus
  27. Ikutan ya kak! :D
    udah masukkin link (:
    email: alfindy,agyputri@yahoo.com

    BalasHapus
  28. Hey Ren.. aku baru ikutan

    Email: kukilasbuku@gmail.com
    Link: http://kilasbuku.blogspot.com/2013/03/rc-new-authors-reading-challenge-2013.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ikutan level maniac ya ren.. err ga tau sih aku bisa selesain atau engga.. tapi setidaknya mencoba :)

      Hapus
  29. pengen ikutan nih,, cuma newbie banget dalam hal review novel or ngeblog, cuma saya bisa baca 5 novel dalam satu bulan hehehe, cuma genrenya yg saya suka aja, soalnya kalau genrenya jauh dari minat pasti bacanya ngantuk dan migrain :D, tapi kayanya serunya nge riview novel ya
    dessy

    BalasHapus
  30. Ikut~ email: hamizoldick @ hotmail dot com

    ini fiction genre apapun boleh kan? sekalipun dari pengarang lawas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga masalah dari pengarang lawas. Asal itu fiksi (kalau non fiksi sih ga boleh yaa)

      Hapus
  31. Ikutan dengan modal hobi baca doang.. hehehe..
    Levelnya easy aja dulu deh.. kalo udh accomplish, boleh naik level kan?
    Christie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan naik level jika target levelnya sudah terpenuhi :)

      Hapus
  32. baru ikutan, semoga masih bisa ya? bisa kan? bisa dong, hehe._.
    http://yustieamanda.blogspot.com/2013/04/new-authors-reading-challenge-2013.html
    yustieamanda@gmail.com
    makasih udah ngadain RC ini :)

    BalasHapus
  33. Ikutan yaa..(walau telat 3 bulan :p hehe,masih bisa kan ya?)
    Link masterpostnya:http://nadiasora.blogspot.com/2013/04/joining-reading-challenge-rc-finding.html
    dan alamat email saya di nadya_tcs@yahoo.com

    Makasih banyaak (Nadya Thahira)

    BalasHapus
  34. boleh review buku dalam bentuk ebook?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya buku yang dibaca dalam format ebook? Boleh, asal jumlah halamannya tidak kurang dari 200 halaman ya. Untuk tahu jumlah halaman buku yang asli (karena jumlah halaman ebook sama versi bukunya sering g sama), cek ke Goodreads atau Amazon

      Hapus
  35. karena baru daftar, saya pilih middle :D
    nukhbahsany.blogspot.com
    nukhbahsany26@yahoo.co.id

    BalasHapus
  36. saya nggak terlalu telat kan? yah semoga suatu hari nanti ada yang daftarnya lebih telat daripada saya biar saya nggak dinobatkan sebagai pendaftar paling telat...
    whenkneesstory@ymail.com

    BalasHapus
  37. Haduh maaf banyak nanya nih >.<
    Jadi semisal saya baca novelnya Februari dan baru join challenge bulan ini, reviewnya bisa nyusul dan termasuk dalam hitungan? Baru tau nih ada challenge ini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Reviewnya bisa nyusul, tapi tidak akan dimasukkan undian, jika kamu updatenya misal di bulan Maret atau April atau sesudahnya. Cuma, review buku yg kamu baca di Februari itu akan masuk ke undian GA di akhir tahun. Akumulasi dari buku yang sudah dibaca.

      Hapus
  38. coba ikutan yak... level easy... hehe
    http://www.goodreads.com/review/list/15127429-farid-rusydi?shelf=new-author
    email: rusydifarid@gmail.com

    BalasHapus
  39. Aku daftar ya, sayang aku baru tau sekarang. :|

    -Email: ayuningrumhanum@yahoo.com
    -Masterpost: http://ayupuspitaningrum.blogspot.com/2013/06/new-authors-reading-challenge-2013.html

    Aku pilih level easy dulu deh, semoga aku cepet naik level yah. Oh iya aku mau tanya:

    1. Review boleh ditulis dalam bahasa Inggris atau hanya boleh dalam bahasa Indonesia?
    2. Aku agak kurang mudeng yang update review buku di blog ini. Itu kita update review bukunya di blog ini dengan cara gimana? Maklum aku baru pertama kali ikut ini.

    Tolong dibalas ya, thank you.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ayu :)

      Review boleh ditulis dalam bahasa apa saja (Inggris atau Indonesia). Cara update review, nanti tiap bulan saya akan buka linky (daftar link) untuk update di blog. Tinggal submit review atau progress baca kamu aja di linky. Jadi, sering - sering cek blog ini ya. Atau kalau g mau ketinggalan tiap info update, bisa daftar buat langganan dapat postingan blog terbaru via email

      Hapus
  40. ikutan ya... ikutan ngeramein aja sih... :D

    email: de2via@gmail.com

    1 pertanyaan dong... kalo misalnya kita pernah baca buku belum selesai, tapi setelah agak lama kita baca ulang dari awal atau terusin lagi dari bagian yang kita tinggal sampai selesai... apa itu masuk dalam kategori re-read?

    thanks yaaa.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. IMO sih, itu ga termasuk re-read :). Kalau baca bagian awal yang sudah terbaca, kan hanya untuk re-fresh aja

      Hapus
    2. oke deeh... thanks jawabannya... aku punya beberapa buku yang aku tinggal (sebentar atau jadi lama...) karena kepincut sama yang lain ;-)

      Hapus
  41. Halo, ini pertanyaan terakhir aku.

    Aku kan baru daftar bulan Juni 2013 ini, dan aku juga mau masukkan review buku yang aku baca sejak bulan Januari 2013-Mei 2013 dalam challenge ini. Nah, yang aku tanyakan adalah:

    Aku nulis review nya di blog aku aja dan nggak usah di update di blog ini kan? Atau gimana? Soalnya aku liat pas bulan Januari-Mei tentang update link itu udah 'collection closed' hehe.

    Mohon kejelansannya ya, aku mau memastikan, thank you.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya, tetep nulis reviewnya di blog. Untuk yang update di blog aku ini, ada dua opsi sih. Yang pertama, update semua reviewnya di linky update reading progress bulan Juni (sudah aku buka), jangan lupa dicantumin nama bulan buku itu dibaca ya. Yang kedua, untuk review bulan Januari-Mei itu diupdate belakangan aja, istilahnya sih dirapel nanti pas akhir tahun

      Hapus
  42. I'M SORRY!!! Master post aku ke apiusss. aku bikin ulang maaf ya aku baca komen T_T

    http://ayupuspitaningrum.blogspot.com/2013/06/new-authors-reading-challenge-2013_4.html

    ^^

    BalasHapus
  43. aku ikutan ya :D
    http://treasureinari.wordpress.com/2013/07/16/new-authors-reading-challenge-2013/

    email: irnalasari@ymail.com

    BalasHapus
  44. Daftar untuk ikut yah mbak..

    saya atria ini link blog saya
    http://atriadanbuku.blogspot.com/2013/07/new-authors-reading-challenge-2013.html

    email surat-menyurat: atriadewisartika@gmail.com

    BalasHapus
  45. mbak, update-an tiap bulannya dimasukan di sini juga?? atau ada link khususnya??
    *banyak nanya..maklum pemula*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya Atria, balasnya lama. Untuk update ada link khusus. Jadi tidak diupdate disini. Link blognya yang dimasukkan di postingan ini aku hapus yaa

      Hapus
  46. Count me in, Ren.

    Miss_yuska(at)yahoo(dot)com

    Zillion thanks ^^

    BalasHapus
  47. Hai, Kak.. Aku ikutan ya.. ^^

    email : resitaputri1@gmail.com

    BalasHapus
  48. Aku naik kelas ke level Hard yayyyyyy

    BalasHapus
  49. Telat banget ya kalo ikutan ini... tapi gpp deh *jawab sendiri*

    email: keikokukien28(at)gmail(dot)com :D

    BalasHapus
  50. aku ikutan yaa..

    Url : http://www.goodreads.com/review/list/20240853-ruth-munthe?shelf=new-author-challenge-2013
    email : munthe[dot]ruth[at]gmail[dot]com
    level : hard

    BalasHapus
  51. Mbak, aku daftar juga yaaa :D
    emailku : cizkarenz.oi(at)gmail(dot)com

    Kalo kumcer, tapi satu orang yang nulis semacem bukunya Ryunosuke Akutagawa boleh dimasukin juga nggak? Makasih :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Cizu,

      Kumcer, walau yang ngarang satu orang, tetep g boleh ya :). Harus full novel

      Hapus
  52. Mbak Ren, ikutan sekarang ga papa ya :D

    Email : dyaahmuawiyah@gmail.com
    Level : Easy

    Makasih mbak Ren :)

    BalasHapus
  53. Ren, aku naik level ke Middle ya~ *hore*

    BalasHapus
  54. Mbak, aku sampe level maniac ya.. Eh, udah lama sih sampenya.. Skrg udah 85 buku.. List sementara di thereadthings.blogspot.com/2013/05/2013-new-authors.html

    BalasHapus

Terimakasih sudah meninggalkan komen di Ren's Little Corner. Silakan untuk setuju/tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)

Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway).

Komen untuk postingan yang berusia lebih dari 1 bulan otomatis akan dimoderasi.

Terimakasih sudah mau berkunjung! :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...