Selasa, 07 April 2015

Enter the Magical Realm of Novel - Novel Fantasy Terbitan Elex (+Giveaway)


Masih dalam rangkaian BBI 4th Anniversary Event yaitu Around the Genres in 30 Days, kali ini grup Science Fiction dan Fantasy (SFF) akan membahas tentang novel fantasy baik itu terjemahan maupun karya lokal yang menurut kami cukup underrated di kalangan pembaca fantasy Indonesia. Saya sendiri akan membahas novel - novel fantasy terbitan Elex Media Komputindo yang menurut saya kurang bergema gaungnya. Oh ya, silakan baca postingan ini sampai akhir ya, karena blog saya dan blog Mbak Threez akan memuat clue terakhir untuk GA Hop yang grup BBI SFF adakan :).
 
Selama ini saya tahunya Elex itu adalah penerbit komik. Apalagi sejak masa SD saya selalu membaca komik terbitan mereka. Saya baru tahu beberapa tahun terakhir kalau mereka juga selain menerbitkan komik dan buku - buku pengetahuan, beberapa novel telah dikeluarkan oleh Elex. Beberapa lokal dan beberapa terjemahan dengan berbagai genre. Saat ini genre novel Elex yang terkenal memang banyakan romance sehingga fantasynya jadi "sedikit" terpinggirkan. Nah, disini saya akan nge-list novel sci-fi dan fantasy apa saja yang sudah diterbitkan Elex yang mungkin banyak yang ga tau :).



Temeraire series - Naomi Novik




Ini nih nofan terbitan Elex yang saya suka banget :D. Begitu sukanya saya sama buku pertamanya yaitu His Majesty's Dragon, sampai saya bilang kalau bagusan buku itu ketimbang Eragon! Oke, Eragon juga bagus sih (walau banyak copas element nofan lain :v), tapi Temeraire unggul di sejarah, taktik perang dan jenis - jenis species naga. Elex sendiri menerbitkan seri Temeraire hanya sampai buku ke-3 yaitu Black Powder War dan sepertinya tidak akan dilanjutkan lagi :'(

60000 Mil di Bawah Laut - Jules Verne


Ini adalah karya klasik gubahan Jules Verne. Saya belum baca buku ini, tapi penggemar genre science fiction dan juga steampunk wajib banget baca buku karya pengarang yang dijuluki "Bapak Science Fiction" ini :D.

Dark Guardian series - Rachel Hawthorne

Cuma ada 4 buku dengan genre YA Paranormal Romance. Jumlah bukunya yang sedikit cocok bagi yang ga suka baca serial dengan banyak buku. Elex juga sudah menerjemahkan semuanya lho :D. Urutan buku dalam serial ini adalah: Full Moon; Moonlight; Dark of The Moon; Shadow of the Moon


Discword series - Terry Pratchett


Merupakan karya dari dedengkotnya genre fantasy (alm) Sir Terry Pratchett. Walaupun seri Discworld ada 41  buku, yang diterjemahkan di Indonesia hanya 3 judul yaitu The Light Fantastic, The Colour of Magic dan Equal Rites


Every Demon Has His Day&Can't Teach Old Demon New Tricks - Cara Lockwood


Chiclit yang juga fantasy? Duh keknya jarang banget ya. Tapi buat yang suka nofan dan juga chiclit, boleh banget lho baca buku ini. Banyak humornya dan sindiran buat karakter2nya.


Oh. My. Gods. series - Tera Lynn Childs


Ga cuma om Rick yang bisa bikin mitologi Yunani berasa modern karena Elex juga pernah menerbitkan karya Tera Lynn Childs yang bertema serupa :). Bagi yang suka karakter YA dan penyuka mitologi, seri ini boleh banget dibaca. Elex sudah menerbitkan semua buku di seri ini yaitu Oh. My. Gods dan Goddess Boot Camp.


House of Night series - P.C.Cast & Kristin Cast

Serial YA yang sebenarnya cukup terkenal di kalangan pembaca Indonesia, sementara di luar yang ngefans banyak, yang benci juga banyak XD. Serial ini sudah tamat di penerbit aslinya dengan jumlah buku sebanyak 13 buku. Untuk di Indonesia sendiri baru diterjemahkan Elex sampai dengan buku  dan saya juga belum tahu apakah akan diterbitkan sampai selesai atau tidak karena kabar dari Elex sih masih jadi pertimbangan :/ (walau bukunya yang terbaru barusan terbit sih ;) ). Judul yang sudah terbit dengan cover yang rasanya model majalah Popular banget (if you know what I mean :v) ada 6 judul yaitu: Marked, Betrayed, Chosen, Untamed, Hunted dan Tempted.
The Chronicles of Fantasy Kingdom series - Geronimo Stilton

Perpaduan novel dengan beberapa lembar komik di dalamnya membuatnya jadi unik. Saya sendiri punya buku no 2 dan sempat intip2 sedikit :D. Gambarnya bagus - bagus lho ^.^. Elex sejauh ini sudah menerbitkan dua judul yaitu The Lost Realm dan The Enchanted Door.
Riftwar series - Raymond E. Feist


Merupakan salah satu novel fantasy yang cukup terkenal di luar negeri, tapi kurang didenger disini :v. Elex sudah menerbitkan dua judul yaitu Magician-Apprentice dan Magician-Master. Saya sih ada bukunya dan semoga bisa diulas secepatnya deh, hehehe

Highlander series - Karen Marie Moning


Saya sih lebih sukaan seri Fever dari karya pengarang ini karena elemen romancenya ga terlalu kental. Tapi ternyata baik seri Highlander maupun Fever berhubungan karena sama - sama menceritakan tentang dunia Fae. Bagi penggemar time travel dan paranormal romance, bisa banget seri ini dicoba. Elex sudah menerbitkan 4 bukunya yaitu Beyond the Highland Mist, To Tame a Highlander, The Highlander's Touch dan Kiss of the Highlander


The Strain series - Guillermo del Toro dan Chuck Hogan

Nah, mungkin yang tahu buku ini mereka yang sudah nonton TV seriesnya dengan judul yang sama. Yang belum, mendengar nama Guillermo del Toro pasti tahu Pan's Labyrinth, Hellboy atau Pacific Rim kan? Penasaran kan mau baca serial ini? Hihi saya juga XD, apalagi sempat masuk GR Choice Award di tahun 2009. Serinya sendiri terdiri dari tiga buku dan Elex sudah menerbitkan semuanya, yaitu The Strain, The Fall dan The Night Eternal.

The Left Hand of God series - Paul Hoffman


Yang suka fantasy model - model Assassin's Apprenticenya Robin Hobb atau karya Brent Weeks, atau high fantasy pada umumnya, novel ini boleh banget dicoba :D. Masuk dalam Goodreads Award 2010 dan premisnya pun cukup menarik :). Elex sudah menerbitkan dua judul yaitu The Left Hand of God dan The Last Four Things.



Note:
# Semua cover diambil dari site Elex ^_^ (karena saya ga bisa akses Goodreads, huhuhu ;_; )
# Saya tidak memasukkan seri Ther Melian, karena menurut saya seri ini sudah banyak pembacanya dan Shienny pun cukup gede promosinya, hihihi.


Nah, sekarang untuk giveawaynya, silakan disimak rulesnya ya :):

# Tebak judul buku dari petunjuk yang diberikan masing masing blog.     

# Ambil hanya huruf pertama dari judul buku tersebut

# Judul buku yang digunakan adalah versi aslinya, bukan terjemahan. (Misalkan Inheritance yang meski diterjemahkan GM menjadi Warisan, tapi yang kita gunakan tetaplah huruf I nya)

# Khusus untuk judul buku yang ternyata berawalan The, harap abaikan huruf T di depan, sehingga yang digunakan adalah kata setelah "The". (Misalkan The Alchemist, maka yang digunakan dalam menyusun kata adalah huruf A bukan T) 

#Setelah menemukan 16 huruf dari masing masing blog, susunlah huruf huruf tersebut menjadi banyak kata.  Ingat, hanya kata bukan kalimat (seperti permainan scrabble)   

#Jumlah minimal huruf yang digunakan dalam menyusun kata tersebut adalah 4 huruf.

# Setiap huruf yang merupakan jawaban tidak dapat digunakan berulang dalam satu kata. Kecuali kalau memang ada huruf yang sama dalam 16 judul tersebut.

# Jawaban dimasukkan ke dalam google docs yang bisa diakses lewat masing masing blog peserta SF/F. Hanya diperbolehkan mengisi sekali, mohon untuk tidak menjawab berulang ulang di blog yang berbeda.

#Setiap kata yang berhasil disusun, bernilai satu poin. peserta yang paling banyak menyusun kata (kata tersebut harus dalam bahasa Indonesia dan tercantum di KBBI), dialah yang menjadi pemenangnya.

#Peserta yang bisa membuat kata yang berhubungan dengan dunia fantasi (contoh : dewa, dewi, peri dsb) mendapatkan bonus satu poin.

Hadiahnya menggiurkan banget lho :D. Untuk empat orang pemenang akan mendapatkan hadiah di bawah ini:
Juara 1: Voucher buku senilai IDR240k
  Juara 2: A Game of Thrones karya G.R.R. Martin edisi terjemahan
Juara 3: Seri 1-3 Scary Tales karya James Preller & Iacopo Bruno 
  Juara 4: Paranormalcy karya Kiersten White & Wings karya Aprilynne Pike

Petunjuk dari saya :


Novel berbahasa Inggris ini bergenre steampunk romance, dan merupakan pelopor genre hybrid ini.
Bercerita tentang seorang bangsawan di Inggris yang mendapat julukan yang akhirnya menjadi judul novelnya. Temukan judul novel itu di postingan saya tentang genre steampunk

Masih bingung?  Salah satu kata dalam judul buku ini adalah elemen Kimia yang menempati urutan no 26 pada tabel periodik :D


Silakan mengisi jawaban kalian di form Google Docs berikut:




Adakah novel - novel Elex yang saya bahas di atas yang mungkin belum kalian baca atau kenal? Atau ada novel Elex lain yang bergenre SFF yang mungkin saya lewatkan? Silakan dishare di kolom komentar ya :D

10 komentar:

  1. Aaah, kemarin liat The Colour of Magic di bookfair, tapi ga jadi dibeli.. -_-

    BalasHapus
  2. The Gems Series (Ruby Red, Sapphire Blue, Emerald Green) kenapa gak dimasukkan kak? Kan fantasy juga time traveling :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga aku masukin soalnya itu termasuk baru dan juga aku lihat banyak yang baca :). Seri Time Riders juga sama. Kalau yang di atas emang yang aku rasa orang ga banyak yang tahu

      Makasih ya atas inputnya :D

      Hapus
  3. Aku baca 60000 mil di bawah laut dan akhirnya menyerah di halaman 70an, terjemahannya parah banget. Baru pernah baca Ruby Red yg sampai habis, lumayan, walaupun typonya bertebaran (termasuk susunan kalimat yg aneh, seperti ga ada yg ngedit), tapi overall masih 'bisa dibaca'. Terry Pratchett baru ditimbun, entah nanti bakal dibaca atau baca Inggrisnya aja.

    Kalo ga salah, Elex jg pernah nerjemahin H.G.Wells (sci-fi kan). Tapi pengalamanku dgn terjemahan Elex kurang bagus, jd pesimis. Kecuali ada yg mbuntelin utk membuktikan klo memang buku2nya underrated *eaa *modus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener tuh, Elex emang agak kurang di terjemahan. Pengalamanku baca Temeraire buku pertama sih oke, tapi buku kedua kayak kurang diedit :(

      Hapus
  4. Aku penasaran sama Temeraire, tapi kenapa serinya banyak amat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma 9 kok. Itu sudah termasuk dikit aslinya, hahaha.

      Hapus
  5. Untuk yang Terry Pratchett, ada dua lagi yang sdh diterjemahkan, bukan oleh Elex tapi Serambi (Atria): Pria Cilik Merdeka (The Wee Free Men) dan Topi Selebar Langit (A Hat Full of Sky).

    Mau baca Temeraire tapi kok cuma 3 yg diterbitkan, nunggu lanjutannya dulu d. Jadi pengin baca Riftwar Saga sama Left Hand of God juga.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasusnya kek kebanyakan penulis romance berarti ya, beda - beda penerbit. Sayang Terry Pratchett kurang bergaung di Indonesia. Jadi pengen baca bukunya :)

      Ayo Mba Cyn baca Temeraire, dijamin tak kan menyesal, hahahaha

      Hapus
  6. sayang yah Elex itu dari segi cover udah oke tapi terjemahan memble.

    BalasHapus

Saya menghargai setiap komen/opini yang diberikan. Silakan untuk tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)
Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).
Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.
Terimakasih sudah mau mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog saya :).


I value your comment/opinion. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.
I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).
Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.
Thank you for your visit and comment :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)