Jumat, 17 Februari 2017

BBI Share the Love 2017 - Interview with the Absurd Reader!

Masih dalam rangka memeriahkan BBI Share the Love 2017, kali ini saya dan Nova mewawancarai satu sama lain. Yuk, mari disimak interview saya sama Nova dari blog Absurd Reader :)


Ren (R): Sejak kapan Nova mulai menggemari hobi baca ?
Nova(N) : Mulai hobi baca itu dari kelas 3 SD. Waktu itu ada buku perpustakaan yang ceritanya itu sedih banget. Aku lupa sih judulnya apa Kak. Tapi aku nyesek aja gitu bacanya. Dan aku langsung mikir, kok bisa ya buku buat nyesek, hahaha. Nah, dari situ awal mula aku hobi baca, Kak. Aneh ya :D. (halah enggak kok XD!)

R: Kenapa kok blognya memakai nama Absurd Reader ? Ada alasannya kah ?
N: Awalnya sih nama blognya mau dibuat sama aja kak kayak alamat blognya, wangibukubaru. Habis bingung, mau nama apa yang bagus. Terus nggak sengaja ada teman yang bilang kalau aku ini aneh, soalnya kalau buka segel buku itu hati-hati banget, suka nyium-nyium wangi buku, terus baca bukunya mulai dari halaman terakhir pulak tuh. Nah, nggak tahu kenapa aku jadi kepikiran untuk menggunakan kata “Absurd” di blogku. Menjadi aneh untuk hal-hal kayak tadi itu rasanya keren, hahaha. Makanya aku dengan pedenya buat nama blogku jadi Absurd Reader :D.  

R: Nova kan suka baca genre romance, fantasy dan thriller. Dari ketiganya, mana yang paling banyak dibaca dan mana yang paling disuka?
N: Kalau yang paling banyak dibaca itu genre romance, Kak. Hampir separuh isi rak bukuku itu romance, hahaha. Dan yang paling disuka itu romance... hehe. Aku itu pembaca romance garis keras. Suka aja gitu baca cerita yang manis-manis jambu, bikin kesemsem, sampek pengen muntah. (sama dong kita, aku juga avid reader romance garis keras! :D)
 
R: Selain tiga genre itu, ada genre lain yang Nova suka?
N: Misteri. Aku juga suka baca buku yang genrenya misteri kak. Ngeri-ngeri sedap gitu kalau baca misteri kak... hhihi.

R: Di bio Nova di blog, Nova bilang suka baca bagian akhir buku dulu. Apa Nova ga keberatan dengan yang namanya spoiler ?
N: Aku sih sampai saat ini nggak pernah keberatan dengan yang namanya spoiler Kak. Malah jadi makin penasaran pengen baca dan pengen tahu gimana sih prosesnya makanya bisa sampai endingnya kayak gitu... hehe.

R: Wah, Nova suka spoiler, jadi kalau bahas buku sama Nova, dia ga keberatan lho sama spoiler :). Nah, sekarang suka dukanya selama menekuni hobi baca dan blogging apa saja? :D
N: Sukanya dulu nie ya. Kalau sukanya selama menekuni hobi baca, aku jadi tahu banyak tentang banyak hal, Kak. Meski baca novel sekalipun dan kalau untuk blogging, sukanya itu blogging bisa ngurangi stress... hahaha.(yep bener banget! :)) Iya serius, bagi aku blogging itu bisa ngurangi stress. Membagikan apa yang kita pikirkan ke orang lain itu menyenangkan. Sharing is Fun... :D Terus dari blogging juga aku jadi ketemu teman-teman baru. Contohnya aja BBI . Kalau aku nggak ngeblog, aku nggak akan pernah kenal yang namanya BBI. Dan aku nggak akan ketemu sama anak bebi Medan dan kak Ren dan teman-teman bebi lainnya... :D.

Kalau dukanya apa ya, dukanya itu saat orang sekitar kita berpikir kalau hobi baca kita itu kurang kerjaan, ngabisin waktu dan bahkan uang. Orangtua saya pernah nanya untuk apa buku sebanyak itu di lemari kalau nggak dibaca. Kalau ditanya gitu aku sih cuma senyam-senyum aja kak. Dan bahkan ada yang pernah bilang gini ke aku, kapan ngajinya kalau baca novel terus... disitu aku geram plus lucu kak... haha. (Duh, ini pertanyaan kepo yang ga banget deh ya, huh! :( ) Kalau dukanya ngeblog sih sama kak, orang berpikir kita ngeblog itu cuma ngabisin waktu dan main-main aja padahal kan nggak kayak gitu... hiks. *btw, jawabannya panjang amat yakkk :D*

R: Haha, santai aja Nova jawabnya panjang juga gapapa XD. Ternyata kita sama yaa, lingkungan sekitar juga kurang mendukung hobi kita. Tapi bersyukur deh ada BBI :). Next question, lebih suka mana, buku karya pengarang local atau terjemahan?
N: Suka dua-duanya. Selama jalan ceritanya menarik aku suka apalagi kalau terjemahannya nggak memusingkan... :D

R: Share pengarang favorite Nova dong :D
N: Prisca Primasari, Elsa Puspita, J.K. Rowling, Suzanne Collin, Dan Brown, J.R.R.Tolkien and many more... :D

R: Untuk karya pengarang lokal, Nova lebih suka yang genre romance atau fantasy atau thriller?
N: Kalau karya lokal masih lebih suka yang genre romance, Kak. Soalnya belum pernah baca fantasi lokal kayaknya (atau udah pernah tapi lupa ya... :D). Malah aku pernahnya baca thriller lokal Kak... :D

R: Nah, menurut Nova, saat ini perkembangan karya pengarang lokal di Indonesia bagaimana?
N: Menurutku perkembangan karya lokal di Indonesia belakangan ini cukup pesat ya, Kak. Apalagi semenjak era Wattpadlit.(yang suka banyak promo dibaca jutaan kalinya XD? #ups) Hampir tiap minggu ada saja buku baru yang keluar. 

Sebenarnya sih bagus ya karena itu artinya karya-karya lokal Indonesia semakin berkembang dan semakin banyak penulis-penulis keren yang melahirkan karyanya di Indonesia dan tidak menutup kemungkinan pembaca akan jadi semakin banyak. Hanya saja, ada juga yang terkesan ikut-ikut tren saja dan ini membuat nilai dari buku tersebut jadi berkurang. Malah ada yang harga, tebal dan isi bukunya tidak sesuai. Nah, kalau kayak gini kan, bisa jadi pembaca cukup satu kali saja mencoba karya si penulis. Padahal mungkin saja si penulis itu memiliki potensi yang besar dalam hal menulis, hanya karena kurang di gembleng jadi lahirnya nanggung... :D. 

Tapi meski begitu, tetap ada kok penulis-penulis baru yang dari karya pertamanya saja sudah mencuri perhatian. Bukan karena karyanya yang euh ya tapi karena memang kualitasnya yang bagus. Misalnya saja Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie, dia penulis baru (atau saya yang baru kenal :D) -(gapapa, aku malah belum baca bukunya, lol!) , tapi sudah melahirkan karya yang cukup banyak dan banyak yang suka dan bahkan rating bukunya di Goodreads juga bagus-bagus Kak... :D.

R: Ada ga buku karya pengarang luar negeri yang Nova pengen banget diterbitkan disini?
N: Ada kak. Semua seri dari The Lunar Chronicles karya Marissa Meyer. Kalaupun tidak semua, setidaknya Fairest dan Star Above nya aja yang diterjemahin juga gpp biar makin lengkap bacanya... :D Sama Salt to Sea nya Ruta Sepetys.

R: Menurut Nova, cover buku itu penting ga sih?
N: Kalau buat aku, cover itu penting tapi nggak terlalu. Yang penting itu blurb atau sinopsis di belakang buku.  Karena kalau blurbnya menarik, meski covernya kurang cakep pasti tetap dilirik. Apalagi untuk penulis yang baru aku kenal. Meski terkadang aku juga sering kena zonk karena terpedaya dengan blur, eh isinya nggak sesuai... haha.

R: Pertanyaan klasik niiih :D. Lebih suka buku fisik atau buku digital?
N: Dua-duanya. Buku fisik dan buku digital itu saling melengkapi satu sama lain. Kalau barang bawaan banyak dan buku nggak bisa masuk, ebook bisa jadi alternatif. Karena hampir semua orang pasti bawa gadget sebanyak apapun bawaan mereka... :D

R: Kasih rekomendasi novel – novel dari genre favorite Nova dong ^.^.
N:
Dessert karya Elsa Puspita
Love Theft Series karya Prisca Primasari
Garis Waktu karya Fiersa Besari
Purple Eyes karya Prisca Primasari <- yang ini Romance fantasy lho, Kak.. :D
Tiga Sandera Terakhir

R: Buat yang lagi suntuk atau mood bacanya turun, apa ada tips dari Nova?
N: Kalau mood baca aku lagi turun sih, biasanya aku akan cari bacaan-bacaan yang ringan yang genrenya itu favorit aku, atau coba re-read buku-buku favorit, atau foto buku-buku terus upload ke sosmed. Biasanya kan kalau mau upload, sebelumnya kan cari caption yang bagus dan yang paling bagus itu ambil kalimat dari buku yang kita foto tadi. Nah, biasanya karena aku mau cari caption yang keren untuk fotonya, mau nggak mau kan harus baca bukunya dulu. Dan akhirnya karena itu, buku yang awalnya nggak mau dibaca jadi terbaca... hehe. Selain itu coba ketemu sama teman yang juga suka baca, atau blogwalking ke blog teman-teman blogger buku. Ngelihat mereka yang tetap eksis membaca bahkan mereview buku juga bisa jadi mood booster buat kita-kita yang mood bacanya lagi turun. Semacam tertantang gitu... hehe. Itu dia tips dari aku kak... :D

Makasih banyak ya Nova, sudah meluangkan waktu buat ngejawab pertanyaan - pertanyaan saya :D. Nah, teman - teman ada pertanyaan juga buat Nova atau pengen lebih kenal dekat lagi? Jangan sungkan buat tanya ke Nova di kolom komen ya ;). 

11 komentar:

  1. Halo kak Ren, salam kenal yah, aku baru sih di dunia bloging gini, tapi aku dan kakak punya hobi yang sama. Yap, baca buku hehe

    Aku juga sama tuh kayak kak Nova dan Kak Ren, penggemarn novel romance garis keras! Dan, sama seperti kak Nova, kadang orangtuaku kurang setuju sama hobi aku yang suka baca buku, karena menurut mereka itu buang-buang uang. Apalagi kalau buku yang aku baca kebanyakan hanya novel :')

    Tapi, alhamdulillah, sekarang mereka udah mulai nggak ambil pusing lagi. Justru malah seneng liat aku mulai gemar menulis karena novel-soalnya kebetulan aku ambil kuliah jurnalistik hihi

    Yap. Sekarang lagi era-era nya wattpad banget yah kak, aku juga sedang mencoba peruntunganku di wattpad hihi

    oh ya, kalau kaka berkenan, main-main ke blog aku yuk hehe
    lunarialiva.wordpress.com ><

    BalasHapus
  2. haha baru tahu kalau ada yg absurd dalam membaca buku. tapi menurutku buka hal. belakang sblm baca buku itu diperlukan kok, kalau misal kita nggak tahan pengen tahu ending atau twistnya. *bukan kebiasaan yang bagus untuk ditiru :D*

    BalasHapus
  3. Wah aku juga suka banget tuh wangi buku baru kaya kak nova. Baunya khas banget dan membangkitkan selera untuk membaca.

    Kayaknya wishlist kak nova yg The Lunar Chronicles udah dibabat habis nih. Emang ceritanya bagus dan ada bau romansanya juga sih. Xixixi. Salam kenal kak nova dan kak ren ^^

    Btw, kalo udah penasaran banget dengan ending sebuah buku yang jalan ceritanya bertele2 aku juga suka baca halaman2 terakhirnya *toss*

    BalasHapus
  4. Wah aku juga suka banget tuh wangi buku baru kaya kak nova. Baunya khas banget dan membangkitkan selera untuk membaca.

    Kayaknya wishlist kak nova yg The Lunar Chronicles udah dibabat habis nih. Emang ceritanya bagus dan ada bau romansanya juga sih. Xixixi. Salam kenal kak nova dan kak ren ^^

    Btw, kalo udah penasaran banget dengan ending sebuah buku yang jalan ceritanya bertele2 aku juga suka baca halaman2 terakhirnya *toss*

    BalasHapus
  5. Samaaa! Aku juga seneng bangeeet sama wangi buku baru! wkwkwk khas banget!

    BalasHapus
  6. Aqhu juga sukak di-spoiler-in! Ahaha, bukannya kasih spoiler sembarangan ke orang lo, yaa. Sama kaya nonton drama korea, aku pasti bakal cari tahu dulu kissing scene-nya piye, kalo baghus ya otomatis drama korea itu bakal kutonton. Ahaha. #shallowabiz
    Salam kenal Kak Nova!

    BalasHapus
  7. Absurd Reader...? Baru dengar ada istilah ini..he..he...Salam kenal Kak Nova
    Kalau saya hal yang pertama kali dibaca saat membuka buku, selain blurb, adalah biodata penulis. Terkadang biodata penulis itu asyik juga untuk dibaca, terus kalau paling ga suka kalo spoiler...biasanya terus males baca :)

    BalasHapus
  8. Samaa, kadang suka baca ending bukunya terlebih dahulu, supaya tau endingnya kek gimana. Cuma karena setelah tau pas baca jadi ngga meletup-letup, sekarang bacanya jadi dari awal wkwkwk

    BalasHapus
  9. Haloo, kak Ren, kak Nova..
    Baca interviewnya kak Ren sama kak Nova, jadi bau buku baru :)) hiihi..tujuu banget sih aku, bau buku dan kopi itu udah wangi paling enak pokoknya.
    Nah, baca buku rekomendasinya kak Nova, kebetulan di list book-to-read ku ada Dessert sama Garis Waktu juga. ah, jadi pengen buru baca buku itu :D

    BalasHapus
  10. Baca interview-nya kayak ngaca. Ternyata banyak banget samanya. Sama-sama dulunya suka baca majalah bobo, sama-sama pecinta romance garis keras, sama-sama suka banget Deessert-nya Kak Elsa Puspita, dan sama-sama suka wangi buku baru. Apalagi pas liat blog sama twitter Kak Nova, ternyata sama-sama goldar O dan pecinta EXO. :D :D
    Jadi berasa punya saudara.. :)))

    BalasHapus
  11. Hallo kak nova salam kenal ..

    saya setuju dengan pendapat kakak tentang novel yang terbit dari wattpad. Saya kurang suka (ini jujur banget, harus!!) kalau di depan cover sudah dbaca jutaan kali (nyebutnya pakai angka pula), menurut saya itu mungkin salah satu promosi bagi yang nggak suka baca wattpad, tapi bagi saya itu adalah salah satu bentuk "kesombongan" dan "kepercayaan diri". Oke lupakan bagian kepercayaan diri, tapi bentuk kesombongan ini kadang bikin greget, bikin penulisnya sama sekali nggak boleh di kritik atau di review jelek. Bikin nama penulis lainyang lahir dari wattpad tercemar. Bahkan saya pernah baca komentar di facebook, ada orang yang suka sekali meremehkan penulis dari wattpad. Paling sering dengar komentar gini "cerita di wattpad sering kali nggak masuk akal" dan bla bla dan bla ... saya kadang sakit hati bacanya, karena saya juga menghabiskan waktu juga di wattpad (merasa tersinggung haha, untung saya nggak sensian *plak) Tapi masalahnya, komentar dia juga nggak salah.

    Intinya?

    Sebagi penulis yah harus belajar menerima kritik dan saran dong.

    sebagai pembaca, mungkin lebih bagus dan alangkah lebih baik (aku yakin penulis mana pun akan bersyukur punya pembaca kayak gini) memberi kritik dan saran jika menemukan karya penulis yang masuk dalam kategori "nggak masuk akal" serta jelaskan juga alasannya, jadi kedepannya bisa dibuat dengan lebih "masuk akal" sesuai logika.

    BalasHapus

Saya menghargai setiap komen/opini yang diberikan. Silakan untuk tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)
Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).
Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.
Terimakasih sudah mau mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog saya :).


I value your comment/opinion. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.
I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).
Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.
Thank you for your visit and comment :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)