Jumat, 24 Februari 2017

Focus Grup Discussion Buku Mythical Creatures Bareng Penerbit Mizan



Awal ceritanya nih, Jum'at minggu kemaren, tanggal 17 Februari 2017, beredar Broadcast dari Madam Selvi di grup WhatsApp PNFI, Dreamland Fantasy dan juga grup WA World Mythology Community, yang isinya ajakan untuk mengikuti focus grup discussion tentang buku Mythical Creatures yang sudah diterbitkan oleh Mizan Fantasy. Sayangnya, acaranya cukup dadakan, dimana focus grup ini (saya singkat FGD), diadakan sehari setelahnya, yaitu Sabtu, 18 Februari 2016. FGDnya sendiri berlokasi di Kinosaurus, sebuah tempat nongkrong (?) yang ada di dalam toko buku Aksara di Kemang. Saya sih mau ajak yang laen, sayangnya jadwalnya pada bentrok, apalagi ini termasuk yang dadakan. Mengingat saya sendiri kenal sama orang Mizan, yaitu Mba Dyah Agustine, Mas Peter dan juga pengarangnya Mythical Creatures, Cypress Ruby, pun Sabtu itu saya lagi ga ada kerjaan, saya memutuskan untk datang.

Seperti yang sudah diduga, walau acara mulai jam 3 sore, saya yang hobinya jam karet ini, datang 10 menit setelah jam 3 sore. Asumsinya, karena tempat tinggal saya di Kalibata, cukup dekat ke Kemang. Saya lupa kalau di Kemang suka macet dan kesana pun naek taksi, karena takut kehujanan. Untunglah acara belum dimulai dan saya senang bisa ketemu muka - muka lama. Selain Mba Dyah, Mas Peter dan Madam Selvi, saya bertemu dengan Paman Hadi dari komunitas Indo Harry Potter yang akan jadi moderator untuk FGD ini dan Raafi. Orang - orang yang lain, saya ga terlalu kenal, jadi saya nempel terus ke Madam Selvi (maap ya Madam, hahaha). Mas Peter lalu menyilakan saya untuk memesan minuman (gratis! Dari dompet Mas Peter bayarnya, hehehe), dan karena saya tidak suka kopi, saya memesan cold-pressed juice warna hijau yang saya ga tahu komposisinya apa. Sayang gratisnya cuma untuk minuman, sementara pastrynya bayar sendiri. Tempatnya sendiri sangat cozy dan private. Makanya, setelah FGD usai, saya pun ngomporin teman - teman komunitas buat ngadain acara kopdar dan semacamnya disini.


Ngomong - ngomong, buku yang dibahas adalah buku Mythical Creatures of...yang sudah ada tiga buku, yaitu Asia, Eropa dan Afrika. Buku ini dikarang oleh Cypress Ruby yang masih belum mau membuka identitasnya (tapi saya mah udah tahu, wakwaaaw!!), dan membahas tentang makhluk - makhluk mitologi. Totally my catnip! Jadi..sudah punya atau belum hayo? Sudah beredar di toko buku terdekat, dan kalau tidak kelihatan, mungkin nyempil :P.


Back to FGD. Acara dibuka oleh Paman Hadi selaku moderator dan Mba Dyah Agustine selaku nara sumber. Pertama, kami saling memperkenalkan diri, dan ternyata peserta FGD yang laen banyak dari komunitas - komunitas pembaca novel fantasy dan science fiction. Ada yang dari komunitas Westeros (pembaca novel - novel ASOIAF), komunitas Star Trek, komunitas Eorlingas (pembaca novel - novel karya Prof Tolkien), dan komunitas Indo Harry Potter. Saya sendiri mewakili BBI, sementara Raafi mewakili BBI dan PNFI (kalau di PNFI saya mah tukang hore - hore). 

Sebagai permulaan Paman melempar pertanyaan terkait makhluk - makhluk mitologi. Diskusi mulai sedikit hangat, ketika Paman menyebutkan bahwa "hobbit" yang ada di novel LOTR adalah makhluk mitologi, yang lalu disanggah oleh salah satu peserta, bahwa Hobbit bukan makhluk mitologi, melainkan rekaan Prof Tolkien, sehingga tidak bisa disebut sebagai mahkluk mitologi. Diskusi selanjutnya lalu membahas beda makhluk mitologi dan makhluk sihir (alias magical creature). Dimana, makhluk mitologi (atau mythical creature) adalah makhluk yang memang ada di mitologi - mitologi yang ada di dunia, sementara tidak semua makhluk sihir itu makhluk yang ada di mitologi, bisa saja hanya karangan pengarangnya. Bingung? Tenang, saya juga. Dikit, hehehe. Apalagi LPM ini dibuat seminggu setelah FGD, jadi mohon maaf kalau ada salah kata XD.

Setelah sempat bertele - tele bahas tentang makhluk mitologi, beberapa peserta mengeluhkan, tujuan FGDnya apa sih. Paman kemudian back on track, dan FGD dilanjutkan dengan membahas buku Mythical Creatures. Kebetulan semua peserta mendapatkan buku Mythical Creatures of Africa secara cuma - cuma. Diskusi kembali menghangat, atau memanas, tergantung perspektif siapa. Bagi saya sih lumayan "panas", apalagi ini pengalaman FGD saya yang pertama kali. Peserta lalu membahas satu per satu aspek buku Mythical Creatures. Ada yang bertanya kenapa klasifikasi tiap makhluk terkesan rancu, seperti masalah habitat dan atribut tiap makhluk. Ada yang mengeluhkan tentang warna - warna halaman di buku Mythical Creatures. Memang sih, buku ini jadi terkesan warna - warni kayak pelangi, sehingga terkesan "ramai". Saya sendiri kebetulan membawa buku Brenda Rosen yang berjudul The Mythical Creatures Bible sebagai referensi, dimana halaman - halaman buku ini hanya satu warna saja, sehingga tidak membuat pembaca terdiktraksi. Aspek lain yang dikeluhkan adalah kurangnya link referensi dan dimana link untuk gambar - gambar yang non illustrasi (aka diambil dari Internet), dicantumkan mentah - mentah di buku. Saya mengusulkan agar tidak dicantumkan begitu saja link gambar ini karena ada masalah copyright, dan lebih baik dibuat dalam bentuk daftar yang lebih sederhana (sambil lagi - lagi menunjukkan buku Brenda Rosen :P).

Mungkin salah satu hal yang juga dikeluhkan beberapa peserta FGD dan terasa mengganggu adalah deskripsi profil pengarangnya. Profil dari Cypress Ruby dianggap kurang mencerminkan profesionalitas dan kurang kredibel. Peserta mempertanyakan, apakah buku Mythical Creatures ini dianggap sebagai referensi, dan jika iya, maka harusnya profil pengarangnya tidak dibuat terkesan "main - main". Saya lumayan tertegun juga mendengarnya dan jadi "oh, iya ya". Walau kesannya buku Mythical Creatures ini jadi kayak dibantai, tapi aspek - aspek positifnya juga ikut dibahas kok. Cuma, saya udah kadung terkaget - kaget saat diskusi. Sepertinya saya mesti banyak ikutan FGD model ginian :D.

Tepat pukul 5 sore (lebih malah), acara pun diakhiri dan semua peserta berfoto bersama - sama. Sebenarnya waktunya agak kurang sih menurut saya, karena masih banyak yang bisa dibahas. Ada yang menganggap diskusinya sendiri sia - sia, mungkin karena ada ekspektasi lebih sih ya. Kalau menurut saya pribadi, mengingat ini FGD pertama juga dan mungkin akan bias karena saya kenal sama orang Mizan, saya menikmati diskusi ini dan keseluruhan acaranya pun tak sia - sia. Ada banyak informasi dan juga pengalaman yang saya dapat. Semacam...membuka cakrawala bukan gelinjang tapi ya. Saya berharap kalau apapun hasil diskusinya, akan jadi feedback untuk Penerbit Mizan. Apalagi dalam menerbitkan buku - buku referensi seperti buku Mythical Creatures. Saya yakin juga, jika apa - apa yang dikeluhkan peserta terkait buku Mythical Creatures ini juga akan diperbaiki oleh pengarangnya nanti. 

Terimakasih banyak untuk Mas Peter dan Mba Dyah Agustine yang sudah memfasilitasi FGD Mythical Creatures ini. Ditunggu acara - acara selanjutnya yang serupa, dan saya sih masih berharap suatu saat selain FGD, ada juga acara Readers Meet Editors yang beberapa tahun lalu pernah juga dilakukan oleh Mizan.

Foto - foto untuk acara FGD Mythical Creatures, bisa dilihat di bawah ini ya. Foto milik Paman Hadi dan juga koleksi pribadi.

Persiapan untuk FGD. Paman lagi cari wangsit :P
Sesi perkenalan oleh peserta FGD
Mba Dyah Agustine selaku nara sumber

Mba Dyah menjawab pertanyaan peserta
  
Ada gambar Leprechaun di layar!

Entah ini lihat siapa..kalau dari arahnya, kayaknya saya lagi ngomong XD
Saya dan Madam Selvi. Thanks a lot buat undangannya!
 

Note: Saya kayaknya saltum, jadi terlihat lebih bohay daripada seharusnya.
Baeklah...saya memang butuh diet XD.

3 komentar:

  1. acaranya kayaknya seru y....

    BalasHapus
  2. Aku kira Madam Selvi itu nama lain dari Cypress Ruby. hahaha. Di focus discusion kali ini lebih sp[esifik dari yang di IRF ya mba Ren? Kapan2 ajak dong. haha

    BalasHapus
  3. Aku tuh bukan penggemar novel-novel fantasi, tapi acara diskusi kayak gini tuh seru ya... :)))

    BalasHapus

Saya menghargai setiap komen/opini yang diberikan. Silakan untuk tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)
Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).
Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.
Terimakasih sudah mau mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog saya :).


I value your comment/opinion. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.
I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).
Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.
Thank you for your visit and comment :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)