Jumat, 25 April 2014

Review: Guidebook to Murder oleh Lynn Cahoon

Judul  : Guidebook to Murder
Pengarang : Lynn Cahoon
Bahasa : Inggris
Penerbit : e-Kensington

Tebal :  200  halaman
Diterbitkan pertama kali :17 April 2014

Format : e-book
Target Pembaca: Dewasa

Genre : Cozy Mystery
Serial : Tourist Trap Mystery, buku ke-1
Web Pengarang : Click Here



Sinopsis :


In the gentle coastal town of South Cove, California, all Jill Gardner wants is to keep her store–Coffee, Books, and More–open and running. So why is she caught up in the business of murder?

When Jill’s elderly friend, Miss Emily, calls in a fit of pique, she already knows the city council is trying to force Emily to sell her dilapidated old house. But Emily’s gumption goes for naught when she dies unexpectedly and leaves the house to Jill–along with all of her problems. . .and her enemies. Convinced her friend was murdered, Jill is finding the list of suspects longer than the list of repairs needed on the house. But Jill is determined to uncover the culprit–especially if it gets her closer to South Cove’s finest, Detective Greg King. Problem is, the killer knows she’s on the case–and is determined to close the book on Jill permanently.


 Review

Saya baru tahu genre cozy mystery tuh sudah beberapa tahun yang lalu. Dimana buku - buku dengan genre ini tuh punya cover yang catchy dan colorful, pokoknya enak dipandang mata gitu :D. Tapi saya yang dulunya kalau baca itu kekeuh "kalau ga ada romance ga mau baca ah", menghindari genre ini karena mikirnya paling juga ga ada romancenya. Cuma tahun kemaren kan saya semacam membuka diri gitu #eaa, dan saya baca cozy mystery pertama saya yang kebetulan dikarang oleh pengarang fave saya yaitu Meg Cabot, dengan bukunya Ukuran 12 Tidak Gemuk. Dan, eh ternyata saya cukup menikmati genre ini juga :D. Sebuah misteri yang cukup ringan, tapi harus dipecahkan oleh tokoh utamanya yang bukan seorang polisi, alih - alih orang biasa, itulah inti dari genre ini :).

Nah, karena kepincut kaver juga, akhirnya saya request Guidebook to Murder, buku pertama serial Tourist Trap Mystery di NetGalley. Di kavernya bisa dilihat, ada gambar toko buku. Wow, karakter utamanya seorang pemilik toko buku, mesti dibaca nih, pikir saya. Apalagi blurbnya juga cukup meyakinkan. Cuma, apa ceritanya juga sebagus kavernya?

Guidebook to Murder menceritakan Jill Gardner, pemilik toko Coffee, Books and More (kombinasi yang menurut saya bagi beberapa orang pasti surga banget :D) di South Cove, California. Jill ini dulunya pengacara hebat, cuma setelah cerai dia pun pindah ke South Cove yang notabene adalah kota kecil. Jill ini suatu hari ketiban untung (apa sial ya?) setelah tetangganya, Miss Emily meninggal dunia. Miss Emily ini mewariskan semua harta dan rumahnya pada Jill. Jill tentu saja ngga percaya Miss Emily meninggal karena sakit, dia yakin wanita tua yang baik itu dibunuh! Dugaan Jill menguat setelah beberapa hari kemudian dia juga mendapat ancaman pembunuhan.

Sejak saat itu hidup Jill ngga sama lagi. Banyak orang yang ingin mendapatkan rumah yang ditempati Jill. Terus bibinya Jill, Jacqueline juga bikin Jill pusing dengan improvisasinya di toko Jill. Belum lagi saat Jill tahu sahabatnya, Amy malah menghilang tanpa kabar. Lalu seorang developer tampan bernama Eric ngerayu Jill untuk membeli rumah Jill, buat dibikin condo. Sudah pusing dengan perbaikan rumahnya, Jill diberitahu kalau bisa jadi warisan Emily tuh bukan hak dia, melainkan hak cicit Emily yang juga ga jelas apakah keturunan Emily atau bukan. Untungnya Jill dibantu oleh Detektif Greg King, yang diam - diam Jill taksir, tapi pas tahu yang bersangkutan kayaknya masih menikah, Jill mundur lagi deh. Dengan begitu banyaknya permasalahan yang Jill hadapi, plus dengan ancaman pembunuhan yang dia terima, Jill ngga nyerah buat mencari siapa pembunuh Miss Emily walau Detektif King sudah melarangnya.

Menurut saya cerita Guidebook to Murder ini cukup menarik dan berpotensi jadi bacaan yang seru, kalau saja beban Jill itu ngga kebanyakan. Seperti yang saya bahas di atas, rasanya hidup Jill itu bikin pusiiing banget. Udah bingung sama masalah warisan, lalu memperbaiki rumah, dia masih dipusingkan dengan temannya yang hilang dan juga ancaman dari keponakan Miss Emily yang merasa jauh lebih berhak untuk dapat warisan. POV orang pertama juga bikin saya agak sulit mau simpati sama Jill, karena dikit - dikit wanita ini nangis! Saya juga kadang nangis sih kalau beban udah banyak banget, tapi tiap kali baca adegan Jill yang nangis, saya pengen bilang "chin up, Jill!"

Romancenya sendiri cukup kerasa walau subtle. Saya suka dengan interaksi Jill dan Greg yang ngga buru - buru dan terasa alami. Sempat gregetan juga sama Jill yang ngga berani nanya apa Greg sudah nikah atau belum, dan sikap Greg yang kayak "teman tapi mesra". Akhirnya sendiri sih cukup happy end buat mereka berdua, dan bagi yang ngga suka baca adegan ranjang bisa lega. Karena buku ini menurut saya cukup aman dibaca buat remaja, meskipun beberapa aspek lebih cocok untuk orang dewasa :).

Misterinya saya acungi jempol. Saya jadi teringat obrolan pas di grup WA kemaren, dimana seorang rekan bertanya "kalau kalian baca novel mistery, kayak novelnya Agatha Christie, gimana caranya buat nebak pelakunya?" . Saya sih bilang biasanya yang jadi pelaku pembunuhan itu orang yang tidak kita duga. Dan plot seperti ini (walau menurut saya udah umum) juga dipake di Guidebook to Murder. Sama kayak Emily, saya juga nebak - nebak apa pelakunya adalah orang dekat Miss Emily dan apa motifnya. Di akhir sih, saya cukup kecele juga karena pelakunya beneran di luar dugaan (atau saya aja yang ga bisa mendeduksi dengan baik #malusamaSherlock XD). Hanya aja, pas pembunuhnya ketahuan ini rada - rada antiklimaks. Jadi sedikit mengurangi kenikmatan membaca deh :(. Apalagi ada beberapa element paranormal, kayak pintu yang mendadak buka sendiri, atau saat Jill ngerasa ada yang ngawasin dia padahal dia di rumah sendirian, yang menurut saya sih kurang relevan ke cerita.

Untuk buku pertama di serial Tourist Trap Mystery, Guidebook to Murder menurut saya udah lumayan bagus lah. Bikin saya jadi kenalan sama Jill dan penghuni South Cove. Saya jadi kepingin baca buku keduanya, Mission to Murder, lebih karena penasaran sama hubungan Jill dan Greg, hehehe. Yang suka baca buku misteri,dengan sedikit bumbu romance, Guidebook to Murder ini bisa banget buat dicoba :)

Note : e-ARC copy disediakan oleh Kensington dan NetGalley


 Story & Sensuality Rate

Rating saya untuk Guidebook to Murder ini adalah

Dan saya kasih


untuk sensualitasnya, karena ada adegan ciuman walau tidak terlalu eksplisit :)

2 komentar:

Saya menghargai setiap komen/opini yang diberikan. Silakan untuk tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)
Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).
Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.
Terimakasih sudah mau mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog saya :).


I value your comment/opinion. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.
I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).
Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.
Thank you for your visit and comment :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)