Senin, 14 April 2014

Series Spotlight : Top 5 Historical Romance Series Indonesia Edt versi Oky Septya



Masih dalam rangka merayakan ultah BBI yang ke-3, setelah Giveaway Hop yang diadakan pada tanggal 13 Maret - 11 April 2014, dan juga pengumumannya pada 13 April 2014 kemaren (kamu menang berapa buku? Kalau saya sih ngga dapat :D), event masih berlanjut dengan Guest Post! Yey, blog Ren's Little Corner kedatangan tamu agung nih :D. Salah satu teman blogger BBI saya, yaitu Oky Septya dari Kumpulan Sinopsis Buku, mengisi feature Series Spotlight, yaitu postingan dimana saya (dan Oky tentunya) berbagi sebuah serial yang sudah selesai (atau belum) yang menurut saya sangat sayang kalau dilewatkan. Nah Oky akan membagikan lima serial hisrom yang patut teman - teman baca, apalagi kalau ngaku sebagai fans genre romance :)


Haloo, ini Oky :D. 

Kali ini saya mau bikin daftar Top Five His-Rom Indonesia edt. Maksud dari edisi Indonesia ini adalah buku-buku hisrom yang sudah pernah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Pertimbangannya, karena buku terjemahan lebih mudah di dapat bagi mayoritas penikmat buku indonesia. Buku historical romance dalam daftar ini, menurut saya, wajib dikoleksi karena mau baca berkali-kali pun nggak akan bikin bosan. Dan saya sendiri terkadang terdorong untuk membaca ulang semuanya diwaktu-waktu tak terduga. Karena telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, saya yakin banyak teman-teman yang sudah pernah baca seri-seri berikut ini dan mungkin juga jadi favorit kalian. 



Anyway, postingan ini saya tujukan bagi mereka yang berminat untuk mulai baca hisrom tapi bingung harus mulai dari mana. Dan bagi mereka, para pecinta hisrom yang mungkin masih ragu atau belum pernah baca seri tertentu, siapa tahu dengan daftar ini kalian jadi makin mantap untuk mulai mengoleksinya. Nah, karena yang namanya hisrom biasanya ber-seri, jadi kali ini saya akan menyebutkan nama seri dan nama pengarangnya.

#1 Westmoreland Saga by Judith McNaught 





Sinopsis: Westmoreland Saga

Westmoreland, berbeda dari hisrom kebanyakan mengangkat setting waktu zaman Vikings. Vikings memiliki harga diri tinggi dan suka menyelesaikan segalanya dengan bertarung. Secara keseluruhan, pembaca akan disuguhkan dengan hasil riset yang mendetail. Tidak ada gaun-gaun indah atau jamuan pesta dansa mewah disini. None. Yang ada hanyalah.. hm, keprimitifan? Tapi entah kenapa justru itu appealling banget buat dibaca.


Kenapa seri Westmoreland Saga ini saya nobatkan sebagai yang terbaik? Karena bukunya tebal *dijitak*. Sebenarnya bukan masalah tebal tipisnya buku. Tapi lebih ke seberapa memuaskan buku itu ketika dibaca. Yang jelas, setiap seri Westmorland ini rasanya saya dibawa dari awal sampai akhir yang panjang sekali. Tapi alih-alih bosan, saya malah merasa terpuaskan karena seluruh aspek rasanya sudah dibahas dan nggak meninggalkan tanda tanya atau perasaaan menggantung. Makanya, setiap saya menutup buku Judith McNaught, saya seolah selalu masih merasa berada dalam cerita.


Tidak hanya itu, selain detil cerita yang oke dan plotnya rapi, entah bagaimana JM bisa mengaduk-aduk perasaan pembacanya. Kalau si tokoh sakit hati, saya ikutan sakit hati dan serasa diremas-remas. Jadi poin tinggi tidak hanya saya hadiahkan karena riset, plot dan ide ceritanya yang bagus tapi karena penulis mampu menghidupkan karakternya sedemikian rupa hingga pembaca terhanyut dalam cerita. Jarang banget ada buku yang bikin pembacanya terhanyut seperti ini kan? 



Ren: Saya punya nih bukunya Judith McNaught, tapi emang tebel - tebel yah. Dan beliau juga tipe pengarang old school romance, yang saya ga terlalu suka bacanya. Jadi deg - degan nih :P

#2 Wallflowers by Lisa Kleypas



Sinopsis: Wallflowers

Keempat debutan yang tidak sepenuhnya eligible. Entah karena mereka orang asing, terlalu miskin, atau karena punya bisnis tidak terhormat. Pada akhirnya, mereka selalu menjadi wallflower di setiap pesta dansa. Wallflower, pajangan dinding, eh atau pelapis dinding ya? Intinya, mereka menyatu dengan latar alih-alih jadi bintangnya pesta. Kemudian keempat gadis ini saling membantu agar mendapatkan suami. Nah, kisah perjuangan mereka ini lah yang menarik.



Saya nggak pernah kecewa dengan Lisa Kleypas. Ide ceritanya selalu menarik dan penyampaiannya pun enak dibaca. Tidak monoton, tidak ada detail-detail yang tak perlu. Tapi karakternya selalu menarik. Favorit saya adalah buku ketiga, Devil in Winter. Menurut saya, Lisa Kleypas pandai menciptakan karakter yang meledak-ledak dan percakapan yang ringan nan lucu, tanpa mengurangi kualitas konflik dan romancenya.


Ren: Ini dia nih, salah satu seri hisrom yang pertama saya baca dan iya, sama kayak Oky, saya juga suka ma Devil in Winter. Jaman - jaman dulu naruh si Sebastian St Vincent di harem saya #ohok :))


#3 Malory-Anderson Family by Johanna Lindsey




Sinopsis: Malory-Anderson Family

Unik, lain daripada yang lain. Kapan lagi dengar ada anggota aristrokat yang merangkap jadi bajak laut? Seri Malory-Anderson Family ini mirip-mirip dengan Westmoreland-nya JM. Bedanya, setting tempatnya di kapal laut. Tapi selebihnya, keposesifan A-Male, tokoh utama perempuan muda di bawah umur, semua sama. Kecuali kalo mereka berlabuh di daratan gitu setting latarnya jadi mewah dan beradab lah, sudah ada pesta dansa dan gaun cantik.


Yang saya suka, hmm, ceritanya thrilling. Banyak adegan perang diatas kapal, pembajakan, dan jauh lebih brutal dibandingkan JM. Mungkin juga karena beda zaman, apalagi disini sudah dekat negara koloni, sedangkan JM masih vikings banget. Anyway, serinya panjang karena semua keluarga Malory dan Anderson terlibat. But I like it, JL pandai bikin penasaran dengan karakter-karakternya yang unik. Karakter satu sama lain nggak ada yang sama. JL selalu kasih teaser karakter tertentu yang menonjol dan perannya besar di satu buku, sehingga bikin penasaran ketika karakter itu jadi tokoh utama di buku selanjutnya.


Ren: Waduh, sudah trauma sama bukunya Johanna Lindsey. Gara - gara Secret Fire yang "epic" beteinnya itu X). Emang ngga cocok ma author ini, tapi boleh deh nyobain serial Malorynya :D (entah kapan). Lucu juga sih, ini serial yang diterbitkan oleh 2 penerbit, yaitu Dastan dan Gagas


#4 The Hathaways by Lisa Kleypas


Sinopsis: The Hathaways

Salah satu seri favorit saya karena LK menyajikan karakter-karakter unik. Karakter separuh gypsy yang irresistible dan kelima Hathaway bersaudara yang aneh. Kakak beradik Hathaway nyaris nggak ada yang normal. Untuk plot LK sudah tidak diragukan lagi ya. Sebenarnya, hampir seluruh daftar ini kalau bisa saya masukkan karya LK, tapi The Hathaways menjadi spesial karena karakternya exceptionally unique. Saya hanya merasa keseluruhan cerita ini lepas dari kegermelapan masyarakat kelas atas London. Dan itulah mengapa buku ini terasa sangat menyegarkan. Karakter Cam disini juga masih erat kaitannya dengan Viscount Vincent di Devil in Winter.

Ren: Saya juga setuju nih sama Oky :D. Sayang saya ga baca buku terakhir serial ini. Sayang sih, ini serial hisrom terakhir dari Lisa Kleypas, karena beliau malah nulis women fiction sekarang



#5. Bridgertons Family by Julia Quinn
 



Sinopsis: Bridgertons

Siapa sih yang nggak kenal JQ? Awal buku hisrom meledak ya karena cover-cover cantik nan mewah seri Birdgertons Family yang diterbitkan salah satu penerbit besar di Indonesia ini. Saya pun mengoleksi buku-bukunya satu per satu. Bersabar tiap bulan nunggu terbitan seri selanjutnya keluar. Mungkin karena baru ini hisrom yang pertama terbit jadinya meninggalkan kesan mendalam buat saya. Meskipun secara kedalaman cerita masih kalah dibandingkan ketiga seri diatas.

Ceritanya lumayan ringan menurut saya, dengan ke delapan putra Birdgertons yang selalu jadi most eligible bachelor in the tons. Masing-masing punya kisahnya sendiri. Selain romance ringannya, tidak ada hal kuat lainnya dari sini. Tapi buku ini layak dikoleksi karena cover cantiknya dan fakta bahwa seri Bridgertons JQ ini jauh lebih rapi plotnya dan lebih enak dinikmati dibandingkan beberapa seri hisrom terbaru yang terbit setelahnya.


Ren: Hehe, kenaaal JQ kok Ky ;D. Walau menurut saya, masih bagusan Lisa Kleypas juga. Cuma emang fans JQ banyak ya. Seperti biasa, berhenti di buku ke-5 dan ngga tahu kapan mau lanjut XD


Well, sekian Top Five dari saya. Apabila dirasa ada kesamaan buku favorit atau ketidaksetujuan peringkat, feel free to leave a comment. And please be kindly to share your own top five! Semoga bermanfaat bagi kalian semua yang ingin mulai mengoleksi hisrom.. atau pun kalian yang masih newbie soal hisrom :) Akhir kata, terima kasih Ren Puspita atas kesempatan guest posting di blognya kali ini. Semoga Ren sebagai host, belum pernah posting hal yang sama persis. Kalau pernah, ya sudah, tetap pertahankan Top Five ku!! *maksa*(haha enak aja  nih :P)



Makasih juga Oky yang sudah berbagi serial hisrom favoritenya, yang kebetulan dua dari serial yang dia sebut yaitu Hathaways dan Wallflowers juga saya rekomen banget buat dibaca :D. Nah, kali ini saya "nodong" Oky buat ngejawab lima pertanyaan random di bawah ini. Yuk disimak:

Hai Oky, ceritakan dong darimana asal nama blog Oky "Kumpulan Sinopsis Buku? Ada ngga cerita dibaliknya? :D

Ide awal karena dulu banget (kenapa dulu? Karena awal mulai ngeresensi itu 7 tahun yang lalu) kata review/resensi masih belum populer dalam search engine, nggak kayak sekarang dengan hadirnya BBI (nice job, BBI). Dan lagi saat itu saya masih SMP, jadi awalnya resensi saya masih cetek banget lah kualitasnya. Saya nggak pede mau nyebut tulisan saya itu resensi, jadinya blognya dikasih nama sinopsis dulu. Awalnya blog ini namanya “Kumpulan Sinopsis dari Okeyzz” haha, kepanjangan bin alay ya, maklum masih SMP . Yang saya tulis saat itu resensi novel, film dan Kdrama/Dorama. Alhamdulillah kok banyak pengunjung yaaa~ bahkan beberapa penulis novelnya pun sering mampir meninggalkan pesan. Dan banyak pecinta film maupun drama yang appreciate resensi saya. Bahkan sampai setelah gabung ke BBI pun yang visit ke blog saya masih menggunakan kata kunci “sinopsis”. Karena SEOnya sudah bagus, akhirnya saya nggak berani ubah nama dan membiarkan namanya tetap Kumpulan Sinopsis Buku (cuma ngubah nama belakang jadi “buku” biar nggak kepanjangan). 


Oky kan sekarang udah punya domain blog sendiri nih. Nah, pertimbangannya apa sih buat ganti domain? Sama share tips - tipsnya dong kalau mau ganti domain blog kita. 

Awalnya domain saya http://sinopsisuntukmu.blogspot.com lalu saya mulai agak jago ngutak-atik blog dan daftar domain gratis ke http://sinopsisuntukmu.co.nr yang keduanya aktif dan masih bisa di pake sampe sekarang. Terus, karena makin lama blog saya makin rame. Thanks to BBI, Monthly Giveaway, dan Annual Review Contest saya jadi sering mensponsori dan disponsori oleh penulis maupun penerbit. Melihat perkembangan yang semakin menuju arah semi-profesional ini, saya rasa butuh domain resmi yang lebih oke daripada “sinopsisuntukmu.com” hihi. Jadilah nama domain yang terpilih www.okydanbuku.com 

Tips memilih nama domain dari Oky: 

# Cari nama sesimple mungkin (misal: Reviewbuku.com, Bacabuku.com) yang mudah diingat dan dihapal. Ini penting untuk jaga brand blog/website kamu dan penting untuk mempermudah pencarian di search engine. Bayangkan betapa susahnya orang mau cari website bernama akucintakamuakusukakamu.com atau evangelionlovesbooksandreading.com pasti belibet duluan ngapalinnya apalagi ngetiknya, hehehe.

# Cari nama domain yang senada (bahkan kalau bisa sama persis) dengan nama blogmu. Contohnya saja, nama blog Ren’s Little Corner seragamkan dengan nama domain renslittlecorner.com atau minimal yang senada, misal renscorner.com (semakin pendek semakin baik). Kalau saja bisa saya pengen ganti nama blog saya jadi Blog “Oky dan Buku” alih-alih “Kumpulan Sinopsis Buku”. Biar seragam dan makin kuat brandingnya. Sayang sekali, karena sudah terlanjur bagus SEOnya saya tetap mempertahankan nama blog hehe.

# Buat nama domain yang mencerminkan karaktermu. Salah satu pertimbangan saya memilih nama domain okydanbuku.com karena ada karakter nama “oky” dan “buku” di dalamnya. Sesederhana itu. Karena review saya berbeda dengan review teman-teman BBI lainnya. Saya menulis sesuka hati, nggak ada aturan baku dalam meresensi, yang saya ikuti. Selain itu saya suka ngadain Monthly Giveaway, Annual Contest, maupun laporan kopi darat, hal-hal yang nggak ada di blog lain dan hanya ada di blog saya. Makanya saya pilih nama domain itu daripada sinopsisuntukmu.com yang terkesan lebih umum.

#Pilih domain dot-com atau dot-id yang lebih komersil dibandingkan dot-dot lainnya. Kenapa? Soalnya brandingnya lebih kuat. Terlihat lebih profesional dan terpercaya. Dan yang penting, terlihat keseriusan kamu dalam ngeblog. Karena lebih komersil sudah tentu ratusan milyar orang juga pake, artinya bakal makin susah cari nama yang sesuai dengan hati. Tapi justru disitu uniknya, disini hanya ada satu dari sekian milyar yang akan punya nama domain mu.
#Pilih webhosting yang terpercaya dan sudah punya klien besar. Kalau asal pilih webhosting, bisa jadi nama domain mu dalam setahun dua tahun terblokir karena kepenuhan kuota atau diserobot orang lain karena kamu lupa bayar. Dengan menggunakan jasa webhosting terpercaya, semua keperluan teknismu akan diurus secara profesional. Mulai dari pembayaran, pengingat tagihan tahunan, dll akan diurus dengan baik. Jadi nggak akan ada ceritanya tiba-tiba blogmu tidak bisa diakses.


Biasanya kalau di perjalanan, Oky bawa buku berapa banyak? Terus milih buku yang mau dibaca itu ada kriterianya atau asal ambil aja yang ada di rak? :v
Setiap hari saya selalu bawa satu buku kemana-mana. Biasanya buku yang emang lagi saya baca saat itu. Kalau dalam perjalanan jauh, kriterianya (1) harus buku ringan sekali duduk (biasanya romance, teenlit, atau novel pop lainnya); (2) buku yang selama ini tertimbun dan nggak akan pernah dibaca kalau ga dibawa dalam perjalanan. Karena di perjalanan nggak ada lagi yang lain pada akhirnya mau nggak mau akan kebaca

 Ada ngga hal yang bikin Oky beteeeee abis pas lagi ngeblog?

Biasanya kalau sudah ngetik panjang-panjang di dashboard tiba-tiba mati listrik atau baterai habis atau internet error dan setelah dicek ternyata draftnya nggak ke save. Alias ilang semua tulisan kita. Wah, saya bisa bad mood dan ngambek ngereviewnya hingga berbulan-bulan tuh. Bahkan seringnya nggak pernah saya ketik ulang lagi review itu karena udah bete banget. Selain itu sih nggak ada yang bikin bete sejauh itu saat ngeblog. Lebih ke mood swing aja, kalo ga mood ngeblog ya nggak ngeblog hehe.

Suatu saat, Oky ketemu sama Ibu Peri yang baik hati kayak yang ada di cerita Cinderella, dan Ibu Peri akan mengabulkan Oky untuk dinner sama salah satu tokoh favorit Oky. Nah, siapa tuh yang beruntung? ;D

Saya mau dinner sama Harry Potter.. haha. Sungguh saya cinta mati sama tokoh J.K.R yang satu itu. Maklum, saya tumbuh besar bersama seri Harry Potter jadi ya nggak heran kalau saya jadi hardcore fans Harry Potter.

Pengen tahu lebih banyak tentang Oky? Yuk mampir ke blognya di Kumpulan Sinopsis Buku, dimana Oky suka adain Monthly Giveaway lho :). Mau jadi temannya? Silakan add Oky di Facebook (jangan lupa like Fan Pagenya yah) atau follow di Twitter (@okeyzz)  dan G+. Jangan khawatir Oky ini anaknya baiiik banget, ramah dan tidak sombong (plus rajin menabung.. timbunan, hehehe). Makasih banyak Oky yang sudah jadi guest post di Ren's Little Corner. Pengen nanya - nanya ma Oky? Yuuuk jangan malu - malu buat nanya ya :D

10 komentar:

  1. Huah, Oky udah lama banget ya ternyata ngeblog buku. Aku masih SMP malah bikin curhatan gak jelas di blog *blushing
    Belum pernah baca HisRom nih. Walau pengen tapi belum kuat banget jadi masih nunda deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mba, cuma menang rentang tahun saja. Secara kuantitas masih kalah sama bbi lainnya yg lebih rajin update hehe~

      Gpp mba, semua punya selera baca masing-masing. Aku sendiri sampe skg masih belum pengen baca buku motivasi karena ga selera *eak ga nyambung*

      Hapus
  2. waah, ternyata Oky udah pro banget ya seputar per-blog-buku-an.. secara udah 7 tahun gitu.. :) tips-tips blogging bukunya oke nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga pro pro banget Han, cuma 'agak' pro #plakk
      Tapi kalo soal nulis jurnalistik kamu yg lebih pro han *kasih 4 jempol, pinjem jempol Ren*

      Hapus
  3. aku baru ngeh kalo oky penggemar hisrom XD oiya ky, aku jadi inget dulu keduluan orang yang ngambil perpuskecil.com, hikshiks. sekarang mau punya domain sendiri kok telanjur sedih. maybe one day deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, sejujurnya hisrom is my guilty pleasure mba. Aku suka sama gemerlapnya pesta dansa dan hipokritnya para ton. Cuma ga pernah aku review di blog karena target pembacaku mulai dari remaja, aku merasa bersalah kalau mereka sampai harus baca hisrom juga karena aku ^^

      Setelah aku cek ternyata perpuskecil.com sudah keambil sama toko buku online ya.. duh, pukpuk mba astrid. Semoga suatu saat akan menemukan nama domain yg lebih oke ya mba..

      Hapus
  4. *lirik Sasti*
    aku masih belum mood baca HisRom, entah kenapa :(
    Makasih Mbak Oky, selama ini kalau aku gangguin dan contekin masalah blogging selalu diladenin ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sasti sudah suka baca hisrom kah, Nin? Hahaha..
      Iya Nin, kalo bisa bantu ya aku pasti bantu *halah*
      Nina skg makin kenceng nih ngeblognya, sampe aku iri padamu Nin.. good job!

      Hapus
  5. Oky ini senior banget diperblogbukuan, sampe tiap bulan dpt sponsor GA, salut.. :)

    BalasHapus
  6. aku juga suka Devil in Winter, tapi skrg mood untuk baca hisrom lagi hilang entah kemana.
    Pengen juga sih beli domain, tapi takut suatu saat bosan ngeblog #halah

    BalasHapus

Saya menghargai setiap komen/opini yang diberikan. Silakan untuk tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)
Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).
Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.
Terimakasih sudah mau mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog saya :).


I value your comment/opinion. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.
I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).
Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.
Thank you for your visit and comment :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)