Kamis, 24 Oktober 2013

Jenis - Jenis Profesi dalam Novel Indonesia (+ survey)

Saat saya sedang menelusuri news feed di Facebook (biasa, kerjaan sampingan di kantor :P), saya melihat pengarang dari luar negeri yang merepost sebuah pengumuman giveaway. Dimana di pengumuman itu terlihat ada tulisan "Biker Books Month ". Yang membuat saya membatin, "kayaknya novel tentang geng/klub motor di luar negeri lagi marak". Dan membuat saya membatin lagi "apa ada novel karya penulis Indonesia yang tokoh utamanya anggota klub motor? Kayaknya kalau di luar negeri, geng motor itu kesannya keren sekali. Lihat aja show "Sons of Anarchy" yang banyak ditonton. Belum lagi kalau ke Goodreads, ngeliatin temen yang pada memuja - muja Kristen Ashley yang banyak nulis kehidupan tentang geng motor di buku - bukunya."


Saya akui kalau saya memang banyak baca buku karya pengarang luar negeri (dalam hal ini romance karangan pengarang Amrik, baik dalam versi terjemahan maupun yang asli). Saya melihat betapa beragamnya profesi para tokoh utamanya. Ada yang agent FBI , detektif polisi, tentara, pilot, pemadam kebakaran, orang - orang klub motor, tattoo artist, rocker, mata - mata, private investigator (PI, semacam detektif swasta), kurator dll . Memang sih, beberapa juga banyakan yang profesinya semacam pekerja kerah biru atau kerah putih, alias kerja kantoran. Atau yang lagi "in" sekarang ini, pengusaha dan tycoon (yang bagi saya bosenin. Pengusaha/ billionaire favorit saya cukuplah Roarke seorang X) ). Kalau di novel karangan Indonesia, dan karena saya juga banyaknya baca yang romance atau metropop, kebanyakan yang saya lihat profesinya lebih ke pengusaha, blue collar/ white collar worker, dokter atau pekerja kreatif. Maka saya pun bertanya - tanya, apa tidak ada yang misal membuat tokoh utama di novelnya itu seorang tentara atau polisi, atau malah anggota klub motor gitu?

Pengetahuan saya yang secuil ini yang akhirnya membuat saya melakukan survey kecil - kecilan di grup Whatsapp BBI siang ini. Dengan pertanyaan :

"Apa aja  sih profesi pekerjaan yang unik dan jarang diangkat dalam novel - novel karangan penulis Indonesia"

Dan inilah beberapa jawaban yang saya dapat di siang ini :

- Revolusi - Reza Nupa :  polisi dan mahasiswa (merangkap demonstran)
-  Zona@Last - Dewie Sekar : aktifis
- Winter in Tokyo - Ilana Tan : pustakawan
- Memori - Windry Ramadhina : arsitek
- Sweet Nothings - Sefryana Khairil :  chef
- Orang - orang Proyek - Ahmad Tohari : insinyur
- Saskie - Vierna Mariska : geng motor
- Manjali dan Cakrabirawa - Ayu Utami : tentara
- Pasung Jiwa - Okky Madasari : pengamen

Awalnya sih saya ingin membatasi pertanyaan hanya untuk novel - novel romance saja, tapi jadinya berkembang, hehehe. Dari beberapa teman BBI juga mengatakan kalau membuat novel dengan profesi khusus tentunya butuh riset yang mendalam. Beberapa pengarang memberi profesi tokohnya dengan pekerjaan yang dekat dengan kesehariannya, karena tidak perlu banyak riset atau dia juga berprofesi yang sama dengan tokoh ciptaannya.  Belum lagi kalau profesi itu termasuk sensitif, misalnya kerja di kepolisian atau militer. Mungkin kalau agen FBI di Amrik bisa dibuat jadi keren walau hanya fiktif, kalau agen intelejen Indonesia di sini.. hmm, gimana ya? Lalu, di sana juga koboi aja bisa jadi cerita, kalau disini, tanpa berusaha merendahkan profesi yang bersangkutan, jarang saya temui yang profesinya adalah petani atau peternak, dsb.

Nah, karena saya pengen survey kecil - kecilan saya ga cuma di grup WA, saya bikin juga disini. Silakan memberi informasi tentang "profesi pekerjaan yang unik dan jarang diangkat dalam novel - novel karangan penulis Indonesia", yang kamu ketahui. Tuliskan judul novel dan pengarangnya, serta profesi pekerjaan tokoh utamanya (boleh yang cewek ataupun yang cowok). Untuk profesi pekerjaannya diluar profesi yang udah umum kayak : dokter, guru, pekerja kantoran, pekerja kreatif (komikus, dll), bankir, pengusaha. 

Terimakasih sudah membantu saya dalam survey kecil - kecilan ini :D

19 komentar:

  1. iya ya, baru sadar kalau nggak banyak yang bikin novel dengan profesi yang sudah disebutkan itu tadi. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terutama di genre romance, kadang pekerjaan tokohnya sudah bisa ditebak :)
      Yah, masih terpengaruh romantisme berbalut uang kayaknya, hahaha XD

      Hapus
  2. di Entrok (Okky Madasari) salah satu tokoh utamanya adalah pedagang keliling sekaligus rentenir.

    BalasHapus
  3. Yang so far aku inget (jarang baca buku Indonesia soalnya #selfkeplak):
    Cintapuccino (Icha Rahmanti): Raka si tokoh cowok reporter TV, Rahmi si ceweknya sempet kerja di kilang minyak
    Supernova Petir (Dee): Bodhi kerja sebagai tukang tattoo merangkap guru meditasi merangkap aktivis punk ;p
    Supernova Partikel (Dee): si tokoh cewek (lupa namanya) kerja jadi fotografer sampe motret2 singa di Afrika
    Madre (Dee lagi): cowoknya jadi tukang roti

    Apa lagi ya? harus lebih banyak baca buku Indonesia neh :D

    BalasHapus
  4. Hihihi sebenernya aku rasa ini juga alasan kenapa sekarang aku jarang baca buku-buku lokal era 2012-2013 ini Kak Ren, diantaranya tema yg diangkat kadang itu-itu aja (penulis belum banyak yg berani ngangkat tema kontroversial tp bisa jadi pembelajaran bagus misal hamil diluar nikah, abusive parents/partners, bullying di sekolah dll, kalaupun ada jarang yg bener-bener booming) juga tentang ragam profesi... Dimana profesinya itu ngaruh banget ke jalan cerita. Aku aja lupa (atau nggak ngeh) kalo Winter in Tokyo itu tokohnya pustakawan? Hehe. Atau mungkin akunya aja yg nggak begitu peduli sama buku-buku lokal.... #dikeplak :p

    Aku inget satu yg unik!
    Max Prasetya dari Melbourne: Rewind-nya Winna Efendi, kerjanya adalah lightning designer.

    BalasHapus
  5. Cinta Kamu, Aku by Irfan Ihsan: penyiar radio
    Seoul Cinderella by Lia Indra Andriana: TKW
    Marginalia by Dyah Rinni: Rocker!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah membantu untuk survey :)

      Hapus
  6. Dunia Trisa - Eva Sri Rahayu: Pekerjaannya sebagai Aktris
    Termasuk umum gak sih?? *garuk2 kepala*

    BalasHapus
  7. baca ini jadi malu, karena jarang banget baca buku lokal.
    Kalau kreatif kayak seputar dunia fashionnya Syahmedi Dean, masih masuk umum ya. Atau The Devil in Black Jeansnya Alia Zalea yg drummer dan personel assistentnya artis.
    Iya sih jarang ada yg profesinya yg lebih ke fisik.
    Di luar negeri, polisi atau agent FBI sih keren, liat aja brp banyak serial barat yg angkat tema itu, di Indo susah karena imagenya sudah jelek.
    Ga ngebantu yah #plak

    BalasHapus
  8. Bagaimana kalau Rinai - Sinta Yudisia? Itu ceritanya tentang relawan di Gaza....

    BalasHapus
  9. Pustakawan, di dunia nyata aja langka, apalagi di kehidupan fiksi... :D #PukPukDiriSendiri

    BalasHapus
  10. Cinta Semusim - Ifa Avianty, ada tokohnya yang jadi penyiar radio dan atasan si penyiar radio. Lupa namanya.
    Kau, Aku dan Sepucuk Angpao Merah - Tere Liye profesinya Pengemudi Sepit di Pontianak.
    Rianda dalam novel Frankfurt to Jakarta - Leyla Hana & Annisah Rasbell profesinya fashion hijabers.

    BalasHapus
  11. Di Koin Terakhir karya Yogie Nugraha. Saya belum baca sih sebenarnya, tapi salah satu unsur rasa penasaran saya untuk membaca buku itu adalah karena tokohnya adalah agen Badan Intelijen Negara (BIN)

    BalasHapus
  12. Hmm...

    Winter Dreams - Maggie Tiojakin, tokoh utamanya sempat jadi supir mobil mewah
    Surat Panjang - Dewi Michellia, profesinya psikolog
    Supernova Petir - Dee, tokoh utamanya kerja jadi pemilik warnet
    Supernova PKBJ - Dee, si Supernova profesi sampingannya jadi pekerja seks
    Pulang - Leila S. Chudori, tokoh cowoknya jadi koki (walau sebelumnya jurnalis)

    BalasHapus
  13. Dalam perkembangannya, pengemudi sepit di Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah itu menjadi wirausahawan bengkel mobil.
    Tikil (Iwok Abqary) - tokoh utamanya kurir.
    Dalam Jejak Darah (Chris X), ada tokoh dokter bedah plastik.
    Satin Merah (Brahmanto Anindito & Rie Yanti), ada tokoh sastrawan Sunda.

    BalasHapus
  14. Rahasia Sunyi (Brahmanto Anindito), tokoh utamanya surveyor.
    Tarothalia (Tria Barmawi), cenayang.
    Cinta Andromeda (Tria Barmawi), ilmuwan bidang IT.

    BalasHapus
  15. Niki di Pesan dari Bintang-nya Sitta Karina profesinya selain mahasiswa juga pengusaha laundry.
    Pura di Biru-nya Fira Basuki profesinya supir taksi.

    BalasHapus
  16. Profesi-profesi semacam itu malah bikin karya fiksi terasa real :)
    Semoga aja ke depannya makin banyak profesi langka tapi nyata yang diangkat jd karya sastra

    BalasHapus

Terimakasih sudah meninggalkan komen di Ren's Little Corner. Silakan untuk setuju/tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)

Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway).

Komen untuk postingan yang berusia lebih dari 1 bulan otomatis akan dimoderasi.

Terimakasih sudah mau berkunjung! :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...