Senin, 29 Februari 2016

Review: Elantris oleh Brandon Sanderson (+ Giveaway!)


Judul: Elantris
Pengarang: Brandon Sanderson
Penerjemah: Nur Aini
Bahasa : Indonesia
Penerbit : Mizan Fantasy

Tebal : 544 halaman
Diterbitkan pertama kali :April 2015

Format : Paperback
Target : Remaja Dewasa

Genre : Fantasy
Series: Stand-alone
Web Author: Click Here 

Beli di : Bukukita, Bukabuku


Sinopsis :

KARYA PENULIS YANG DIPERCAYA MELANJUTKAN SERI THE WHEEL OF TIME

Elantris, pusat dari Arelon, kota nan indah, bercahaya dan dihuni oleh makhluk abadi yang menggunakan kekuatan sihir mereka demi kemanusiaan. Penduduk Elantris berasal dari manusia biasa yang disentuh Shaod sehingga mereka dikaruniai kekuatan abadi. Sepuluh tahun lalu, tiba-tiba saja kekuatan Elantris musnah. Shaod mengubah penduduk Elantris menjadi penyakitan, berkeriput dan tak berdaya bagai penderita lepra. Kota yang dulu indah dan bercahaya kini kumuh, kotor, dan diambang kehancuran.

Putri Sarene dari Teod tiba di Arelon untuk menikahi pangeran Raoden demi kepentingan politik. Ternyata Raoden sudah meninggal dan Sarene harus hidup tanpa pelindung di bawah ancaman serangan kaum Fjordell yang fanatik. Tetapi, tak ada yang tahu bahwa sebenarnya Raoden telah disingkirkan sang Ayah ke kota Elantris yang terkutuk. Karena Raoden telah ternoda oleh Shaod yang menyerang penduduk Elantris. Sementara itu, Hrathren dan para pendukung fanatiknya dari Fjordell ingin menghancurkan Elantris yang mereka anggap sebagai bukti kebusukan dan kejahatan penghuni kota itu. Bisakah Arelon bertahan dari serbuan Fjordell? Raoden harus menguak rahasia terpendam di Elantris demi menyelamatkan negara dan tunangannya.

Sebuah kisah fantasi epik yang lengkap, kuat dan penuh kejutan. Sebuah debut menyegarkan di dunia high-fantasy.

 Review


Reod diawali dengan badai- setidaknya begitulah yang Raoden ingat. Bumi terbelah, jurang besar muncul di selatan, seluruh Arelon dilanda gempa. Bersamaan dengan kehancuran itu, Elantris kehilangan kejayaannya. Para Elantrian berubah dari makhluk berambut putih terang menjadi makhluk dengan kulit bernoda dan berkepala botak- seperti penderita penyakit mengerikan yang mengalami pembusukan parah. Elantris tidak lagi memancarkan sinar dan berubah jadi gelap.

Salah satu teman saya yang juga anak Goodreads Indonesia regional Malang yaitu Idan, sangat menyukai karya Brandon Sanderson. Idan berkali - kali menyuruh saya membaca karya Brandon Sanderson yang berjudul Mistborn yang cuma saya tanggapi "he eh" saja. Karena cukup penasaran, saya membeli buku Mistborn, tapi seperti layaknya Hukum Kekekalan Timbunan yang dianut para tsundoku dan member BBI kebanyakan, Mistborn juga cuma dipajang di lemari yang makin berdebu. Brandon Sanderson terlupakan...sampai pada April tahun lalu Mizan Fantasy menerbitkan Elantris, karya debut Brandon Sanderson sebelum Mistborn dan juga sebelum yang bersangkutan dipercaya melanjutkan serial The Wheel of Time karya almarhum Robert Jordan (The Wheel of Time sudah diterjemahkan juga oleh Mizan, sayang hanya sampai buku no 2 saja). Kebetulan saya dapat harga promo untuk Elantris ini dan ngga butuh waktu lama buat beli. Sayangnya, pas itu saya lagi banyak pikiran, membaca Elantris malah bikin saya sumpek dan cuma beberapa halaman yang sanggup saya baca. Nanti saja bacanya dilanjutkan, begitulah pikir saya.

Ternyata, "nanti" itu  berkelanjutan sampai nyaris setahun kemudian X)). Akhirnya hari Sabtu kemaren saya membaca lagi Elantris, dengan harapan setelah Elantris selesai, saya akan akhirnya baca Mistborn. And guess what?

Untuk ukuran debut, ELANTRIS ADALAH BUKU FANTASY YANG LUAR BIASA!!!

Saya sih tidak akan banyak menjabarkan cerita Elantris seperti apa, karena sudah ada di sinopsisnya dan saya juga ngga mau terlalu berusaha menjelaskan cerita Elantris itu gimana. Yang akan saya lakukan disini adalah, berusaha mempengaruhi pembaca untuk membaca Elantris, apalagi kalau kamu pembaca Fantasy :D! Jangan jiper dulu sama ukuran buku Elantris yang gede ini dan rada tebal. Awalnya memang cukup lambat, bahkan nyaris bikin bosan. Sabar, tunggu dulu, karena bagian bagusnya baru akan dimulai kok.

Elantris diceritakan dari tiga sudut pandang karakternya. Raoden, pangeran Arelon yang terkena Shaod dan dibuang ke Elantris, tunangannya Sarene, putri negara tetangga Teod yang berusaha menyelamatkan Arelon dari cengkeraman musuh dan Hrathren, gyorn (atau imam besar) agama Shu-Dereth yang mempunyai misi untuk menyebarkan agamanya dan juga membuat Arelon bergabung dengan kerajaan Fjordell. Ketiga karakter ini awalnya berdiri sendiri, sampai kemudian nanti akan timbul friksi, utamanya antara Sarene dan Hrathren. Terus, apa Sarene akhirnya ketemu Raoden? Oh, iya..tapi pembaca mesti sabar menunggu. Brandon Sanderson tidak terburu - buru, dia menulis bagaimana penderitaan Raoden saat di Elantris, bagaimana Sarene yang berusaha adaptasi dengan kerajaan barunya dan mengumpulkan bangsawan untuk menentang sang raja Arelon dan bagaimana Hrathren dengan ceramah - ceramahnya yang berapi - api berusaha membuat rakyat Arelon menganut Shu-Dereth. 

Ada banyak hal yang saya sukai di Elantris. Yang pertama, adalah bagaimana Sanderson menulis Sarene. Seringkali saya khawatir, jika penulisnya pria, karakter wanita hanya dianggap objek seksualitas. Sarene sangat jauh dari itu. Sebagai seorang putri, Sarene sangat keras, bahkan terhadap dirinya sendiri sampai salah satu koleganya menegur Sarene untuk bisa lebih menghargai diri sendiri. Saya bisa terkoneksi dengan Sarene, karena anggapan bahwa "pria takut pada wanita pintar" itu seolah benar adanya. Perasaan Sarene yang hanya ingin dicintai membuat saya simpatik, akalnya yang cerdas dan sikapnya yang tegas membuat saya kagum. Bisa dibilang Sarene adalah tokoh favorit saya di buku ini, melebihi Raoden dan Hrathren.
"Kau pintar menilai orang, Sarene- tapi tidak pintar menilai diri sendiri. Biasanya pendapat kita tentang diri sendiri sangatlah tidak realistis. Kau mungkin memandang dirimu sebagai perawan tua, Nak, tapi kau itu masih muda. Kau juga cantik. Meskipun di masa lalu kurang beruntung, itu bukan berarti kau harus melupakan masa depan."
 
Roial memandang mata Sarene. Meskipun sering bersikap jahil, pria berumur itu sangat bijaksana. "Kau akan menemukan orang yang mencintaimu, Sarene," Roial menjamin. "Kau itu luar biasa-lebih daripada takhta yang akan  kau duduki."

Yang kedua, signifikasi agama di Elantris dengan kehidupan nyata. Ada dua cabang agama yang dijelaskan di Elantris. Yang pertama Shu-Dereth yang bersifat militer dan kemudian Shu-Korath yang lebih moderat. Shu-Dereth memanggil Tuhan mereka dengan sebutan Jaddeth, dan memiliki Kepala Agama tertinggi bernama Wyrn, sementara Domi adalah panggilan Tuhan oleh Shu-Korath. Kedua agama ini adalah cabang dari agama Shu-Keseg, dan Derethi (orang yang menganut Shu-Dereth) itu menganggap Korathi kafir. Hmm, ring any bell? Kayak agama di realita saja ya ^^. Selain Dereth dan Korath, ada juga agama Jesker, yang dianggap pagan. Bahkan Elantrian sendiri dianggap kafir oleh Dereth, dan itulah kenapa Hrathren juga mengincar Elantris, karena dia tahu butuh sebuah objek untuk dibenci supaya penganut agama Dereth semakin banyak. Saya tertegun karena betapa miripnya keadaan di Arelon dengan dunia nyata. Betapa mudahnya orang mengkafirkan mereka yang tidak seiman.

Yang ketiga, permainan politik yang dimainkan baik oleh Sarene dan Hrathren. Betapa lihainya Sanderson menuliskan intrik politik, membuat saya sampai menahan nafas setiap membaca langkah - langkah Sarene dan Hrathren yang berusaha saling jegal satu sama lain. Mungkin salah satu kelemahan buku ini adalah aksinya lumayan sedikit dan lebih banyak ngomongnya. Eh, tapi saya suka tuh bacanya karena menarik untuk menebak - nebak apa yang bakal dilakukan Sarene dan Hrathren. Bagaimana kedua pihak akan melakukan apa saja demi mencapai tujuan mereka, Sarene dengan kebebasan Arelon (yang juga nantinya akan berpengaruh ke kerajaannya sendiri, Teod) dan Hrathren yang ingin penduduk Arelon menjadi penganut agamanya. Menariknya, walau Hrathren terlihat keras. ada suatu sisi dari dirinya yang tidak ingin ada pertumpahan darah. Hrathren ingin penduduk Arelon menganut Shu-Dereth tanpa kekerasan. Ini yang membuat saya menyukai Hrathren, karena dia adalah tokoh yang sangat kompleks. Jauh lebih kompleks ketimbang Sarene dan Raoden.

Dari tadi saya hanya membahas Sarene dan Hrathren, tidak adil rasanya saya tidak membahas Raoden, dan itulah yang keempat. Bagi saya Raoden memang termasuk karakter hero yang nyaris baik. Walau begitu, saya mengagumi Raoden yang optimis, yang berusaha untuk tidak menyerah dengan keadaannya di Elantris. Saya bisa mengerti kenapa Raoden terkena Shaod, karena dia memang sudah ditakdirkan jadi penyelamat Elantris. Raoden tidak tinggal diam, dengan akalnya yang juga tak kalah cerdik dengan tunangannya, Raoden berusaha bertahan hidup di Elantris, memelajari apa itu Elantris, membangkitkan semangat penduduk Elantris untuk kembali menemukan tujuan hidupnya. Menurut saya, salah satu bagian terpenting Elantris adalah ini, orang harus memiliki tujuan hidup untuk bertahan. Tanpa tujuan hidup, maka manusia tidak bisa dibilang manusia, hanya bisa bergantung pada orang lain tanpa usaha atau menyerah saja. Raoden memberikan tujuan hidup pada penduduk Elantris, sehingga mereka menemukan jati diri. Bahwa di balik musibah, selalu ada hikmah.

Yang terakhir, sistem sihir di Elantris yang menurut saya cukup unik. Sihir utama Elantris dinamakan Aon, dan Aon ini yang dulunya dikuasai hanya oleh para Elantrian sebelum Reod yang menghancurkan mereka. Aon sendiri seperti runes, berupa lambang - lambang dengan fungsinya sendiri - sendiri. Walaupun terlihat rumit, ada tiga unsur dasar untuk menggambar Aon yang ternyata diambil dari topografi negara Arelon. Semua Aon harus memiliki tiga unsur dasar ini untuk berfungsi sempurna, agar bisa mengalirkan sumber energi mereka, yang dinamai Dor. Disinilah Raoden menyadari jika Aon - Aon yang ada tidak berfungsi sebagaimana mestinya, dan proses Raoden menemukannya memang sangat asyik dibaca. Brandon Sanderson memang sering dipuji karena menulis sistem sihir yang unik dan sistem Aon ini salah satunya. Simbol - simbol Aon, bisa dilihat di gambar di bawah  ya :D. Selain Aon, ada juga sistem sihir lain bernama Seon, bola roh yang berdampingan dengan penduduk Arelon. Seon ini bisa digunakan untuk alat komunikasi dan untuk Sarene, Seon miliknya yang bernama Ashe juga kadang menjadi penasihatnya.

Aon
Karakter - karakter lain selain karakter utama juga memorable dan ditulis dengan baik. Tidak ada karakter yang numpang lewat dan semuanya penting. Beberapa identitas karakter memiliki rahasia dan cukup mengejutkan saat rahasianya terbuka. Beberapa membuat saya juga simpatik kepada mereka, seperti teman Raoden di Elantris, Galladon yang percakapannya dengan Raoden cukup lucu dan mengasyikkan, lalu bangsawan - bangsawan Arelon seperti Duke Roial, Count Elondel, Baron Shuden yang mempesona, yang awalnya adalah teman Raoden dan sekarang mendukung Sarene. Sarene sendiri tidak sepenuhnya sendiri di Arelon, karena ada pamannya Kiin yang seorang koki handal dengan rahasianya sendiri, dan anak - anaknya yang menarik. Dari antagonis selain Hrathren juga ada Iadon, ayah Raoden yang tiran dan Dilaf, anak buah Hrathren yang sangat membenci Elantris.

Terjemahan Elantris sendiri enak dibaca, dan walau ada beberapa typo, tidak sampai menganggu. Sayangnya, tidak ada glossarium! Membuat saya bingung, ini gyorn artinya apa, reod itu apa, shaod itu apa, dll. Apalagi Galladon yang suka memakai kata "Kolo" tiap berbicara. Walau akhirnya saya lumayan ngerti setelah baca beberapa halaman sih. Ternyata, edisi aslinya juga tidak ada, tapi kalau kamu mau baca Elantris dan mungkin agak bingung, bisa mampir ke site Brandon Sanderson untuk membaca glossarium Elantris. Lalu, kadang saya agak bingung dengan gender beberapa karakter. Seperti Ashe, Seon milik Sarene yang saya anggap awalnya perempuan (apalagi Ashe ini cerewet), tapi saat saya baca di sitenya Sanderson, Ashe ini laki - laki! 

Akhirnya, daripada review yang sudah panjang ini semakin panjang, saya cuma bisa bilang, segeralah baca Elantris! Untuk saat ini Elantris masih berupa stand-alone, tapi ada banyak hal - hal yang belum terjawab, dan ternyata Sanderson sudah mengkonfirmasi bahwa akan ada lanjutan dari Elantris. Tapi, jangan khawatir, kalaupun kamu lebih memilih satu buku saja, Elantris ini bisa dimengerti kok. Terjemahannya enak, bukunya tebal, luangkan waktu yang banyak untuk membacanya. Karena bisa - bisa kamu nanti kayak saya, baca buku ini sampai pagi, tida bisa berhenti karena asyiknya! :D
 
Note: Jika kalian sudah selesai membaca Elantris, silakan mampir ke sitenya Brandon Sanderson, karena ada adegan tambahan yang diberi judul The Hope of Elantris. Ceritanya pendek kok, jadi dalam waktu ngga sampai setengah jam juga sudah selesai.
Silakan klik The Hope of Elantris untuk membaca ceritanya :).

"...Yang menimpa Elantris ini sama sekali bukan kutukan - hanya bagaimana dunia berputar. Semua hal harus berkembang, dan perkembangan itu tidak selalu stabil. Terkadang kita harus jatuh, terkadang kita naik - ada yang mengalami kemalangan, sementara yang lainnya mendapatkan kebahagiaan, karena itulah satu - satunya cara supaya kita belajar bergantung satu sama lain. Saat seseorang dianugerahi karunia, dia mendapatkan kesempatan untuk membantu orang - orang yang hidupnya tidak seberuntung dirinya. Persatuan lahir dari perbedaan, Nak."




Story  Rate

Rating untuk Elantris ini adalah: 



Giveaway
Apa saya sudah cukup meracuni kalian buat baca Elantris? Tertarik ingin membaca salah satu buku yang jadi Top Read saya tahun ini? Yuk ikutan Giveawaynya. Akan ada 2 (dua) orang yang beruntung yang akan mendapatkan buku Elantris dari saya. Silakan simak syaratnya ya:
1. Jawab di kolom komentar pertanyaan ini:
"Elantris memiliki sistem sihir bernama Aon, yang mirip - mirip dengan sihir runes. Nah, kalau kamu dianugerahi kemampuan membuat Aon, apa nama Aonmu dan apa fungsinya?" 

2. Jangan lupa kasih alamat email di bawah jawaban ya.

3. Silakan share GA ini di sosmed dan kasih juga linknya di kolom komentar. Cukup sekali aja guys :).

4. GA ini hanya untuk peserta dengan domisili di Indonesia

5. GA berlangsung mulai tanggal 29 Februari - 7 Maret 2016

6. Satu pemenang akan ditentukan dari partisipan yang nama Aon dan fungsinya paling unik. Sementara satu pemenang lagi akan ditentukan secara random

7. Keputusan terkait GA dan pemenang tidak bisa diganggu gugat.

Yuk ditunggu partisipasinya :D

34 komentar:

  1. Nama: ula
    email: sedangdibuat@gmail.com
    link share: https://twitter.com/chiipurai/status/704184902627889152

    "Elantris memiliki sistem sihir bernama Aon, yang mirip - mirip dengan sihir runes. Nah, kalau kamu dianugerahi kemampuan membuat Aon, apa nama Aonmu dan apa fungsinya?"

    nama Aonnya Raa yang adalah Aon membaca. Agar bisa baca dalam berbagai tulisan dan bahasa.

    BalasHapus
  2. Nama: Rozi
    Domisili: Bojonegoro
    E-mail: marcinhauchiha@gmail.com
    Link share: https://mobile.twitter.com/marcinhauchiha/status/704199270925258

    "Elantris memiliki sistem sihir bernama Aon, yang mirip - mirip dengan sihir runes. Nah, kalau kamu dianugerahi kemampuan membuat Aon, apa nama Aonmu dan apa fungsinya?"

    jawaban: "nama Aonku Gerlandine Ryuse , fungsinya bisa mengendalikan fikiran. agar semua fikiran buruk bisa menjadi berfikir positif berkat sihir Aonku. damai itu indah :)

    BalasHapus
  3. "Elantris memiliki sistem sihir bernama Aon, yang mirip - mirip dengan sihir runes. Nah, kalau kamu dianugerahi kemampuan membuat Aon, apa nama Aonmu dan apa fungsinya?"

    Nama Aon: Noor
    Sesuai namanya yg berarti cahaya, dengan kekuatannya (cahaya) Noor memiliki fungsi bisa melacak dan mencari keberadaan sesuatu, baik itu benda atau orang.

    email: auliyati.online@gmail.com
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/704201945628565504

    BalasHapus
  4. Nama: Vinia Dayanti
    E-mail: viniaww@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/viniapurba/status/704214861484437505

    "Elantris memiliki sistem sihir bernama Aon, yang mirip - mirip dengan sihir runes. Nah, kalau kamu dianugerahi kemampuan membuat Aon, apa nama Aonmu dan apa fungsinya?"

    Jawaban:
    Nama Aon ku adalah Teo “The Aon for Learning” fungsinya untuk mencerdaskan diri dan mencerdaskan orang-orang dan kalo bisa mencerdaskan kehidupan bangsa (hehe), karena belajar itu adalah proses sepanjang hayat dan dengan belajar ilmu kita bakal nambah dan atittude kita pun makin terpelajar.

    BalasHapus
  5. Nama: Fatma Dyah Savira
    Email: fatmadyahsavira@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/kopatyf/status/704234821422219264

    "Elantris memiliki sistem sihir bernama Aon, yang mirip - mirip dengan sihir runes. Nah, kalau kamu dianugerahi kemampuan membuat Aon, apa nama Aonmu dan apa fungsinya?"

    Jawaban: Nama Aonku nanti хуулбар (khuulbar). Fungsinya, sesuai namanya, adalah untuk mengkopi kemampuan lain secara temporer. Jadi semisal butuh menerjemahkan sesuatu agar bisa dipahami, Aon saya bisa membantu. Lalu nanti berubah lagi dengan fungsi lain, dan begitu seterusnya. Simpel dan memudahkan hidup :)

    BalasHapus
  6. Kalau aku punya kemampuan membuat Aon, namanya adalah 'dyr' yang berfungsi untuk membuka portal ke tempat mana saja yang kita inginkan.

    email: heryanisyafitri@gmail.com
    link share: https://twitter.com/hersyuuu/status/704228151019204608

    BalasHapus
  7. Nama Aon : Anim
    Fungsi Aon : Untuk bisa berbicara dengan hewan apapun. It's always be my dream to be able to talk to animals. Jadi bisa beneran temenan sama hewan apapun. Bisa bantu mereka kalo mereka kesusahan atau kalau mereka sedang sakit bisa lebih gampang tanya2 sakitnya.

    Nama: natsu
    email: kuachank@gmail.com

    share FB : https://www.facebook.com/natsu.mame/posts/10154057996594170
    share Twitter : https://twitter.com/kuachank/status/704309395862073344

    BalasHapus
  8. Hmm, apa ya? Mungkin 'Husaa', fungsinya untuk memberikan sensasi tenang pada orang lain, demi mengatasi masalah baper di kalangan remaja putri yang sedang merebak akhir-akhir ini.

    fatiahnurmadina@ymail.com | https://twitter.com/Fatiah_NM/status/704320314486853632

    BalasHapus
  9. Syn.
    Kata ini seirama dengan Shin/Syin. Dalam huruf Ibrani, seperti yang saya kutip dari Wikipedia (https://id.wikipedia.org/wiki/Syin_(huruf_Ibrani)) artinya adalah 'tajam' dan salah satu makna yang dicantumkan dalam kamus bahasa Korea, salah satu artinya adalah 'supreme intelligence' (karena makna yang lainnya cenderung berat^^v). Jadi saya ingin fungsinya Aon-nya sebagai alih bahasa dengan akurasi yang mendekati tepat, bahkan lebih tepat dari Google Translate.

    Email: deena(dot)rosalina(at)gmail(dot)com
    Share Twitter: https://twitter.com/DEENAmond/status/704319203164168192

    BalasHapus
  10. Nama: Farah

    E-mail: farahfar311@gmail.com

    Share: https://mobile.twitter.com/farahfar/status/704493580761477120

    Aonku bernama "Diana.", diambil dari nama Dewi Romawi untuk perburuan. Fungsinya adalah untuk berburu, baik berburu hewan ataupun memburu orang yang membahayakan nyawa pemiliknya. Fungsinya defender sekaligus attacker, tetapi fungsi yang aktif di siang hari lebih ke defender, sedang fungsi attacker (yang memerlukan tenaga lebih banyak) lebih aktif pada malam hari, terlebih pada malam-malam purnama.

    BalasHapus
  11. Nama : WHella Nurlela
    email : whelladwinurlela@gmail.com
    link shareb : https://twitter.com/whella_ND/status/704603275610329089

    Nama Aon : Aylward. yang berarti berbudi tinggi.
    kemampuannya dapat menembus waktu, dapat kembali kemassa lampau memperbaiki perkara penyebab timbulnya peperangan (wars) dan dapat membantu para pendahulu untuk berperang. dan mereka tidak akan hancur.
    dan dapat meninjau massa datang agar golongan mereka tidak akan hancur lagi. Alyward pun hidup tenang

    BalasHapus
  12. Nama : Pida Alandrian
    Email : shafrida.alandrian@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/704681845758128128

    "Elantris memiliki sistem sihir bernama Aon, yang mirip - mirip dengan sihir runes. Nah, kalau kamu dianugerahi kemampuan membuat Aon, apa nama Aonmu dan apa fungsinya?"

    Aku akan memberi nama : Etris
    Fungsinya: mempunyai kemampuan untuk mmemanggil benda-benda yang diinginkan oleh si pemanggil dan benda-benda itu akan langsung mendekati si pemanggil .
    dan aku akan memafaatkan Etris aku ini untuk memanggil Novel Elantris yg sedang berlangsung di blognya mbak Ren supaya memilih aku sebagai pemenangnya (hehehe) dan langsung mendekati aku ketika aku memanggil namanya ELANTRIS... ELANTRIS... ELANTRIS..

    (Nah kan... Elantrisnya berbelok ke arahku... )
    HEHEHE
    *Semoga berkenan dengan jawabanku ;)

    Sekian.
    Salam Pida Alandrian.

    BalasHapus
  13. Nama: Eni Lestari
    Email: shinra2588@yahoo.com
    Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/704836355973447681

    "Elantris memiliki sistem sihir bernama Aon, yang mirip - mirip dengan sihir runes. Nah, kalau kamu dianugerahi kemampuan membuat Aon, apa nama Aonmu dan apa fungsinya?"

    Saheela / Sahila dalam bahasa Hindu yang artinya pemandu. fungsinya sebagai penunjuk arah ketika tersesat, baik secara harafiah maupun kiasan. misalnya ketika gak tau jalan atau lagi hilang arah dalam memutuskan sesuatu :)

    BalasHapus
  14. nama: devita
    email: devitaretno@gmail.com
    link share: https://www.facebook.com/cyrills.garage
    aon sy yaitu effyis . dalam bahasa yunani sesuai kamus bahasa yunani di google artinya dalam bahasa inggris: brilliant, bright, glorious, splendid, radiant, refulgent.
    gunanya untuk menerangi pikiran yang gelap,tumpulnya ilham, akal sehat dan kebodohan.

    thanks mb ren :)

    BalasHapus
  15. Udah lihat ini dari lama tapi ya langsung jiper pas liat tebalnya haha. Tapi begitu baca review kak Ren.... IH KOK KAYAKNYA SERU BANGET SIHHH!!!
    Masukin WL deh. Tapi sebelumnya jelas aja ikutan GA dulu, siapa tahu beruntung. XD

    "Elantris memiliki sistem sihir bernama Aon, yang mirip - mirip dengan sihir runes. Nah, kalau kamu dianugerahi kemampuan membuat Aon, apa nama Aonmu dan apa fungsinya?"

    Reor.
    Fungsinya buat bantu saya ngetik. Jadi saya tinggal mikir apa yang pengen ditulis, nggak perlu gerakin jari atau ngucapin apa pun, dan dia bakal langsung nulis apa yang saya mau. Mirip pena bulu Rita Skeeter di HarPot itu. Tapi yang ini lebih kekinian dan ramah lingkungan (karena ga butuh kertas dan cuma perlu komputer). Yang jelas tujuannya satu: SUPAYA MESKI LAGI MALAS SAYA TETAP BISA NULIS (ntah nulis cerita atau uhukskripsiuhuk). Bahkan sambil tidur, guling-guling, di jalan, ngeden, dsb saya tetep bisa nyatet ide saya tanpa bakal lupa. IMPIAN BANGET! HAHAHA!!!

    Btw, mungkin di masa depan alat kayak gini bukan impian lagi. Pernah baca semacam beritanya sih, tapi yah ntah kapan kan. Sekarang ngimpi dulu pakai sihir Aon bikinan Sanderson. Toh nggak ada batasan sihir itu dimaksudkan dipakai di Arelon apa bukan. :p

    Nama: Wardah
    Twitter: @bungaoktober_
    Link share: https://twitter.com/bungaoktober_/status/704916080637177856

    BalasHapus
  16. Nama Aon: Gawei

    Fungsi: menjauhkan pembuat Aon dari kemungkinan diganggu oleh orang lain

    Sangat cocok digunakan untuk mereka yang sedang tidak ingin diganggu atau yang sedang mentjari ketenangan atau kesendirian.

    Kekurangan:
    1) Tidak bisa digunakan pada orang lain
    2) Sebelum Aon tersebut dinonaktifkan, selamanya orang yang membuat/memakai Aon ini akan terus diabaikan oleh orang lain
    3) Bisa dimanfaatkan untuk kejahatan-kejahatan seperti pencurian atau pemanfaatan sumber daya tanpa batas, semisal seorang kutu buku ingin membatja buku dengan tenang di toko buku tanpa diganggu oleh tatapan pramuniaga yang mengatakan, "Membuka segel berarti membeli!"

    Seandainya terjadi hal yang tidak diinginkan, semisal Aon tersebut keras kepala tidak mau dihapus, maka bergeraklah ke air yang mengalir. Air yang mengalir menimbulkan bunyi yang dapat melunturkan fungsi daripada Aon tersebut.

    Para pengusaha juga dihimbau untuk memasang minimal aquarium, yang menggunakan siklus air gerak berputar (?), guna mengantipasi mereka-mereka yang berniat jahat menggunakan Gawei.

    surel: reatheryan [at] gmail [dot] com
    tautan: https://www.facebook.com/prince.junie/posts/10206065226725826

    BalasHapus
  17. Nama : Dwi Setianto
    E-mail : dwisetianto123@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/Dwi_Setianto/status/705164898183966720

    Jawaban :
    Nama Aon : Kho-Lor (KOH-lowr)
    Deskripsi : Aon Kho-Lor ini berarti karet atau bisa juga menunjukkan sifat benda yang bisa mulur (?). Rune ini (gambar rune: https://twitter.com/Dwi_Setianto/status/705169155943563264 ), berfungsi untuk mengubah susunan materi suatu benda menjadi karet. Jadi, jika Sang Alkemis bisa mengubah logam menjadi emas, Kho-Lor bisa mengubah benda target menjadi berbahan karet. Tetapi Kho-Lor tidak bereaksi pada makhluk hidup dan benda cair, kan bisa runyam kalau tiba-tiba Danau Toba berubah menjadi kasur atau trampolin raksasa.
    Rune ini biasa digunakan ketika bertarung atau berperang, ketika sedang bertarung dan keadaan tidak menguntungkan, tidak ada salahnya untuk mengubah senjata lawan menjadi karet, pedang berbahan lunak tentu tidak akan mampu menggorok lehermu. Efek rune ini hanya bertahan selama 7 jam. Bagi para pengelana yang tak punya bantal, ubah saja sebuah batu lebar menggunakan Aon Kho-Lor.
    Kau pasti mengira, nama Aon ini mirip nama karet pada celana pendek. Memang. Awalnya karena aku membaca glossarium Elantris dan menemukan banyak istilah maupun nama Aon yang mirip kata-kata berbahasa Jawa, seperti Dor, Edan, Kae, Kie, Sule (eh, ini sih nama artis yak), dan Teo. Terus malah kepikiran kolor (di kampungku, celana pendek disebut kolor, untung bukan kolor ijo XD ).

    Terima kasih.

    BalasHapus
  18. Nama: Priskila Indah Sekar
    Email: indahsekarmustika@gmail.com
    Link shared: https://mobile.twitter.com/PrizkaIndah/status/705235122593792000

    Kalo dianugerahi kekuatan untuk membuat AON aku akan memberi nama Aon ku יְהִי אוֹר (yehiy 'or) yang artinya jadilah terang. Fungsinya mirip dengan mantra lumos, yaitu menciptakan benda terang kecil seperti api menyala namun tidak memiliki efek membakar benda-benda. Cocok digunakan saat mati lampu, jadi tetep bisa membaca buku walau keadaan sekeliling gelap. Atau waktu tersesat di tempat gelap, jadi tidak perlu bingung mencari senter.

    Terimakasih untuk GA nya ^^

    BalasHapus
  19. Nama: Lisa Karunia
    Email: lisakarunia15@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/lisaksara/status/705244543994597376

    "Elantris memiliki sistem sihir bernama Aon, yang mirip - mirip dengan sihir runes. Nah, kalau kamu dianugerahi kemampuan membuat Aon, apa nama Aonmu dan apa fungsinya?"

    Nama Aon : Chobadulo (Chobaa-duloo)
    Fungsi : Aon ini berfungsi jika kita ingin melakukan simulasi dari kegiatan yang ingin kita lakukan. misal jika kita akan ujian maka kita bisa melakukan simulasinya dulu untuk mengetahui apa hasil yang akan kita dapat dengan persiapan kita saat itu. Atau ketika kita tersesat dan bertemu monster, kita bisa tahu apa yang akan terjadi jika kita menyerangnya dengan menggunakan Aon ini terlebih dahulu. Aon ini hanya dapat digunakan sekali dalam lima purnama. batas waktu sekali pemakaian Aon ini adalah 12 jam. Dan jika kita menggunakan Aon ini lebih dari 12 jam, maka kita akan terperangkap umur kita akan berjalan mundur dan akan terus mundur sampai dianggap tak pernah ada di dunia karena sekali terperangkap, kita tak akan pernah bisa keluar dari dunia simulasi.

    BalasHapus
  20. Nama: Nyi Penengah Dewanti
    Domisili: Kendal
    E-mail: nyipenengahdewanti@gmail.com
    Link share:https://twitter.com/NyiPenengah/status/705269421443522560

    "Elantris memiliki sistem sihir bernama Aon, yang mirip - mirip dengan sihir runes. Nah, kalau kamu dianugerahi kemampuan membuat Aon, apa nama Aonmu dan apa fungsinya?"

    Jawab : Aku kasih nama, "Houkwai" dari bahasa Canton artinya: pintar. Jadi kekuaran dia bisa menggetahui letak niat seseorang, apakah emang baik atau buruk. Jika buruk akan dibelokkan jadi baik. Jika sudah baik akan tetap dijaga kebaikannya

    Thanks Kak ^_^

    BalasHapus
  21. Nama: Marchel Sudharsono
    email: marchel.sudharsono@yahoo.com

    nama aon: chruthachadh yang artinya menciptakan.
    Deskripsi: aon ini berfungsi untuk menciptakan sesuatu dari bahan-bahan yang ada di sekitar. Energi dari makhluk sekitar diserap, dan diubah jadi suatu benda.

    BalasHapus
  22. Pertanyaan

    “Elantris memiliki sistem sihir bernama Aon, yang mirip-mirip dengan sihir runes. Nah, kalau kamu dianugerahi kemampuan membuat Aon, apa nama Aon-mu dan apa fungsinya?”

    Jawaban:

    Aku mikir keras untuk Aon yang sekiranya aku miliki. Banyak kemampuan yang menarik dan aku inginkan. Namun, setelah dipikirkan dengan masak-masak, akhirnya aku memutuskan memilih 2 Aon ini saja. Aku pilih 2 Aon ini karena suka keduanya dan bingung pilih yang mana :)

    1. Nama Aon : Tra-Tre

    Aon ini berfungsi memberikan kekuatan/kemampuan kepada pemilik/penggunanya untuk mengubah sampah menjadi pohon.
    Nama Tra-Tre sendiri gabungan dari kata Trash-Tree (Sampah-Pohon). Memikirkan kekuatan Aon aku teringat kekuatan dalam manga “The Law of Ueki”. Menurutku kemampuan ini yang paling unik, paling berguna, dan sungguh luar biasa yaitu mengubah sampah yang di tangan menjadi pohon. Aku anti melihat sampah menumpuk di mana-mana, apalagi sampah yang susah didaur ulang (plastik). Aku sering kesal melihat orang buang sampah sembarangan, sedih melihat sampah yang menggunung. Jadi memiliki Aon dengan kemampuan mengubah sampah menjadi pohon sangat berguna untuk menyelamatkan lingkungan dan bumi kita tercinta. Syarat Aon ini tentu saja harus ada sampah dan harus memiliki tanda (lambang) di kedua telapak tangan. Lambang (rune) nya berbentuk seperti lambang recycle dengan modifikasi mirip simbol rune.

    2. Nama Aon : Peat-Re

    Aon ini berfungsi untuk mengulang kejadian atau sesuatu.
    Nama Peat-Re berasal dari kata REPEAT (ulang) yang diubah susunan hurufnya. Kemampuan repeat ini adalah kemampuan untuk mengembalikan keadaan benda/kejadian beberapa waktu sebelum keadaan/kejadian sebelumnya. Lama waktu yang bisa diulang tergantung kehebatan sang pemilik Aon.
    Contoh penggunaan kekuatan. Misal ada vas bunga yang pecah, dengan Aon Peat-Re vas tersebut dapat dikembalikan ke bentuk utuh sebelum pecah. Atau ketika sedang dalam perjalanan tiba-tiba ditabrak kereta kuda. Dengan Aon Peat-Re kita bisa balik 5 menit sebelum kejadian untuk menghindari tabrakan kereta kuda tersebut.
    Aon Peat-Re tergantung kemampuan sang pengguna, semakin hebat pengguna maka waktu yang bisa diulang semakin banyak. Namun, waktu yang bisa diulang tidak akan pernah bisa lebih dari 1 hari (24 jam). Namun, kelamahan penggunaan Aon ini adalah semakin sering dipakai maka semakin berkurang pula umur yang kita miliki. Oleh karena itu, penggunaan Aon ini tidak bisa sembarangan, harus dengan perhitungan yang matang.

    Wah, panjang ya. Aku jadi terbawa imajinasi untuk memiliki Aon. Hehehe...

    Btw, terima kasih banget untuk GA-nya.


    Nama : M. Sulhan Habibi
    Email : soulhahnmail@gmail.com
    Link share ; https://twitter.com/SulhanHabibi/status/705378813564157952

    BalasHapus
  23. nama aon : darvoza (gerbang dalam bahasa uzbek)
    sesuai artinya, darvoza berfungsi sebagai pintu gerbang yang membuatku bisa melarikan diri atau pergi kemana saja yang aku inginkan. entah itu ke berbagai tempat nyata di belahan bumi mana pun, atau dunia yang hanya ada di buku cerita (asal aku sudah membacanya, dan bisa detail membayangkan bagaimana keadaan dunia tersebut)

    email : dabelyu_phi@yahoo.com
    share : https://twitter.com/DabelyuPhi/status/705215891827339265

    BalasHapus
  24. Nama: Maulana Ibrahim
    Email: alan_1410@yahoo.co.id
    Link share: https://www.facebook.com/ans03/posts/10205960215224478?pnref=story

    Question :
    "Elantris memiliki sistem sihir bernama Aon, yang mirip - mirip dengan sihir runes. Nah, kalau kamu dianugerahi kemampuan membuat Aon, apa nama Aonmu dan apa fungsinya?"

    Answer :

    Aon Eho
    "Reflect, Follow"

    Digunakan oleh para musician untuk melipatgandakan efek tertentu dari musik yang mereka mainkan. Biasanya diukir disalah satu bagian dari alat musik yang dimainkan. Dengan aon ini, seorang musician dapat mengontrol emosi pendengarnya sehingga pendengar merasa hanyut oleh rasa gembira, sedih, marah atau semangat yang dilantunkan oleh musik.

    Aon ini beresonansi kuat dengan nada dan suara untuk mengaktifkannya. Termasuk jenis aon yang kompleks, karena tingkat kekuatan sihirnya ditentukan oleh seberapa baik musik dimainkan, pilihan nada tertentu dan kemampuan bernyanyi seseorang. Menurut legenda, terdapat seorang pemain harpa cantik yang mampu mengendalikan seseorang untuk menuruti permintaannya dengan petikan harpa dan suara merdunya. Rumor mengatakan terdapat simbol Aon Eho dibagian bawah harpa.

    Origin :
    Terinspirasi dari charmspeak-nya Piper McLean digabung sama Siren, Muse, dan Succubus. Etimologinya plain banget, berasal dari kata echo yang diserap kedalam bahasa Aonic sesuai petunjuk om Sanderson (dua vowel satu konsonan). Echo sendiri artinya 'pantulan suara' atau 'suara yg mengikuti'.

    Thanks atas GA-nya. Thanks juga karena udah memperkenalkan novel yang luar biasa ini. Gw langsung jatuh hati! :D

    BalasHapus
  25. ayaseyis@gmail.com
    https://twitter.com/RizAnNie88/status/705635350215929856

    Nama AON ku adalah Maraville yg berarti keajaiban/mukjizat.
    Fungsinya adalah untuk mengendalikan air, bisa bernafas dan bergerak bebas didalam air, juga sebagai penyembuh luka.

    Terima Kasih ^_^

    BalasHapus
  26. Siti Aminah
    Saminahz@yahoo.com
    https://twitter.com/Siti7Aminah/status/705965202676658176

    Nama AON ku adalah 'You' fungsinya menyadarkan orang dengan menjadi orang itu sendiri, jadi berasa ngomong sama diri sendiri gitu deeh.

    Thanks

    BalasHapus
  27. Nama: Rizky
    Email:
    SeptianaRizky2209@gmail.com
    Link: https://mobile.twitter.com/WizkyRizky/status/706726920701005824?p=v


    "Elantris memiliki sistem sihir
    bernama Aon, yang mirip - mirip dengan
    sihir runes. Nah, kalau kamu dianugerahi kemampuan membuat Aon, apa nama Aonmu dan apa fungsinya?"

    Nama Aon : Okuphindaphinda
    (Zulu: pengganda)
    Fungsi: Sesuai artinya, Aon ini
    berfungsi untuk menggandakan
    benda atau barang. Kalau
    punya aon ini, mau
    menggandakan uang buat beli
    novel sebanyak banyaknya dan
    melakukan santunan anak
    yatim :v
    Ga deh, cukup menggandakan
    novel Elantris aja terus buat
    Giveaway tanpa limit
    pemenangnya, jadi semua yg
    ikutan bisa dapet dan
    semuanya ikut senang :D

    BalasHapus
  28. Nama: Lina Riyanty
    Email: lina.riyanty@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/arynity/status/706770026095710209

    Jawabannya pada bagus-bagus, bikin bingung mau punya kekuatan yang sama.
    Nama Aon saya adalah Tá súil (dari bahasa Irish/gaelic) yang artinya harapan.

    Aon ini bisa mengabulkan keinginan apa saja dalam hidup kita. Tapi Aon ini hanya bisa berfungsi sekali dan satu-satunya hal yang tak bisa dikabulkan oleh Aon Tá súil adalah menghidupkan mereka yang telah tiada. Namun Aon Tá súil tidak berfungsi untuk hal-hal negatif atau sesuatu yang bersifat jahat, seperti menghilangkan nyawa orang, dll.

    Jadi seandainya ingin mengulang waktu dan balik ke masa lalu untuk memperbaiki keadaan di masa sekarang, bisa menggunakan Tá súil. Ada orang yang tercinta seperti keluarga kena sakit mematikan yang belum ada obatnya bisa menggunakan Tá súil. Mengakhiri konflik perang antar negara pun bisa. Pokoknya apa pun bisa kecuali membangkitkan mereka yang telah tiada.

    Mengapa hanya bisa sekali? Agar setiap orang bisaksana dalam menggunakan harapan mereka.

    BalasHapus
  29. nama aon : darvoza (gerbang dalam bahasa uzbek)
    sesuai artinya, darvoza berfungsi sebagai pintu gerbang yang membuatku bisa melarikan diri atau pergi ke tempat mana saja yang aku inginkan. entah itu ke berbagai tempat nyata di belahan bumi mana pun, ataupun dunia yang ada di dimensi berbeda (asal setidaknya aku mengetahui lokasi dunia tersebut, sehingga aku bisa menyebutkan nama tempatnya saat aku akan membuka darvoza).

    email : dabelyu_phi@yahoo.com
    share : https://twitter.com/DabelyuPhi/status/705215891827339265

    BalasHapus
  30. Nama : Daisy
    Email : Stupidliar367@gmail.com
    Link share :
    https://twitter.com/Daisy_skys/status/706812318022135808

    "Elantris memiliki sistem sihir bernama Aon, yang mirip - mirip dengan sihir runes. Nah, kalau kamu dianugerahi kemampuan membuat Aon, apa nama Aonmu dan apa fungsinya?"

    Aonku namanya Xhole . Fungsinya Teleportation. Yaitu kekuatan untuk berpindah tempat dalam waktu yang ditentukan oleh pemilik kekuatan.

    Kalau hal semacam itu benar benar ada di dunia nyata pasti nggak ada kata terlambat ke suatu tempat . Irit ongkos , mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan polusi dan pastinya bisa mengurangi global warming * Ngelantur *

    BalasHapus
  31. Nama : Hari
    Email : Harikunfcky123@gmail.com
    Link share :
    https://twitter.com/AriKun7/status/706813951133110272

    "Elantris memiliki sistem sihir bernama Aon, yang mirip - mirip dengan sihir runes. Nah, kalau kamu dianugerahi kemampuan membuat Aon, apa nama Aonmu dan apa fungsinya

    Aonku namanya Chron . Fungsinya untuk mengendalikan waktu ( Time Controller ) . Kan asik kalau bisa mengendalikan waktu bisa nge- pause , nge - play sesukanya kaya nonton dvd . Bahkan bisa memutar ulang waktu . Seandainya hal itu ada di dunia nyata .

    BalasHapus
  32. Nama : Desi
    Email: dessywinsy@yahoo.com
    link Share :
    https://twitter.com/dessywinsy/status/706828713560702976
    "Elantris memiliki sistem sihir bernama Aon, yang mirip - mirip dengan sihir runes. Nah, kalau kamu dianugerahi kemampuan membuat Aon, apa nama Aonmu dan apa fungsinya
    Aonku namanya Sakka - writer dalam bahasa jepang
    Fungsinya untuk membantu pemakainya menulis.
    kalau pemakainya membuat novel maka rune Aon ini akan membantunya membuat characters yang unik & world building yang gak kalah keren dengan novel Elantris
    Kalau pemakainya seorang jurnalis maka tulisannya akan membuka mata dunia

    BalasHapus
  33. Ingin membuat Aon yang berfungsi untuk memperbaiki , namanya reFairy. Jadi kalau aku punya reFairy yang fungsinya 11/12 kayak ibu peri inikan beruntung banget hidupku. Kalau ada benda rusak bisa diperbaiki,hemat biaya. Kalau rumah berantakan bisa diperbaiki,hemat tenaga. Kalau hatiku lagi retak pun mungkin bisa diperbaiki sama si'reFairy ini . ° dewiiayuningsih@gmail.com | ° https://mobile.twitter.com/DewiiaeyuN/status/706766782015508480

    BalasHapus
  34. Berhubung sekarang mulai memasuki musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Ada sebagian daerah yang masih kekeringan dan sulit air bersih, aku terpikir untuk menciptakan Aon Jhan-Dheres.
    Aon Jhan-Dheres ini berfungsi untuk menurunkan hujan. Dari intesitas ringan atau lebat tergantung pada kemampuan si pengguna ini. Bila penggunannya memiliki kemampuan sihir yang hebat, dia bisa mengontrol intensitas hujan yang diciptakan dari Aon Jhan-Dheres ini. Namun, Aon ini tak bisa digunakan oleh sembarang orang. Perlu beberapa latihan agar air hujan yang dihasilkan bisa diatur intensitasnya dan waktu berhentinya. Jangan sampai alih-alih ingin membantu daerah kekeringan, malah banjir bandang yang tercipta XD


    Link Share: https://twitter.com/annisapott/status/706857846604861440
    Email: annisasuci09@gmail.com

    Terimakasih MbaRen kesempatannya.

    BalasHapus

Saya menghargai setiap komen/opini yang diberikan. Silakan untuk tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)
Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).
Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.
Terimakasih sudah mau mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog saya :).


I value your comment/opinion. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.
I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).
Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.
Thank you for your visit and comment :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)