Kamis, 30 Januari 2014

Review : The Cuckoo's Calling oleh Robert Galbraith



Judul : Dekut Burung Kukuk
Judul Asli : The Cuckoo's Calling
Pengarang : Robert Galbraith
Penerjemah : Siska Yuanita
Bahasa : Indonesia
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tebal :  517  halaman
Diterbitkan pertama kali : Desember 2013

Format : Paperback
Target Pembaca: Dewasa

Serial : Cormoran Strike, buku ke-1
Genre : Misteri
Web Pengarang : Click Here
Beli di : Bukukita, Bukabuku


Sinopsis :


Ketika seorang supermodel jatuh dari ketinggian balkon di Mayfair yang bersalju, polisi menetapkan bahwa ini kasus bunuh diri. Namun, kakak korban meragukan keputusan itu, dan menghubungi sang detektif partikelir, Cormoran Strike, untuk menyelidikinya.

Strike seorang veteran perang yang memiliki luka fisik dan luka batin. Hidupnya sedang kisruh. Kasus ini memberinya kelonggaran dalam hal keuangan, tapi menuntut imbalan pribadi yang mahal: semakin jauh dia terbenam dalam kasus ini, semakin kelam kenyataan yang ditemuinya---dan semakin besar bahaya yang mengancam nyawanya...


 Review



Sungguh celaka orang yang cacat celanya menjadi ikut terkenal karena ketenarannya...


Saya masih ingat. Saat itu bulan Juli, dan dunia literatur terkejut, terpana saat tahu J.K.Rowling, salah satu pengarang yang sukses menghipnotis dunia dengan si bocah yang selamat dari penguasa Kegelapan, Harry Potter, ternyata diam - diam menulis novel setelah The Casual Vacancy. Saya masih ingat, tidak ada yang menyangka bahwa novel karya Robert Galbraith, yang dikira adalah penulis debut, nyatanya adalah buah karya sang maestro yang jelas - jelas bukan amatir. Dan saya masih ingat, betapa saya lebih tertarik pada The Cuckoo's Calling ketimbang The Casual Vacancy, karena dasarnya saya memang penyuka cerita misteri.

Mungkin banyak yang bertanya - tanya "heh? J.K.Rowling menulis cerita detektif? Memang bagus?". Hmpfh, kalau mengaku fans beliau dan membaca Harry Potter, seharusnya tahu kalau JKR itu piawai dalam menulis cerita misteri (atau whodunnit. Silakan baca FAQs di site Robert Galbraith). Masih ingat kan saat kita mengetahui siapa yang membuka Kamar Rahasia dan saat Tom Marvolo Riddle mengungkapkan siapa dia sebenarnya? Masih ingat kan saat kita tahu bahwa bukan Sirius Black yang mengkhianati orangtua Harry, melainkan Peter Pettigrew? Dan, tentu saja masih ingat kan, saat JKR dengan sukses "mengadali" pembaca selama 7 buku, bahwa Snape itu sejak awal berada di sisi yang baik, bukan di sisi Voldemort yang selama ini pembaca kira? Tentunya masih ingat dong dengan dialog "After all this time? " "Always." itu yang selalu sukses bikin saya menitikkan air mata tiap nonton filmnya.

Jadi, JKR menulis cerita misteri sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Tapi... menarik untuk melihat setting yang beliau ambil, yaitu dunia manusia biasa. Tanpa sihir, tanpa makhluk - makhluk ajaib, tapi tetap saja mampu menyihir pembacanya :D


Barangkali akan membantu kalau mengingat kembali hal - hal yang telah lampau



Saya tidak akan menceritakan kembali apa yang terjadi di The Cuckoo's Calling, karena saya ingin agar pembaca membaca dan menginterpretasikannya sendiri :). Saran saya satu, buang jauh - jauh Harry Potter! Jangan bandingkan The Cuckoo's Calling dengan Harry Potter sedikitpun, karena kalau kamu sudah berharap, maka bakalan kecewa. Dan juga, bersabarlah. Kisah Cormoran Strike tidak seperti Robert Langdon yang seorang ahli bahasa dengan petualangan penuh aksi. Pun dia bukan Sherlock Holmes yang seorang high functioning sociopath. Cuckoo's Calling sebenarnya tidak hanya tentang misteri yang meliputi kasus bunuh diri Lula Landry, supermodel yang jadi korban. Tapi kisah kehidupan Cormoran Strike. Hmm, jarang - jarang kan sebuah kisah detektif yang bener - bener menceritakan tentang detektifnya dengan detai, bukannya hanya trivia disana, trivia disini.
Captain Haddock

Dengan menjadi Robert Galbraith, maka JKR bisa leluasa lepas dari novel - novel terdahulunya dan mengeksplorasi Cormoran Strike dengan sepenuhnya. Beberapa ciri khas JKR masih terlihat, seperti membuat tokoh utama yang terkesan "jelek" (tapi jadi guanteng kalau difilmkan :p). Cormoran yang tinggi kekar, tapi perutnya sedikit buncit, dan manusia bulu plus brewokan ini, jadi ngingetin saya sedikit sama Hagrid :D. Walau dalam bayangan saya, mau ngga mau saya mikir kalau Cormoran ini mirip Captain Haddock di Tintin, soalnya deksripsinya memang mirip. Uniknya, disini Galbraith sering membahasakan Cormoran dengan "Strike", alih - alih memakai nama kecilnya.

Robert Galbraith tidak terburu - buru dalam membuka lapisan demi lapisan misteri kasus Lula Landry, melainkan mengajak kita duduk dan mengamati penyelidikan Cormoran dengan seksama. Sama seperti Cormoran, kita diberi fakta, alibi, pendapat beberapa orang yang dekat dengan Lula, baik dari keluarganya, koleganya, dan orang - orang disekitarnya. Disinilah prinsip cerita dari segi "aku, kamu, dan kebenaran yang ada diantaranya" digeber habis - habisan oleh Galbraith. Kita akan dibuat gemas, penasaran apakah si Lula memang bunuh diri, atau justru seperti sang kakak, John Bristow, bilang ada yang membunuhnya dan membuatnya itu seperti bunuh diri. Gosip, bantahan, kisikan, informasi penting menghiasi buku ini. Semuanya berbelit bagai benang kusut, menunggu Cormoran untuk mengurainya menjadi satu kebenaran yang absolut.

Tapi, tidak hanya itu. Kita juga diajak untuk mengenal lebih dekat dengan Cormoran. Sang detektif partikelir (atau detektif swasta, atau istilah bahasa Inggrisnya itu P.I; Private Investigation) yang ternyata anak dari rocker ternama dan ibu seorang groupie, sehingga dia tidak asing dengan dunia ingar bingar tempat Lula berasal. Bagaimana Cormoran berusaha beradaptasi dengan kakinya yang tinggal satu dan terpaksa memakai prostetik. Bagaimana betapa sulitnya Cormoran melepaskan diri dari tunangannya, Charlotte, yang manipulatif. Interaksinya dengan keluarganya, Lucy, dan tentunya yang cukup membuat saya penasaran, apa yang sebenarnya terjadi antara Cormoran dengan sang ayah yang hanya disebut - sebut dalam cerita ini. Plus, sepertinya sebelum Charlotte, Cormoran ini punya kekasih bernama Tracey. Mungkin ini akan dibahas di buku selanjutnya ya. Salut pada Cormoran, alih - alih tenggelam dalam kesedihan dengan memakai narkoba (ibunya saja dulu pemadat), Cormoran menerima nasibnya dengan cukup lapang dada.

Every good detective need a partner or sidekick. Sherlock Holmes punya John Watson. Eve Dallas dari seri In Death punya Delia Peabody. Dan disini, Cormoran bertemu dengan Robin Ellacott yang menjadi sekretaris temporernya, awalnya terasa sebagai pengganggu tapi  akhirnya malah jadi aset yang berharga. Walau disini peran Robin cukup kecil, tapi bantuannya sangat besar dalam investigasi Cormoran, apalagi Robin (seperti saya) love a good mystery . Jika kamu mengharapkan adanya romansa berkembang di antara keduanya, silakan sama kecewanya dengan saya :P. Robin sendiri sudah tunangan, walau tunangannya sendiri tidak suka dengan Cormoran. Sedangkan Cormoran masih menata hatinya yang galau, seusai meninggalkan Charlotte. Walau memang tersirat kalau Cormoran peduli pada Robin, segi tunangan Robin ini membuat semacam "rintangan" buat keduanya. Tapi ah, kalaupun tidak ada romansa juga,saya ga mempermasalahkan sih. Memangnya cewek dan cowok ngga bisa berteman aja gitu? :P

Saya sangat senang saat tahu The Cuckoo's Calling diterjemahkan oleh Gramedia, karena nama Gramedia itu kan sudah jaminan mutu gitu. Apalagi keluarnya versi terjemahan juga cukup cepat. Walau begitu, ada banyak kata yang membuat saya terpana, menggeleng tak percaya, dan ngakak di akhir - akhir :)).

Yang pertama, saat membaca deskripsi rambut Cormoran yang diibaratkan jadi "Rambut Jembut". Nyaris kejengkanglah pas baca ini. Saya ngga menyangka istilah "jembut" ini bakal dipakai. Penasaran itu apa? Silakan lihat di bawah :




Kenapa saya mempermasalahkan? Di buku ini tidak ada keterangan "novel dewasa". Eh, tunggu dulu sebelum kalian bilang "masa anak - anak bakal baca ini?" Saya lalu teringat, anak Clara Ng yang masih usia belia aja, bacaannya sudah bacaan buku yang notabene konsumsi pembaca dewasa. Nah, gimana kalau ada anak SMP atau SMA baca ini ~.~ . Saya jadi bayangin percakapan di bawah...

Anak (A) : Ma, ini kata temen aku di sekolah dan di internet buku bagus
Mama (M) : Apa Nak? Oh, ini bukunya J.K.Rowling. Ini pengarang favorit Mama dulu, suka dengan Harry Potternya (ceritanya mamanya ini pecinta buku)

Dan lalu si anak pun membaca.. rupanya banyak sekali kata - kata yang dia tidak paham, dan sampailah dia pada pertanyaan :

A : Ma, jembut itu apa sih?
M : Emm apa ya Nak? Emm, err,. Itu... (kehabisan kata - kata)

Oke, ini saya cuma bercanda kok XD.  Dan setelah saya nanya - nanya, ternyata di versi aslinya rambut Cormoran memang dibilang "pube head", dan setelah saya google, memang ada. Cuma, pemakaian kata "jembut" disini rada boros aja sih. Jadi kayak double rambut gitu kan? #malahdibahas . Dan lucunya, setelah itu dipakai nama "rambut kemaluan". Yah rada ga konsisten.

Tapi memang banyak sekali kata - kata kasar di buku ini. Ini saya kasih tahu cuma sebagai informasi aja sih :P. Kata - kata kasar itu ada, pecun  (ini kejengkang lagi saya X)) ) ,lonte  (believe it or not, ada di KBBI), modar, kampret (ini umpatan yang kasar juga :P). Sebenarnya masih ada lagi, tapi mungkin ada yang ngga saya catat. Walaupun begitu, menurut saya terjemahannya sudah bagus dan banyak pilihan kata yang menarik. Selain itu juga terlihat beda gaya bahasa kalangan atas dan kalangan menengah ke bawah, terutama omongan orang kulit hitam di buku ini dengan gaya bicara slangnya.


Verdict

The Cuckoo's Calling adalah cerita detektif yang sebenarnya cukup klasik. Tidak ada konspirasi tingkat dunia, tidak ada serial killer yang berkeliaran ala Jack the Ripper, tidak ada pembunuhan super sadis. Tapi tetap saja si Kukuk ini memikat saya dari awal sampai akhir, karena Galbraith begitu piawai dalam menjalin kata - kata. The Cuckoo's Calling juga lebih dari sebuah novel detektif biasa, karena sebenarnya ia adalah novel tentang manusia, tentang ironi akan dunia gemerlap, bahwa banyak yang harus dibayar atas nama ketenaran . Penggemar J.K.Rowling maupun bukan, sayang sekali jika melewatkan novel yang sangat keren ini :).

Yang mati hanya bisa berbicara melalui mulut orang - orang yang ditinggalkan, dan melalui tanda - tanda yang terserak di belakang mereka

Trivia

Saya tertarik dengan nama tokoh utama buku ini yang unik, yaitu cormoran. Dan tahukan kamu, bahwa bukan nama itu saja yang unik? :D.


Nama Cormoran diambil dari nama burung Cormorant, disini dinamakan burung pecuk, yang merupakan burung laut. Selain itu nama ini diambil dari nama sebuah raksasa dari cerita rakyat di Cornwall, yang merupakan kampung halaman si tokoh utama! Cormoran juga adalah nama raksasa di cerita "Jack the Giant Killer"

Nama ibu Cormoran yaitu Leda, berasal dari mitologi Yunani. Dimana Leda adalah anak raja Aetolian, Thestius dan istri raja Sparta, Tyndareus. Zeus yang terpesona oleh kecantikannya, berubah menjadi angsa dan memerkosa Leda. Dari hubungan itulah terlahir wanita tercantik di dunia, yaitu Helen of Troy. 



Nama Robin, sudah pasti dari burung robin :D. Dan juga ini mungkin semacam guyonan, bahwa Robin adalah sidekicknya Batman, yang seorang detektif (selain superhero tentunya)

Dan, nama Bristow, walaupun bukan nama burung, Bristow adalah perusahaan transportasi udara. 

Link dari Vulture ini membeberkan 10 hal yang menghubungkan The Cuckoo's Calling dengan serial Harry Potter. Silakan klik link berikut : Harry Potter Clues in The Cuckoo's Calling


 Fantasy Cast

Baru beberapa bulan rilis saja, isu buku ini akan difilmkan saja sudah berseliweran. Hmm, kalau saya sih lebih memilih The Cuckoo's Calling ini dibuat jadi TV series saja, karena bakal banyak dipotong kalau jadi film. Di blog Mbak Fanda, beliau memilih Tom Hardy (yang guanteeeng itu :)) ) untuk jadi Cormoran Strike. Nah, saya punya pemikiran lain. Menurut saya, jika buku ini jadi difilmkan, pasti JKR ingin semua aktornya adalah orang Inggris asli. Tom Hardy itu British juga, tapi menurut saya, cowo ganteng di bawah ini cocok banget jadi Cormoran. Yeah, he's Richard Armitage! :D Pas banget kan jadi Cormoran yang brewokan, tapi tinggi dan kekar XD



Untuk Robin Ellacot yang tinggi semampai, seksi dengan rambut pirang kemerahan (alias strawberry blonde), walau saya yakin fans akan menominasikan Emma Watson ataupun Jennifer Lawrence, saya memilih Karen Gillan, yang relatif tidak terkenal, hehehe


Untuk yang lain, saya sih lumayan ngga ada gambaran. Di benak saya, Lula Landry itu kayak Chanel Iman, seorang supermodel yang juga berdarah Africa dan berkulit gelap. Ciara Porter, teman Lula mirip sama Lily Cole. Untuk John Bristow, saya malah kepikiran pemerannya Peter Pettigrew, gara - gara gigi kelincinya X)).  Dan bakal banyak aktor/aktris yang punya kulit gelap bakal dipake di film ini (kalau jadi dibuat film loh :D)


Guess the Santa 

 

 Nah, buku The Cuckoo's Calling ini kan adalah buku hadiah dari event Secret Santa 2013 yang diadakan sama BBI. Jujur sampai sekarang saya masih bingung siapa Santa saya. Ini saya salin kembali riddlenya :

Aku seperti serangga kecil, sangat kecil nyaris tak terlihat.
Aku tidak berada pada daun yang selalu dekat dengan dahan terbesar.
Jika kau tidak dapat menemukanku, carilah aku melalui jalur menyesatkan nan gelap yang dibuat Sang Ratu. Meskipun sulit, kau akan mendapat cahaya kemenangan jika tak gentar. Tak lupalah menemui Sang Penjaga. Jangan bertanya padanya, karena dia akan membuatmu bingung. Cukuplah kau perhatikan sosoknya.

Dan riddle tambahan dari Santa yang disampaikan melalui Oky :

Sang Ratu adalah pencipta. Sang Penjaga berasal dari tanah gersang yang dahulu subur. Tanah gersang itu yang sekarang semakin meluas. Sang Ratu memasukkan Sang Penjaga dalam salah satu ciptaannya.


Kata temen saya A.s.Dewi sih, ini kemungkinan member baru, dari kata serangga kecilnya. Dan lalu, saya blogwalking, dan nemu blog dengan gambar kepik yang adalah... blognya Afifah yaitu Lady Books. Tapiii... saya masih belum yakin juga. Karena riddlenya sangat bernuansa fantasy, maka saya mengira kalau Santa saya ini penggemar fantasy. Dan karena bukunya sendiri terlambat datang, dimana Santa pesan di Kutukutubuku yang terkenal lemotnya itu, saya pikir Santa jarang pesen online. Rempongnya, tidak ada keterangan domisili, sementara "tanah gersang yang dahulu subur dan semakin meluas itu" kayaknya banyak deh.  Jadi tebakan saya yang kedua adalah Han dengan blognya Buchtopia

Oke, itu beneran tebakan, karena saya emang ngga yakin. Saya nyerah, beneran ngga tahu siapa. Duh Santa, kasih tahu siapa dirimu dong? >__< 

EDIT : Ternyata santa saya bukan Afifah. Dan per tanggal 3 Februari ini, Santanya belum mengaku juga :(

Terimakasih banyak pada divisi Event yang sudah menghelat acara Secret Santa 2013. Terutama Oky yang mau direpotkan saya yang riwil karena buku belum datang dan juga Mia atas obrolan - obrolan di Whatsapp :)

Rating Cerita




51 komentar:

  1. Jadi belum yakin ya ren, aku nebak satu sih, tp lebih krena ga punya tsangka lagi :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hueh, ini dikiranya Kaskus XD .. Ternyata Xnya Kak Mute dan Santaku orang yang sama :P

      Hapus
  2. Hihihi boros kata seharusnya ngak usah pakai kata "rambut" ya Ren duh *ikut membahas* ...pengen ikut kejengkang jg ah baca buku ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Dion :D... ati - ati kejengkang pas baca nanti. Siap - siap KBBI yah :))

      Hapus
  3. hahaha itu riddle-nya santa udh bisa dibikin ide cerpen sih ren..aku baca berkali-kali aja gk ngerti kalo ada pesan tersembunyi di dalamnya..semoga tebakanmu benar deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uhuk, ternyata benar lho Essy. Silakan dilihat di komentar paling bawah

      Hapus
  4. Uuh riddlenya emang sih kalo dibaca fantasy banget yaa..

    BalasHapus
  5. masih misterius nih santanya ren- yang sama2 telat kirim kaya santaku hihi... btw cuckoo's calling itu keren banget penggambaran karakternya ya, rowling bangeeeet :) katanya mau ada sekuel. probably there's still a chance for a romance here hihiy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nantinya Galbraith tidak menyesali apa yang disesali JKR ya Mbak :D. Robin dan Cormoran FTW :P

      Hapus
  6. santanya jago bikin riddle yang bikin bingung : D

    BalasHapus
  7. Kerennnnn... super cepat sekali bacanya, Ren.
    Gak sanggup baca yang bukan romance, tebal pula >,<
    Riddle-nya ribet ya.. Semoga bener tebakannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini ngga super cepat Phie. Tiga hari butuhnya :D.
      Lagian emang asyik ceritanya :)

      Hapus
  8. Haha, mungkin maksudnya dia pake rambut jembut itu rambut yg pertama mengacu pada rambut di kepala yg mirip dgn jembut, wkwkwk..
    Kok aku ngebau2nya si Robin sm Matthew bakal kenapa2 ya (jelek banget :p)
    Masih penasaran sama santanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Zee, soalnya di versi aslinya pake istilah "pube like" itu :))

      Matthew disini kayak berasa rintangan buat Cormoran :P

      Hapus
  9. Huahahah....ngakak liat foto Kapten Haddock!
    Kalo aku kok ngerasa Robin bakal putus ama tunangannya, kan udah kelihatan gak cocok tuh..
    4.5 ya? Gak beda jauh sama ratingku deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau kasih lima, sayang terjemahannya ada "cacat" dikit :D

      Tapi iya loh, aku entah kenapa membayangkan Cormoran mirip Haddock, mungkin karena sama - sama brewok

      Hapus
  10. Anak kecil kalo tinggalnya di Jakarta mah tahu jembut kok, Ren. Dari SD mah temen-temen cowokku suka ngomong pake kata itu (dasar udik! haha!)

    Aku juga penasaran siapa santamu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaa :O .. padahal rasanya udah kasar banget itu X)

      Hapus
  11. Mau baca bukunya,. :). Santa baik ya,,..

    BalasHapus
  12. Richard Armitage hardcore fans nih :D
    Iya, selain kata-kaya 'rambut jembut' ada beberapa kalimat yg agak janggal, jadi penasaran versi aslinya.
    Sayang SS-mu tdk pesan lewat aku Ren, bisa kuberi kisikan hahahaha ...
    Btw, memang 'letter a' di postinganmu dibuat seperti kehabisan tinta begitu ya *salah-fokus*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang hardcore fans itu si Mel, Mbak Maria. Aku hanya appreciate aja #apasih X)

      Err, yang masalah tidak pesan Mbak Maria, silakan dilihat komen paling bawah deh, hehehe.

      Letter a yang mana yah?

      Hapus
  13. pube head lah mau diterjemahin gimana lagi :v tapi klo aku baca Indonesianya pasti ngakak juga sih xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di terakhirnya pake rambut kemaluan sih.. yah kenapa ngga dari awal aja ya De #bahasteruuus

      Hapus
  14. Untung mba Ren bacanya cepet yaa.. jujur, aku sendiri lupa siapa santanya mba Ren *ditimpuk rame2*

    Oke, semoga tebakannya benar ya mba. Kita lihat saja besok siapa Santa yg akan menunjukkan dirinya :D:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uhhh.. makasih Ky selama ini mau aku repotkan mulai dari awal sampai akhir. >_>

      Kalau masalah baca cepet sih, masih standar kecepatan bacanya :D

      Hapus
  15. Serahkan pada bu dokter, master riddle wkwkwwwk

    Semoga tebakannya benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahkan bu dokter juga tidak bisa Mbak Yuska :')

      Tapi semua akhirnya terungkap juga...

      Hapus
  16. Aku mau bookmark dulu postingan ini. Belum baca kukuk... tapi link ke HP itu menarik.

    BalasHapus
  17. haduh haduh... aku belum baca buku ini, begitu baca review ini, eladalah... jebule ada yang saru to? kok berani bener ya? lagian bener sampeyan mbak kalo ditulis begitu overlapping, harusnya rambut kemaluan aja. udah jos gandos

    BalasHapus
  18. selamat, ya, Ren. akhirnya dapet buku yang kamu idam-idamkan. terus, reviewnya bikin kejengkang. bugraaaaak! eh. gubraaaaak!

    jadi, masih gelap siapa Santanya?

    BalasHapus
  19. Aku malah heran kalau orang meragukan JKR bisa nulis misteri. Seperti yang Kak Ren bilang, "Snape?" Rasanya pengen guncang-guncang badan orang yang ngomong sambil ngomong, "Baca kan soal Snape? BACA KAN?" *emosi
    Belum selesai baca buku ini tapi aku juga suka dengan cara bercerita JKR. Walau aku malah mumet karena banyak kata yang aku enggak ngerti, sok2an baca inggrisnya sih xD
    --
    Soal riddle-nya... hmmm.. semoga saja benar ya tebakan Kak Ren *gak ngebantu

    BalasHapus
  20. jadi mau baca juga. Nyerah soal siapa Santa Ren :P

    BalasHapus
  21. Santanya Ren susah nih bikin riddlenya X) Aku antara mau beli atau pinjem aja sama ini buku, *inget TCV yg masih berdiri cantik di lemari x_x

    BalasHapus
  22. Busyet, terjemahannya slank banget tuh xD *ngakak jungkir balik*
    pas baca riddle-mu aq bingung pake banget...
    smoga ada post menyibak riddle itu deh dari SS-nya :)

    btw, me juga suka sma Karen Gillan #readheadedlovers
    cewe di dr. Who kan? CMIIW
    malah ad imajinasi d kepalaku tuh couple dr. who adl visual laen harry-ginny, miriiiip banget soalnya scr fisik #ditimpukfans

    BalasHapus
  23. aku disebut-sebut. >.<

    lagi-lagi JKR pakai nama yang ada maknanya. :D

    BalasHapus
  24. Waah ada namakuuu *komenganyambung*

    Cuma mau komentar satu reviewnya : KEREN!

    Moga-mogaaa buku ini ada lanjutannya ya Ren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Miaaa sudah mau direpotkan terus :')

      Kalau kata tante Rowling sih dia udah nulis kelanjutannya :D

      Hapus
  25. Aku suka semua bukunya JKR terlepas terjemahannya yang aneh :)) mungkinkah ditulis begitu untuk membuat kalimat2nya berima?

    Jd siapa sebenarnya santamu ya ren? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku awalnya juga mengira begitu Mbak Lun. Disengaja untuk membuatnya berima. Walau jatuhnya jadi lucu

      Sampe sekarang belum ngaku santanya :(

      Hapus
  26. Bersyukur deh baca novel aslinya bukan terjemahan..mungkin saya bakalan *krik krik baca rambut jembut itu :x

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, yakin bakalan krik-krik Dan? >:)

      Hapus
  27. wow infonya bermanfaat sekali nih sob

    BalasHapus
  28. keren banget reviewnya, detail :D jadi pengin baca buku ini><

    BalasHapus
  29. Dear, mba Ren.
    Saya mau mengaku.
    Tebakannya benar. Serangga kecil itu mengacu pada Lady Books.
    Maaf baru mengSaya sekarang. Tanggal 31 Saya beri komentar tapi belum mengSaya. Sebagai pendatang baru, Saya belum tahu bagaimana caranya menunjukkan diri. Lalu, Saya akhirnya tanya mba Oky karena satu-satunya contoh yang ada waktu itu baru pengSayaan lewat grup dan itu hanya 1. Kata mba Oky, boleh lewat komentar atau posting blog.
    Saya putuskan untuk membuat posting pada tanggal 1. Tapi ternyata masalah keuangan sehingga modem tidak mau menyala. Saya mau buat komentar, tapi di handphone entah mengapa nggak bisa. Oke, tampaknya banyak sekali alasan, memang seperti itulah.
    Sekali lagi saya minta maaf karena bukunya terlambat. Sangat-sangat terlambat. Saya pikir memesan buku ini lebih cepat daripada memesan buku impor. Otak saya agak lemot ini entah kenapa malah menggerakkan tangan memesan buku ke sana, bukan ke mba Maria.
    Karena sudah agak basi, saya nggak jadi buat postingan baru untuk mengungkapkan identitas. Langsung saja lewat komentar supaya mba Ren nggak perlu buka-buka link, ya.
    Untuk riddle-nya, itu nyusahin seperti itu karena saya nggak pandai membuat riddle. Jadilah riddle aneh seperti itu.
    Walaupun mba mungkin nggak penasaran, saya penasaran untuk mengartikan riddle itu.
    Aku seperti serangga kecil, sangat kecil nyaris tak terlihat.
     Saya manusia, tapi menyerupai serangga. Nama blog saya menyerupai serangga kecil ladybugs. Template blog saya juga ada beberapa gambar serangga itu.
    Aku tidak berada pada daun yang selalu dekat dengan dahan terbesar.
     Daun baru karena daun baru berada jauh dari batang. Daun baru=member baru.

    Jika kau tidak dapat menemukanku, (ini nggak perlu dilirik kalau sudah bisa menemukan saya dengan dua kalimat di atas)
    carilah aku melalui jalur menyesatkan nan gelap yang dibuat Sang Ratu.
     Labirin. Sang Ratu itu maksudnya JKR.
    Meskipun sulit, kau akan mendapat cahaya kemenangan jika tak gentar.
     Piala di tengah labirin
    Tak lupalah menemui Sang Penjaga.
     Sphinx
    Jangan bertanya padanya, karena dia akan membuatmu bingung. Cukuplah kau perhatikan sosoknya.
    => kalau bertanya pada Sphinx, akan disesatkan. Perhatikan dialog antara Harry dan Sphinx. Jawaban riddle-nya adalah spy…er. Spider. Cara menjawab riddle kalimat pertama juga seperti itu.

    Sang Ratu adalah pencipta.
     Menciptakan novel, termasuk Cuckoo
    Sang Penjaga berasal dari tanah gersang yang dahulu subur.
     Peradaban sunga Nil
    Tanah gersang itu yang sekarang semakin meluas.
     Gurun Sahara semakin meluas.
    Sang Ratu memasukkan Sang Penjaga dalam salah satu ciptaannya.
     Sphinx pada HP4.

    Saya tahu saya sok tahu dengan menebak mba Ren sudah membaca HP4 hanya dari wishlist dan beberapa buku dari blog. Saya juga takut mba Ren bingung dengan riddle sesat ini.
    Saya memberi riddle tambahan dengan maksud memudahkan karena Santa saya juga member riddle tambahan, tapi ternyata semakin menyesatkan. Mohon maaf. Secret Santa pertama saya ini tidak berjalan mulus. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Afifah...

      Wah jadi bener ya dugaanku yang pertama, kalau kamu santaku. Hehe, makasih banyak ya buat Cuckoonya. Semoga bisa ikutan event SS tahun depan :)

      Hapus
  30. wah, baru tau ada istilah macam begitu :O
    tapi kok jatohnya jadi agak lucu ya nemuin kata-kata gitu di novel terjemahan xD

    BalasHapus
  31. wah lengkap banget reviewnya kaak ^^

    BalasHapus
  32. aku baru aja selese baca buku ini. terus-terang, I'd rather call it a crime drama novel, karena gabungan antara crime story dan drama. aku sebenernya ga kecewa dan tetep mengagumi gaya penceritaan dan karakterisasi Budhe Rowling di sini, tapi aku kecewa karena menurutku (ini menurutku lho ya) ga terlalu misterius. aku malah udah bisa nebak siapa pelakunya hanya setelah beberapa bab awal gara2 si Cormoran terlalu gamblang mengungkapkan kecurigaannya. yah, itu menurutku sih... terus soal terjemahan, bisa dibilang aku lumayan salut sama hasilnya. walopun terlalu "njawani" sih kalo menurutku. soale ada beberapa kata yg Jawa banget gitu, hahaha... tapi di sisi lain aku kagum sama penggunaan beberapa istilah dia yg keren abis.

    BalasHapus
  33. Sy terkesan dg saran pemeran tokoh2 Novel ini bila difilmkan. Anda berbakat jadi Casting Director, Mbak. :)

    BalasHapus
  34. Pertama tahu buku ini dr reviewmu
    Langsung baca buku no 1 sampe 3
    Worth it ren...
    Aq sukaaaa
    Thank you review nya ya

    BalasHapus

Saya menghargai setiap komen/opini yang diberikan. Silakan untuk tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)
Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).
Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.
Terimakasih sudah mau mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog saya :).


I value your comment/opinion. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.
I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).
Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.
Thank you for your visit and comment :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)