Rabu, 19 Maret 2014

Review : Throne of Jade oleh Naomi Novik (+ giveaway!)

Judul  : Throne of Jade
Judul Terjemahan: Takhta Langit
Pengarang : Naomi Novik
Penerjemah : Ine Milasari Hidajat
Bahasa : Indonesia
Penerbit : Elex Media Komputindo

Tebal :  596  halaman
Diterbitkan pertama kali : 31 Juli 2013

Format : Mass Market Paperback
Target Pembaca: Remaja

Genre : Fantasy
Serial : Temeraire, buku ke-2 (dua)
Web Pengarang : Click Here
Beli di : Bukukita, Bukabuku

Review Buku 1 : His Majesty's Dragon

Sinopsis :


Ketika Inggris menghadang sebuah kapal Prancis beserta muatannya yang berharga--sebutir telur naga yang belum menetas--Kapten Will Laurence dari HMS Reliant tanpa diduga beralih menjadi penunggang dan kapten seekor naga hebat yang dinamainya Temeraire. Sebagai anggota baru di Angkatan Udara Inggris, mereka segera membuktikan keberaniannya dalam pertarungan sengit melawan tentara invasi Bonaparte.

Kini Cina mengetahui bahwa hadiah langka mereka, yang dimaksudkan untuk Napoleon, jatuh ke tangan Inggris--dan delegasi Cina dengan marah bersumpah akan mengambil kembali sang naga agung. Tentu saja, membujuk sang naga pulang tidak semudah saat mengirimkannya. Laurence yang dihadapkan dengan tiang gantung jika membangkang dan dituntut rasa patriotismenya tak punya pilihan selain menemani Temeraire kembali ke Timur jauh--perjalanan panjang yang penuh bahaya, intrik, serta teror misterius dari laut dalam.

Setibanya di Cina, masih banyak hal mengejutkan serta kemarahan besar yang menanti...



 Review

Tepat setahun yang lalu, saat saya lagi main - main di forum Elex Media Komputindo, saya ngelihat thread "His Majesty's Dragon". Dalam hati, saya bersorak "yes, naga!" Saya yang sama sekali ga mikir panjang buat beli (walau kavernya itu too simple for fantasy book) dan membacanya sepanjang perjalanan dinas saya ke Aceh yang pas itu sih, bikin saya pengen nangis, hehehe. Nyatanya, saya jatuh cinta saat membaca petualangan Will Laurence dengan naganya Temeraire. Saya bahkan dengan lantang bilang "His Majesty's Dragon jelas lebih keren daripada Eragon!". Dan bahkan setelah baca buku keduanya, yang berselang lama, pendapat saya ngga berubah. Tapi, bukan berarti Throne of Jade aka Takhta Langit ini lebih bagus dari pendahulunya.


Saya jadi inget katanya Ayu Sasih di review Throne of Jade saya di Goodreads. "Kayak cerita putri yang tertukar, Mbak", dan saya cuma bisa ngakak. Yep, saya mengamini kata - kata Ayu, walau dalam kasus Temeraire, dia adalah "naga yang tertukar". Apakah lantas Throne of Jade berasa sinet? Mungkin bagi beberapa orang sih, iya. Kalau menurut saya, porsi drama dan intriknya jelas jauh lebih banyak daripada buku pertama.  Throne of Jade dibuka dengan Laurence yang murka saat tahu Temeraire hendak dikembalikan ke China.  Mengingat dirinya hanyalah prajurit, Laurence tidak punya pilihan dan akhirnya menemani Temeraire di atas kapal fregat Allegiance yang akan membawanya ke Negeri Giok.

Throne of Jade dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama di Inggris saat Laurence dan Temeraire bak pasangan kekasih yang akan dipisahkan (saya serius! :P). Lalu disusul dengan kehidupan mereka di atas Allegiance, mengarungi samudra demi samudra untuk sampai ke China. Kalau pembaca mikir, mungkin perjalanannya cuma sebentar, waduh anda salah besar :P. Ini era Napoleon, abad 17 dimana teknologi pasti terbatas dong. Jadi perjalanan mereka butuh waktu 8 bulan lebih. Menurut saya, bagian ini menarik walau untuk beberapa bab kesannya jadi membosankan dan kayak dipanjang - panjangin. Mungkin bagi pembaca yang pernah nonton Master and Commander yang dibintangi om Russell Crowe bakal paham bagian ini. Atau kalian yang suka nonton Pirate of the Carribeans, bisa juga menikmati perjalanan Laurence dan Temeraire minus bajak laut dan tingkah nyentrik si Jack Sparrow.

Bagian ketiganya sendiri akhirnya bercerita tentang kehidupan naga di China, yang ternyata berbeda banget sama di Inggris. Karena naga di China tidak dianggap sebagai alat perang, tapi justru hidup berdampingan dengan manusia. Bagian ini menurut saya agak pendek dan jadi antiklimaks, karena pengarangnya terlalu fokus di bagian kedua, yaitu perjalanan di laut. Walau begitu, saya mengagumi kemampuan Naomi Novik dalam menjabarkan kehidupan masyarakat China pada saat itu. Dan beberapa tokohnya ternyata juga adalah tokoh nyata, seperti anak Kaisar pada masa itu, Pangeran Mianning dan Pangeran Miankai. Plus homage Naomi Novik pada legenda Mulan, si prajurit wanita yang menyamar jadi pria juga ada disini. Mungkin pembaca yang kurang mengenal legenda itu ngga ngeh, karena saya juga baru tahu setelah membaca di wiki :).

Beberapa karakter lama seperti teman - teman sesama penerbang Laurence ada disini, plus beberapa karakter baru seperti kapten Riley yang mengomandani Allegiance, anak buah Riley yang berseteru dengan anak buah Laurence, sederhananya karena mereka iri sama para penerbang. Lalu ada Arthur Hammond, seorang politikus yang juga menjadi perantara antara Laurence dengan pihak China. Si Hammond ini, duuuh, jujur saya ngga suka! Layaknya politikus, dia itu beneran yang tipe penjilat, walau beberapa keputusannya kadang ada benarnya. Sementara Laurence kan berpikiran layaknya prajurit, dan rasa sayangnya pada Temerairelah yang membuatnya mau susah payah pergi ke China. Tentunya saya tidak pula dengan pihak China, ada pangeran Yongxing yang berpendapat kalau Temeraire lebih baik tinggal di China, Sun Kai yang misterius dan Liu Bao yang bersikap bersahabat pada Laurence.

Sayang sih, aksinya sedikit di buku ini :(. Hanya ada beberapa pertarungan udara dimana kita bisa melihat kemampuan Temeraire semakin meningkat. Throne of Jade juga mengenalkan kita pada keluarga Temeraire, terutama saat dia bertemu dengan ibunya. Yang lucu lagi sih, saat Temeraire ketemu dengan Lung Qin Mei yang kayaknya bakal jadi pasangannya, dan menyaksikan Laurence agak sedikit cemburu. Sumpah deh, saya merasa rasa sayang Laurence kadang berlebihan banget ke Temeraire, dan seandainya Temeraire itu cewek, bisa aja mereka kayak pasangan kekasih. Berhubung Temeraire itu cowok, jadi yah, anggapannya kasih sayang seorang ayah ke anaknya kali ya :D

Karena saya baca terjemahannya, tak lengkap rasanya kalau ngga ngomentarin masalah terjemahannya. Sayang banget, walau penerjemahnya sama, tapi kualitasnya menurun! Beberapa kalimat agak aneh dibaca, dan juga banyak typo. Paling mencolok adalah kata "terakhir" yang bolak balik ditulis "terkahir" #jambakrambut . Mungkin kualitas terjemahannya bisa ditingkatkan lagi untuk edisi selanjutnya ya Elex.

Untuk saat ini Elex sudah menerbitkan sampai buku ke-3nya, yaitu Black Powder War, sementara kisah Temeraire dan Laurence sendiri akan selesai di buku ke-9 yang berjudul " League of the Dragons". Saking senengnya sama serial ini, saya sampai beli mulai dari buku 3 sampai buku 6 dalam edisi aslinya! Throne of Jade memang tidak sebagus pendahulunya, tapi jika ingin membaca kisah tentang para naga yang penuh dengan intrik politik, dengan petualangan di laut yang sangat mempesona, serta hubungan antara manusia dan naga yang cukup unik, maka Throne of Jade ini wajib buat dibaca dan dikoleksi :).



"Satu - satunya penghiburan kita, selama empat belas tahun terakhir ini -inti terpenting dari kebijakan luar negeri- adalah keyakinan kita, keyakinan mutlak kita, bahwa ketidaktertarikan China terhadap persoalan di Eropa sama besarnya dengan ketidaktertarikan kita terhadap penguin. Sekarang seluruh fondasi kita terguncang"




 Story Rate

Rating saya untuk Throne of Jade ini adalah

Giveaway

 
 
 Sebagai bagian dari BBI Giveaway Hop, kali ini saya akan memberikan buku dari seri Temeraire untuk 2 (dua) orang! :D. Kalau belum kenal sama Temeraire, boleh loh pilih "His Majesty's Dragon". Atau kalau pengen lanjutan buku ini juga boleh (tapi Elex baru terbit sampai buku ke-3 aja, Black Powder War. Jika ingin buku #4 Empire of Ivory dan lanjutannya, saya ijinkan tapi saya cuma bisa kasih versi aslinya :)). Silakan disimak rulesnya ya :) :
1. Jika kamu punya naga, deskripsikan dong naga milikmu itu kayak apa. Seperti warnanya, kemampuannya, dll. Yah, bebaskan imaginasimu :D.
2. Tulis di kolom komentar, deskripsi nagamu. Jangan lupa sertakan alamat email ya
3. Giveaway ini untuk pembaca blog yang berdomisili di Indonesia
4. Silakan share giveaway ini di sosmed. Sertakan linknya di kolom komentar ya. Yang ini tidak wajib kok :)
5. Akan dipilih dua orang yang menurut saya deskripsi naganya paling keren! 
6. Giveaway ini berlangsung dari tanggal 19 Maret - 11 April 2014, dan akan diumumkan pemenangnya di tanggal 13 April 2014
Yuk, yang mau baca kisah naga nan keren, Temeraire, tunggu apa lagi? ;)

27 komentar:

  1. Nama : Hapudin

    Saya pengen naga yang kulitnya seperti kadal batu, warna kuning dan mengkilap. Besarnya seperti kuda, berekor panjang tapi dua bercabang dengan ujung segitiga. Ujung ini bisa digunakan untuk perlindungan diri sang naga. Kemampuannya, bisa bicara, bisa menyemburkan api yang panasnya bisa menajamkan pedang (Ini obsesi seperti naga di film Merlin). Sayapnya lebar dengan bentuk seperti sayap kelelawar. Cakarnya tajam. Giginya berderet putih dan runcing.

    email: hapudincreative@gmail.com

    BalasHapus
  2. Pengen punya naga yang ukurannya sedang, gak terlalu kecil dan gak terlalu besar. Cukup untuk sekitar 2-3 orang lah. Naganya ramping, kecepatan terbangnya setara motor atau lebih sedikit, soalnya kalo terlalu cepat, nanti yang nunggangin kebawa angin. Kulitnya tebal, anti api dan senjata tajam. Badannya mulus, bersisik sih pasti, tapi jangan yang ada gerigi-geriginya di bagian leher, apalagi punggung. Semburan apinya bisa diatur sesuai keinginan/rikues majikan, mau api kecil, sedang, besar, atau super (apinya multi fungsi). Tentu sang naga berbahasa manusia jadi bisa komunikasi dua arah sama majikannya. Untuk warna, pengen warna hitam dengan "jleret" (bahasa indonesianya apa ya?) merah di bagian kepala, sayap, punggung sampai ekor, dan perutnya. Mampu membawa beban seberat 1 ton, jadi kalo pindahan bisa pake naga. :)) Dia juga punya kemampuan mengingat dan navigasi yang baik, biar gak nyasar kalo lagi jalan. Cakarnya punya sistem kayak cakar kucing, cuma nongol kalo lagi merasa terancam atau dibutuhkan. Iris matanya berwarna merah. Sangar dan bisa diandalkan. *__*

    email: azzahra.annisa15@gmail.com

    BalasHapus
  3. Halo, Kak. Nama saya Lajeng Padmaratri. Saya mau ikut giveaway kakak. Semoga saya beuntung, aamiin. Bismillah :)
    Saya ingin punya naga yang warnanya biru keabu-abuan. Nggak perlu sebesar naga di film-film, cukup seukuran kuda. Nanti saya akan kasih nama dia Azul (dari kata Azura yang artinya biru). Azul ini naga betina. Bulunya biru lembut selembut kapas, tubuhnya kuat sekuat banteng, sayapnya selebar permadani, kakinya kokoh sekokoh tugu Jogja, dan cakarnya seruncing pisau. Azul memiliki rupa yang cantik menawan dengan bulu mata lentik, mata biru lautan, dan gigi rapi. Dari moncongnya bisa tersembur api dan air, sesuai keadaan yang mengancamnya. Di atas kepalanya ada tanduk yang bersinar di kala gelap dan rambut biru silver yang lebat. Ekornya bisa dipakai sebagai cambuk bagi musuh yang mengancam.
    Kemampuannya, selain moncong yang bisa menyemburkan air & api serta ekor cambuk, Azul juga bisa terbang (tentu saja), bisa berenang di dalam air, bisa diajak menggosip, membawa beban berat, dan bisa mandiri (mandi sendiri & makan sendiri).
    Semoga bisa terwujud! ^^

    e-mail : lajengpadma@gmail.com

    BalasHapus
  4. Aku ikutan ya mbak Ren
    Aku pengen punya naga perak yang kunamai Argus Dari Argentum yang artinya Perak. Tubuhnya ukuran tidak terlalu besar ditutupi armor/lempengan besi dan tulang-tulang padat yang keras. Naga perak memiliki paruh mirip hidung, dagu yang kuat, dan lidah runcing. Warna peraknya memancarkan cahaya yang menerangi sekitarnya . Mereka memiliki rentangan sayap yang lebar namun ramping, yang membantu mereka bermanuver ketika terbang diudara. Mereka suka menikmati terbang dan kadang-kadang melambung selama berjam-jam hanya untuk kesenangan itu. Jadi bisa jadi alternatif kendaraan me lawan macet :) Naga perakku suka membantu lemah lembut, tidak suka kekerasan dan menghindari pertempuran sebisa mungkin. Argus bisa menyemburkan api, petir, dan embun yang membekukan, tergantung lawannya. Selain itu Argus dapat menjadi humas yang baik karena sangat luwes dan ekspresif. Ini sangat berguna, karena mereka gemar berbicara. Jadi bisa jadi shoulder to cry on lah. Kehebatannya yang lain kalau bisa mengumpulkan 9 bola naga secara utuh maka sang naga akan mengabulkan permohonan. Hebatkan nagaku ?!

    Nama : Andrea
    Email : kebunbuahbuahan@gmail.com

    BalasHapus
  5. Ren memaksaku berimajinasi nih. Kebetulan udah ada buku 1 dan pengen buku keduanya.

    Aku selalu membayangkan punya naga berwarna seputih salju. Badannya tidak keras dan bersisik seperti reptil tapi lembut dan berbulu seperti burung elang. Meskipun begitu, kulit dalamnya sangat keras. Naga putihku mempunya surai-surai lembut disekeliling lehernya seperti singa. Sayapnya lebar seperti sayap kelalawar tapi warnanya bukan hitam, tapi transparan yang kalau dilihat seperti kristal kaca tapi sangat lentur. Bola matanya berbeda warna. Mata kanannya berwarna keperakan, sedangkan mata kirinya sewarna hijau giok. Wajahnya sekilas seperti gabungan antara serigala dan buaya. Naga putihku badannya besar, seukuran truk container yang panjang itu. Naga putihku bukan naga penyembur api, melainkan naga angin. Dia bisa menyanyikan nyanyian angin sepoi-sepoi yang akan membuatmu terbuai dan tertidur. tapi dia juga punya kekuatan yang berbahaya. Kekuatannya yang berbahaya adalah angin puting beliung yang bisa merobohkan rumah kayu dalam sekejap. Nagaku berbicara dengan manusia menggunakan telepati. Salah satu kemampuannya yang lain adalah dia bisa masuk ke dalam mimpimu. Jadi dia bisa tahu kalau kau bermimpi buruk. O ya meski nagaku berwarna putih, tapi darahnya hitam pekat. Dan darah nagaku punya kemampuan sebagai penawar racun paling ampuh melawan racun jenis apapun. Nama nagaku adalah Kalevi (artinya pejuang)

    Nama: Lina Riyanty
    Email: lina.riyanty@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/arynity/status/446329093730992128

    BalasHapus
  6. Ingin sekali punya naga yang punya kemampuan berubah wujud. Tapi cuma bisa berubah jadi manusia ato boneka naga. Perubahan wujud manusia hanya bisa bertahan selama 2-3 jam dan hanya bisa dilakukan sehari sekali. Sedangkan yang boneka bisa lebih lama^^
    Kenapa manusia? Karena pasti seru kalo bisa ngajak 'naga' kita jalan-jalan ke mall. Beliin dia baju, aksesori, dan mengenalkan dia sama dunia manusia. Lalu kenapa perubahan yg kedua boneka?? Supaya bisa dibawa tidur di kamar :)
    Untuk support ability'nya, gw pingin naga gw bisa punya inteligensi seperti Temeraire. Yahh ga perlu sepinter itu sih, asal bisa mengerti bahasa manusia, bisa belajar hal-hal umum, dan setia sama pemiliknya, cukuplah. Dan ini support ability yg paling penting, naganya bisa main musik!! Yups, main musik!! Karena gw ini penikmat musik^^

    Lalu untuk ukurannya, gw pengin si naga ga terlalu besar. Yaahh, yg penting bisa dinaikin 2 orang dengan nyaman aja. Dan untuk penampilannya, gw pengin si naga berwarna pastel turquoise dan ga berjumbai. Sayapnya kalo bisa yg lebar supaya bisa terbang tinggi dan melayang. Terus di membran-membran sayapnya ada ukiran2 semacam batik ato tribal berwarna keperakan. Dan untuk ekornya, ekornya yg panjang dan langsing juga punya ukiran2 yg berwarna keperakan itu^^ Terus cakar-cakarnya bisa dimasukkan dan dikeluarkan seperti kucing :)

    Nama: Meriana Agustin
    Email: hilll_fog@hotmail.com

    BalasHapus
  7. Aku mau punya naga yang sisiknya berwarna biru turkis, badannya besar dan bila ia merentangkan kedua sayapnya bisa mencapai lebar tujuh-delapan meter. Sayap itu bersisik biru juga, tetapi dengan taburan warna merah rubi, jadi makin kelihatan glamour. *tsaah. Karena nagaku ini blasteran unicorn, ia juga punya tanduk di kepalanya. Tanduk itu berwarna keemasan, tajam dan garang. Kedua mata nagaku berwarna hijau muda, dengan nafas yang kadang berasap. Ya, nagaku adalah naga api. Meski demikian, ia tak terlalu suka menyembur api bila tidak dalam bahaya. Cakar-cakarnya yang kuat sudah membuat orang yang melihatnya jadi segan, jadi mana berani mengganggunya. Nagaku suka kalau dibacakan cerita, ia tipe pendengar yang baik. dan bila tidur ia akan menyusut menjadi seukuran telapak tangan, jadi tidak terlalu membutuhkan tempat saat malam. Selain memiliki kemampuan terbang cepat, ia juga memiliki kemampuan teleportasi. Nagaku bisa melintasi ruang dan waktu, termasuk pergi ke masa depan.

    Nama : alvina
    email : orybun@yahoo.com
    link share : https://twitter.com/alvina13/status/446654791897186304

    BalasHapus
  8. Naga ya? Gak muluk muluk kok. Yang penting dia bisa masuk lewat pintu, bisa tidur di atas kasur, bisa ngomong layaknya manusia, harus bisa terbang juga ditunggangi dan membantu mama masak di dapur #eh

    Kenapa harus bisa masuk lewat pintu? Karena naga bisa bawa kunci sendiri. Kalau bisanya masuk lewat jendela kan repot jadi harus dibukain mulu,

    Kenapa harus bisa tidur di atas kasur? Karena kasian kalau dia tidur di lantai dan cuma beralaskan tikar, dia pasti kedinginan.

    Kenapa harus bisa ngomong layaknya manusia? Biar aku ada temen begadang malam malam XD

    Kenapa harus bisa terbang juga ditunggangi? Karena lumayan. Ngirit ongkos, ngirit tenaga, dan yang terpenting gak pake BBM jadi gak bikin polusi.

    Kenapa harus bisa bantu mama masak di dapur? Karena sebulan mama bisa beli gas 3kg lima kali. Pan lumayan kalau ada naga jadi gak usah beli gas.

    Ini nagaku.

    Ini emailku : notfar_fromheart@yahoo.co.id

    dan ini link share-ku : https://twitter.com/ryana_maryana/status/447039842879152128

    BalasHapus
  9. Nagaku bernama Sglein, yang berarti kilau. Nagaku itu berwarna hitam dengan sisik yang berkilau keperakan jika terkena sinar matahari. Ukurannya tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil, tapi bisa memuat maksimal dua orang dengan pelana yang lembut dari kulit. Kemampuannya adalah membekukan semua yang ditiup, dari angin yang keluar dari mulutnya. Ia pun dapat membuat kabut dan menurunkan hujan buatan apabila tidak ingin terdeteksi oleh seseorang di daratan.

    Sglein termasuk ke dalam golongan naga pintar yang dapat mendeteksi seseorang akan berbuat baik atau jahat. Biasanya ia akan mendenguskan angin dingin dari hidungnya jika ia merasa orang tersebut akan melakukan suatu perbuatan jahat. Dan ia akan jinak seketika jika orang yang menghampirinya memang baik.

    Nama: Tammy Rahmasari
    Email: keikokukien28@gmail.com
    Link tweet: https://twitter.com/alizarinnn/status/447665108508893184

    BalasHapus
  10. Pengen punya naga yang bisa berubah-ubah ukurannya sesuai kebutuhan. Pas masuk rumah cukup untuk masuk rumah, sebagai kendaraan untuk terbang berubah jadi besar. Ah iyah, nagaku juga bisa bicara, biar ada temen yang direcoki saat baca buku, buat diskusi juga, hehe. Trus, trus dibawah sayapnya ada bulu-bulu yang lembut, biar kalau saya dan si naga berpetualang dan saya ingin tidur, bisa tidur di bawah sayapnya. Pasti hangat dan nyaman. Warnanya biru turkois. Cantik iyah, gagah dapet! haha.

    Nama: Dhani Ramadhani
    Email: dhanianwar.ramadhani2@gmail.com

    BalasHapus
  11. Naga yang bisa berubah wujud, ukuran dan warna, biar nggak bosen meliharanya :D oh iya, karena aku bukan orang yang telaten mengurus peliharaan, nagaku ini juga harus bisa nyari makanannya sendiri, mandi sendiri sukur-sukur kalo cuci piring sendiri xD
    Dan kalo nanti beneran punya peliharaan naga, aku mau ngasih gelar sendiri ah buatku: Father of Dragons, biar matching sama ayang Dany sang Mother of Dragons x))

    Nama: Ariansyah
    Email: ariansyahabo@gmail.com
    Akun twitter: @ariansyahABO
    Link share: https://twitter.com/ariansyahABO/status/447943647087312896

    BalasHapus
  12. Namaku Erline Febriana. Kalau aku punya naga aku pengen yg warnanya hijau campuran biru matanya berkilau sisiknya warna biru mengkilap. Yang lainnya warna hijau. Waktu masi jadi telur warna telurnya perak. Naganya bakal aku taruh di atap rumah, kalau aku lagi malas berangkat kuliah jam 4pagi buat kuliah renang, naganya aku suruh nganterin aku. Tiap malam si naga tidur sama aku soalnya aku nggak mau naga itu kesepian tiap malem. Naganya aku kasi nama Dragon's Line. Yg aku ambil dari nama panggilanku. Aku tau si naga itu adalah teman yg setia. Saat malem aku bolehin dia keliling kota surabaya asal dia nggak nongkrong diatap rumah orang ataupun pacaran sama kucing ato binatang yg lain. Aku bolehin dia makan apa yg dia mau asal makanannya ndak lebih dari uang jajanku berarti aku kasih jatah fia nyemil 5000/hari soalnya uang sanguku 15rb . Saat dia ingin bebas pasti aku bebasin asal saat aku males berangkat naik motor dia mau nganterin aku. Sekian imaginasiku makasi

    Email: erlinefebriana@yahoo.com

    BalasHapus
  13. Halo Kak, Namaku Nur Laelatus S. Boleh ikutan giveaway nya kakak kan. siapa tahu bisa diterima. Amin
    Aku punya naga, sebenarnya sih dua naga. Svell dan Hyrr, Sang Es dan Sang Api. Sebenarnya mereka naga kembar, karena berasal dari telur yang sama. Ibu mereka Vinda, berasal dari daerah Norwegia, karena itulah aku menamai mereka sesuai dengan tempat asal mereka. Svell berwarna perak mengkilat, sedangkan Hyrr berwarna merah menyala, seperti warna api yang berkobar-kobar. Seperti layaknya naga pada umumnya, seluruh tubuh Svell dan Hyrr dipenuhi oleh sisik yang sangat keras, namun hanya jika mereka sedang marah dan bertempur. Jika sedang tidak bertempur, kulit mereka terasa sangat halus, seperti kulit seekor kuda. Karena itulah aku sangat suka memeluk mereka terutama saat mereka tertidur, karena saat itu mereka sangat mirip dengan seekor kucing. Tubuh mereka sangat besar, hampir sebesar rumah. Jika sayap mereka direntangkan, mereka bisa menaungi seluruh rumah. saat mereka terbang diatasku, seolah-olah awanlah yang sedang bergerak diatasku. Diatas kepala mereka terdapat dua tanduk yang sangat tajam. Kaki mereka ada empat, dua kaki belakang dan dua kaki depan yang sedikit lebih pendek. Semuanya dilengkapi dengan kuku-kuku yang sangat tajam. Jika sedang kesal, biasanya mereka akan menggesek-gesekkan cakar itu pada pohon atau tanah sehingga terkadang jika aku menemukan sebuah lubang di tanah atau batang pohon, aku tahu pasti itu perbuatan Svell dan Hyrr. Tapi yang paling aku sukai adalah mata mereka. Selain sangat tajam hingga bisa melihat sesuatu dari jarak yang sangat jauh, mata mereka berwarna biru. Biru seperti warna langit di pagi hari ataupun seperti warna laut saat hari cerah. Saat memandangnya, seolah-olah kita sedang melihat langit. Namun, meski kembar, Svell dan Hyrr sifat sangatlah berbeda. Jika Svell cenderung pendiam, Hyrr justru sebaliknya. Jika Svell lebih suka berdiam diri dan tidur siang di kebun apel, Hyrr justru sangat suka terbang dan bermain-main di padang rumput. Jika marah, Svell akan menyemburkan es yang begitu dingin hingga bisa membekukan aliran darah kita. Sedangkan Hyrr justru akan menyemburkan bara api yang sangat panas bahkan hingga bisa meleburkan besi dalam sekejab. Namun, ada satu yang sama dari mereka. Mereka suka makan apel. Saking sukanya, mereka bahkan bisa mencium dan menemukan bau pohon apel dari jarak ribuan kilometer. Jikadi desa kami sedang panen apel, mereka akan berlarian kesana kemari dan memakan apel-apel yang sedang dipanen. Sehingga tak jarang kami harus meminta maaf pada penduduk desa dan mengganti apel-apel yang mereka makan. Karena itulah, saat panen, aku akan mengajak Svell dan Hyrr pergi dari desa. Untungnya, panen apel hanya terjadi selama 3 kali setahun dan hanya dalam 1 minggu. Jadi setiap 3 kali setahun, aku akan mengajak mereka berlibur ke rumah ibu mereka di Norwegia.
    Itulah nagaku. Meski kadang nakal, aku sangat menyayangi mereka. Seandainya aku bisa memilih naga apa yang aku punya. Aku akan tetap memilih Svell dan Hyrr. Sang Naga Es dan Api

    Sekian : Nur Laelatus S.

    Email : tnuriko4i733n@yahoo.co.id

    BalasHapus
  14. Nagaku warnanya merah tua dengan sisik gold bermata biru bernama eder (bahasa basque) yang artinya indah yang pasti dia bisa terbang dan menyemburkan api, selain itu dengan magic yang dia punya dia bisa menyemburkan air, mengubah air menjadi es dengan napasnya itupun berkat latihan dia sebagai naga tempur. Eder juga bisa bertransformasi menjadi elang, biasanya dia bertranformasi apabila kita harus menyamar agar tidak mencolok dihadapan para manusia. Makanan kesukaan Eder adalah daging, daging apapun kecuali manusia, Eder juga biasa makan buah-buahan, bayam adalah obat bagi Eder apabila dia terluka atau terkena racun. I Love my dragon :)

    mawarhs12@gmail.com
    https://twitter.com/goodenoughoks/status/448435835780620289

    BalasHapus
  15. Pengen banget punya naga seukuran kadal, warnanya merah gelap nyala, naga mungil yg bisa dicurhatin, bisa invisible kl perlu, ngerti gw ngomong apa

    kalau diperluin atau gw dlm bahaya dia bisa berubah jd besar dan bisa dinaikin, bisa diajak terbang krn sayapnya besar bgt, kl gw naikin dia, gw jg bisa invisible brg sama naga gw

    Dia jg bisa nyemburin api merah yang panas dan api biru yang dingin, tp ga pernah dipake sembarangan
    Dia bisa ngedeteksi bahaya dan bisa warning gw

    Naga gw tahan peluru tapi seneng main air, bisa makan apa aja, seneng bgt dikelitikin :d
    Naga gw lucu, ngegemesin, tp kuat dan keren kala diperluin

    -lulu-
    Email : lulu_dwiyanty@yahoo.com

    BalasHapus
  16. Halo, Kak..

    Nagaku adalah seekor naga petarung yang sangat suka berpetualang dengan warna biru metalik, dan pupil mata seperti ular. Sayapnya lebar, kakinya juga kokoh dengan cakar-cakar yang kuat. Dia juga punya tanduk di atas kepala, dekat tellinga. Naga ini bisa mengendalikan api, cahaya, punya kemampuan penyembuhan dan kamuflase yang hebat. Api, karena biasanya naga memang identik dengan kemampuan pengendalian apinya. Cahaya, karena aku tidak begitu suka gelap. Jadi, kuharap naga ini bisa memberi penerangan dimana pun aku berada. Kemampuan penyembuhannya akan sangat berguna kalau dia berada di pertarungan nantinya. Selain mengobati diri sendiri, dia juga bisa mengobati temannya. Kemampuan kamuflasenya juga bisa membantunya dalam pertarungan nanti. Tapi, naga ini tidak pandai dalam mengendalikan emosinya sendiri. Jika marah, kemampuannya meningkat, tapi dia bisa dengan mudah menyerang siapa saja. Karena itu, aku harus pandai-pandai dalam mengontrol dan mengawasinya. :)

    Resita Putri
    Email : resitaputri1@gmail.com

    BalasHapus
  17. Hallo mba Ren makasih untuk giveaway yg keren ini....

    Hmmmm... kalau punya naga wow banget kali ya, bisa melindungi aku juga terbang bersamanya ke manapun aku mau.. aku pengen Naga ku bisa berubah wujud. Kalau siang berubah menjadi mini, kalau malam berubah menjadi naga besar. Aku pengen maga ku bewarna emas di sayap dan keperakan dari bagian leher sampai ekornya. Naga ku nantinya bisa ngeluarin api, air, salju, nantinya. Jadi kalau aku mau bikin barbeque tinggal minta tolong naga semburin api sedeng ke daging steaknya, atau kalau lagi pengen mandi pancuran minta naga ku keluarin air hangat dari mulutnya. Dan kalau pengen makan es serut minta dia semburin salju pelan2.... pasti seru. Naga ku toothless kaya punya nya Hiccup di buku How to Train Your Dragon, dan dia vegetarian biar ga ganas2 banget. Tapi dia punya kuku yang tajam, jadi kalau ada maling atau orang jahat tinggal di tebas pake cakarnya. Naga ku akan ku namakan Dracon karena dia pinter buat lelucon yang bikin aku ngakak dan suka menghibur aku kalo aku lagi sedih. :)

    Nama : Astri Nardi
    Email : astri.nardi@gmail.com
    Link Twitter : https://mobile.twitter.com/astri_nardi/status/451062324611137536?screen_name=astri_nardi

    BalasHapus
  18. Punya naga yang warna nya biru tosca dicampur merah maroon.. ekor nya penuh duri tajem dan warnanya item kepala nya berlapiskan emas punya gigi yg runcing yg bisa dibawa masuk kerumah dan bisa disuruh-suruh ngepel, nyapu :D bisa terbang, berenang dan manjat pastinya :D bisa nyanyi korea bisa dance juga ada tanduk juga ya :D tanduk nya 3 yg 2 warnanya ijo yg depan deket hidung warnanya putih..:D

    NAMA: Ayu luthfiyah
    Email: Ayu_luthfiyah@ymail.com

    BalasHapus
  19. Halo Kak, aku ikutan kuisnya ya..
    Aku pengen punya naga yang punya kemampuan mengubah wujudnya jadi dua ukuran, yaitu ukuran asli dan ukuran mini. Kalo ukuran aslinya, kira-kira segede Hippogriff nya Harry Potter, dengan wujud naga pada umumnya, berwarna biru laut biar kalo lagi terbang biar ga begitu menarik perhatian orang-orang, punya nafas api, terbangnya lincah.
    Setiap dielus ekornya, pengennya naganya langsung berubah wujud menjadi versi mininya, biar gampang parkir dan tetap bisa main-main bareng si naga di dalam ruangan, hehehe. Untuk ukuran mini, kira-kira segede burung hantu, berwarna putih salju dengan corak abu-abu, punya nafas es, dengan suara yang kocak.
    Gitu Kak, naga impian aku.. :D

    Nama : Resti Fauziah
    Email : resti.fauziah92@gmail..com

    BalasHapus
  20. Q membayangkan andai Q punya naga. Q ingin dia tercipta dari sesuatu yg liat, yg tak mempan terbakar api, tak basah saat menyentuh air n tal licin saat sesuatu mengenainya (keringat misalnya), nagaQ perpaduan antara naga Eropa n naga Asia. Gagah! Berkumis n berkaki 4 :D
    Warnanya natural hijau metalik dg mata biru cerah. Postur tubuhnya ga lebih besar dr Komodo yang ada di KBS tp panjangnya bolehlah mencapai 9 meter, ga ada sayap tp ada bulu diantara sisiknya khusus di area duduk pengelana. Bertaring n berkuku tajam, putih n kuat tp disaat bahaya mengancam aj. Kemampuannya yg utama bsa terbang n memiliki amunisi tuk melindungi diri (jurus Semburan api maksimum, jurus salju pembeku, dan jurus tiupan tornado :D ) trus punya keahlian terbang yg mumpuni setara buroQ yg membawa Rasullullah Muhammad Isra' n mi'raj dlm semalam. Pengennya dia bsa komunikasi dg 9 bahasa favouriteQ (Jepang, Spanyol, Prancis, Jerman, Arab, Belanda, China, Korea, America Latin) yg ga Q bsa, jdi bsa nolongin Q saat disana (sapa taw pengen tamasya kesana :P ) NagaQ Q namai MidDrago (singkatan dr Midori Dragon). NagaQ manis n lincah, ramah pada tiap orang yg bersahabat serta maw membantu sesama yg membutuhkan. 1 lg, dia n aQ ada satu password rahasia jika saling membutuhkan, dan password itu berfungsi tuk segalanya dlm hubungan kami :D (berjaga2 klo ada yg nyamar jdi aQ n menyuruhnya berbuat jahat, ato apapun yg diluar kendali kami nantinya). Q ingin nagaQ ada tuk melengkapi hariQ bersama orang2 terkasihQ :D Hope So :D

    BalasHapus
  21. Nama: Eni Lestari
    Email: shinra2588@yahoo.com

    nagaku bernama flown. dia bisa berubah jadi manusia. waktu jadi naga bentuknya gak terlalu besar, sebesar anak kucing yang baru lahir. warna sisik di sekujur tubuhnya hijau kebiru2an, sayap dan ekornya hitam. tanduknya warna merah. matanya bisa menyala dalam gelap. dia gak suka makan daging, soalnya vegetarian. sukanya makan sayur dan buah2an. kemampuannya sebagai pelindung a.k.a bodyguard. oya, dia juga bisa sihir. dengan sihir itulah dia bisa jadi bodyguard. dia bisa membuat dirinya sebesar yang dia mau untuk melindungi pemiliknya. dia juga bisa mengeluarkan jurus2 maut yang bikin musuh2 bertekuk lutut. pokoknya mantaplah kemampuan si flown ini waktu jadi naga.

    sayangnya, waktu jadi manusia, flown gak bisa sihir. dia berubah jadi manusia kalo terpercik air mawar (ekstrak bunga mawar gitu deh). oya, pantangan bangsa naga adalah air mawar. mereka gak boleh kena air mawar. kalo kena, mereka akan berubah jadi manusia. nah, si flown waktu jadi manusia bener2 gak bisa diandalkan. dia pengecut, suka nangis, dan enak untuk dibully (muahahaha). flown waktu jadi manusia berwujud cowok cantik. karena (kebetulan) flown milik saya, jadi sering2lah saya nyari air mawar terus dicipratin ke flown biar dia sering jadi manusia. dia akan berubah jadi naga lagi kalo udah 1 jam. ada batas waktunya gitu. ehm lumayanlah. waktu flown jadi manusia bisa diajak kemana2 biar keliatan punya pacar gitu (derita jomblo akut).

    begitulah naga (jadi2an) yang saya impikan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oya lupa ini sharenya :D https://twitter.com/sayang_akichii/status/453498758852902912

      Hapus
  22. Nagaku adalah salah satu naga legendaris yang muncul setiap 1000 tahun sekali.
    Namanya, Black Dragon.
    Dia di namakan sesuai dengan warna alaminya. Hitam.

    Biasanya aku berpetualang dengan terbang menaiki pundaknya.
    Tingginya pundaknya 5 lima meter saat berdiri. Karenanya dia harus merebahkan tubuhnya agar aku bisa naik ke atas.

    Sementara itu, kepakan sayapnya yang selebar 10 meter sanggup mematahkan dahan-dahan disekitar kami saat mencoba terang.
    Sayap lebar itu sangat tipis dan bentuknya mirip dengan sayap kelelawar.

    Saat di atas, aku menggelayut di lehernya yang panjang untuk berpegangan.
    Dengan moncong yang sedikit menjorok ke depan seperti kadal, dia tampak begitu mengerikan.
    Apalagi saat dia ku beri makan daging, ujung taringnya yang berkilat tajam bahkan mampu membuat baracuda iri.
    Ya, dialah pemilik taring tertajam di dunia.

    Selain taringnya yang tajam, dia juga memliki ujung ekor berduri dan cakar yang selalu diasah di atas batu.
    Saat aku tidak memiliki persediaan daging untuknya, biasanya dia mencari ikan di laut yang tak jauh dari rumah dengan menggunakan ekor dan cakarnya.

    Sebelumnya aku juga tak tahu kalau ternyata dia adalah Naga Legenda yang hanya muncul 1x dalam 1000 tahun.
    Hari itu, aku menemukannya terkurung di balik dinding goa yang ada gunung belakang desa.
    Aku yang sedang beristirahat di gua saat mencari kayu bakar, tanpa sengaja menyandar pada dinding gua dan langsung terperosok ke dalamnya.

    Black Dragon tertidur di dalamnya.
    Desa kami memang sudah umum menggunakan naga. makanya aku sama sekali tak merasa ketakutan. Justru aku penasaran dengan bentuknya yang baru aku lihat.

    Setelah itu aku berlari ke perpustakaan desa di dekat rumah kepala desa dan mencari buku tentagn naga.
    Dan seperti yang kalian tebak. Tak ada saupun informasi tentangya.

    Hingga setelah aku berkenalan dengan mata merahnya, dan mengajaknya keluar.
    Seorang kakek tua yang tak ku kenal mengatakan bahwa naga itu bukan naga biasa. Dia adalah naga legendaris.
    Black Dragon.

    Nama: Wahyu Chandra Fauzi
    Email: ch4ndra7x@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku share via Twitter: @Chandra__Fa

      Hapus
  23. Loh? Saya belum ikutan yah? X3

    Kalau punya naga, saya maunya naga yang ukurannya kecil aja. Yang pas di kantung aja gitu. Biar bisa disimpan dalam kandang marmut atau kandang2 kecil gitu. *ribet kalau punya naga gede macam naga-naga di Indo***r. Mau dirantai di mana coba?

    Kalau soal warna, saya sih warna apa aja juga boleh. Saya orangnya gak rasis kok *heh. Untuk bentuk tubuh, hmm... mungkin yang gak bersisik aja yah. Jangan yang ada duri-durinya juga. Nanti mau dielus-elus, malah saya yang luka =_=

    Share twitter: https://twitter.com/biondyalfian/status/454468435850702848
    Biondy
    @biondyalfian

    BalasHapus
  24. Izin ikutan yah kak (^_^)
    Kalau saya punya naga, saya pengen warna naga saya putih bergaris biru. ukurannya sekitar 5 - 10 meter aja. Kulitnya tebal, namun tidak keras. Ada satu tanduk di bagian depannya. Ekornya pun kuat, bisa menghancurkan rumah dalam satu hentakan!

    Skill khususnya yaitu menyemburkan api berbentuk rudal! Tapi, nanti nagaku akan kukasih armor yang kubuat sendiri. Armornya berwarna saphire blue, lalu di bagian tanduknya akan kupasangi alat hingga bisa mengeluarkan laser beam! Bagian sayapnya bisa mengeluarkan angin yang cukup kencang.
    Namanya naganya Alfredo!

    Email : penaridz@gmail.com
    Share via twitter : @MazdaRyder

    BalasHapus
  25. Kak Ren, saya ikutan ya :D Kalau saya punya naga, saya pengin seekor naga merah-anggun jantan yang macho buat jadi tunggangan terpercaya xD Sisiknya kuat, dan tempat untuk duduknya nyaman, soal kecepatan kegesitan dkk tentu saja sesuai standar naga lah ya xD

    Saya mungkin bakal namain naga saya itu dengan nama Theo, gak tau kenapa saya suka sama bunyi nama itu (?), sih, dan naga saya itu gak bakal terlalu mikirin nama apa yang saya kasih ke dia karena sebenarnya dia naga yang masih punya sisi liar, alias dia itu cari makan sendiri dan gak selalu tidur di rumah saya xD DIJAMIN HEMAT LOL

    Soalnya Theo itu naga yang macho, bakalan cool juga kalau ngomong, dan biar makin cool juga dia ngomongnya pake sambungan telepati kayak Saphira xD Dia bakalan datang kalau saya butuhin banget untuk nganterin ke tempat2 yang mungkin bakal ngerepotin kalau minta ayah atau supir nganterin :3 Hehe.

    Segitu saja ya kak, terima kasih untuk GAnya...

    Khairisa R. P
    E-mail: plizz.dont.make.me.sad@gmail.com
    Share: https://twitter.com/rd_lite/status/454610251765923841
    @rd_lite

    BalasHapus

Saya menghargai setiap komen/opini yang diberikan. Silakan untuk tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)
Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).
Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.
Terimakasih sudah mau mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog saya :).


I value your comment/opinion. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.
I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).
Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.
Thank you for your visit and comment :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)