Selasa, 26 November 2013

Goodreads Choice Awards 2013



Untuk yang ketiga kalinya (kalau saya ngga salah ingat sih), Goodreads mengadakan penghargaan khusus tiap akhir tahun yang dinamakan "Goodreads Choice Awards 2013". Yah anggaplah ini kayak award- awardnya MTV atau People yang pemilihan pemenangnya adalah by voting. Lalu, bagaimana dengan nominasinya? Nominasi diambil dari buku - buku yang banyak dibaca tahun itu, dan juga dari ratingnya, kemudian dibagi per kategori. Hal yang menurut saya sih rada ngga transparans. Karena ada buku yang cuma dibaca dan dirating cukup sedikit kalau dibandingkan dengan lawan - lawannya. Nah, pada saat mau ngevote, buku favorit kamu ngga ada? Tenaaaang, Goodreads menyediakan fasilitas untuk menulis buku pilihanmu di kolom yang sudah disediakan, pada awal voting dimulai.

Per hari ini, voting sudah memasuki tahap final vote, dan buku - buku yang masih bertahan menjadi nominasi jelas adalah buku pilihan pembaca. Entah emang beneran murni pilihan pembaca tanpa adanya pengaruh dari luar, atau kiranya ada pengarang yang mencoba keberuntungan agar bukunya terpilih dengan memberi "insentif" macam giveaway biar fansnya ngevote buku dia. Yah, kita tidak pernah tahu kan, hehehe. 

Kali ini, saya pengen mencoba sotoy dalam menebak siapa ya, kira - kira pemenang untuk tiap kategori, juga buku apa yang saya pilih di tiap kategorinya plus buku - buku baru yang menarik perhatian saya :) 

Catatan : Tidak semua kategori saya bahas disini, hanya beberapa saja. Plus, saat saya menulis ini, ternyata pollingnya sudah ditutup :P



Prediksi : Kalau dilihat dari jumlah rating dan average rating, jelas And The Mountains Echoed dan Me Before You bakal bersaing ketat, mengingat pembaca yang merating buku mereka ada lebih dari 50000 user. Plus, dua buku ini sudah diterbitkan di Indonesia, jadi pembaca di Indonesia tidak akan asing. Tapi, masih ada The Storyteller karya Jodi Piccoult yang bisa aja menjadi kuda hitam dan menjadi pemenang.

Buku Pilihan Ren : Tidak ada :P. Karena ngga ada yang saya baca sih. Dan sampai sekarang, saya masih belum tertarik baca Me Before You.

Buku yang menarik perhatian : The Rosie Project dan The Husband's Secret.



Prediksi : Bakal terjadi perang sengit antara Inferno dengan Cuckoo's Calling. Keduanya punya fanbase yang juga sama besarnya, walau dari segi pembaca, Inferno mengungguli Cuckoo's Calling, tapi rating si burung Kukut ini lebih oke. Keduanya juga dikenal oleh pembaca Indonesia. Voters kemungkinan akan lebih banyak memilih Cuckoo's Calling ketimbang Inferno.

Buku Pilihan Ren : Calculated in Death. Yah, kalian kan tahu saya fans Roarke XD (dan buku ini juga lolos loh sampai tahap final). Bahkan seandainya saya sudah baca Inferno sekalipun :P

Buku yang menarik perhatian : Six Years




Prediksi : Jujur nih, saya ga familiar dengan kategori ini , selain saya juga jarang baca genre hisfic. Walau sebenarnya saya udah baca karya Phillipa Gregory, cuma belum sempat aja baca yang The White Princess. Kalau melihat dari rating dan jumlah pembaca, sepertinya Life After Life menjadi kandidat yang kuat. Saya sih pengennya, pas tahun depan agar historical romance juga dimasukkan saja kesini. Kasian genre ini, kayaknya dianak tirikan :\

Buku Pilihan Ren : Tidak ada.

Buku yang menarik perhatian : Life After Life



Prediksi : Ini sih sudah jelas ya pemenangnya, hahaha. Karena dari semua nominasi, hanya The Ocean at the End of the Lane yang paling tinggi jumlah pembacanya.

Buku Pilihan Ren : The Golem and the Jinni .Saya berharap agar seengganya buku ini menang X)

Buku yang menarik perhatian : The Republic of Thieves. tapi saya kudu baca The Lies of Locke Lamora dulu, karena buku itu seri yang ketiga




Prediksi : Aha! Ini genre favorit saya! Nominasi ini didominasi oleh genre Urban Fantasy dan Paranormal Romance, dan semuanya nama - nama besar di genre ini. Jelas sangat sulit untuk memprediksi buku apa yang akan jadi juara. Kalau dari prediksi saya sih, ada 3 kandidat terkuat untuk jadi pemenang, yaitu Cold Days, Ever After dan Frost Burned. Walau bukan tidak mungkin Styxx, ataupun Magic Rises, atau bahkan The Bone Season yang menang. Pilihan yang sulit!

Buku Pilihan Ren : Styxx . Buku yang suksesss bikin saya mewek tahun ini. Bahkan setelah dibaca dua kali!

Buku yang menarik perhatian : Written in Red. Banyak banget teman Goodreads saya yang merekomendasikan ini



Prediksi : Meh! Baru tahun ini saya sama sekali ngga ngevote di kategori ini. Seharusnya kategori ini dinamain jadi "Kategori New Adult dan Miliuner", karena semuanya didominasi oleh kedua tema itu. Kemungkinan Entwined With You atau Walking Disaster yang jadi pemenang. Bagi saya sih, buku apapun yang menang, ngga ngefek! #hmpfh

Buku Pilihan Ren : Tidak ada. Ga menarik juga sih :P

Buku yang menarik perhatian : Losing Hope . Itu juga karena saya sudah baca karya Colleen Hoover sebelumnya


Prediksi :Ah, genre yang saya jarang bacanya XD. Kalau melihat dari nominasi, sepertinya pemenangnya juga sudah jelas ya, yaitu Doctor Sleepnya Stephen King

Buku Pilihan Ren : Tidak ada

Buku yang menarik perhatian : Blood Gospel



Prediksi : Agak kaget juga saya melihat ada Wallbanger di nominasi ini, dan melihat buku lain kavernya yang "serius " begitu. Jadi, ngga berlebihan kalau saya menjagokan Wallbanger untuk menjadi pemenangnya

Buku Pilihan Ren : Tidak ada

Buku yang menarik perhatian : Wallbanger



Prediksi : Fyuuuh. Saya sih berharap supaya The Golem and the Jinni lah yang jadi pemenang. Tapi karena saya tahu betapa banyak fans dari Katy Evans dan Emma Chase, pemenangnya kemungkinan ya satu dari pengarang ini XD

Buku Pilihan Ren : The Golem and the Jinni .

Buku yang menarik perhatian : Promise of Bloods. Saya suka model fantasy dengan fakta sejarah :)





Prediksi : Buku apapun yang menang, baik itu Fangirl ataupun Eleanor and Park, saya rasa Rainbow Rowell bakal tetap bangga ya :D.

Buku Pilihan Ren : Tidak ada.

Buku yang menarik perhatian : Fangirl . Haha, ini sih setiap gadis kayaknya ada masa - masa ngefans sama idola secara berlebih deh XD



Prediksi : Baik Veronica Roth maupun Cassandra Clare sama - sama menulis buku terakhir dari trilogy karya mereka yang terkenal. Tapi mengingat ending Allegiant yang sampai membuat si pengarangnya mendapat ancaman fisik dari fans , besar kemungkinan pemenangnya adalah The Clockwork Princess untuk kategori ini.

Buku Pilihan Ren : Tidak ada. Saya jarang banget baca YA sekarang :S

Buku yang menarik perhatian : Steelheart. Premisenya menarik dan yang jelas, beda ;)



Prediksi : Kalau melihat newsfeed FB dan Goodreads saya, kemungkinan sih yang akan menang adalah House of Hadesnya Rick Riordan. Bahkan walau ada nama - nama terkenal macam Angie Sage dan Neil Gaiman

Buku Pilihan Ren : Tidak ada

Buku yang menarik perhatian : Doll Bones. So creepy!


 Dan yup, itu prediksi asal - asalan saya untuk pemenang Goodreads Choice Awards. Nah, walaupun pollingnya sudah tutup, sudahkah kamu ngevote di polling award GR ini? Adakah yang menjadi favorit? Atau malah kayak saya juga, ada beberapa buku di beberapa kategori yang kita ngga tahu kenapa juga tuh buku masuk dalam nominasi? Bete buku kamu ada yang ngga nyampe ke final round? Share yuk pendapatnya :D

4 komentar:

  1. Pengen bangeeeet Night Film menang di kategori Thriller meskipun kayaknya nggak mungkin karna banyak nama2 besar di sana. Marisha Pessl is such a genius. Oiya, aku juga memprediksi at least Neil Gaiman menggondol 1 dari 3 nominasi yang dia dapet di 3 kategori berbeda. Emang hebat om yang satu ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh aku kira Night Film dulu itu novel fiksi biasa loh Mbak Astrid :O . Emang rada sulit ya menang di kategori thriller, seri In Death aja beberapa tahun ini cuma finalis doang :(
      Aku pengen The Golem and The Jinni menang, kalaupun ga bisa di kategori fantasy, minimal di GR debut. Tapi kayaknya susah >_<

      Hapus
  2. Kak ren sudah baca Wallbanger?
    meski romance bukan genre favorit kak Ren, di-review ya kapan-kapan. :)
    katanya sih bagus, tapi saya mau 'kesaksian' kak Ren yang blak-blakan. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, kok bisa bilang romance bukan genre favoritku? :))
      Aku jarang - jarang ngereview romance di blog biar lebih bervariasi aja kok. Wallbanger memang ada rencana baca, tapi mungkin ngga sekarang.

      Hapus

Terimakasih sudah meninggalkan komen di Ren's Little Corner. Silakan untuk setuju/tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)

Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway).

Komen untuk postingan yang berusia lebih dari 1 bulan otomatis akan dimoderasi.

Terimakasih sudah mau berkunjung! :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...