Selasa, 19 November 2013

Review : Runaway Ran oleh Mia Arsjad




Judul : Runaway Ran
Pengarang : Mia Arsjad

Bahasa : Indonesia
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 362 halaman
Diterbitkan pertama kali : Juli 2013

Format : Paperback
Target : Dewasa
Genre : Contemporer Romance 

Beli di : Grazera, Bukukita, Bukabuku, Gramediana


Sinopsis


Katrina si anak manja yang hobi belanja online itu, sekarang harus belajar hidup irit dan mencari uang sendiri. Kebetulan, ada iklan lowongan yang di-broadcast di Blackberry. Katanya sih untuk jadi asistennya J.F. Ran, komikus pengarang 4 Hero No Zero. Tawarannya menggiurkan sih, dan berhubung kebutuhan belanja online-nya sangat mendesak, Katrina pun mengirimkan CV-nya.

Komik berjudul 4 Hero No Zero sudah tiga tahun ini booming di Indonesia. Komik nyeleneh dan kocak itu ditulis oleh J.F. Ran yang ternyata aslinya ganteng, tapi galak. Apalagi pacarnya, Viana, yang judes dan cemburuan setengah mati. Nggak heran kalau orang yang kerja jadi asisten Ran, nggak pernah bertahan lama.

Kali ini giliran Katrina yang jadi asistennya. Bakalan awet nggak ya? Kira-kira siapa yang bakalan takluk? Ran atau Katrina?




Review


Saya sempat ngga mau baca buku karangan penerbit Indonesia.. terutama yang ada logonya "Amore" dan "Metropop". Kenapa? Habis saya sempat dibuat kecewa sama dua logo itu, perkenalan pertama saya di Amore bikin saya naik darah (silakan lihat review Mahogany Hills saya :P), dan usaha saya buat berakrab - akrab ria dengan Metropop kandas seketika (silakan baca review A Very Yuppy Wedding) . Saya berpikir, ada apa sih antara saya ma novel pengarang Indonesia? Apa cuma Andrea Hirata aja yang saya suka? (sekarang sih ngga tau lah ya :P) Apakah cuma Shienny M.S dengan Ther Meliannya aja yang berhasil bikin saya kagum? Atau memang butuh pengarang yang pas, yang tepat, yang bikin saya finally have faith for Indonesian novel?

Jawabannya? Oh, ya! Dan saya menemukannya di karya Mia Arsjad yang paling terbaru, Runaway Ran.

Kepincut gara - gara kavernya yang menurut saya sama sekali ga meneriakkan kata "Metropop" plus fakta bahwa saya adalah fans berat komik, membuat saya "berjudi" dengan beli ini. Jujur, yang mengenal saya dan sering main ke blog saya ini sedikit banyak tahu pembelian saya banyak di buku apa. Iya kan? *iyain aja deh :P* Ditambah dengan sinopsis yang walau kesannya pasaran, tapi cukup bikin penasaran, maka tangan ini pun tak segan meng-klik Runaway Ran di salah satu OS buku langganan. Hobi yang ternyata.. ehm, bikin saya merasa terhubung sama tokoh utama Runaway Ran ini, Katrina.

Katrina, alias Katrin, namanya memang terkesan bule, tapi jangan salah itu namanya singkatan dari nama kedua ortunya yang namanya Jawa banget loh. Jadi kalau kalian nemuin orang dengan nama bule, jangan su'udzon dulu. Siapa tahu emang singkatan dari nama ortu kayak nama teman SD saya dulu X)). Nah, Katrin ini hobi banget belanja onlen, hobi yang tentu relate sama partisipan aktif Buying Mondaynya Aul, dimana dia bisa kalap beli baju model terbaru, tas keluaran butik Ci Meilan langganannya, atau novel dan komik terbaru. Sayang seribu sayang, ibu Katrin terpaksa mengeluarkan berita buruk kalau ayah Katrin pensiun, dan uang saku Katrin mau ngga mau jadi berkurang. Katrin yang udah S2 tapi masih aja menggantungkan diri sama ortu (alias manja) tentu saja blingsatan dan dibantu dengan sobatnya, Alya, Katrin pun cari kerja part time buat menyokong hobi belanja OLnya itu. Sampai akhirnya kesempatan untuk jadi asisten komikus terkenal, J.F.Ran, membuat Katrin ngeliat bidadari turun dari kahyangan *oke ini lebay*


J.F.Ran - bukan J.K.Rowling- yang nama panjangnya itu Jaya Firman Ranadi, nyatanya judeeees plus dingiiiin banget ma Katrin. 360 derajat bedanya dengan komik komedi 4 Hero no Zero buatannya . Katrin yang butuh duit , akhirnya menerima jadi asisten Ran yang coolnya ngalahin Antartika. Belum lagi ditambah dengan pacar Ran yang super judes, super lebay dan super bitchy, yaitu Viana (yang kerap dipanggil Katrin, Viana-lampir, hahaha) bikin Katrin keki. Tapiiii, buat tas baru keluaran butik Korea, Katrin keukeuh jadi asisten. Perlahan - lahan Katrin pun mengenal Ran, bahwa ni cowok dingin menyimpan masa lalu yang membuat dia cuma bisa ketawa di komik buatannya. Katrin juga sadar kalau komik Ran itu aslinya based on Ran sendiri dan sahabat - sahabatnya Ran. Apalagi Katrin juga merasakan "kepahlawanan" Ran saat cowok itu bersama Katrin menyelamatkan Alya dari pacar Alya yang.. ah saya ngga mau jabarin disini deh :P . Benih - benih cinta pun mulai tumbuh di antara Katrin sama Ran. Cumaaa, kan Ran masih jadian sama si Viana-lampir. Dan Katrin mah ogah selingkuh juga. Jadi, gimana dong? :/

Suka, suka, suka, dan sukaaa banget!

Ceritanya memang bagi saya pasaran, cliche ala buku - buku Metropop (padahal saya cuma baca 2-3 buku aja, hahaha) juga ada. Tapi kenapa saya sukaan ini ketimbang A Very Yuppy Wedding (AVYW)? Simple, aura hedonismenya tidak begitu kerasa, para tokoh- tokohnya juga ngomong pake bahasa "loe-loe-gue-gue-oke" plus beberapa kosakata bahasa Inggris, tapi terasa sangaaat natural. Ada adegan tokoh yang tereak-tereak? Ada, tapi gaya penulisan Mia Arsjad membuat semuanya jadi enak dibaca dan juga bikin saya tertawa. Penulisannya mengalir, enak dan asyik dibaca. Penokohannya, walau juga standar, sangat oke dan bisa membuat saya konek. Ngga ada tokoh yang saya ngga suka disini, kecuali si Viana-lampir yang emang lebay abis itu.

Saya suka banget sama Katrin, yang menurut saya mirip banget sama diri ini, hihihi. Manja, hobi belanja onlen, grasak- grusuk, impulsif, suka ngga mikir, tapi semangatnya luar biasa plus ngga gentar ngehadapin baik Ran maupun Viana. Ran sendiri bagi saya juga ngga buruk. Sikap coolnya dia juga beralasan dan dijabarkan dengan sangat baik. Hubungan cintanya sama Katrin ngga dibuat terburu - buru, semuanya berjalan dengan sangat alami. Duh, mereka ini pasangan yang menurut saya cute abis deh. Bikin saya gregetan, pengen si Ran itu ninggalin Viana yang super bitchy dan mendingan sama si Katrin. Banyak adegan yang kesannya komikal diantara Katrin dan Ran yang bikin buku ini jadi terasa fresh :D.

Karakter pendampingnya juga ngga kalah seru. Si Alya ini, aduh dimana ya saya bisa dapetinnya? Alya ini mau ngga mau ngingetin saya ma teman saya dulu, lebih ke bagian yang "salah bergaul"nya sih. Selebihnya Alya ini teman Katrin yang sangaat setia. Buktinya, walau Katrin anak mami gitu, Alya tetep nemenin Katrin kemana - mana, termasuk cari kerja. Mana Alya ini makeup artist yang pastinya bisa ngemake-up gratis. Aduh, mauuu deh! Teman - teman Ran, Gatot, Iman dan Herman yang jadi model karakter komik Ran juga ikut meramaikan suasana. Selain asmara dan friendship, ada juga tema kekeluargaan di buku ini yang bikin Runaway Ran jadi paket komplit super mantap, dijamin bikin pembaca puas baca buku ini! *fyuuh kurang apa lagi yah?*

Saya sering bilang, kalau kurang sreg sama tema rival tokoh utama cewek yang super bitchy, slutty, pokoknya bikin eneg banget deh. Saya juga sempat merasa kayak gitu ke Viana, dan membatin "aduh, jangan lagi ada cewek kayak gini". Tapiiii... Viana ini bukan karakter yang numpang lewat dan alasan Ran kenapa dia macarin Viana juga masuk akal. Saya juga ngga mau spoiler, karena termasuk twist novel ini. Jadi, saya kali ini ngga keberatan ada tokoh macam Viana. Lumayan kan, bikin ceritanya makin rame dan seru? ;)

Banyak banget kejadian yang terjadi di Runaway Ran, yang asyiknya tuh, sama sekali ngga numpuk. Pesan moralnya juga dapat, tanpa terkesan menggurui. Salah satunya kayak "janganlah berlebihan dalam membeli sesuatu. Nanti bisa - bisa kena batunya" (yang ini ngejleb, jleb, banget ya :P).  Plot - plotnya dijabarkan dengan rapi, runut dan ngga ada adegan yang menurut saya ngga perlu. . Mungkin karena Mia Arsjad juga termasuk veteran dalam dunia perbukuan Indonesia, terutama untuk Metropop kali ya :D. Jadi tulisannya disini udah matang dan enak juga buat dibaca. Apalagi menurut saya tuh, rasanya baca Runaway Ran kayak nonton film! Bukan sinetron loh, tapi film! Yah, selevel sama film drama komedi Indonesia favorit saya, Get Married. Saya dukung penuh, sepenuh - penuhnya kalau Runaway Ran ini difilmkan! Saya bahkan sempat bikin fantasy cast buat novel ini. Kayak Raline Shah itu cocok deh jadi Katrin, yang penting jangan si Maudy Ayunda, karena udah keseringan -___-". Lalu, Nicholas Saputra itu juga cocok jadi Ran yang super cool, cuma karena Nicholas juga udah tua, pilihan saya jatuhnya ke Adipati Dolken. Entah deh, itu aktor kayaknya cocok main orang yang hobinya cemberut mulu :P (dan asal jangan Reza Rahardian, udah keseringan juga. Fedi Nuril terlalu mellow wajahnya, hahaha) . Saya juga ngga bisa berhenti bayangin si Nycta Gyna jadi Viana, bakalan cocok jadi si Viana lampir, bitchy tapi juga lucu. Lucu yang nyebelin gitu, hehehe ^^.


Verdict?

Suka Metropop? Jelas harus baca buku ini. Fansnya Mia Arsjad? Ya, harus beli Runaway Ran dong buat melengkapi koleksi. Yang pasti, saya bener - bener merekomendasikan Runaway Ran jika pembaca mencari buku yang ringan, tapi juga penuh pesan moral didalamnya :)


Rating Cerita



Sensualitas

Ada adegan ciuman dan beberapa adegan yang menurut saya untuk konsumsi pembaca dewasa. Mungkin karena udah ada tulisan "Metropop" lalu ngga ada tulisan "novel dewasa" gitu kali ya :/

12 komentar:

  1. Aku juga suka suka suka banget nget nget sama Runaway Ran, mbak! ^^
    Eh, Nycta Gyna jadi Viana? Huahahaha. *ngakak*

    xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, kurang bitchy ya Nycta Gyna, tapi histerisnya si Viana bakal bagus banget kalau diperankan dia sih :)

      Hapus
  2. Awal baca sinopsisnya kok mirip sama Paper Romance nya Lia Andriana ... Ngga ada embel2 metropop juga kayaknya, tapi menurutku itu sangaaattt korean drama. Tapi setelah baca reviewnya Ren, jadi penasaran :))

    #nyaripinjamanahhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku barusan liat sinopsisnya Paper Romance, dan memang rada mirip ya. Tapi yang paper romance lebih kerasa drama koreanya. Kalau yang ini sih, karena aku jarang nonton drama korea, jadi ya tak terasa X)

      Hapus
  3. aw aw baca reviewnya mba ren aku jd pingin beli ;D

    BalasHapus
  4. Wah ini ada di list Secret Santaku. Kalo dirimu jadi Secret Santaku, beliin buku ini yak. Ahahahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ngga dapat buku ini berarti aku bukan Santamu ya Na XD

      Hapus
  5. ho, yang ini bagus yah. Dulu pernah baca "Jun!!"-nya Mia Arsjad dan gak gitu suka. Makanya belum pengin baca buku dari Mia Arsjad. Mungkin yang ini patut dicoba tapi yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini buku pertama dari Mia Arsjad yang aku baca sih, dan kesan habis bacanya memang sudah bagus :)

      Hapus
  6. wah, sedikit berbeda dengan metropop lainnya. Dengan pengarang komik. uhuy, seperti apa sih membuat komik itu. dan sebagai asisten, apa saja yang dikerjakan oleh Katrin...
    dan label bintang lima yang Kak Ren kasih semakin membuat penasaran >.<

    BalasHapus
  7. Hai, mbak..
    Saya cuma mau kasih rekomendasi novel2 indonesia yang bagus2 menurut saya:

    - pengarang Yennie Hardiwidjaja
    Daisyflo ceritanya gelap, sedih, ngeselin dan bikin nyesek tapi keren.. trus ada lagi Miss jutek ceritanya bagus dan keren juga walau agak sinetron, dulu pernah terbit sama gagasmedia sekarang 1 dekade diterbit ulang sama gpu, tp kalo saran aku mending baca yang terbitan gagas mbak.. kata2nya masih rough tapi ngena!
    - pengarang karla m. Nashar
    Kalo mbak mau nyari mantan yang lain dari yang lain, bisa baca ti amo, tia amoria ceritanya juga bagus kok.. love, hate, hocus pocus juga lucu dan ringan dan nggak make sense haha
    - pengarang aliazalea
    Hmm ini bagus soalnya penggambaran cowonya kece2 mbak hehe mulai dulu dari miss pesimis atau blind date.. kalo suka, baru deh lanjut ke temen2nya hihihi
    - pengarang esti kinasih
    Ini buat teenlit sih mbak sebenernya tp tetep bagus kok.. jingga dan senja, jingga dalam elegi, fairish, cewek, still, dia tanpa aku.. semuanya bagus.
    - pengarang orizuka
    Yang paling aku suka our story hihihi
    - pengarang mia arsjad
    Iya bener mbak mia arsjad lucu dan ringan apalagi cewe2nya judes tapi lucu.. dil3ma, satria november, dll. Hmm jun kata aku emang boring sih hehehe
    - aku lupa pengarangnya siapa, tapi judulnya bidadari santa monica itu bagusssssss quote warnanya bagusss.. hehehe
    - trus ada lagi, i hate rich men ga tau pengarangnya siapa.. ceritanya juga enak tp cukup buat sekali baca, disaranin minjem aja hahaha

    Hehehe novel2 indonesi juga banyak yang bagus2 ko mbak.. ga kalah dari luar negeri tapi yah.. tetep ga bisa ngalahin nora roberts sih hihihihi eh tapi ga tau juga deh.. kan selera masing2 yah jadi ga bisa kasi penilaian yang objektif..
    Btw, kalo mbak tertarik searching aja dulu novel2 yang aku rekomendasiin ini.. semoga selera kita sama dan novel2 ini dapar mengisi hari dan menghibur mbak hehehe.. menurut aku sih selera kita sama soalnya aku setuju2 aja sama blog mbak ini hihihi.

    Cheers!

    BalasHapus

Saya menghargai setiap komen/opini yang diberikan. Silakan untuk tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)
Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).
Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.
Terimakasih sudah mau mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog saya :).


I value your comment/opinion. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.
I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).
Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.
Thank you for your visit and comment :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)