Jumat, 20 September 2013

Review : Clean Sweep oleh Ilona Andrews

Judul : Clean Sweep
Pengarang : Ilona Andrews
Format : Free fiction, E-book
Target : Dewasa
Genre : Science Fiction
Bahasa : Inggris
Seri : Innkeeper Chronicles, Buku ke-1
Web Pengarang : Click here
Baca di sini : Clean Sweep


Sinopsis
 
A story of a girl, a broom, an inn, commando werewolves, and the Holy Cosmic Anocracy...

(Diambil dari web Clean Sweep) :

This is a site of a free serial written by Gordon and Ilona Andrews.  We write under Ilona Andrews  pseudonym. We don't take ourselves that seriously and neither should you.

So what is Clean Sweep?  It's a fun project.  We play with it on the side, when we're cheating on our contract work.  We try to post some every week, but sometimes life and deadlines get in the way.

Right now Innkeeper is on hiatus. We have to work on our Kate Daniels series. But the first book, Clean Sweep, is pretty much done and you can read the whole story by clicking Clean Sweep in the menu to the left.

Review

INFO: Pada awal saya review, cerita ini memang berupa free fiction, namun saat ini sudah diterbitkan dalam format ebook secara resmi. 

Hal yang saya sukai dari pengarang luar negeri adalah website mereka yang interaktif, walau tidak semua sih. Saya masih ingat, saat - saat pertama saya baca genre paranormal romance, saya tuh suka banget main ke website J.R.Ward. Selain info karakter, juga ada free fiction, alias cerita gratisan. Biasanya sih berhubungan sama serial yang lagi ditulis, tapi bisa juga serial baru. Pengarang lain yang suka saya baca free fictionnya adalah Olivia Cunning, dan walau bukunya bergenre erotica, free fiction dia lebih ke slice of life para karakternya. Nah, kali ini saya lagi suka - sukanya main ke website Ilona Andrews. Selain menikmati tulisan beliau yang lucu, kadang full sarcasm, namun juga informatif, rupanya Ilona Andrews juga suka menaruh link free fiction di webnya. Beberapa diantaranya berhubungan dengan seri Kate Daniels, yang jadi favorit saya. Beberapa diantaranya adalah cerita baru, diantaranya adalah Clean Sweep ini. Believe it or not, menurut saya, Clean Sweep ini adalah Twilight rasa Ilona Andrews!

Penasaran... yuk baca review saya di bawah ini :D


Sesuai dengan sinopsis yang saya taruh di atas, berhubung tidak ada sinopsis resmi tentang Clean Sweep, free fiction ini adalah project menulis mereka dan just for fun! Walau cuma buat fun, bukan lantas ceritanya jadi cetek :D. Clean Sweep bercerita tentang Dina Demille, seorang innkeeper, alias penjaga penginapan. Saya ga tau deh istilah terjemahannya apa. Penginapan Dina, Gertrude Hunt berlokasi di Texas, di distrik Avalon, yang uniknya semua nama jalan disana memakai nama kesatria meja bundar. Apa yang menarik dari Dina? Well, Dina bukan orang biasa, dan penginapannya juga bukan typikal bed and breakfast yang umum. Dina dan penginapannya membuka layanan khusus untuk para alien! Rupanya, Bumi ini menjadi semacam tempat persinggahan macam - macam alien. 

Loh, ini kan cuma mirip Men in Black aja, mana Twilightnya? Tenang :P. Awal cerita dimulai dengan banyaknya anjing yang mati dengan mengenaskan di sekitar penginapan Dina. Ternyata yang membunuh mereka adalah "stalker", monster mengerikan yang merupakan anak buah dari monster yang jauh lebih jahat lagi, yaitu Dahaka. Dina yang menguasai sihir membunuh "stalker" itu, dengan sapunya. Yep, you hear it right. Sapu :D. Mana lagi ada heroine yang senjatanya sapu XD. Namun sapu ini juga bukan sapu biasa, karena Dina bisa mengubahnya jadi senjata apa saja yang dia mau. Penginapan Dina juga ternyata semacam rumah hidup yang dipenuhi sihir. Pokoknya, keren banget Dina dan Gertrude Hunt ini.

Sayangnya usaha Dina buat menutup- nutupi pembunuhan di penginapannya diganggu oleh Sean Evans, ex-tentara yang jadi tetangga Dina. Sean juga bukan pria biasa, karena dia adalah werewolf. Dan werewolf disini adalah alien juga. Mereka adalah pengungsi dari planet Auul, walaupun Sean lahir di bumi. Dina yang kesal, walau cukup tertarik pada Sean, mau ga mau menerima bantuan Sean buat memburu si dahaka. Kasus ini semakin ramai, ketika Dina kedatangan anggota The Holy Cosmic Anocracy, yang ternyata adalah vampire! Dan vampire ini sama - sama aliennya, walau mereka ngga bling - bling dong ;P. Pemimpin mereka Lord Soren berburu dahaka dengan petunjuk Dina, namun malah terluka. Saat itulah keponakan Soren, Arland datang untuk menyelamatkan sang paman. Sempat terlibat perkelahian dengan Sean, mabuk karena kopi (rupanya vampir ga bisa minum kopi) dan merayu Dina, Arland bikin Sean panas. Dan eng, ing, eng, benih - benih cinta segitiga mulai muncul :D

Well, berhubung ini Ilona Andrews, maka haram hukumnya buat Clean Sweep ini jadi menye-menye. Arland bersumpah akan membunuh dahaka, dan juga pelaku sebenarnya yang mengutus dahaka ini untuk memburu pamannya. Sementara Sean ga ingin Dina terlibat bahaya. Dina, dengan bantuan Sean dan Arland, harus memutar otak untuk membunuh dahaka, sebelum makhluk itu memangsa tetangga Dina. Berhasilkah mereka? Dan siapa yang akan dipilih Dina? Sean atau Arland ya?

Clean Sweep terdiri atas 16 chapter, dan setiap chapter ada beberapa part. Tergantung pengarangnya juga mau memposting berapa part. Kadang 1 chapter bisa dibagi jadi 2-3 part, kadang beliau memposting 1 chapter penuh. Waktu beliau memposting adalah sekali seminggu. Saya sih beruntung bisa baca setelah serialnya berakhir, karena ga perlu nungguin :D. Banyak pembaca yang menanyakan, apakah Clean Sweep akan diterbitkan dalam satu kesatuan utuh, dan bentuknya ebook. Ilona Andrews mengiyakan, dan juga akan menulis epiloguenya. Well, kalau membaca ending chapter 16, memang seperti ga ada penyelesaian sih :(

Walau Clean Sweep hanyalah free fiction, kualitas penulisan Ilona Andrews masih tetap terjaga. Ciri khas beliau masih ada. Setting yang simple namun unik, yup siapa sangka penginapan aja bisa dijadikan cerita science-fiction? Lalu ide sapu jadi senjata, deskripsi werewolf dan vampire yang berbeda dengan folklore kebanyakan. Alien lho, hehehe. Dina sendiri juga kayaknya bukan manusia biasa, karena dia bisa berpindah tempat ke dimensi di luar bumi. Dan karakteristik dia yang kuat, mandiri, jelas jauuuuh kalau dibandingkan dengan Bella. Agar terlihat lebih real, Dina juga diceritakan punya masalah, kedua orang tuanya telah lama menghilang. Dimana Dina sangat merindukan keduanya, dan tekatnya untuk membuat Gertrude Hunt menjadi penginapan yang bergengsi lagi. 

Sistem dalam penginapan Dina juga unik. Dina akan menerima semua jenis tamu (alien tentu saja) dan menawarkan tempat tinggal serta proteksi bagi mereka, selama mereka juga mematuhi peraturan di penginapan Dina. Dina juga punya hak untuk mengusir mereka jika sang tamu dirasa mengancam keselamatan penginapan. Berhubung Gertrude Hunt cuma penginapan kelas dua, tamu Dina hanyalah Cardenia. Entah beliau ini alien dari mana, hobinya makan manisan dan terlihat seperti wanita tua yang ga bisa apa - apa. Tapi jangan salah, dibandingkan dengan Sean dan Arland, Cardenia ini alien yang jauh lebih creepy dan predator daripada mereka berdua. Cardenia yang antik, bijak dan unik adalah salah satu karakter favorit saya :D

Untuk yang alergi romance, tenang saja, aspek romance disini cukup ringan. Memang diperlihatkan kalau Arland dan Sean sama - sama tertarik pada Dina, walau untuk kasus Arland, yang bersangkutan menggoda Dina karena memang sifat vampire seperti itu. Biasanya saya terganggu dengan plot cinta segitiga, namun sikap Dina yang biasa - biasa aja ke mereka berdua bikin saya kagum sama cewek ini. Ya, Dina juga tertarik sama Arland dan Sean, siapa sih cewek yang ga suka liat cowo ganteng :P. Tapi dia tetap bersikap profesional dan mengutamakan kepentingan penginapan di atas kepentingannya sendiri. Saya sendiri lebih suka Sean, yang mengingatkan saya akan Curran Lenart di seri Kate Daniels. Arrogan, seenaknya sendiri, namun juga protektif. Arland sendiri, layaknya vampire, bersikap mempesona. Namun juga tetap terlihat "laki". Both Sean and Arland will put Jacob and Edward in shame XP.

Kekurangan cerita ini, selain serial yang bikin saya agak ga konsen baca (maklum baca di kantor) adalah istilah yang aneh - aneh. Dan kebiasaan Ilona Andrews dalam menuliskan setting dunianya, dimana pembaca diharapkan sudah familiar. Belum lagi nama - nama orang, planet dan tempat yang unik, tapi juga sulit diucapkan dan diingat. Lalu, endingnya yang terkesan diputus di tengah jalan. Yah, berhubung ini hanya project sampingan, dan juga gratisan maka mari berharap agar disambung lagi ceritanya.

Verdict?
Pengen baca cerita dengan werewolf dan vampire yang lain dari biasanya? Cerita alien yang lain dari biasanya? Bacalah Clean Sweep. Selain bisa dibaca gratis di webnya, kita juga akan dihibur dengan gambar Beast, anjing Dina dengan jenis Tsih-Zu yang lucuuu banget :D. Apalagi kalau kamu suka cerita dengan karakterisasi yang menarik dan dunia yang kompleks, Clean Sweep bisa jadi bacaan saat lagi bosen ga ada kerjaan di kantor atau kampus :)




Favorite Quote


"A soul, if such a thing exists at all, doesn’t filter into you at birth through your mother’s umbilical cord.  Soul come from the people around who shape you as you grow"

Rating Cerita :



Sensualitas :


Ada adegan ciuman antara Dina dan.... Well, saya ga akan spoiler, supaya kalian penasaran dan baca ceritanya XD

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Saya menghargai setiap komen/opini yang diberikan. Silakan untuk tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)
Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).
Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.
Terimakasih sudah mau mengunjungi dan meninggalkan komentar di blog saya :).


I value your comment/opinion. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.
I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).
Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.
Thank you for your visit and comment :).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)