Senin, 31 Desember 2012

Book Kaleidoscope 2012 : Top 5 Favorite Books 2012

Akhir tahun 2012 sudah tinggal menghitung jam, dan syukurlah saya sudah menyelesaikan hampir semua reading challenge. Yah, ada yang ga sesuai target sih tapi saya senang karena dari target 75 buku yang akan dibaca, saya bisa meningkatkannya sampai 114 buku! Akhir tahun ini saya ga baca apa - apa, karena lebih fokus ke liburan dan kebanyakan baca komik. Mungkin kalau komik saya masukkan ke daftar baca saya, ada 150 deh :P. Dari 114 buku itu, saya sudah baca dari buku yang sekacrut - kacrutnya (uhuk, postingan buku itu menjadi yang paling sering dilihat di blog ini) sampai beberapa buku yang menjadi favorit. Ada banyak buku yang masuk dalam daftar Top Read 2012 saya. Tapi karena dari event Book Kaleidoscope 2012 yang diadakan oleh Mbak Fanda hanya membatasi sampai lima buku, maka saya akan memberikan Top Read 2012 saya berdasarkan genrenya. Dan sisanya saya hubungkan ke reviewnya saja X)

BTW, ini daftar bacaan saya selama 2012 : Ren's 2012 Books List

Dan inilah 5 buku terfavorit menurut Ren's Little Corner di 2012!

Treachery in Death - J.D.Robb
Genre : Futuristic Romantic Suspense

Saya bisa bilang kalau Nora Roberts dan nama penanya yang lain, J.D.Robb adalah penulis paling produktif sekaligus tetap berhasil mempertahankan kualitas buku - bukunya. Apalagi seri In Death yang sudah mencapai puluhan buku dan fansnya pun masih menyukai setiap buku terbarunya (termasuk saya). Treachery in Death adalah buku ke-32 dan menurut saya termasuk salah satu buku In Death yang terbaik karena nilai moralnya yang benar - benar pas dengan era ini. Dimana integritas dan loyalitas, serta hati nurani sangat dibutuhkan dalam profesionalisme seseorang. Sepak terjang Eve dalam memberantas korupsi dan kejahatan di dalam kepolisian New York sangat mengasyikkan untuk dibaca (dan tentu saja, kan ada hero favorite saya sepanjang masa yaitu Roarke X) )

Moonglow - Kristen Callihan
Genre : Historical Romance, Gothic Paranormal

Kristen Callihan adalah pengarang baru bagi saya di tahun 2012 ini. Buku pertamanya Firelight tidak membuat saya terpukau dengan gaya menulisnya, tapi saya beruntung untuk tidak menyerah membaca karya keduanya. Karena Moonglow masuk dalam daftar Top Read 2012. Misteri yang menyelimutinya sangat kental, meskipun saya bisa nebak di pertengahan cerita. Yang membuat saya menyukainya adalah endingnya yang menurut saya sebenarnya klise, tapi bisa dibawakan sang pengarang dengan indah. Pengarang juga sukses menggambarkan Inggris pada era Ratu Victoria, lengkap dengan element steampunk, gothic dan supernaturalnya. Selain itu, saya juga suka sama covernya :D

Playing for Keeps - R.L. Matthewson
Genre : Contemporer Romance

Saat mendengar namanya, saya kira pengarangnya cowok. Tapi banyak yang suka sama buku ini dan saya pun ga lupa ikutan baca. Bagi saya genre kontemporer yang menceritakan kehidupan sehari - hari tokohnya itu hit and miss. Susah nemuin yang bener - bener bagus. Playing for Keeps sukses bikin saya ngakak tengah malam sampai sakit perut. Temanya sudah dipakai berulang - ulang, dari tetangga annoying jadi teman jadi demen. Tapi karakterisasi dari tokoh-tokohnya yang membuat buku ini begitu kaya. Mulai dari heronya, Jason yang doyan gangguin sang heroine Haley, pertemanan mereka yang unik, sampai konflik yang terjadi saat perasaan mereka berkembang jadi cinta. Kalau kamu penggemar genre kontemporer, Playing for Keeps ini wajib baca! (bonusnya, banyak adegan olah raga tempat tidur yang bikin kipas - kipas ;D)

Eona - Alison Goodman
Genre : Young Adult, Fantasy

Saya bersyukur pada Mizan yang sudah menerbitkan dua buku yang melambungkan nama pengarangnya Alison Goodman, yaitu Eon dan Eona. Sangat jarang sekali YA bertema Asia yang ada di jajaran buku - buku bergenre sejenis yang lebih didominasi sama buku best seller beraroma Twilight (ihik X) ). Bagi saya, pengarang Australia itu kayak permata tersembunyi, karena banyak karya mereka yang keren - keren tapi ga diketahui oleh kalangan banyak. Alison Goodman berhasil membuat cerita Eona, sang punggawa naga terakhir dengan begitu kaya, seru, sekaligus tragis. Dan saya bersyukur dia ga memanjang - manjangkan seri Eona dan mengakhirinya di saat yang tepat. Jadi tunggu apalagi, segera beli bukunya mumpung masih banyak di toko ;).

The Darkest Seduction - Gena Showalter
Genre : Paranormal Romance

Untuk genre favorit saya ini, sulit banget memilih satu dari sekian banyak buku yang menjadi Top Read. Tapi akhirnya pilihan saya jatuh pada The Darkest Seductionnya Gena Showalter. Saya tahu banyak fans berat LOTU di Indonesia yang menanti - nanti tiap buku terbarunya. Saya sih dapat bocoran dari penerjemahnya, kalau sudah diterjemahkan sampai buku ke 7 ;). The Darkest Seduction adalah buku ke 9 seri LOTU yang menceritakan tentang Paris dan usahanya dalam menemukan Sienna. Yang sudah baca buku 2 pasti tahu dong ya :D. Saya menganggapnya terbaik, setelah saya dikecewakan oleh pendahulunya, The Darkest Surrender yang menurut saya adalah buku terjelek di serial LOTU (dan saya ini fans berat LOTU!). Buku ini juga memiliki ending yang menurut saya mengejutkan dan membuat saya ga sabar apa yang akan terjadi selanjutnya. BTW, walau Paris itu playboy yang doyan olahraga tempat tidur, ga lantas buku ini didominasi sama adegan ranjang kok ;D.

Untuk buku - buku yang pengeeen banget saya masukin list top 5, tapi apa daya karena ga bisa , ini saya berikan link ke reviewnya :) :

Adakah dari buku - buku favorit saya di atas yang menarik perhatian kalian? Semoga ada yang membuat kalian seengganya mencoba membacanya, dan siapa tahu kayak saya juga, jadi suka. Saya harap di tahun 2013 nanti saya lebih bisa memperluas genre bacaan. Saya rencananya sih pengen coba genre yang lagi "in" sekarang yaitu New Adult. Saya bukan fans cerita angsty, tapi g ada salahnya dicoba ;)

4 komentar:

  1. Ya ampun aRen, cover paling bawah itu.. em... *clingak clinguk nyari kudanil buat diajak ngegosip

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas rekomendasi Playing For Keeps-nya, Ren... termasuk salah satu dari buku berbintang 5-ku tahun ini

    BalasHapus
  3. Aku belum baca semua buku di atas Ren :(
    tapi moonglow itu pasti aku baca deh (entah kapan), karena aku juga baca buku pertamanya, heheh.. berkat rekomendasi dari review Rirelght Ren waktu itu ^^
    Thank you buat review2nya, ya, Ren ^^

    BalasHapus

Terimakasih sudah meninggalkan komen di Ren's Little Corner. Silakan untuk setuju/tidak setuju dengan review/opini saya tapi mohon disampaikan dengan sopan ya :)

Saya berhak menghapus komentar yang tidak nyambung dengan isi blog atau spamming (jangan sertakan link blog kamu/ link apapun di kolom komentar, kecuali untuk giveaway/reading challenge).

Karena banyaknya komen anonim tanpa identitas, maka opsi anonim saya tiadakan.

Terimakasih sudah mau berkunjung! :D


Thanks for commenting on Ren's Little Corner. You can agree to disagree with my post/opinion, but please write your comment in good manners.

I have a right to delete your comment if its out of topic and/or spam (please do not include your blog/any link, except for giveaway/reading challenge).

Because of so many anonymous comment without identity, I disable the option.

Thank you for your visit! :D.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Just Curious Where U From ;)